03 November 2019

SOAL MEMBANDINGKAN PENGGUNAAN BAHASA DUA TEKS DAN PEMBAHASAN (SOAL UN SMP TAHUN 2019)

Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah teks I kalimat aktif dan pasif dan teks 2 menggunakan kalimat majemuk (opsi A). Contoh kalimat aktif pada teks 1 yaitu Kami menuju ke Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Contoh kalimat pasif yaitu Sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan daerah pegunungan yang memesona. Contoh kalimat majemuk pada teks 2 yaitu Jika Anda datang dari Wonosobo, begitu tiba di pertigaan Dieng, ambil arah kiri ( arah ke Telaga Warna).

RINGKASAN MATERI
MEMBANDINGKAN PENGGUNAAN BAHASA DUA TEKS
Setiap teks memiliki ciri kebahasaan yang cenderung berbeda dengan teks yang lain. Misalnya, teks yang satu menggunakan ragam bahasa baku dan teks lainnya menggunakan ragam bahasa popular. Teks yang satu menggunakan kata ganti orang pertama jamak dan teks lainnya menggunakan kata ganti orang kedua, dan sebagainya. 
Bacalah kedua teks berikut!

Teks I
Teks II
Pensiun merupakan masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami syndrome saat mendekati pensiun. Makanya sebelum pensiun diberi wejangan dulu
Upaya pembenahan transportasi publik terus dilakukan. Selain menambah jaringan rute bus, juga memperbaiki sistemnya.

 Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah...


Teks I
Teks II
A
kata tidak baku
kata-kata baku
B
istilah asing
menggunakan ungkapan
C
bahasa resmi
bahasa sehari-hari
D
kalimat tunggal
kalimat majemuk

 Kunci Jawaban: A
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah teks I menggunakan kata tidak baku dan teks II menggunakan kata-kata baku (opsi A). 
Kata tidak baku pada teks I yaitu kata makanya dan wejangan. Kata baku dari kata makanya adalah oleh karena itu, sedangkan kata baku dari kata wejangan adalah pengarahan

PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
36. Memperbaiki Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/01/soal-un-bahasa-indonesia-smp.html

2 comments:

  1. "Pensiun merupakan masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami syndrome saat mendekati pensiun. Makanya sebelum pensiun diberi wejangan dulu" Disebabkan hanya menerima gaji pokok.

    ReplyDelete
  2. I haven’t any words to appreciate this post.....Really i am impressed by this post....the person who created this post was a great human..thanks for sharing this with us.
    https://slotonlinewinslot303.mypixieset.com/

    ReplyDelete