07 March 2019

KUCARI HOTS KE KOLEJ MALAYSIA: SEBUAH CATATAN PERJALANAN


KUCARI HOTS KE KOLEJ MALAYSIA
(HOTS: Higher Order Thinking Skills)
Melati kuntum tumbuh melata,

Sayang merbah di pohon cemara;

Assalammualaikum mulanya kata,

Saya sembah pembuka bicara. 

Ingin rasa memakan kari,
Kari cendawan batang keladi;
Girang rasa tidak terperi,
Bertemu tuan yang baik budi.

Besar langit di tepi busut,
Besar tak muat di dalam peti;
Besar hajat kami menjemput,
Besar niat di dalam hati.

Bunga dedap di atas para,
Anak dusun pasang pelita;
Kalau tersilap tutur bicara,
Jemari disusun maaf dipinta.

Pohon berangan tempat bertemu,
Girangnya rasa si anak dara;
Baliklah tuan membawa ilmu,
Binalah bangsa bangunkan negara.
(Malaysia, 7 Maret 2019) 
(Koleksi Pantun Melayu)



HOTS/KBAT MERENTASI PENGAJARAN DAN PEMUDAH CARA

(Sebuah Catatan Kunjungan ke Kolej Vokasional ERT)

Oleh: Muh Zuhri Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Boyolali, Jawa Tengah 

Kamis, 7 Maret 2019 Saya dan semua delegasi P4TK Bahasa Kemdikbud berkesempatan mengunjungi salah satu sekolah atau kolej di Malaysia, yaitu Kolej Vokasional ERT Setapak.

Kolej Vokasional ERT Setapak yang dikenal dengan KVerts  berdiri sejak tahun 1975 sebagai Sekolah Vokasional dan dinaikkan tarafnya menjadi Kolej Vokasional pada tahun 2005 berlokasi di Kuala Lumpur. KVerst ini memiliki 5 program keahlian, yaitu (1)  Diploma in Culinary Arts; (2) Diploma in Fashion Design; (3) Diploma in Cosmetology; (4) Diploma in Early Childhood Education; dan (5) Diploma in Technology Computer System.

Menurut Encik Meor Azam Bin Meor Baharom, salah seorang pensyarah dari Unit Bahasa Inggris,  penerapan HOTS/KBAT dalam pembelajaran di Kolej Vokasional ERT setapak dilaksanakan dengan empat cara, yaitu (1) pembentangan atau presentasi, (2) aktiviti ujian lisan atau kegiatan ujian lisan; (3) latihan modul; dan (4) lakonan/simulasi.

Setelah kegiatan seremonial, kami  memasuki kelas Sijil Vokasional Malaysia tingkat II program studi Pengajian Awal Kanak-kanak dan pembelajaran telah berlangsung. Materi pembelajaran adalah Komsas dengan topik menganalisis unsur-unsur drama. Kami dapat menyaksikan bagaimana implementasi HOTS/KBAT melalui pembentangan atau presentasi. Saat itu, empat orang siswa sedang melakukan presentasi unsur-unsur drama dengan penuh semangat. Hal yang menarik adalah pada akhir presentasi, siswa yang melakukan presentasi memberikan pertanyaan berkaitan dengan isi presentasi kepada peserta. Inilah yang mungkin jarang ditemui dan dilaksanakan di Indonesia. Ada tiga pertanyaan yang diajukan oleh penyaji dan respon dari siswa pun berbeda-beda. Siswa menanggapi pertanyaan dengan sangat antusias dan menjawab sesuai sudut pandang masing-masing.

Berdasarkan kunjungan ke Kolej Vokasional ERT Setapak, saya mendapatkan simpulan bahwa implementasi HOTS/KBAT menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa menjadi antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Cara penerapan HOTS/KBAT dapat dilakukan dengan berbagai cara. Guru hendaknya kreatif dalam membuat variasi proses pembelajaran, misalnya variasi kegiatan presentasi seperti yang dilaksanakan di Kolej Vokasional ERT Setapak




 





















3 comments:

  1. Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih Bu Ike Hikmawati

      Delete
  2. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    ada bonus cashback dan bonus deposit harian
    BBM : 2B1E7B84

    ReplyDelete