05 March 2019

MATERI PELATIHAN HOTS DAN LITERASI DI UNIVERSITY OF MALAYA, KUALA LUMPUR MALAYSIA DELEGASI P4TK KEMDIKBUD (BAHASA INDONESIA, INGGRIS, JEPANG)



MATERI PELATIHAN HOTS DAN LITERASI DI UNIVERSITY OF MALAYA, KUALA LUMPUR MALAYSIA DELEGASI P4TK KEMDIKBUD (BAHASA INDONESIA, INGGRIS, JEPANG)
Hari kedua: Selasa, 5 Maret 2019
A. Sesi 1
Materi: Pedagogical  Models and Principles.
Narasumber:  Prof.  Dato Isahaq Haroon, beliau adalah murid  dari Bloom yang terkenal dengan Taxonomy Bloom. 
1. Model Pengajaran dan Pembelajaran
2. The Cone of Learning
3. The NLP (Neuro Linguistic Program) Communiation Models
4. Delapan Komponen Utama Mendesain Pengajaran



Model am Pengajaran (Model Pengajaran Umum)
Model am pengajaran yang ideal harus memuat Quality Teaching, Quantum Learning, Quality Outcome yang kesemuanya itu terjadi dalam satu tempoh masa (kurun waktu). Tentu pembelajaran yang berkualitas harus disokong pentadbiran intitusi (didukung manajemen sekolah) yang baik dan fasiliti (fasilitas) yang memadai.
The Cone of Learning
Beliau juga menjelaskan tentang Kerucut Pengalaman Edgar Dale. Dalam kerucut ini pengalaman belajar peserta didik dikategorikan dari hal yang konkret menuju hal yang abstrak. Dengan pengklasifikasian ini, diharapkan mampu membantu peserta didik dan pendidik dalam pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta didik  sesuai tahap perkembangan mereka.
Dale dalam Kerucut Pengalaman Dale (Dale’s Cone Experience) menyatakan:
“Hasil belajar seseorang diperoleh melalui pengalaman langsung (kongkrit), kenyataan yang ada di lingkungan kehidupan seseorang kemudian melalui benda tiruan, sampai kepada lambang verbal (abstrak). Semakin ke atas puncak kerucut semakin abstrak media penyampai pesan itu. Proses belajar dan interaksi mengajar tidak harus dari pengalaman langsung, tetapi dimulai dengan jenis pengalaman yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kelompok siswa yang dihadapi dengan mempertimbangkan situasi belajar”. Pengalaman langsung akan memberikan informasi dan gagasan yang terkandung dalam pengalaman itu, oleh karena itu ia melibatkan indera penglihatan, pendengaran, perasaan, penciuman, dan peraba”.

Adapun tingkatan dalam penggolongan Kerucut Pengalaman sebagai Berikut:
Baca (10 %), Dengar (20%), lihat gambar (30%)
Pada tingkatan ini, penggambaran realitas secara langsung sebagai pengalaman yang kita temui pertama kalinya. Pembelajar masih sebagai partisipan, sehingga tingkat pemahamannya pun masih sedikit.
” Diskusi (50%) dan Presentasi (70%)
Pada tingkatan ini, pembelajar sudah diberikan suatu bentuk permasalahan, sehingga pembelajar aktif berpikir tentang permasalahan tersebut. Pembelajar masih sebagai partisipan, karena masalah yang diberikan masih berupa permasalahan yang konkrit.
” Bermain peran, bersimulasi, melakukan hal nyata (90%) Pada tingkatan ini, pembelajar sudah bertindak sebagai pengamat. Turun langsung dalam mengamati sebuah permasalahan. Sehingga tingkat pemahamannya pun lebih besar.
The NLP Communication Level
Dari beberapa peristiwa yang terjadi dalam kehidupan, setidaknya ada lebih dari 2 miliar info yang bisa diterima seorang pembelajar dengan menggunakan lima panca indera yang dimiliki. Info tersebut akan disaring dengan 3 cara (generalize, distort, delete). Proses penyaringan itu menggunakan 5 kriteria (metaprogram, values , beliefs, decision, memories) dan akhirnya akan menghasilkan 5-9 chunks (potongan-potongan pesan) yang kemudian direpresentasi berdasarkan keadaan psikologi dan akhirnya memengaruhi sikap/tingkah laku (behaviour what we do).

8 Komponen utama dalam merekabentuk/design PEMBELAJARAN.
Maksudnya, ada delapan hal penting dalam mendesain pembelajaran
1. Kenali pelajar Anda 
2. Guru kuasai content pengetahuan/ kemahiran. Artinya, sebelum mengajar guru harus menguasai topik yang akan diajarkan ke siswa.
3. Objektif membina kemahiran pelajar untuk 'learning to learn, to think and to work coopertively'. Nah ini maksudnya membimbing siswa agar bisa berpikir dan belajar dengan kooperatif.
4. Susun unit-unit p&p (pengajaran dan pembelajaran) secara 'sequential' guna jadual penentuan kandungan (JPK). Maksudnya, sebelum mengajar seorang guru harus menyusun RPP agar kegiatan belajar mengajar terarah
5. Pilih kaedah & teknik pengajaran. Guru harus memilih dan menentukan pendekatan, model dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan 
6. Latihan murid. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru memberikan tugas/latihan kepada peserta didik untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah di sampaikan. 
7. Pilih alat bantu p&p yang sesuai. Guru harus mampu memilih media pembelajaran yang tepat.
8. Penilaian (Alat dan kaedah penilaian sah yang boleh dipercayai). Nah....ini paling akhir, tujuannya untuk mengetahui kemajuan belajar peserta didik baik sebagai individu maupun anggota  kelompok/kelas  setelah  ia  mengikuti  pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan serta mengetahui efektivitas  dan  efisiensi  berbagai  komponen pembelajaran  yang  dipergunakan  guru  dalam  jangka  waktu tertentu.  
B. Sesi 2
Narasumber: Prof. Dato Isahaq Haroon
Materi: Kemahiran Berpikir Aras Tinggi (KBAT) atau HOTS dalam Taksonomi Domain Kognitif Bloom.
1. Bloom,s Taxonomy of Learning Domains
2. Cognitif Domain
3. Bloom,s Resived Taxonomy
4. Table of Resived Cognitiv Domain
5. Types and Levels of Konowledge
Taksonomi Bloom untuk Domain Pembelajaran diciptakan pada tahun 1956  untuk memprioritaskan lebih banyak informasi daripada sekadar mengingat fakta (menghapal). Hal ini paling sering digunakan ketika merancang dan proses pendidikan, pelatihan dan pembelajaran.  Bloom, mengidentifikasi tiga bidang kegiatan pendidikan. Tiga domain tersebut adalah:
1. Cognitive: mental/intelektual skill (Kognitif: Pemikiran) 
2. Affective: growth in feelings or emotional area (sikap/emosi) 
3. Psychomotor: for manual  or physical skills (Keterampilan) 
Ada enam proses kognitif kognitif utama, mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks, yaitu: remember, understand, apply, analyze, evaluate dan create.
C. Sesi 3
Narasumber:  Prof. Zahari Othman
Materi: 'Open Compare and Contrast' (lanjutan hari pertama)
Dosen selanjutnya Prof. Zahari Othman, masih dengan materi 'Open Compare and Contrast'. Kami diminta mencari sebuah topik kemudian menganalis (how alike?)persamaan  dan (how different?) perbedaan hal tersebut, menentukan 'pattern of significant similarities and differences', membuat conclusi/interpretasi, membuat pertanyaan yang HOTS tentang topik tersebut kemudian mempresentasikan di depan dan ditanggapi oleh dosen pembimbing.
#GuruIndonesiaAgenPerubahan
#UniversityofMalaya
Rangkuman materi jurnal harian kedua ini disusun Delegasi P4TK Bahasa Kemdikbud(Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang).
Bahasa Indonesia: Arni Oktaviani Susanti, Delvi Iskandar, Muh Zuhri, Yuyun Sri Idaningsih,, Mas Edi Masrur, Ririk Ratnasari, dan Maman Suherman, Novianti Djayusman.
Bahasa Inggris: Lia Herawaty, Yuana Purnamaningsih, Yulianto, Fatkhur Rozi, Aris Asrori,  Setyowati, Devi Yanti, Umi KulsumIke Hikmawati.
Bahasa Jepang:  Taufik Hafid, Gina Intana Dewi, Reffa Noviyanti Djadjuri, Irna Anjani, Karjati Soemarmi,







1 comment:

  1. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    untuk Diskon 2D: 29%, 3D: 59%, dan 4D: 66%
    Hadiah 4D x 3000, 3D x 400, 2D x 70, 2D Depan&Tengah x 65
    pelayanan yang cepat dan ramah
    untuk cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi www.kelinci99.casino ya
    BBM : 2B1E7B84

    ReplyDelete