09 July 2020

RPP PJJ BAHASA INDONESIA KELAS XI PERTEMUAN KE-8: TEKS EKSPLANASI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-8

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.3 dan KD 4.3
Kelas/Semester: XI /1
IPK: 3.3.2 dan IPK 4.3.2
Materi Pokok: Urutan Kejadian dalam Teks Eksplanasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi pengetahuan dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi, menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian ) dalam teks  eksplanasi secara lisan dan tulis dan memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model discovery learning)

1. Pendahuluan (8 Menit)
a. Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui grup whatsapp untuk segera masuk ke aplikasi zoom, mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom, mengucapkan salam pembuka, berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru menanyakan kabar tentang kesehatan peserta didik, mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga jarak saat berada di luar rumah.
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Guru dan peserta didik log out dari aplikasi zoom meeting.
2. Inti (70 Menit)
a. stimulation (10’)
Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi pembelajaran yang link atau tautannya dikirimkan oleh guru. Kemudian siswa menanggapi atau bertanya jawab tentang isi video tersebut.
b. problem statement (10’)
Guru meminta peserta didik masuk ke google classroom dan bertanya jawab tentang isi video yang sudah dilihat.
c. data collection (15’)

Peserta didik membaca materi pada web/blog dengan link/tautan yang dikirim guru berkaitan dengan mengidentifikasi pengetahuan dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi, menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian ) dalam teks  eksplanasi secara lisan dan tulis. Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/mengidentifikasi-informasi-dalam-teks.html
d. data processing (15’)
Peserta didik berdiskusi secara daring untuk mengidentifikasi pengetahuan dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi, menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks  eksplanasi secara lisan dan tulis.
e. verification
(10’)

Peserta didik menyajikan hasil diskusi melalui surel, whatsapp atau aplikasi daring lainnya dan saling memberikan catatan saran dan tanggapan terhadap karya teman/kelompok lain.
f. generalization
(10’)
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dan memperbaiki hasil kerja. 
3. Penutup (12 Menit)
a. Peserta didik melakukan refleksi melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
b. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
c. Guru memberikan umpan balik dan penugasan melalui grup whatsapp, surel,  atau aplikasi daring lainnya.
d. Guru menginformasikan pembelajaran berikutnya melalui grup whatsapp atau aplikasi daring lainnya.

C. Penilaian
1. Sikap: observasi saat pembelajaran
2. Pengetahuan: tes tulis dan penugasan
3. Keterampilan: produk peserta didik dan praktik

                                                                                           Boyolali, 12 Juni 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                 Guru Mata Pelajaran,


Drs. Agung Wardoyo                                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                                NIP 197207081998011001

Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
BACA DAN UNDUH CONTOH RPP PJJ SATU RPP UNTUK SATU PERTEMUAN
KELAS X
Kelas XI

Kelas XII


0 komentar:

Post a Comment