07 July 2020

RPP PJJ BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII SEMESTER 1 PERTEMUAN KE-7: ISI DAN STRUKTUR TEKS CERITA SEJARAH



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-7

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.3 dan 4.3
Kelas/Semester: XII/1
IPK: 3.3.2 dan 4.3.2
Materi Pokok: Struktur Teks Cerita Sejarah

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi dan struktur teks cerita sejarah; mengunstruksi nilai-nilai teks cerita sejarah; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model discovery learning)

1. Pendahuluan (8 Menit)
a. Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui grup whatsapp untuk segera masuk ke aplikasi zoom, mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom, mengucapkan salam pembuka, berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru menanyakan kabar tentang kesehatan peserta didik, mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga jarak saat berada di luar rumah.
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Guru dan peserta didik log out dari aplikasi zoom meeting.
2. Inti (70 Menit)
a. stimulation (10’)
Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi pembelajaran yang link atau tautannya dikirimkan oleh guru. Kemudian siswa menanggapi atau bertanya jawab tentang isi video tersebut.
b. problem statement (10’)
Guru meminta peserta didik masuk ke google classroom dan bertanya jawab tentang isi video yang sudah dilihat.
c. data collection (15’)

Peserta didik membaca materi pada web/blog dengan link/tautan yang dikirim guru berkaitan mengidentifikasi isi dan struktur teks cerita sejarah dan mengunstruksi nilai-nilai teks cerita sejarah. Tautan yang diberikan oleh guru adalah

d. data processing (15’)
Peserta didik berdiskusi secara daring untuk mengidentifikasi isi dan struktur teks cerita sejarah dan mengunstruksi nilai-nilai teks cerita sejarah.
e. verification
(10’)

Peserta didik menyajikan hasil diskusi melalui surel, whatsapp atau aplikasi daring lainnya dan saling memberikan catatan saran dan tanggapan terhadap karya teman/kelompok lain.
f. generalization
(10’)
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dan memperbaiki hasil kerja. 
3. Penutup (12 Menit)
a. Peserta didik melakukan refleksi melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
b. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
c. Guru memberikan umpan balik dan penugasan melalui grup whatsapp, surel,  atau aplikasi daring lainnya.
d. Guru menginformasikan pembelajaran berikutnya melalui grup whatsapp atau aplikasi daring lainnya.

C. Penilaian
1. Sikap: observasi saat pembelajaran
2. Pengetahuan: tes tulis dan penugasan
3. Keterampilan: produk peserta didik dan praktik

                                                                                           Boyolali, 12 Juni 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                 Guru Mata Pelajaran,



Drs. Agung Wardoyo                                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                                NIP 197207081998011001

Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
BACA DAN UNDUH CONTOH RPP PJJ SATU RPP UNTUK SATU PERTEMUAN
KELAS X
Kelas XI

Kelas XII



0 komentar:

Post a Comment