29 December 2019

RPP 1 LEMBAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
Sekolah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
SMA Negeri 2 Boyolali
X IPA-IPS/ Gasal
Teks Laporan Hasil Observasi
4 X 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
3.2.1 Menganalisis isi dari minimal dua teks laporan hasil observasi
3.2.2 Menganalisis aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil
           observasi
4.2 Mengonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
4.2.1 Mengonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi baik lisan
          maupun tulis
4.2.2 Mengonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan aspek
           kebahasaan baik lisan maupun tulis   


A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dan mengonstruksikan teks laporan dengan kritis, bekerja sama, dan komunikatif selama proses pembelajaran.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)
1.        Peserta didik mencermati tujuan pembelajaran.
2.        Peserta didik membaca dua teks laporan hasil observasi dan mencari tahu permasalahan yang terdapat dalam teks tersebut.
3.        Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan isi, struktur, kebahasaan teks LHO.
4.        Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing pendidik bekerja sama dalam kelompok secara kritis menganalisis struktur teks, isi tiap bagian/struktur dan kebahasaan teks LHO.
5.        Peserta didik bekerja sama dalam kelompok mengembangkan hasil analisis struktur, isi, dan kebahasaan teks serta mengonstruksi teks LHO. Selanjutnya, peserta didik menyajikannya dalam  bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain. 
6.        Peserta melakukan evaluasi dalam bentuk curah pendapat juga refleksi terhadap kegiatan analisis dan penyusunan teks LHO yang telah mereka lakukan.
7.        Pendidik melaksanakan penilaian terhadap pembelajaran.
C. Penilaian
1. Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
2. Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan teks  LHO.
3. Keterampilan: Produk hasil mengonstruksikan teks LHO dengan memerhatikan isi, struktur,  dan aspek kebahasaan                                                                                                                                                                                                                              Boyolali, ………….
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                                                          Guru Mata Pelajaran  


Drs. Agung Wardoyo                                                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                                                NIP 197207081998011001    

Unduh File RPP 1 lembar Teks LHO Model PBL klik https://drive.google.com/open?id=1UpjUokaVUycAgRLsVor0jQrfZ7ilLh-9



Baca dan Unduh Contoh RPP 1 Lembar (1 Halaman)
1. RPP 1 Lembar Teks LHO Model Discovery Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/unduh-contoh-rpp-1-lembar-bahasa.html
2. RPP 1 Lembar Teks LHO Model Problem Based Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/rpp-1-lembar-teks-laporan-hasil.html
3. RPP 1 Lembar Teks Karya Ilmiah model Problem Based Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/contoh-rpp-1-halaman-model-pembelajaran.html

2 comments: