Berikut
disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2020 SMA/MA mata pelajaran
Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA
BEDAH KISI-KISI UN 2020 SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No
|
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
|
||
Memaknai
istilah/kata
|
Disajikan paragraf
padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu
kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat
menentukan makna/ arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
|
1.
|
Mengidentifikasi
informasi tersurat
|
Disajikan sebuah
paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat
fakta), peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa fakta dalam
paragraf tersebut.
|
2.
|
Disajikan sebuah
paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, peserta didik dapat
menentukan menjawab pertanyaan tentang isi paragraf dengan kata tanya mengapa
atau bagaimana dengan tepat.
|
3.
|
|
Disajikan paragraf
kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh,
peserta didik dapat menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut.
|
4.
|
|
Disajikan paragraf
kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh,
peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks.
|
5.
|
|
Menemukan ide pokok
|
Disajikan paragraf,
peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut.
|
6.
|
Menemukan inti
kalimat
|
Disajikan kalimat
luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
|
7.
|
Menentukan makna
rujukan
|
Disajikan paragraf yang
menggunakan kata acuan, peserta didik dapat menentukan kata/kelompok kata
yang dirujuk oleh acuan tersebut dengan tepat.
|
8.
|
Menyimpulkan isi
tersirat dalam teks
|
Disajikan paragraf
padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, peserta didik dapat
menentukan tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf
dengan tepat.
|
9.
|
Disajikan kutipan
tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat
dalam kutipan tersebutdengan tepat.
|
10.
|
|
Disajikan kutipan
tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan pihak yang dituju oleh penulis
dalam kutipan tersebut dengan tepat.
|
11.
|
|
Menentukan kalimat
utama
|
Disajikan paragraf
padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu
kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat
menentukan kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat.
|
12.
|
Menentukan kalimat
penjelas
|
Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, peserta didik
dapat menentukan tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
|
13.
|
membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa
teks
|
Disajikan dua buah penggalan teks ulasan/artikel, siswa mampu
menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat.
|
14.
|
Menyimpulkan
perbedaan atau persamaan isi
|
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel,
peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks
tersebut dengan tepat.
|
15.
|
membandingkan
penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi,
prosedur, editorial, ulasan/resensi)
|
Disajikan dua kutipan teks
ulasan/artikel, peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penggunaan
bahasa dan pola penyajian tersebut dengan tepat.
|
16.
|
Mengomentari isi
teks
|
Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat menentukan kalimat
penilaian terhadap isi teks dengan tepat.
|
17.
|
menunjukkan bukti
suatu simpulan
|
Disajikan penggalan teks, siswa mampu menunjukkan bukti simpulan
pernyataan sesuai isi teks
|
18.
|
2. LINGKUP MATERI
MEMBACA SASTRA
|
||
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya
sastra
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang
dalam teks dengan tepat.
|
19.
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa ungkapan/makna
kias dengan tepat.
|
20.
|
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa
majas dengan tepat.
|
21.
|
|
Memaknai isi
tersurat dalam karya sastra
|
Disajikan sebait
gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud isi atau amanat yang
terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat
|
22.
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak
tokoh dengan tepat.
|
23.
|
|
Menyimpulkan isi
tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat,
nilai -nilai)
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat.
|
24.
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat),
peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung dalam kutipan
cerpen/novel tersebut dengan tepat.
|
25.
|
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat),
peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan nilai-nilai
tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan
saat inidengan tepat.
|
26.
|
|
Membandingkan isi,
pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Disajikan dua buah teks
penggalan cerpen, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan kedua penggalan
teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat
|
27.
|
Membuktikan
simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta
didik dapat menentukan pernyataan pembuktian watak tokoh tertentu dalam
kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
|
28.
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan latar (suasana, waktu, atau
tempat) sesuai kutipan dengan tepat.
|
29.
|
|
Disajikan penggalan
cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan hal yang diungkapkan dalam
teks, yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini dengan tepat.
|
30.
|
|
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Disajikan penggalan cerpen/ novel, siswa mampu mengaitkan
isi novel dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
|
31.
|
Menilai
keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Disajikan kutipan
teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan
keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi
berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
|
32.
|
Disajikan sebuah
puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai
yang sesuai dengan isi puisi tersebut
|
33.
|
|
Meringkas isi karya
sastra
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan
tersebut dengan tepat.
|
34.
|
3. LINGKUP MATERI
MENULIS TERBATAS
|
||
melengkapi kalimat/paragraf
dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
|
Disajikan teks berisi ilustrasi
peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan istilah yang tepat
|
35.
|
Disajikan teks berisi ilustrasi
peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan ungkapan yang tepat
|
36.
|
|
Disajikan teks berisi ilustrasi
peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan peribahasa yang tepat
|
37.
|
|
melengkapi unsur teks
(eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)
|
Disajikan paragraf eksposisi
yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat
simpulan untuk melengkapinya
dengan tepat.
|
38.
|
Disjaikan paragraf
yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi
paragraf tersebut dengan kalimat
deskripsi yang tepat.
|
39.
|
|
Disajikan sebuah
kalimat pendapat tentang sesuatu, peserta didik dapat menentukan kalimat argumentasi yang logis untuk
mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung)
|
40.
|
|
Disajikan penggalan
teks ulasan yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
41.
|
|
Disajikan paragraf proses yang dirumpangkan
satu kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk
melengkapinya.
|
42.
|
|
Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan
kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang
padu untuk melengkapinya
|
43.
|
|
Disajikan penggalan narasi yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
44.
|
|
Melengkapi teks
sastra (prosa, puisi, drama)
|
Disajikan puisi lama berupa
pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bagian isi
dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan larik yang tepat untuk
melengkapinya
|
45.
|
Disajikan kutipan teks drama
yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, peserta didik dapat menentukan
kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
|
46.
|
|
Menggabungkan kalimat
(mengurutkan kalimat acak)
|
Disajikan kalimat acak (kalimat
diberi nomor dan diurut ke bawah), peserta didik dapat menentukan urutan yang
tepat untuk dijadikan paragraf padu
|
47.
|
Memvariasikan kata yang
bertujuan sama
|
||
Memvariasikan kalimat yang
bertujuan sama
|
Disajikan beberapa kalimat yang
mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang
tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
|
48.
|
Disajikan beberapa
kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan
ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
|
49.
|
|
Disajikan kutipan
teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa dapat
menentukan kalimat yang mempunyai tujuan sama dalam bentuk kalimat lain
(tanya) yang tepat.
|
50.
|
|
menggabungkan
beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
|
||
memvariasikan unsur
teks
|
||
mengubah bentuk
teks lain
|
Disajikan sebuah teks, siswa mampu
mengubah bentuk teks ke bentuk teks lain
|
51.
|
4. MENYUNTING KATA,
KALIMAT, DAN PARAGRAF
|
||
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata/istilah
|
Disajikan paragraf
dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, peserta didik mampu
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan
tepat.
|
52.
|
mengidentifikasi
kesalahan penggunaan konjungsi
|
Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan
penggunaan konjungsi dalam teks tersebut dengan tepat.
|
53.
|
mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kalimat efektif
|
Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan
penggunaan kalimat efektif dalam teks tersebut dengan tepat.
|
54.
|
Mengidentifikasi
kalimat tidak padu dalam paragraf
|
Disajikan paragraf
yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu
dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
55.
|
Menggunakan kata bentukan
(mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan paragraf yang
dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe-
pada kata dasar yang diawali huruf k, p, t, s), peserta didik dapat
menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapinya
|
56.
|
Disajikan paragraf
naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, peserta didik dapat menentukan
kata ulang yang tepat untuk melengkapinya
|
57.
|
|
Mengisi dengan
konjungsi yang sesuai
|
Disajikan paragraf
yang belum lengkap kata penghubung
temporal (urutan waktu), peserta didik dapat menentukan kata penghubung yang
tepat untuk melengkapinyanya.
|
58.
|
Memperbaiki
kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf
yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat menentukan cara
perbaikan kalimat tersebut dengan tepat.
|
59.
|
Memperbaiki
kesalahan paragraf
|
Disajikan paragraf deskripsi yang menggunakan tiga frasa adjektiva
yang salah (tiga frasa), peserta didik dapat menentukan frasa adjektiva yang
tepat untuk memperbaikinya.
|
60.
|
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu,
peserta didik dapat menentukan kalimat yang padu untuk memperbaikinya
|
61.
|
|
Menentukan alasan
kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
|
Disajikan paragraf
yang salah satu kalimatnya menggunakan
kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan kata tidak baku dalam kalimat
dengan disertai alasan yang tepat
|
62.
|
5. MENYUNTING EJAAN
DAN TANDA BACA
|
||
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri,
kata tugas)
|
Disajikan ilustrasi
berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi
penulisan judul buku tersebut salah (dengan huruf kecil semua), peserta didik
dapat menentukan perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan
bahasa Indonesia yang berlaku
|
63.
|
Disajikan paragraf
yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa
dapat mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan
nama geografi.
|
64.
|
|
Menggunakan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan ejaan, siswa mampu
|
65.
|
Menggunakan tanda
baca
|
Disajikan kalimat
beberapa kalimat yang dua di antaranya
terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik dapat menentukan
kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya
|
66.
|
Memperbaiki
kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf
yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa mampu
menentukan perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
|
67.
|
Disajikan paragraf
yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; peserta didik dapat
menentukan kata baku untuk memperbaikinya
|
68.
|
|
Disajikan paragraf
yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa mampu
menentukan perbaikan kata serapan
dengan tepat.
|
69.
|
|
Menentukan alasan
kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
Disajikan kalimat
yang menggunakan tanda bacanya salah, peserta didik dapat menentukan
kesalahan penggunaan tanda baca
disertai alasan yang tepat pada kalimat tersebut
|
70.
|
PEMBAHASAN
SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019
1.
Ide Pokok Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa.html
2.
Makna Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-un-2019-kunci-jawaban-dan.html
3.
Jawaban yang Tepat Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-un-tahun-pelajaran-20182019-bahasa.html
4.
Maksud Pernyataan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/kunci-jawaban-soal-un-tahun-2019-bahasa.html
5.
Bukti Simpulan Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-menunjukkan-bukti.html
6.
Pokok-Pokok Pikiran Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-un-tahun-pelajaran-20192020-bahasa.html
7.
Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-sma.html
8.
Kalimat Utama Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/kunci-jawaban-soal-un-tahun-20182019.html
9.
Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-sma_8.html
10.
Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-kalimat-tidak-padu.html
11.
Kata Simbolik/Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-makna-simbolik-atau.html
12.
Maksud Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-menentukan-maksud.html
13.
Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-dan-pembahasan-kalimat.html
14.
Nilai Budaya dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-menentukan-nilai-budaya.html
15.
Kalimat Fakta Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-kalimat-fakta-dan.html
16.
Konflik dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-menentukan-konflik-dalam.html
17.
Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/contoh-soal-menentukan-keterkaitan-isi.html
18.
Bukti Nilai Moral dalam Novel Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/contoh-soal-bukti-nilai-moral-dalam.html
19.
Bukti Latar Suasana dalam Novel Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/contoh-soal-bukti-latar-suasana-dalam.html
20.
Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/pembahasan-soal-melengkapi-teks-dengan.html
21.
Memperbaiki Kalimat agar Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/contoh-soal-un-memperbaiki-kalimat-agar.html
22.
Mengurutkan Kalimat Acak agar Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/mengurutkan-kalimat-acak-paragraf.html
23.
Melengkapi Paragraf Narasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-melengkapi-paragraf-narasi.html
24.
Melengkapi Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-melengkapi-teks-prosedur.html
26.
Kata Berimbuhan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-un-melengkapi-paragraf.html
27.
Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-un-melengkapi-paragraf_13.html
28.
Kalimat Simpulan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-dan-pembahasan-melengkapi.html
29.
Ringkasan Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-dan-pembahasan-menyusun.html
30.
Parafrasa Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-parafrasa-atau-mengubah.html
31.
Kalimat Argumen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-kalimat-argumen-yang.html
32.
Partikel –lah dan akhiran –kan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-penggunaan-partikel-lah-dan.html
33.
Penulisan Nama Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-un-tentang-penulisan-nama.html
34.
Perbandingan Dua Teks Sastra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-membandingkan-dua-teks.html
35.
Bukti Watak Tokoh Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-bukti-watak-tokoh-kalimat.html
36.
Amanat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-dan-pembahasan-menentukan.html
37.
Mengubah Teks Drama ke Narasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-mengubah-bentuk-teks-drama.html
38.
Macam-Macam Konjungsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-penggunaan-konjungsi-yang.html
39.
Perbaikan Penggunaan Ejaan yang Salah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-penggunaan-ejaan-yang-salah.html
40.
Perbaikan Penggunaan Tanda Baca yang Salah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-perbaikan-penggunaan-tanda.html
41.
Penulisan Judul Karangan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-perbaikan-penulisan-judul.html
42.
Memprediksi Kelanjutan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-un-memprediksi-kelanjutan.html
43.
Keunggulan dan Kelemahan Novel Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-un-kelemahan-dan-keunggulan.html
44.
Menyimpulkan Isi Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-membandingkan-dan.html
45.
Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/tips-menentukan-pernyataan-yang-sesuai.html
46.
Menganalisis Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-menganalisis-isi-teks-dan.html
47.
Menentukan Tujuan Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-menentukan-tujuan-penulis.html
48.
Menyimpulkan Isi Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-menyimpulkan-isi-dua-teks.html
49.
Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-menentukan-pernyataan.html
50.
Ulasan Drama Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-ulasan-teks-drama-dan.html
PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
Sebagai persiapan menghadapi Ujian
Nasional (UN) tahun 2019, berikut disajikan pembahasan lengkap soal UN tahun
2017/2018 nomor 1-50 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA. Pembahasan soal
tersebut dapat dibaca pada tautan-tautan sebagai berikut. Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-lengkap-soal-un-tahun.html
Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018
1. Kalimat Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Pendeskripsian Watak Tokoh
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
6. Persamaan Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Ringkasan Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nilai dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10.: Penilaian terhadap Isi
Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
11. Opini Penulis dalam Tajuk
Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
12. Keberpihakan Penulis dalam
Tajuk Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
13. Keteladanan Tokoh dalam
Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
14. Kalimat Utama dan Kalimat
Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
15. Kalimat Fakta Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
16. Tujuan Penulis Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
17. Kata Tidak Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
18. Kalimat Tidak Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
19. Kata Rujukan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
20. Kalimat Simpulan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_34.html
21. Menentukan ide pokok
paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
22. Makna Kata/Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
23. Jawaban dari Pertanyaan
Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
24. Makna Kata Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
25. Makna Ungkapan dalam Teks
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
26. Melengkapi Teks dengan
Ungkapan yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html
27. Memperbaiki Kata Tidak
Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
28. Alasan Kesalahan
Penggunaan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
29. Penulisan Nama Geografi
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
30. Pengembangan Topik Cerita
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
31. Perbaikan Penulisan Kata
Ulang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
32. Penulisan Judul Karangan
Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
33. Kalimat Esai Sesuai
Kutipan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
34. Melengkapi Teks dengan
Kata Berimbuhan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
35. Melengkapi Teks Drama Klik
http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html
36. Menentukan Amanat Cerita
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_14.html
37. Melengkapi Pantun Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_18.html
38. Kalimat Argumen untuk
Mendukung Kalimat Pendapat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html
39. Kalimat Kesepakatan dalam
Teks Negosiasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa_19.html
40. Memperbaiki Kalimat Tidak
Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_26.html
41. Maksud Isi Gurindam Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasaan-soal-un.html
42. Kalimat Simpulan Akibat
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
43. Memperbaiki Penulian Kata
Serapan yang Tidak Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
44. Melengkapi Paragraf dengan
Konjungsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
45. Memvariasikan Kalimat Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/contoh-soal-dan-pembahasan.html
46. Melengkapi Teks Prosedur
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
47. Melengkapi Paragraf
Deskripsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_23.html
48. Perbaikan Kalimat Tidak
Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html
49. Mengurutkan Kalimat Acak
Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
50. Melengkapi Paragraf dengan
Peribahasa Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_23.html
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA
INDONESIA SMA/MA
1. Menentukan kalimat utama
2. Menentukan
makna istilah
3. Menentukan
kalimat tidak padu dalam paragraf
4. Menjawab
pertanyaan sesuai isi bacaan
5. Menentukan
kalimat fakta dalam paragraf
6. Menentukan
ide pokok paragraf
7. Menentukan
tujuan penulis sesuai isi teks
8. Menentukan
kalimat yang menggunakan kata tidak baku
9. Menentukan
keteladanan tokoh dalam biografi
10. Menjawab
pertanyaan sesuai isi biografi
11. Menentukan
opini redaksi pada tajuk rencana
12. Menentukan
pihak yang dituju pada redaksi
13. Menentukan
kata rujukan
14. Menentukan
perbedaan isi dua teks (laporan hasil observasi)
15. Menentukan
inti kalimat
16. Menentukan
makna lambang
17. Menentukan
kalimat bermajas
18. Menentukan
cara pendeskripsian watak tokoh
19. Menentukan
kalimat yang menyatakan latar tempat
20. Menentukan
konflik cerita
21. Menentukan
kalimat yang menunjukkan watak tokoh
22. Menentukan
nilai budaya dalam cerpen
23. Menentukan
amanat cerpen
24. Menentukan
kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25. Menentukan
kaitan isi cerpen dengan kehidupan saat ini
26. Menentukan maksud isi gurindam
27. Menilai keunggulan dan
kelemahan buku
28. Menyusun ringkasan teks
29. Mengurutkan kalimat acak
30. Menentukan kalimat argumen
31. Menyusun kalimat simpulan
paragraf
32. Menentukan peribahasa yang
tepat sesuai ilustrasi
33. Menentukan ungkapan yang tepat
sesuai ilustrasi
34. Melengkapi teks deskripsi
35. Melengkapi teks argumentasi
36. Melengkapi larik pantun
37. Melengkapi teks prosedur
38. Menyusun teks esai
39. Menggunakan konjungsi temporal
40. Menggunakan kata berimbuhan
41. Menggunakan kata ulang
42. Melengkapi paragraf dengan
kalimat simpulan
43. Menggunakan frasa adjektiva
44. Memperbaiki kalimat tidak
efektif
45. Menentukan alasan penyebab
ketidakbakuan kata
46. Memperbaiki kata tidak baku
menjadi kata baku
47. Memperbaiki penulisan kata
serapan yang tidak tepat
48. Mengidentifikasi penulisan
judul yang benar
49. Menggunakan tanda baca dengan
tepat
50. Menentukan alasan kesalahan
pemakaian tanda baca
Wah. Lumayan bisa belajar buat UN. Terima kasih, pak.
ReplyDeleteASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
ReplyDelete1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000