15 December 2019

BEDAH KISI-KISI UN 2020 BAHASA INDONESIA SMA/MA DILENGKAPI PEMBAHASAN SOAL UN 2019, 2018, 2017




Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2020 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA
BEDAH KISI-KISI UN 2020 SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indikator Materi
Indikator Soal
No

1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat menentukan  makna/ arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
1.       
Mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut.       
2.       
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
3.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut.
4.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5.       
Menemukan ide pokok
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut.
6.       
Menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut  dengan tepat.
7.       
Menentukan makna rujukan
Disajikan paragraf yang menggunakan kata acuan, peserta didik dapat menentukan kata/kelompok kata yang dirujuk oleh acuan tersebut dengan tepat.
8.       
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat.
9.       
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat.
10.   
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebut dengan tepat.
11.   
Menentukan kalimat utama
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat.
12.   
Menentukan kalimat penjelas
Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, peserta didik dapat menentukan tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
13.   
membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
Disajikan dua buah penggalan teks ulasan/artikel, siswa mampu menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat.
14.   
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat.
15.   
membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penggunaan bahasa dan pola penyajian tersebut dengan tepat.
16.   
Mengomentari isi teks

Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat menentukan kalimat penilaian terhadap isi teks dengan tepat.
17.   
menunjukkan bukti suatu simpulan
Disajikan penggalan teks, siswa mampu menunjukkan bukti simpulan pernyataan sesuai isi teks
18.   
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam teks dengan tepat.
19.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat.
20.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa majas dengan tepat.
21.   
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan sebait gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat
22.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh dengan tepat.
23.   
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai -nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat.
24.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
25.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan saat inidengan tepat.
26.   
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat
27.   
Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan pembuktian watak tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
28.   
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat.
29.   
Disajikan penggalan cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan hal yang diungkapkan dalam teks, yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini dengan tepat.
30.   
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Disajikan penggalan cerpen/ novel, siswa mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
31.   
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
32.   
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut
33.   
Meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat.
34.   
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan teks berisi ilustrasi peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan istilah yang tepat
35.   
Disajikan teks berisi ilustrasi peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan ungkapan yang tepat
36.   
Disajikan teks berisi ilustrasi peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan peribahasa yang tepat
37.   
melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)

Disajikan paragraf eksposisi yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan untuk melengkapinya dengan tepat.
38.   
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat.
39.   
Disajikan sebuah kalimat pendapat tentang sesuatu, peserta didik dapat menentukan kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung)
40.   
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
41.   
Disajikan paragraf proses yang dirumpangkan satu kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
42.   
Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang padu untuk melengkapinya
43.   
Disajikan penggalan narasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
44.   
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
Disajikan puisi lama berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bagian isi dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan larik yang tepat untuk melengkapinya
45.   
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
46.   
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak)
Disajikan kalimat acak (kalimat diberi nomor dan diurut ke bawah), peserta didik dapat menentukan urutan yang tepat untuk dijadikan paragraf padu
47.   
Memvariasikan kata yang bertujuan sama


Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
48.   
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
49.   
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa dapat menentukan kalimat yang mempunyai tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat.
50.   
menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai


memvariasikan unsur teks


mengubah bentuk teks lain
Disajikan sebuah teks, siswa mampu  mengubah bentuk teks ke bentuk teks lain
51.   
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
52.   
mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi dalam teks tersebut dengan tepat.
53.   
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks tersebut dengan tepat.
54.   
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
55.   
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali huruf k, p, t, s), peserta didik dapat menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapinya
56.   
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, peserta didik dapat menentukan kata ulang yang tepat untuk melengkapinya
57.   
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
Disajikan paragraf yang belum lengkap  kata penghubung temporal (urutan waktu), peserta didik dapat menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapinyanya.
58.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat menentukan cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat.
59.   
Memperbaiki kesalahan paragraf
Disajikan paragraf deskripsi yang menggunakan tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), peserta didik dapat menentukan frasa adjektiva yang tepat untuk memperbaikinya.        
60.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, peserta didik dapat menentukan kalimat yang padu untuk memperbaikinya         
61.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
Disajikan paragraf yang  salah satu kalimatnya menggunakan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat
62.   
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
Disajikan ilustrasi berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan huruf kecil semua), peserta didik dapat menentukan perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku
63.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.
64.   
Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan ejaan, siswa mampu
65.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yang  dua di antaranya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik dapat menentukan kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya
66.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
67.   
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; peserta didik dapat menentukan kata baku untuk memperbaikinya
68.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa mampu menentukan perbaikan kata serapan  dengan tepat.
69.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan kalimat yang menggunakan tanda bacanya salah, peserta didik dapat menentukan kesalahan penggunaan tanda baca  disertai alasan yang tepat pada kalimat tersebut           
70.   




PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019
17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/contoh-soal-menentukan-keterkaitan-isi.html
22. Mengurutkan Kalimat Acak agar Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/mengurutkan-kalimat-acak-paragraf.html
 
 

PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
Sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2019, berikut disajikan pembahasan lengkap soal UN tahun 2017/2018 nomor 1-50 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA. Pembahasan soal tersebut dapat dibaca pada tautan-tautan sebagai berikut. Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-lengkap-soal-un-tahun.html

Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html 
38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html 
43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html 
48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html 
49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html 

 


PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1.       Menentukan kalimat utama
2.      Menentukan makna istilah
3.      Menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf
4.      Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
5.      Menentukan kalimat fakta dalam paragraf
6.      Menentukan ide pokok paragraf
7.      Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
8.      Menentukan kalimat yang menggunakan kata tidak baku
9.      Menentukan keteladanan tokoh dalam biografi
10.  Menjawab pertanyaan sesuai isi biografi
11.  Menentukan opini redaksi pada tajuk rencana
12.  Menentukan pihak yang dituju pada redaksi
13.  Menentukan kata rujukan
14.  Menentukan perbedaan isi dua teks (laporan hasil observasi)
15.  Menentukan inti kalimat
16.  Menentukan makna lambang
17.  Menentukan kalimat bermajas
18.  Menentukan cara pendeskripsian watak tokoh
19.  Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat
20.  Menentukan konflik cerita
21.  Menentukan kalimat yang menunjukkan watak tokoh
22.  Menentukan nilai budaya dalam cerpen
23.  Menentukan amanat cerpen
24.  Menentukan kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25.  Menentukan kaitan isi cerpen dengan kehidupan saat ini
26. Menentukan maksud isi gurindam
27. Menilai keunggulan dan kelemahan buku
28. Menyusun ringkasan teks
29. Mengurutkan kalimat acak
30. Menentukan kalimat argumen
31. Menyusun kalimat simpulan paragraf
32. Menentukan peribahasa yang tepat sesuai ilustrasi
33. Menentukan ungkapan yang tepat sesuai ilustrasi
34. Melengkapi teks deskripsi
35. Melengkapi teks argumentasi
36. Melengkapi larik pantun
37. Melengkapi teks prosedur
38. Menyusun teks esai
39. Menggunakan konjungsi temporal
40. Menggunakan kata berimbuhan
41. Menggunakan kata ulang
42. Melengkapi paragraf dengan kalimat simpulan
43. Menggunakan frasa adjektiva
44. Memperbaiki kalimat tidak efektif
45. Menentukan alasan penyebab ketidakbakuan kata
46. Memperbaiki kata tidak baku menjadi kata baku
47. Memperbaiki penulisan kata serapan yang tidak tepat
48. Mengidentifikasi penulisan judul yang benar
49. Menggunakan tanda baca dengan tepat
50. Menentukan alasan kesalahan pemakaian tanda baca

2 comments:

  1. Wah. Lumayan bisa belajar buat UN. Terima kasih, pak.

    ReplyDelete
  2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete