27 December 2019

PEMBAHASAN SOAL ULASAN BUKU: SOAL UN 2019 SMP


Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Teks ulasan merupakan hasil interpretasi terhadap suatu karya tertentu. Teks ulasan yang lengkap menyajikan kelebihan dan kekurangan karya (buku, film, drama, dsb.). Teks ulasan tersebut hanya mengungkapkan kelebihan buku tanpa mengungkapkan kekurangan buku. Pilihan jawaban yang tepat adalah opsi B.
RINGKASAN MATERI
STRUKTUR TEKS ULASAN
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (2008), ulasan merupakan ‘kupasan’, ‘tafsiran’, atau ‘komentar’. Teks ulasan (film/drama, buku) merupakan hasil interpretasi terhadap suatu tayangan atau pementasan drama/flm tertentu atau sebuah buku. Dengan ulasan tersebut, pembaca/penyimaknya menjadi terbantu di dalam memahami suatu tayangan atau buku. Dengan sinopsis, seseorang menjadi tahu isi ceritanya secara garis besar. Dengan membaca analisisnya, khalayak menjadi tahu struktur tayangan atau isi buku itu, sekaligus kelebihan dan kelemahannya.
Teks ulasan flm/drama/buku memiliki struktur umum sebagai berikut.
A. Pengenalan isu atau tinjauan karya (film/drama/buku) yang di dalamnya berupa judul, sutradara, para pemain, termasuk gambaran isi karya itu sendiri, yakni yang biasa disebut sebagai
sinopsis.
B. Pemaparan argumen, sebagai bagian inti teks, berisi analisis berkenaan dengan unsur-unsur karya berdasarkan prespektif tertentu. Pada bagian ini dikemukakan juga fakta-fakta pendukung untuk memperkuat argumen penulis/pembicara.
C. Penilaian dan rekomendasi, berisi timbangan keunggulan dan kelemahan film/drama/buku yang diulas. Pada bagian ini dapat pula disertai saran-saran untuk khalayak terkait dengan kepentingan pengapresiasiannya. (Kosasih, 2014: 203-206)


PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

 


1 comment: