06 April 2019

SOAL DAN PEMBAHASAN UN TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.


1. Bacalah teks berikut!

Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan beragam upaya. Pertama, diperlukan upaya persuasif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan contoh nyata peran lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap kegiatan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Makna kata persuasif pada teks tersebut adalah…
A. meyakinkan melalui cara membujuk
B. Memberi tahu dengan cara kekerasan
C. meyakinkan dengan memberikan ceramah
D. memberikan imbauan menuju kebaikan
2. Bacalah teks Berikut

(1) Ajakan Pemerintah Provinsi DKI untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta menimbulkan perdebatan di masyarakat. (2) Kedatangan masyarakat untuk bermain permainan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (3) Namun demikian, muncul kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan itu.

Maksud kalimat nomor (1) pada teks tersebut adalah

A. Masyarakat DKI sangat antusias menyambut permainan Pokemon Go
B. Permainan Pokemon Go dapat dilakukan di Balai Kota Jakarta saja.
C. Tidak semua masyarakat setuju dengan ajakan untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta.
D. Pemerintah DKI Jakarta melarang masyarakat untuk bermain Pokemon Go di balai Kota Jakarta. 
3. Bacalah teks Berikut!

Dalam sebuah penelitian tentang minat baca, hanya 22% responden yang menyukai buku digital. Sebagian besar responden lebih menyukai buku cetak meskipun buku digital memiliki beberapa unggulan. Selain alasan kenyamanan mata pada saat membaca, sedikitnya judul buku dalam versi digital juga menjadi alasan responden lebih menyukai buku cetak.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah…

A. Kenyamanan mata dalam membaca menjadi alasan memilih buku digital.
B. Hanya sebagian kecil responden menyukai buku digital.
C. Buku digital memiliki banyak keunggulan daripada buku cetak.
D. Koleksi buku digital sangat bagus sehingga disukai oleh responden.
4. Bacalah teks berikut!

(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak memiliki peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua bahu-membahu demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.

Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor….

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
5. Bacalah paragraf berikut!

Seseorang akan diuji dengan apa yang dia miliki. Ketika memiliki ilmu, dia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta, dia akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di saat menduduki jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkan wewenang yang diembannya.

Ide pokok paragraf tersebut adalah….

A. ujian hidup seseorang
B. kebahagiaan keluarga
C. seseorang memiliki harta
D. tanggung jawab wewenang

6. Bacalah paragraf berikut!

(1) Terkena serangan jantung adalah pembunuh utama di dunia. (2) Banyak faktor yang membuat seseorang terkena serangan jantung. (3) Salah satu di antaranya adalah tingginya kolesterol dalam tubuh. (4) Jumlah lemak yang dikonsumsi juga menjadi salah satu dari beberapa pemicu kolesterol.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor….

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

7. Bacalah teks berikut!

Bagi anak-anak, bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bermain dapat digunakan untuk melatih otak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini dapat diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan memiliki banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.

Simpulan isi teks tersebut adalah ….

A. Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak.
B. Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.
C. Permainan dapat mempengaruhi kondisi emosional anak.
D. Permainan hanya membuat anak menjadi senang semata. 
8. Bacalah teks berikut

Karakter adalah kunci keberhasilan individu. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan. Hal tersebut terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan. Perbuatan atau perilaku manusia tersebut berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat.

Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena berguna untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudakah kalian menyadari?

Ringkasan teks tersebut adalah …

A. Kunci keberhasilan individu adalah pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial.
B. Karakter adalah kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar pada usia dini hingga remaja. 
C. Pendidikan karakter diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial karena kunci keberhasilan.
D. Karakteristik adalah kunci keberhasilan individu sehingga pendidikan karakter penting bagi pelajar.  
9. Bacalah kedua teks berikut!

Teks I
Teks II
Pensiun merupakan masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami syndrome saat mendekati pensiun. Makanya sebelum pensiun diberi wejangan dulu
Upaya pembenahan transportasi publik terus dilakukan. Selain menambah jaringan rute bus, juga memperbaiki sistemnya.


Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah...


Teks I
Teks II
A
kata tidak baku
kata-kata baku
B
istilah asing
menggunakan ungkapan
C
bahasa resmi
bahasa sehari-hari
D
kalimat tunggal
kalimat majemuk

 10. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

Kutipan I
Kutipan II
“Cepat naik!”
“Tidak biarkan aku sendiri…!”
“Kamu jangan gila, ini tengah malam, kamu mau naik apa? Apakah kamu akan berjalan kaki sampai kos?”
Aku terus berjalan. Kurasakan air mataku berderai membasahi pipi. Hatiku sudah terlanjur sakit…
Sebelum jam 5, Min sudah berkemas. Kira-kira setengah jam kemudian dia nampak seperti astronot siap ke angkasa. Jaket, helm, dan handuk kecil menjadi kostum resminya. Jam setengah enam, pelanggan ojek pertamanya adalah Rusmi, bakul sayuran di Pasar Legi. Hampir semua langganan ojeknya adalah pedagang sayur. Sekita jam 9, Min baru nongkrong di pangkalan ojek sampai sore.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan….


Kutipan I
Kutipan II
A
latar cerita
aksi tokoh
B
aksi tokoh
masalah yang harus diselesaikan
C
garis besar cerita
aksi tokoh
D
aksi tokoh
garis besar cerita

 11. Bacalah kutipan cerita berikut!

Nasib orang tidak pernah diduga. Benar kata orang bijak, jodoh, mati, bahagia dan celaka, itu rahasia Tuhan. Manusia hanya bisa berikhtiar, tetapi Sang Kuasa yang menentukan. Namun, bukan berarti harus pasrah. Berusaha adalah Jalan terbaik. Bahkan, disukai Tuhan. Banyak orang yang tadinya biasa saja, tiba-tiba setelah sekian waktu jadi orang luar biasa. Ketua RT yang tiga tahun mengabdi itu telah menjadi orang penting di perusahaan yang sudah berdiri bertahun lamanya. Ia tengah dipercaya menjadi tangan kanan pimpinan perusahaan itu.

Makna ungkapan tangan kanan pada kutipan cerita tersebut adalah….

A. orang kesayangan
B. orang kepercayaan
C. orang kebanggaan
D kekeluargaan
12. Bacalah kutipan cerita berikut!

Di sekolah mereka, murid-murid sedang heboh mengenai wangi bunga yang menyengat saat jam  istirahat.
“Wangi apaan nih?’
“Ha…kok wanginya kayak melati.”
“Aku heran dari mana sih datangnya wangi melati ini.”
“Gimana kalau kita cari tau dari mana asalnya wangi melati ini, Setuju gak?” tanya Keisha. 
Mereka berencana menyusun strategi yang akan dilakukan nanti malam.
Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ….

A. Di kelas Keisha ada bunga melati.
B. Murid-murid menyenangi wangi bunga melati.
C. Murid-murid mendiskusikan cara merawat bunga melati.
D. Keisha dan teman-teman ingin mencari sumber wangi di kelasnya.   

13. Bacalah teks berikut!

Nama NH. Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Sri Hardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kereta api. Ibunya bernama Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak sejak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak dapat mewujudkan cita-cita itu karena orang tuanya tidak mampu membiayainya. Ia hanya dapat mencapai pendidikannya sampai sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah.

Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah …

A. Anak seorang pegawai perusahaan kereta api dan ibu rumah tangga.
B. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan ternama sejak kecil.
C. Dini memiliki bakat menulis sejak berusia sembilan tahun
D. Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah.
14. Bacalah teks berikut!

Adam Malik Batubara lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917. Semenjak kecil ia gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi. Beliau pernah menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, lalu Ketua DPR, hingga puncak kariernya sebagai Wakil Presiden Indonesia ke-3. Adam Malik menempuh pendidikan dasarnya di Holladech-Inlandsche School Pematangsiantar. Ia melanjutkan ke Sekolah Agama Parabek di Bukittinggi, namun hanya satu setengah tahun saja karena kemudian pulang kampung dan membantu orang tua berdagang. Disela-sela kesibukan barunya itu, ia banyak membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya. Pada usia 20 tahun, ia bersama dengan Soemanang, Sipahutar, Armijn Pane, Abdul Hakim, dan Pandu Karta wiguna memelopori berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937.

Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah ….

A. menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, dan DPR
B. banyak membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya
C. pelopor berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937
D. gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi
15. Bacalah kutipan cerita berikut!

Pembuatan candi kurang satu, tetapi apa hendak dikata, roh halus berhenti mengerjakan tugasnya dan tanpa bantuan mereka tidak mungkin Bandung Bondowoso menyelesaikannya. Keesokan harinya waktu Bandung Bondowoso mengetahui bahwa usahanya gagal, bukan main marahnya. Dia mengutuk para gadis di sekitar Prambanan, tidak aka nada orang yang mau memperistri mereka sampai mereka menjadi perawan tua, sedangkan Roro Jongrang sendiri dikutuk menjadi arca.

Tokoh utama kutipan cerita tersebut adalah….

A. Roro Jongrang
B. Bandung Bondowoso
C. Para Gadis
E. Perawan Tua
16. Bacalah kutipan cerita berikut!

Tanah di pekuburan umum itu masih basah ketika para pelayat sudah pulang. Sementara aku masih duduk sambil sesekali menyeka air mata. Ibu yang selama ini paling aku hormati dan sayangi tadi malam telah menghadap Sang Pencipta.

Latar suasana yang tergambar pada kutipan cerita tersebut adalah ….

A. kecewa
B. sedih
C. marah
D. Khawatir 
17. Bacalah kutipan cerita berikut!

“Namaku Aini,” Aini mengulurkan tangan sambil menyebut namanya. 
“O, iya,” jawab gadis yang belakangan diketahui bernama Deswita itu. Tampaknya anak baru itu agak malas menyambut perkenalan Aini. 
“Jika kamu butuh informasi tentang sekolah ini, aku bisa bantu, kok,” lanjut Aini. 
“Maaf, deh. Aku tahu dengan siapa aku harus berteman di kelas baruku ini,” Deswita menjawab sambil sedikit menaikkan alis matanya.

Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Deswita pada kutipan cerita tersebut adalah ….

A. diceritakan tokoh lain
B. penggambaran fisik
C. tingkah laku tokoh
D. dialog antartokoh
18. Bacalah kutipan cerita berikut!

Sepanjang perjalanan pulang,pikiran saya tidak pernah lepas dari sahabat saya yang baik itu. Saya malu. Seabagai sahabat, saya merasa belum pernah berbuat baik padanya. Saya juga tidak yakin akan mampu melakukan seperti yang dilakukannya untuk menolong saya di malam itu. Dia telah membuktikan bahwa keberanian dan rasa tanggung jawab yang besar bisa timbul dari sebuah persahabatan yang tulus.

Mata saya kemudian melirik seragam dinas yang tersampir di sandaran jok belakang. Sebagai jaksa yang baru saja menangani satu kasus perdata, seragam itu belum bisa membuat saya bangga. Nilainya jelas jauh lebih kecil dibanding nilai persahabatan yang saya dapatkan dari sebuah seragam coklat Pramuka. Namun dia tidak tahu, dengan seragam dinas itu, sayalah yang akan mengeksekusi pengosongan tanah dan rumahnya.

Makna simbol kata seragam dinas pada kutipan cerita tersebut adalah ….

A. pakaian
B. kedudukan
C. persahabatan
D. baju kehormatan
19. Bacalah kutipan cerita berikut!

Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagai tengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.

Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah …

A. Jangan melakukan pencitraan diri yang membuat orang lain rugi.
B. Jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut.
C. Lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan.
D. Jagalah kesuburan tanah untuk para petani di pedesaan. 
20. Bacalah kutipan cerita berikut!

Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering meledek dan menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnya.

Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah….

A. dalam pergaulan harus memusnahkan sikap berkuasa
B. dengan teman harus saling menggoda dan meledek
C. berusahalah menjadi lebih baik agar percaya diri
D. kurang percaya diri hal biasa dalam pergaulan
21. Bacalah kutipan cerita Berikut

“Hai Gemblong!” sapa teman-teman Daryati dengan nada penuh candaan. Memang, ia sering mendapatkan sapaan seperti itu di kelasnya, bahkan juga dari teman kelas lain. Tubuh Daryati tidak gemuk. Sapaan itu diberikan karena ibunya memang seorang bakul gemblong, makanan dari ketela pohon yang dikukus lalu ditumbuk halus. Namun untaian candaan itu tak pernah dipedulikannya meski secara jujur Daryati merasa tak nyaman. Ia merasa mendapat tempat untuk berlatih sabar.

Penyebab konflik yang dialami tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah …

A. sering dipanggil dengan nada ejekan
B. tubuh Daryati gemuk alias gendut
C. ibunya seorang bakul gemblong
D. ia harus sabar setiap hari
22. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

Kutipan I
Kutipan II
Kupu-kupu tersadar dari pingsannya, namun ia terkejut saat ia tahu bahwa ia sedari tadi pingsan. Tiba-tiba Lalat datang membawa obat-obatan. “Syukurlah kau sudah pulih,” ujarnya senang. Kupu-kupu terkejut karena yang menolongnya adalah hewan yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya.
“Mm.. Terima kasih ya Kau mau menolongku, padahal aku telah menghinamu…, “ ujarnya malu-malu,” Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku dapat mengobati sayapmu yang patah.” Kupu-kupu menurut, lalu ia diobati oleh Lalat.
Tersebutlah di padang rumput yang indah nan damai, hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal. Setiap hari kerjaannya hanya mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, si Kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, Kelinci berpikir saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya? Si kelinci berpikir sangat keras dan tiba-tiba ada ide nakal sampai di kepalanya. Saya akan pura-pura saja lari ke arah Pak Kijang sambil berteriak Pak Singa ngamuk… Pak Singa ngamuk …Hehehe….
Maka sambil larilah, si kelinci berteriak, “Pak Singa ngamuk… Pak Singa ngamuk …” Akhirnya, Pak Kijang sekeluarga lari tak beraturan tanpa arah, sampai anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang dan tewas seketika.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan…


Kutipan I
Kutipan II
A
garis besar cerita
masalah yang harus diselesaikan
B
lokasi cerita
garis besar cerita
C
lokasi cerita
aksi tokoh
D
masalah yang harus diselesaikan
garis besar cerita

 23. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

Kutipan I
Kutipan II
“Bagaimana?” ia penasaran. “Soal pemilihan ketua PKK?” diterkanya apa yang bergerak di balik jidatku.
“Bukan,” aku menidakkan. Ketua PKK terpilih, Ibu Sasongko, kelihatannya tak percaya dengan perkataanku. Wajahnya merah padam seperti menahan amarah.
“Lantas, apa yang kamu tahu?” tanyanya sedikit sinis.
“Maaf, aku nggak tahu apa-apa,” jawabku.
“Pandai benar engkau bersilat lidah,” balasnya.
Suatu pagi terdengar rebut-ribut di luar kamar. Rupanya para penghuni rumah kos dikejutkan berita sakitnya bu Marta.
Walau terkadang sikap dan kelakuan Bu Marta yang suka buat kesal dan marah penghuni kos lainnya, tetapi penghuni kos tidak menaruh dendam padanya.
Siangnya para penghuni kos berbondong-bondong menjenguk Bu Marta. Sungguh di luar perkiraan Bu Marta, ternyata penghuni kos sangat peduli dengan dirinya.

 Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerita tersebut adalah ….


Kutipan I
Kutipan II
A
menggunakan kalimat langsung
menggunakan kalimat tidak langsung
B
banyak menggunakan majas
tidak menggunakan majas
C
menggunakan ungkapan
tidak menggunakan ungkapan
D
menggunakan bahasa daerah
tidak menggunakan bahasa daerah.

 24. Bacalah kutipan cerita berikut!

Hampir setiap malam mereka berkumpul bersama, berpesta, menari, dan bergembira. Mereka saling berbagi makanan kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari depan rumahnya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia malu karena telah kehilangan sebuah kakinya.

Kebiasaan tokoh belalang yang tergambar pada kutipan cerita tersebut adalah ….

A. setiap malam berpesta
B. membagi makanan
C. hidup menyendiri
D. aneh dan pemalu
25. Bacalah kutipan cerita berikut!

Motorku melaju dengan cepat, suara ayah dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku. Aku melewati tikungan yang jalannya licin, sehingga aku tergelincir. Motorku masih di atas, tetapi badanku jatuh ke bawah, seperti masuk jurang. Tidak begitu dalam, tetapi sulit untukku naik ke atas karena jurang itu berbentuk sudut 90 derajat. Aku sungguh takut. Aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap sekali.

Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ….

A. akhir cerita mengejutkan sehingga memberikan kesan mendalam
B. isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk berhati-hati
C. banyak menggunakan kiasan
D. akhir cerita mudah ditebak oleh pembaca
26. Perhatikan kalimat berikut!

Pemerintahan dari rakyat untuk rakyat adalah perwujudan demokrasi […] zaman ke zaman.
Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

A. di
B. ke
C. dari
D. pada
27. Perhatikan kalimat berikut!

“{…}, ambillah pemberianku ini!” kata Anita sambil menyodorkan bingkisan. 
Kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….

A. Amboi
B. Hore
C. Nah
D. Wah
28. Bacalah petunjuk berikut!

Petunjuk pemakaian senter:

(1) Tutup kembali bagian yang sudah dibuka.
(2) Buka tutup bagian belakang.
(3) Tekan tombol dengan baik.
(4) Masukkan baterai dengan kepala ke arah depan semua.
Urutan petunjuk pemakaian senter tersebut yang tepat adalah ….

A. (2)-(4)-(1)-(3) 
B. (2)-(1)-(3)-(4)
C. (3)-(2)-(1)-(4)
D. (3)-(4)-(2)-(1)
29. Bacalah teks berikut!

(1) Perjalanan wisata ke Kampung Wisata Cinangneng itu akan kami jadikan kegiatan rutin tahunan.
(2) Kami berangkat menuju Kampung Wisata Cinangneng hari Sabtu, tanggal 8 Oktober, pukul 07.00.
(3) Sesampai di sana banyak temuan yang kami catat sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
(4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng merupakan pilihan utama tujuan wisata kami. 
(5) Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 4 bus.

Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ….

A. (5)-(2)-(1)-(3)-(4)
B. (4)-(5)-(2)-(1)-(3)
C. (5)-(3)-(2)-(4)-(1)
D. (4)-(2)-(5)-(3)-(1)
30. Perhatikan teks berikut!

Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera). […] Akhirnya, ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, seperti Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah…

A. Ia memilih menjadi wartawan daripada menjadi dokter.
B. Ia tidak dapat menamatkan pendidikan di sekolah tersebut.
C. Ia akhirnya menjadi dokter dan bekerja di rumah sakit.
D. Ia berhasil meraih gelar dokter pada sekolah dokter Bumiputera
31. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.

Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang orang pertama yang tepat adalah …

A. Bagi kami, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilannya.

B. Bagi dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika dia menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.

C. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, aku bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika aku menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang aku sangat bersyukur dengan penghasilanku.

D. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kamir rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilan kami. 
32. Bacalah teks drama berikut!

Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan Dini.
Banu: Din, aku minta jawaban soal nomor 5 dan 6!
Dini: A dan C.
Sita: Kalau soal nomor 10, 11, dan 15 jawabannya apa Ban?
Banu: 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum
Adi: Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita: Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, Ia terlihat rileks dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek.

Cerpen yang sesuai dengan teks drama tersebut adalah…

A. Kelasku sedang menghadapi ujian Matematika. Aku, Banu, Siti, Dina, dan Adi sangat kewalahan menjawab soal-soal tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada Dina, “Din…soal nomor 5 dan 6 jawabnya apa?” “Ngga tau” jawab Dina, “tanya Dini sana!”

B. Ketika ujian Matematika berlangsung, Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik sana, lirik sini. “Din…soal nomo 5 dan 6 apa jawabnya?” ujar Banu penuh harap. “A dan C”, jawab Dini sedikit keras. “Ssst…jangan keras-keras dong, ntar Bu Guru dengar. Mereka asyik contek-contekan, sementara Budi serius dengan pekerjaannya sendiri.

C. Ujian Matematika sedang berlangsung. Siswa kebingungan melihat soalnya. Lima sekawan, Budi, Banu, Dini, Siti, dan Adi pun merasa kewalahan juga. “Din, jawaban soal nomor 5 dan 6 apa?” tanya Banu memecah keheningan ruang ujian. “A dan C”, jawab Dini. “Trus soal nomor 10, 11, 15, jawabnya apa, Ban?” tanya Sita”Nomor 10 A, 11 D, dan nomor 15 aku belum selesai”, jawab Banu. Walaupun keempat temannya saling contek, Budi terlihat rileks dan mengerjakan sendiri soalnya tanpa mencontek.

D. Bu Guru mengadakan ulangan harian. Semua siswa kewalahan melihat soalnya. Begitu juga dengan Banu, Dini, Siti, Budi, dan Adi. Mereka saling contek, termasuk juga Budi. “ Soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya Din,” tanya Budi. “A dan C, jawab Dini. “Terus soal nomor 10, 11, dan 15 apa jawabnya Sit?” tanya Adi. “Sssst…jangan keras-keras!” kata Dini, “ntar Bu Guru dengar.”

33. Bacalah data berikut!

Objek: Museum Mpu Tantular Jalan Raya Bunduran-Sidoarjo
Waktu: Rabu, 3 Agustus 2016
Tujuan: Mengenal peninggalan sejarah
Hasil: Koleksi benda bersejarah seperti arca menhir, patung ganesha, fosil pithecantropus erctus, jenis-jenis batuan, fosil hewan purba, dan lain-lain.

Teks laporan yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan tersebut adalah…

A. Kelompok III mengunjungi obyek Wisata Museum Mpu Tantular, pada Rabu, 3 Agustus 2016, pukul 10.00 s/d 14.00 WIB. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Dengan mengamati obyek wisata sejarah Museum Mpu Tantular, semakin memperluas wawasan terhadap benda-benda bersejarah dan mencintai Indonesia yang kaya akan budaya. Mengunjungi Museum Mpu Tantular sekaligus mengenal peninggalan sejarah.

B. Pada hari Rabu, 3 Agustus 2016, kami mengunjungi Museum Mpu Tantular. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan , di dalam Museum Mpu Tantular terdapat koleksi benda-benda bersejarah seperti arca menhir, patung ganesha, fosil pithecantropus erctus, jenis-jenis batuan, fosil hewan purba, dan masih banyak lagi koleksi peninggalan sejarah lainnya.

C. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan , di dalam Museum Mpu Tantular terdapat koleksi benda-benda bersejarah seperti arca menhir, patung ganesha, jenis-jenis batuan, fosil hewan purba, dan masih banyak lagi koleksi peninggalan sejarah lainnya.

D. Pada tanggal 3 Agustus 2016, pukul 10.00 s/d 14.00 WIB. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran- Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan, kegiatan ini dapat memperluas wawasan terhadap benda-benda bersejarah, Selain itu, dapat meningkatkan kecintaan kepada Indonesia.
34. Bacalah kalimat berikut!

Tujuan ekspor di antaranya menciptakan iklim perusahaan yang kondusif dan menjaga kestabilan kurs valuta asing

Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ….

A. ekspor
B. perusahaan
C. kondusif
D. valuta
35. Bacalah kutipan teks berikut!

(1) Achdiat Karta Miharja lahir di Cibatu, Garut, Jawa Barat, 6 Maret 1911 dan meninggal dunia di Canberra, Australia, 8 Juli 2010 pada usia 99 tahun. (2) Beliau lebih dikenal dengan nama pena Achdiat K. Miharja. (3) Ayahnya seorang pemegang buku pada sebuah perkebunan di Kota Garut. (4) Achdiat adalah anak yang cerdas, sehingga ayahnya berharap ia menjadi sarjana hukum.

Variasi kalimat berikut yang sesuai untuk kalimat nomor (4) adalah …

A. Menulis ia lakukan sejak ia pandai merangkai kata-kata.
B. Ia anak yang pandai sehingga ayahnya ingin ia menjadi ahli hokum.
C. Anak yang tergolong biasa saja namun mempunyai kesenangan menulis.
D. Beliau suka menulis buku, tidak heran jika ayahnya sangat mendukung.
36. Perhatikan kalimat berikut!

Gedung itu direnovasi dengan […] ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di Indonesia.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…

A. menyibukkan
B. menampilkan
C. menjadikan
D. melibatkan
37. Perhatikan kalimat berikut!

“Ulu, tidakkah kamu tahu bahwa […] Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda?

Kata sandang yang tepat untuk melengkapi kaimat tersebut adalah…

A. sang
B. dang
C. si
D. yang 
38. Perhatikan teks berikut!

Banjir bandang […] (1) banjir yang besar dan datang dengan tiba-tiba. Air mengalir dengan deras menghanyutkan benda-benda besar […] (2) banjir ini merusak berbagai sarana prasarana yang dilewatinya.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….

A. (1) adalah, (2) melainkan
B. (1) merupakan, (2) seperti
C. (1) merupakan, (2) dan
D. (1) adalah, (2) seperti
39. Bacalah teks berikut!

Panti Asuhan Budi Asih kini makin berkembang. Hal itu karena panti asuhan ini banyak menerima donatur dari para dermawan. Dana yang secara rutin ditransormasi ke rekening panti itu sangat membantu keuangan panti. Bantuan dana itu digunakan untuk mencukupi kegiatan panti setiap bulan.

Pengganti istilah donator dan ditransformasi pada teks tersebut adalah ….

A. dana, ditransfer
B. donasi, ditransfer
C. donor, ditransferisasi
D. donasi, ditransfusi
40. Bacalah kalimat berikut!

Bus antar kota dilarang berbelok di pertigaan dekat kantor wali kota.

Perbaikan penulisan gabungan kata yang tepat pada kalimat tersebut adalah ….

A. antar kota seharusnya antarkota
B. berbelok seharusnya ber-belok
C. pertigaan seharusnya per tigaan
D. wali kota seharusnya walikota
41. Perhatikan kalimat berikut!

Pendidikan karakter amat sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.

Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah ….

A. Pendidikan karakter amat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
B. Pendidikan karakter amat sangat dibutuhkan dalam pembentukan sikap siswa.
C. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
D. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam pembentukan sikap siswa.
42. Bacalah teks berikut!

(1) Sejumlah kendaraan pun mogok di Kota Padang, baik mobil, angkutan kota, maupun sepeda motor. (2) Beberapa lokasi tepian jalan menjadi lokasi mirip bengkel dadakan untuk upaya menghidupkan kembali kendaraan yang mati karena rembesan air genangan banjir itu. (3) Mereka seperti tak peduli lagi dengan harga bensin yang juga tidak turun. (4) Siapakah yang mesti disalahkan atas banjir ini?

Perbaikan teks tersebut agar menjadi padu adalah dengan cara menghilangkan kalimat nomor ….

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4).
43. Bacalah kalimat berikut!

Pada era zaman modern ini teknologi berkembang dengan pesat.

Penggunaan kata era pada kalimat tersebut salah karena ….

A. mempunyai makna bertentangan dengan zaman
B. seharusnya terletak setelah zaman
C. tidak sesuai konteks kalimat
D. mempunyai makna sama dengan zaman
44. Bacalah kalimat berikut!

Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap sekali.

Kalimat tersebut tidak efektif karena ….

A. konjungsi tidak tepat
B. tidak mempunyai subjek 
C. kalimat tidak logis
D. terdapat pemborosan kata

45. Bacalah kalimat berikut!

Dewasa ini informasi dan hiburan berupa gambar video tidak hanya dapat dinikmati melalui perangkat televisi analok maupun digital, tetapi juga dapat dinikmati melalui komputer atau laptop yang terhubung dengan internet.

Perbaikan kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah….


Tertulis
Perbaikan
A
video
vidio
B
digital
dijital
C
analok
analog
D
laptop
leptop

 46. Bacalah kalimat berikut!

Hari Selasa dilaksanakan pertemuan Presiden dengan para gubernur di Istana Bogor.

Kesalahan penulisan huruf capital pada kalimat tersebut adalah ….

A. Selasa
B. Presiden
C. Istana
D. gubernur
47. Bacalah teks berikut!

(1) Kegiatan literasi menjadi salah satu program sekolah. (2) Semua sekolah diharapkan dapat melakukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (3) Salah satu kegiatan; yang dilakukan untuk menunjang GLS; adalah 15 menit membaca pada awal jam pertama. (4) Melalui kegiatan ini, semua siswa diharapkan memiliki minat baca yang tinggi.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
48. Bacalah teks berikut!

Salah satu museum yang banyak dikunjungi pelajar adalah museum geologi Bandung. Museum ini didirikan pada zaman kolonialisme Belanda. Didirikan pada masa revolusi industri di benua Eropa. Saat itu para ahli geologi sedang giat melaksanakan penyelidikan geologi.

Perbaikan penulisan huruf kapital pada kata teks tersebut adalah ….

A. Museum geologi Bandung, Benua Eropa
B. Museum Geologi Bandung, Benua Eropa
C. museum Geologi Bandung, Benua Eropa
D. museum Geologi Bandung, benua eropa

49. Bacalah kalimat berikut!

Selamat, Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….

A. Selamat, Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri!
B. Selamat! Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri!
C. Selamat! Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.
D. Selamat: Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.
50. Bacalah teks berikut!

(1) Keluarga Ervina sangat menggemari makanan laut. (2) Hari Minggu, Ervina menemani ibunya ke pasar. (3) Mereka membeli udang, kepiting, cumi-cumi dan ikan.

Penggunaan tanda baca pada kalimat ketiga teks tersebut salah karena ….

A. tanda baca hubung (-) tidak diperlukan 
B. terdapat tanda baca koma (,) setelah kepiting
C. seharusnya terdapat tanda baca koma (,) setelah cumi-cumi
D. seharusnya terdapat tanda baca titik dua (:) setelah membeli


UNDUH FILE SOAL (PDF) UN 2018 KLIK https://drive.google.com/open?id=1O30VUP_uralCgcsnmOWX9Kmh4klQG8Np
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.

2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html 
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/12.html 
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html 
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/keteladanan-tokoh-dalam-teks-biografi.html 
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/cara-pengarang-menggambarkan-watak.html 
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-pola-pengembangan.html 
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-penggunaan-bahasa.html 
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/melengkapi-kalimat-dengan-kata-depan.html 
28. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/mengurutkan-kalimat-acak-pada-teks.html 
36. Melengkapi Kalimat dengan Kata/Istilah yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/contoh-soal-melengkapi-kalimat-dengan.html 
48. Penulisan Nama Organisasi dan Nama Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/pedoman-penulisan-nama-lembaga.html 


BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html



RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2016/2017

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

BACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA

  1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks


  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks


  1. Makna kata dalam teks


  1. Ide pokok paragraf


  1. Kalimat utama paragraf


  1. Simpulan paragraf


  1. Kalimat persetujuan dalam teks


  1. Kalimat hubungan sebab akibat


  1. Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita


  1. Konflik dalam cerita


  1. Amanat cerita


  1. Kalimat yang tidak padu dalam teks


  1. Peristiwa yang tergambar dalam teks


  1. Teks laporan


  1. Urutan kalimat teks sastra


  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain


  1. Perbaikan penulisan ejaan


  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)


  1. Ringkasan teks


  1. Tokoh utama cerita


  1. Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik


  1. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita


  1. Kalimat yang menyatakan keunggulan buku


  1. Struktur teks resensi


  1. Pendapat pro dan kontra


  1. Jenis-jenis teks prosedur


  1. Melengkapi teks prosedur


  1. Menyunting teks prosedur


  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi


  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi


  1. Fakta dan opini dalam teks biografi


  1. Membandingkan nilai moral dua teks fabel


  1. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel


  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama


  1. Cara memvariasikan kalimat


  1. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)


  1. Makna simbol dalam cerpen


  1. Menentukan bagian alur cerpen


  1. Syarat-syarat paragraf yang baik


  1. Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat


  1. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan


42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat


  1. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung


  1. Kalimat tidak efektif


  1. Alasan penggunaan kata yang salah


  1. Penulisan huruf kapital


  1. Penggunaan ejaan yang tidak tepat


  1. Kesalahan penggunaan tanda baca


  1. Penggunaan ejaan yang tepat


  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca







1 comment:

  1. Admin numpang promo ya ^^
    Yuk j01n sekar4n9 dan p4$ang jag04n mu h4nya di upd4te8ett1n9^^

    ReplyDelete