1. Bacalah teks
berikut!
Upaya
mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan beragam upaya. Pertama,
diperlukan upaya persuasif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang
pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan contoh nyata peran
lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam
setiap kegiatan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.
Makna
kata persuasif pada teks tersebut adalah…
A.
meyakinkan melalui cara membujuk
B.
Memberi tahu dengan cara kekerasan
C.
meyakinkan dengan memberikan ceramah
D.
memberikan imbauan menuju kebaikan
(1)
Ajakan Pemerintah Provinsi DKI untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta
menimbulkan perdebatan di masyarakat. (2) Kedatangan masyarakat untuk bermain
permainan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (3) Namun
demikian, muncul kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan
itu.
Maksud
kalimat nomor (1) pada teks tersebut adalah
A.
Masyarakat DKI sangat antusias menyambut permainan Pokemon Go
B.
Permainan Pokemon Go dapat dilakukan di Balai Kota Jakarta saja.
C.
Tidak semua masyarakat setuju dengan ajakan untuk bermain Pokemon Go di Balai
Kota Jakarta.
D.
Pemerintah DKI Jakarta melarang masyarakat untuk bermain Pokemon Go di balai
Kota Jakarta.
3. Bacalah teks Berikut!
Dalam
sebuah penelitian tentang minat baca, hanya 22% responden yang menyukai buku
digital. Sebagian besar responden lebih menyukai buku cetak meskipun buku
digital memiliki beberapa unggulan. Selain alasan kenyamanan mata pada saat
membaca, sedikitnya judul buku dalam versi digital juga menjadi alasan
responden lebih menyukai buku cetak.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah…
A.
Kenyamanan mata dalam membaca menjadi alasan memilih buku digital.
B.
Hanya sebagian kecil responden menyukai buku digital.
C.
Buku digital memiliki banyak keunggulan daripada buku cetak.
D.
Koleksi buku digital sangat bagus sehingga disukai oleh responden.
4. Bacalah teks berikut!
(1)
Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
(2) Masing-masing pihak memiliki peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa
berat, semua bahu-membahu demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4)
Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.
Kalimat
yang menyatakan hubungan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan
nomor….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
5. Bacalah paragraf berikut!
Seseorang
akan diuji dengan apa yang dia miliki. Ketika memiliki ilmu, dia akan diuji
dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta,
dia akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain.
Di saat menduduki jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya
mempertanggungjawabkan wewenang yang diembannya.
Ide
pokok paragraf tersebut adalah….
A.
ujian hidup seseorang
B.
kebahagiaan keluarga
C.
seseorang memiliki harta
D.
tanggung jawab wewenang
6.
Bacalah paragraf berikut!
(1)
Terkena serangan jantung adalah pembunuh utama di dunia. (2) Banyak faktor yang
membuat seseorang terkena serangan jantung. (3) Salah satu di antaranya adalah
tingginya kolesterol dalam tubuh. (4) Jumlah lemak yang dikonsumsi juga menjadi
salah satu dari beberapa pemicu kolesterol.
Kalimat
utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
7. Bacalah teks berikut!
Bagi
anak-anak, bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bermain
dapat digunakan untuk melatih otak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa
menangani emosi. Hal ini dapat diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan
terbentuk. Permainan memiliki banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.
Simpulan
isi teks tersebut adalah ….
A.
Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak.
B.
Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.
C.
Permainan dapat mempengaruhi kondisi emosional anak.
D.
Permainan hanya membuat anak menjadi senang semata.
8. Bacalah teks berikut
Karakter adalah kunci keberhasilan
individu. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan
dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan
kebangsaan. Hal tersebut terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan,
dan perbuatan. Perbuatan atau perilaku manusia tersebut berdasarkan norma-norma
agama, hukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat.
Pendidikan karakter penting bagi
pelajar. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi di rumah
dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia
dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi
pelajar karena berguna untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudakah
kalian menyadari?
Ringkasan teks tersebut adalah …
A.
Kunci keberhasilan individu adalah pendidikan karakter yang diterapkan di
sekolah, rumah, dan lingkungan sosial.
B.
Karakter adalah kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar pada usia
dini hingga remaja.
C.
Pendidikan karakter diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial karena
kunci keberhasilan.
D.
Karakteristik adalah kunci keberhasilan individu sehingga pendidikan karakter
penting bagi pelajar.
9. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Pensiun merupakan
masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami syndrome saat
mendekati pensiun. Makanya sebelum pensiun diberi wejangan dulu
|
Upaya pembenahan
transportasi publik terus dilakukan. Selain menambah jaringan rute bus, juga
memperbaiki sistemnya.
|
Perbedaan
penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah...
Teks I
|
Teks II
|
|
A
|
kata tidak baku
|
kata-kata baku
|
B
|
istilah asing
|
menggunakan ungkapan
|
C
|
bahasa resmi
|
bahasa sehari-hari
|
D
|
kalimat tunggal
|
kalimat majemuk
|
10. Bacalah kedua kutipan cerita
berikut!
Kutipan I
|
Kutipan II
|
“Cepat naik!”
“Tidak biarkan aku
sendiri…!”
“Kamu jangan gila,
ini tengah malam, kamu mau naik apa? Apakah kamu akan berjalan kaki sampai
kos?”
Aku terus berjalan.
Kurasakan air mataku berderai membasahi pipi. Hatiku sudah terlanjur sakit…
|
Sebelum jam 5, Min
sudah berkemas. Kira-kira setengah jam kemudian dia nampak seperti astronot
siap ke angkasa. Jaket, helm, dan handuk kecil menjadi kostum resminya. Jam
setengah enam, pelanggan ojek pertamanya adalah Rusmi, bakul sayuran di Pasar
Legi. Hampir semua langganan ojeknya adalah pedagang sayur. Sekita jam 9, Min
baru nongkrong di pangkalan ojek sampai sore.
|
Perbedaan pola
pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan….
Kutipan I
|
Kutipan II
|
|
A
|
latar cerita
|
aksi tokoh
|
B
|
aksi tokoh
|
masalah yang harus
diselesaikan
|
C
|
garis besar cerita
|
aksi tokoh
|
D
|
aksi tokoh
|
garis besar cerita
|
11.
Bacalah kutipan cerita berikut!
Nasib
orang tidak pernah diduga. Benar kata orang bijak, jodoh, mati, bahagia dan
celaka, itu rahasia Tuhan. Manusia hanya bisa berikhtiar, tetapi Sang Kuasa
yang menentukan. Namun, bukan berarti harus pasrah. Berusaha adalah Jalan
terbaik. Bahkan, disukai Tuhan. Banyak orang yang tadinya biasa saja, tiba-tiba
setelah sekian waktu jadi orang luar biasa. Ketua RT yang tiga tahun mengabdi
itu telah menjadi orang penting di perusahaan yang sudah berdiri bertahun
lamanya. Ia tengah dipercaya menjadi tangan kanan pimpinan perusahaan itu.
Makna
ungkapan tangan kanan pada kutipan cerita tersebut adalah….
A.
orang kesayangan
B.
orang kepercayaan
C.
orang kebanggaan
D
kekeluargaan
12. Bacalah kutipan cerita berikut!
Di
sekolah mereka, murid-murid sedang heboh mengenai wangi bunga yang menyengat
saat jam istirahat.
“Wangi
apaan nih?’
“Ha…kok
wanginya kayak melati.”
“Aku
heran dari mana sih datangnya wangi melati ini.”
“Gimana
kalau kita cari tau dari mana asalnya wangi melati ini, Setuju gak?” tanya
Keisha.
Mereka
berencana menyusun strategi yang akan dilakukan nanti malam.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ….
A.
Di kelas Keisha ada bunga melati.
B.
Murid-murid menyenangi wangi bunga melati.
C.
Murid-murid mendiskusikan cara merawat bunga melati.
D. Keisha dan teman-teman ingin mencari
sumber wangi di kelasnya.
13.
Bacalah teks berikut!
Nama
NH. Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Sri Hardini. Nh. Dini dilahirkan
pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang
pegawai perusahaan kereta api. Ibunya bernama Kusaminah. Bakat menulis Dini
tampak sejak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan.
Namun, ia tidak dapat mewujudkan cita-cita itu karena orang tuanya tidak mampu
membiayainya. Ia hanya dapat mencapai pendidikannya sampai sekolah menengah
atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari
Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada
kegiatan menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam
majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia
memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara
Radio di seluruh Jawa Tengah.
Keistimewaan
tokoh pada teks tersebut adalah …
A.
Anak seorang pegawai perusahaan kereta api dan ibu rumah tangga.
B.
Dini bercita-cita menjadi dokter hewan ternama sejak kecil.
C.
Dini memiliki bakat menulis sejak berusia sembilan tahun
D.
Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah.
14. Bacalah teks
berikut!
Adam Malik Batubara lahir di
Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917. Semenjak kecil ia gemar menonton
film koboi, membaca, dan fotografi. Beliau pernah menjadi Menteri Perdagangan,
Menteri Luar Negeri, lalu Ketua DPR, hingga puncak kariernya sebagai Wakil
Presiden Indonesia ke-3. Adam Malik menempuh pendidikan dasarnya di
Holladech-Inlandsche School Pematangsiantar. Ia melanjutkan ke Sekolah Agama
Parabek di Bukittinggi, namun hanya satu setengah tahun saja karena kemudian
pulang kampung dan membantu orang tua berdagang. Disela-sela kesibukan barunya
itu, ia banyak membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan dan
wawasannya. Pada usia 20 tahun, ia bersama dengan Soemanang, Sipahutar, Armijn
Pane, Abdul Hakim, dan Pandu Karta wiguna memelopori berdirinya Kantor Berita
Antara pada tahun 1937.
Hal yang patut diteladani dari tokoh
pada teks tersebut adalah ….
A. menjadi Menteri Perdagangan, Menteri
Luar Negeri, dan DPR
B. banyak membaca berbagai buku yang memperkaya
pengetahuan dan wawasannya
C. pelopor berdirinya Kantor Berita
Antara pada tahun 1937
D. gemar menonton film koboi, membaca,
dan fotografi
15. Bacalah
kutipan cerita berikut!
Pembuatan candi kurang satu, tetapi apa
hendak dikata, roh halus berhenti mengerjakan tugasnya dan tanpa bantuan mereka
tidak mungkin Bandung Bondowoso menyelesaikannya. Keesokan harinya waktu
Bandung Bondowoso mengetahui bahwa usahanya gagal, bukan main marahnya. Dia
mengutuk para gadis di sekitar Prambanan, tidak aka nada orang yang mau
memperistri mereka sampai mereka menjadi perawan tua, sedangkan Roro Jongrang
sendiri dikutuk menjadi arca.
Tokoh utama kutipan cerita tersebut
adalah….
A. Roro Jongrang
B. Bandung Bondowoso
C. Para Gadis
E. Perawan Tua
16. Bacalah
kutipan cerita berikut!
Tanah di pekuburan umum itu masih basah
ketika para pelayat sudah pulang. Sementara aku masih duduk sambil sesekali
menyeka air mata. Ibu yang selama ini paling aku hormati dan sayangi tadi malam
telah menghadap Sang Pencipta.
Latar suasana yang tergambar pada
kutipan cerita tersebut adalah ….
A. kecewa
B. sedih
C. marah
D. Khawatir
17. Bacalah
kutipan cerita berikut!
“Namaku Aini,” Aini mengulurkan tangan
sambil menyebut namanya.
“O, iya,” jawab gadis yang belakangan
diketahui bernama Deswita itu. Tampaknya anak baru itu agak malas menyambut
perkenalan Aini.
“Jika kamu butuh informasi tentang
sekolah ini, aku bisa bantu, kok,” lanjut Aini.
“Maaf, deh. Aku tahu dengan siapa aku harus
berteman di kelas baruku ini,” Deswita menjawab sambil sedikit menaikkan alis
matanya.
Cara pengarang menggambarkan watak tokoh
Deswita pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A. diceritakan tokoh lain
B. penggambaran fisik
C. tingkah laku tokoh
D. dialog antartokoh
18. Bacalah
kutipan cerita berikut!
Sepanjang perjalanan pulang,pikiran saya
tidak pernah lepas dari sahabat saya yang baik itu. Saya malu. Seabagai
sahabat, saya merasa belum pernah berbuat baik padanya. Saya juga tidak yakin
akan mampu melakukan seperti yang dilakukannya untuk menolong saya di malam
itu. Dia telah membuktikan bahwa keberanian dan rasa tanggung jawab yang besar
bisa timbul dari sebuah persahabatan yang tulus.
Mata saya kemudian melirik seragam dinas yang tersampir di sandaran
jok belakang. Sebagai jaksa yang baru saja menangani satu kasus perdata,
seragam itu belum bisa membuat saya bangga. Nilainya jelas jauh lebih kecil
dibanding nilai persahabatan yang saya dapatkan dari sebuah seragam coklat
Pramuka. Namun dia tidak tahu, dengan seragam
dinas itu, sayalah yang akan mengeksekusi pengosongan tanah dan rumahnya.
Makna simbol kata seragam dinas pada
kutipan cerita tersebut adalah ….
A. pakaian
B. kedudukan
C. persahabatan
D. baju kehormatan
19. Bacalah
kutipan cerita berikut!
Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai
di titik akhir. Pencitraan diri yang dilakukannya menemui titik balik.
Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya
telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagai
tengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi
sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi
kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani
pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.
Amanat pada kutipan cerita tersebut
adalah …
A. Jangan melakukan pencitraan diri yang
membuat orang lain rugi.
B. Jangan menilai hanya dari penampilan
diri orang tersebut.
C. Lindungilah para petani dari segala
bentuk kejahatan.
D. Jagalah kesuburan tanah untuk para
petani di pedesaan.
20. Bacalah
kutipan cerita berikut!
Kenari merasa malu dan kurang percaya
diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau
tak sedap. Teman-temannya sering meledek dan menggodanya. Kenari ingin
penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa
tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin
membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan
teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnya.
Nilai moral pada kutipan cerita tersebut
adalah….
A. dalam pergaulan harus memusnahkan
sikap berkuasa
B. dengan teman harus saling menggoda
dan meledek
C. berusahalah menjadi lebih baik agar
percaya diri
D. kurang percaya diri hal biasa dalam
pergaulan
21. Bacalah
kutipan cerita Berikut
“Hai Gemblong!” sapa teman-teman Daryati
dengan nada penuh candaan. Memang, ia sering mendapatkan sapaan seperti itu di
kelasnya, bahkan juga dari teman kelas lain. Tubuh Daryati tidak gemuk. Sapaan
itu diberikan karena ibunya memang seorang bakul gemblong, makanan dari ketela
pohon yang dikukus lalu ditumbuk halus. Namun untaian candaan itu tak pernah
dipedulikannya meski secara jujur Daryati merasa tak nyaman. Ia merasa mendapat
tempat untuk berlatih sabar.
Penyebab konflik yang dialami tokoh pada
kutipan cerita tersebut adalah …
A. sering dipanggil dengan nada ejekan
B. tubuh Daryati gemuk alias gendut
C. ibunya seorang bakul gemblong
D. ia harus sabar setiap hari
22. Bacalah
kedua kutipan cerita berikut!
Kutipan
I
|
Kutipan
II
|
Kupu-kupu
tersadar dari pingsannya, namun ia terkejut saat ia tahu bahwa ia sedari tadi
pingsan. Tiba-tiba Lalat datang membawa obat-obatan. “Syukurlah kau sudah
pulih,” ujarnya senang. Kupu-kupu terkejut karena yang menolongnya adalah
hewan yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya.
“Mm..
Terima kasih ya Kau mau menolongku, padahal aku telah menghinamu…, “ ujarnya
malu-malu,” Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku dapat
mengobati sayapmu yang patah.” Kupu-kupu menurut, lalu ia diobati oleh Lalat.
|
Tersebutlah
di padang rumput yang indah nan damai, hiduplah seekor kelinci yang sangat
nakal. Setiap hari kerjaannya hanya mengusili penghuni padang rumput. Pada
suatu hari, si Kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, Kelinci berpikir
saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya? Si kelinci berpikir sangat
keras dan tiba-tiba ada ide nakal sampai di kepalanya. Saya akan pura-pura
saja lari ke arah Pak Kijang sambil berteriak Pak Singa ngamuk… Pak Singa
ngamuk …Hehehe….
Maka
sambil larilah, si kelinci berteriak, “Pak Singa ngamuk… Pak Singa ngamuk …”
Akhirnya, Pak Kijang sekeluarga lari tak beraturan tanpa arah, sampai anaknya
Pak Kijang jatuh ke jurang dan tewas seketika.
|
Perbedaan pola pengembangan kedua
kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan…
Kutipan
I
|
Kutipan
II
|
|
A
|
garis
besar cerita
|
masalah
yang harus diselesaikan
|
B
|
lokasi
cerita
|
garis
besar cerita
|
C
|
lokasi
cerita
|
aksi
tokoh
|
D
|
masalah
yang harus diselesaikan
|
garis
besar cerita
|
23. Bacalah
kedua kutipan cerita berikut!
Kutipan
I
|
Kutipan
II
|
“Bagaimana?”
ia penasaran. “Soal pemilihan ketua PKK?” diterkanya apa yang bergerak di
balik jidatku.
“Bukan,”
aku menidakkan. Ketua PKK terpilih, Ibu Sasongko, kelihatannya tak percaya
dengan perkataanku. Wajahnya merah padam seperti menahan amarah.
“Lantas,
apa yang kamu tahu?” tanyanya sedikit sinis.
“Maaf,
aku nggak tahu apa-apa,” jawabku.
“Pandai
benar engkau bersilat lidah,” balasnya.
|
Suatu
pagi terdengar rebut-ribut di luar kamar. Rupanya para penghuni rumah kos
dikejutkan berita sakitnya bu Marta.
Walau
terkadang sikap dan kelakuan Bu Marta yang suka buat kesal dan marah penghuni
kos lainnya, tetapi penghuni kos tidak menaruh dendam padanya.
Siangnya
para penghuni kos berbondong-bondong menjenguk Bu Marta. Sungguh di luar
perkiraan Bu Marta, ternyata penghuni kos sangat peduli dengan dirinya.
|
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua
kutipan cerita tersebut adalah ….
Kutipan
I
|
Kutipan
II
|
|
A
|
menggunakan
kalimat langsung
|
menggunakan
kalimat tidak langsung
|
B
|
banyak
menggunakan majas
|
tidak
menggunakan majas
|
C
|
menggunakan
ungkapan
|
tidak
menggunakan ungkapan
|
D
|
menggunakan
bahasa daerah
|
tidak
menggunakan bahasa daerah.
|
24. Bacalah
kutipan cerita berikut!
Hampir setiap malam mereka berkumpul
bersama, berpesta, menari, dan bergembira. Mereka saling berbagi makanan
kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang
keramaian dari depan rumahnya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia malu karena
telah kehilangan sebuah kakinya.
Kebiasaan tokoh belalang yang tergambar
pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A. setiap malam berpesta
B. membagi makanan
C. hidup menyendiri
D. aneh dan pemalu
25. Bacalah
kutipan cerita berikut!
Motorku melaju dengan cepat, suara ayah
dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku.
Aku melewati tikungan yang jalannya licin, sehingga aku tergelincir. Motorku
masih di atas, tetapi badanku jatuh ke bawah, seperti masuk jurang. Tidak
begitu dalam, tetapi sulit untukku naik ke atas karena jurang itu berbentuk
sudut 90 derajat. Aku sungguh takut. Aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap
sekali.
Keunggulan kutipan cerita tersebut
adalah ….
A. akhir cerita mengejutkan sehingga
memberikan kesan mendalam
B. isi ceritanya menginspirasi pembaca
untuk berhati-hati
C. banyak menggunakan kiasan
D. akhir cerita mudah ditebak oleh
pembaca
26. Perhatikan
kalimat berikut!
Pemerintahan dari rakyat untuk rakyat
adalah perwujudan demokrasi […] zaman ke zaman.
Kata depan yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah ….
A. di
B. ke
C. dari
D. pada
27. Perhatikan
kalimat berikut!
“{…}, ambillah pemberianku ini!” kata
Anita sambil menyodorkan bingkisan.
Kata seru yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah….
A. Amboi
B. Hore
C. Nah
D. Wah
28. Bacalah
petunjuk berikut!
Petunjuk pemakaian senter:
(1) Tutup kembali bagian yang sudah
dibuka.
(2) Buka tutup bagian belakang.
(3) Tekan tombol dengan baik.
(4) Masukkan baterai dengan kepala ke
arah depan semua.
Urutan petunjuk pemakaian senter
tersebut yang tepat adalah ….
A. (2)-(4)-(1)-(3)
B. (2)-(1)-(3)-(4)
C. (3)-(2)-(1)-(4)
D. (3)-(4)-(2)-(1)
29. Bacalah teks
berikut!
(1) Perjalanan wisata ke Kampung Wisata
Cinangneng itu akan kami jadikan kegiatan rutin tahunan.
(2) Kami berangkat menuju Kampung Wisata
Cinangneng hari Sabtu, tanggal 8 Oktober, pukul 07.00.
(3) Sesampai di sana banyak temuan yang
kami catat sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
(4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng
merupakan pilihan utama tujuan wisata kami.
(5) Rombongan kami berjumlah 200 orang
dengan 4 bus.
Susunan kalimat laporan tersebut yang
tepat adalah ….
A. (5)-(2)-(1)-(3)-(4)
B. (4)-(5)-(2)-(1)-(3)
C. (5)-(3)-(2)-(4)-(1)
D. (4)-(2)-(5)-(3)-(1)
30. Perhatikan
teks berikut!
Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara
benar-benar ditandai dengan perjuangan dan pengabdian pada kepentingan bangsa
dan negara. Ki Hajar Dewantara menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar
Belanda), kemudian melanjutkan pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter
Bumiputera). […] Akhirnya, ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar,
seperti Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda,
Tjahaja Timoer, dan Poesara.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks
tersebut adalah…
A. Ia memilih menjadi wartawan daripada
menjadi dokter.
B. Ia tidak dapat menamatkan pendidikan
di sekolah tersebut.
C. Ia akhirnya menjadi dokter dan
bekerja di rumah sakit.
D. Ia berhasil meraih gelar dokter pada
sekolah dokter Bumiputera
31. Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem
dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan
penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak
semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan
30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat
bersyukur dengan penghasilannya.
Pengubahan kutipan cerita tersebut
menjadi sudut pandang orang pertama yang tepat adalah …
A. Bagi kami, menjadi penjual kue apem
dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan
penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak
semata wayangnya. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan
30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat
bersyukur dengan penghasilannya.
B. Bagi
dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia
rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung
buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika dia menjadi
penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena
sekarang banyak ojek online di kota
ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.
C. Bagiku, menjadi penjual kue apem
dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kurasakan lebih dari cukup. Dengan
penghasilan itu, aku bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anakku
semata wayang. Dulu, ketika aku menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30
ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini.
Sekarang aku sangat bersyukur dengan penghasilanku.
D. Bagiku, menjadi penjual kue apem
dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kamir rasakan lebih dari cukup. Dengan
penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata
wayangku. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu
sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan
penghasilan kami.
32. Bacalah teks
drama berikut!
Mata pelajaran yang sedang diujikan
adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat
soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan
Dini.
Banu: Din, aku minta jawaban soal nomor
5 dan 6!
Dini: A dan C.
Sita: Kalau soal nomor 10, 11, dan 15
jawabannya apa Ban?
Banu: 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum
Adi: Huss, jangan kencang-kencang nanti
gurunya dengar!
Sita: Soalnya sulit sekali, masih banyak
yang belum aku kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti
pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, Ia terlihat rileks dan mengerjakan
soal ujian sendiri tanpa mencontek.
Cerpen yang sesuai dengan teks drama
tersebut adalah…
A. Kelasku sedang menghadapi ujian
Matematika. Aku, Banu, Siti, Dina, dan Adi sangat kewalahan menjawab soal-soal
tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada Dina, “Din…soal nomor 5 dan 6 jawabnya
apa?” “Ngga tau” jawab Dina, “tanya Dini sana!”
B. Ketika ujian Matematika berlangsung,
Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik sana, lirik sini. “Din…soal nomo 5
dan 6 apa jawabnya?” ujar Banu penuh harap. “A dan C”, jawab Dini sedikit
keras. “Ssst…jangan keras-keras dong, ntar Bu Guru dengar. Mereka asyik
contek-contekan, sementara Budi serius dengan pekerjaannya sendiri.
C. Ujian Matematika sedang berlangsung.
Siswa kebingungan melihat soalnya. Lima sekawan, Budi, Banu, Dini, Siti, dan
Adi pun merasa kewalahan juga. “Din, jawaban soal nomor 5 dan 6 apa?” tanya
Banu memecah keheningan ruang ujian. “A dan C”, jawab Dini. “Trus soal nomor
10, 11, 15, jawabnya apa, Ban?” tanya Sita”Nomor 10 A, 11 D, dan nomor 15 aku
belum selesai”, jawab Banu. Walaupun keempat temannya saling contek, Budi
terlihat rileks dan mengerjakan sendiri soalnya tanpa mencontek.
D. Bu Guru mengadakan ulangan harian.
Semua siswa kewalahan melihat soalnya. Begitu juga dengan Banu, Dini, Siti,
Budi, dan Adi. Mereka saling contek, termasuk juga Budi. “ Soal nomor 5 dan 6
apa jawabnya Din,” tanya Budi. “A dan C, jawab Dini. “Terus soal nomor 10, 11,
dan 15 apa jawabnya Sit?” tanya Adi. “Sssst…jangan keras-keras!” kata Dini,
“ntar Bu Guru dengar.”
33. Bacalah data
berikut!
Objek: Museum Mpu Tantular Jalan Raya
Bunduran-Sidoarjo
Waktu: Rabu, 3 Agustus 2016
Tujuan: Mengenal peninggalan sejarah
Hasil: Koleksi benda bersejarah seperti
arca menhir, patung ganesha, fosil pithecantropus erctus, jenis-jenis batuan,
fosil hewan purba, dan lain-lain.
Teks laporan yang tepat berdasarkan data
hasil pengamatan tersebut adalah…
A. Kelompok III mengunjungi obyek Wisata
Museum Mpu Tantular, pada Rabu, 3 Agustus 2016, pukul 10.00 s/d 14.00 WIB.
Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Dengan mengamati
obyek wisata sejarah Museum Mpu Tantular, semakin memperluas wawasan terhadap
benda-benda bersejarah dan mencintai Indonesia yang kaya akan budaya.
Mengunjungi Museum Mpu Tantular sekaligus mengenal peninggalan sejarah.
B. Pada hari Rabu, 3 Agustus 2016, kami
mengunjungi Museum Mpu Tantular. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya
Buduran, Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah.
Berdasarkan hasil pengamatan , di dalam Museum Mpu Tantular terdapat koleksi benda-benda
bersejarah seperti arca menhir, patung ganesha, fosil pithecantropus erctus,
jenis-jenis batuan, fosil hewan purba, dan masih banyak lagi koleksi
peninggalan sejarah lainnya.
C. Museum Mpu Tantular berlokasi di
Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan
sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan , di dalam Museum Mpu Tantular terdapat
koleksi benda-benda bersejarah seperti arca menhir, patung ganesha, jenis-jenis
batuan, fosil hewan purba, dan masih banyak lagi koleksi peninggalan sejarah
lainnya.
D. Pada tanggal 3 Agustus 2016, pukul
10.00 s/d 14.00 WIB. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran- Sidoarjo.
Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil
pengamatan, kegiatan ini dapat memperluas wawasan terhadap benda-benda
bersejarah, Selain itu, dapat meningkatkan kecintaan kepada Indonesia.
34. Bacalah
kalimat berikut!
Tujuan ekspor di antaranya menciptakan
iklim perusahaan yang kondusif dan menjaga kestabilan kurs valuta asing
Pilihan kata yang salah pada kalimat
tersebut adalah ….
A. ekspor
B. perusahaan
C. kondusif
D. valuta
35. Bacalah
kutipan teks berikut!
(1) Achdiat Karta Miharja lahir di
Cibatu, Garut, Jawa Barat, 6 Maret 1911 dan meninggal dunia di Canberra,
Australia, 8 Juli 2010 pada usia 99 tahun. (2) Beliau lebih dikenal dengan nama
pena Achdiat K. Miharja. (3) Ayahnya seorang pemegang buku pada sebuah
perkebunan di Kota Garut. (4) Achdiat adalah anak yang cerdas, sehingga ayahnya
berharap ia menjadi sarjana hukum.
Variasi kalimat berikut yang sesuai
untuk kalimat nomor (4) adalah …
A. Menulis ia lakukan sejak ia pandai
merangkai kata-kata.
B. Ia anak yang pandai sehingga ayahnya
ingin ia menjadi ahli hokum.
C. Anak yang tergolong biasa saja namun
mempunyai kesenangan menulis.
D. Beliau suka menulis buku, tidak heran
jika ayahnya sangat mendukung.
36. Perhatikan kalimat berikut!
Gedung
itu direnovasi dengan […] ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di
Indonesia.
Kata
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…
A.
menyibukkan
B.
menampilkan
C.
menjadikan
D.
melibatkan
37. Perhatikan
kalimat berikut!
“Ulu, tidakkah kamu tahu bahwa […]
Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda?
Kata sandang yang tepat untuk melengkapi
kaimat tersebut adalah…
A. sang
B. dang
C. si
D. yang
38. Perhatikan teks berikut!
Banjir
bandang […] (1) banjir yang besar dan datang dengan tiba-tiba. Air mengalir
dengan deras menghanyutkan benda-benda besar […] (2) banjir ini merusak
berbagai sarana prasarana yang dilewatinya.
Kata
penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A.
(1) adalah, (2) melainkan
B.
(1) merupakan, (2) seperti
C.
(1) merupakan, (2) dan
D.
(1) adalah, (2) seperti
39. Bacalah teks berikut!
Panti
Asuhan Budi Asih kini makin berkembang. Hal itu karena panti asuhan ini banyak
menerima donatur dari para dermawan. Dana yang secara rutin ditransormasi ke
rekening panti itu sangat membantu keuangan panti. Bantuan dana itu digunakan
untuk mencukupi kegiatan panti setiap bulan.
Pengganti
istilah donator dan ditransformasi pada teks tersebut adalah ….
A.
dana, ditransfer
B.
donasi, ditransfer
C.
donor, ditransferisasi
D.
donasi, ditransfusi
40. Bacalah kalimat berikut!
Bus
antar kota dilarang berbelok di pertigaan dekat kantor wali kota.
Perbaikan
penulisan gabungan kata yang tepat pada kalimat tersebut adalah ….
A.
antar kota seharusnya antarkota
B.
berbelok seharusnya ber-belok
C.
pertigaan seharusnya per tigaan
D.
wali kota seharusnya walikota
41. Perhatikan kalimat berikut!
Pendidikan
karakter amat sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
Perbaikan
kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah ….
A.
Pendidikan karakter amat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
B.
Pendidikan karakter amat sangat dibutuhkan dalam pembentukan sikap siswa.
C.
Pendidikan karakter sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
D.
Pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam pembentukan sikap siswa.
42. Bacalah teks berikut!
(1)
Sejumlah kendaraan pun mogok di Kota Padang, baik mobil, angkutan kota, maupun
sepeda motor. (2) Beberapa lokasi tepian jalan menjadi lokasi mirip bengkel
dadakan untuk upaya menghidupkan kembali kendaraan yang mati karena rembesan
air genangan banjir itu. (3) Mereka seperti tak peduli lagi dengan harga bensin
yang juga tidak turun. (4) Siapakah yang mesti disalahkan atas banjir ini?
Perbaikan
teks tersebut agar menjadi padu adalah dengan cara menghilangkan kalimat nomor
….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4).
43. Bacalah kalimat berikut!
Pada
era zaman modern ini teknologi berkembang dengan pesat.
Penggunaan
kata era pada kalimat tersebut salah
karena ….
A.
mempunyai makna bertentangan dengan zaman
B.
seharusnya terletak setelah zaman
C.
tidak sesuai konteks kalimat
D.
mempunyai makna sama dengan zaman
44. Bacalah kalimat berikut!
Ombak
yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap sekali.
Kalimat
tersebut tidak efektif karena ….
A.
konjungsi tidak tepat
B.
tidak mempunyai subjek
C.
kalimat tidak logis
D.
terdapat pemborosan kata
45. Bacalah kalimat berikut!
Dewasa
ini informasi dan hiburan berupa gambar video tidak hanya dapat dinikmati
melalui perangkat televisi analok maupun digital, tetapi juga dapat dinikmati
melalui komputer atau laptop yang terhubung dengan internet.
Perbaikan
kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah….
Tertulis
|
Perbaikan
|
|
A
|
video
|
vidio
|
B
|
digital
|
dijital
|
C
|
analok
|
analog
|
D
|
laptop
|
leptop
|
46. Bacalah kalimat berikut!
Hari
Selasa dilaksanakan pertemuan Presiden dengan para gubernur di Istana Bogor.
Kesalahan
penulisan huruf capital pada kalimat tersebut adalah ….
A.
Selasa
B.
Presiden
C.
Istana
D.
gubernur
47. Bacalah teks berikut!
(1)
Kegiatan literasi menjadi salah satu program sekolah. (2) Semua sekolah
diharapkan dapat melakukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (3) Salah satu
kegiatan; yang dilakukan untuk menunjang GLS; adalah 15 menit membaca pada awal
jam pertama. (4) Melalui kegiatan ini, semua siswa diharapkan memiliki minat
baca yang tinggi.
Kesalahan
penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
48. Bacalah teks berikut!
Salah
satu museum yang banyak dikunjungi pelajar adalah museum geologi Bandung.
Museum ini didirikan pada zaman kolonialisme Belanda. Didirikan pada masa
revolusi industri di benua Eropa. Saat itu para ahli geologi sedang giat
melaksanakan penyelidikan geologi.
Perbaikan
penulisan huruf kapital pada kata teks tersebut adalah ….
A.
Museum geologi Bandung, Benua Eropa
B.
Museum Geologi Bandung, Benua Eropa
C.
museum Geologi Bandung, Benua Eropa
D.
museum Geologi Bandung, benua eropa
49. Bacalah kalimat berikut!
Selamat,
Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.
Perbaikan
penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….
A.
Selamat, Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri!
B.
Selamat! Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri!
C.
Selamat! Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.
D.
Selamat: Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.
50. Bacalah teks berikut!
(1)
Keluarga Ervina sangat menggemari makanan laut. (2) Hari Minggu, Ervina
menemani ibunya ke pasar. (3) Mereka membeli udang, kepiting, cumi-cumi dan
ikan.
Penggunaan
tanda baca pada kalimat ketiga teks tersebut salah karena ….
A.
tanda baca hubung (-) tidak diperlukan
B.
terdapat tanda baca koma (,) setelah kepiting
C.
seharusnya terdapat tanda baca koma (,) setelah cumi-cumi
D.
seharusnya terdapat tanda baca titik dua (:) setelah membeli
UNDUH FILE SOAL (PDF) UN 2018 KLIK https://drive.google.com/open?id=1O30VUP_uralCgcsnmOWX9Kmh4klQG8Np
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN
2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan Makna Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa.html
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro
dan Kontra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html
3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-smp-tahun-pelajaran.html
4. Kalimat Hubungan Pertentangan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_30.html
5. Ide Pokok Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_24.html
6. Kalimat Utama Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_1.html
8. Ringkasan Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_89.html
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua
Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_49.html
10. Pola Pengembangan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_43.html
11. Menentukan Makna Ungkapan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_98.html
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai
Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/12.html
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam
Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam
Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/keteladanan-tokoh-dalam-teks-biografi.html
15. Menentukan Tokoh Utama Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-tokoh-utama-cerita.html
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-latar-suasana-cerita.html
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak
Tokoh Dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/cara-pengarang-menggambarkan-watak.html
18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-makna-simbol-atau-kata.html
19. Menentukan Amanat Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/cara-menentuakan-amanat-cerita.html
20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-nilai-moral.html
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam
Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-penyebab-konflik.html
22. Menentukan Perbedaan Pola
Pengembangan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-pola-pengembangan.html
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan
Bahasa dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-penggunaan-bahasa.html
24. Menentukan Isi dan Nilai Cerita Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-isi-cerita-dan.html
25. Menentukan Keunggulan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/soal-menentukan-keunggulan-cerita.html
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan
yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/melengkapi-kalimat-dengan-kata-depan.html
27. Melengkapi Kalimat dengan Kata Seru
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-melengkapi-kalimat-dengan-kata.html
28. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks
Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/mengurutkan-kalimat-acak-pada-teks.html
29. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks
Laporan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-dan-pembahasan-mengurutkan-kalimat.html
30. Melengkapi Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/melengkapi-teks-nonsastra-teks-biografi.html
31. Sudut Pandang Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/sudut-pandang-pengarang-point-of-view.html
32. Mengubah Bentuk Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/mengubah-teks-drama-menjadi-teks-cerpen.html
33. Menyusun Teks Laporan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-smp.html
34. Penggunaan Kata/Istilah dalam
Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-smp.html
35. Memvariasikan Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/contoh-soal-memvariasikan-kalimat-dan.html
36. Melengkapi Kalimat dengan
Kata/Istilah yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/contoh-soal-melengkapi-kalimat-dengan.html
37. Kata Sandang Si dan Sang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/kata-sandang-si-dan-sang.html
38. Kata Penghubung Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
39. Penggunaan Istilah yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/menggunakan-istilah-yang-tepat-39.html
40. Penulisan Gabungan Kata Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/penulisan-gabungan-kata-yang-tepat.html
41. Merperbaiki Kalimat Tidak Efektif
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/perbaikan-kalimat-tidak-efektif-menjadi.html
42. Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-dan-pembahasan-perbaikan-paragraf.html
43. Prinsip Kehematan dalam Kalimat
Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/prinsip-kehematan-dalam-kalimat-efektif.html
44. Alasan Mengapa Kalimat Tidak Efektif
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/alasan-mengapa-kalimat-tidak-efektif.html
45. Perbaikan Kata Tidak Baku dalam
Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-dan-pembahasan-perbaikan-kesalahan.html
46. Penggunaan Huruf Kapital Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/aturan-penggunaan-huruf-kapital.html
47. Penggunaan Tanda Titik Koma Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/penggunaan-tanda-titik-koma.html
48. Penulisan Nama Organisasi dan Nama
Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/pedoman-penulisan-nama-lembaga.html
49. Penggunaan Tanda Seru Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/penggunaan-tanda-seru-menurut-puebi.html
50. Alasan Penggunaan Tanda Baca yang
Salah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-dan-pembahasaan-alasan-penggunaan.html
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL
BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2016/2017
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA
- Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat hubungan sebab akibat
- Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunggulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks prosedur
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan bagian alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna
istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan huruf kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
UNDUH SOAL UN 2016/2017 KLIK https://drive.google.com/open?id=1eh66mzEp8L4dsy0k6sPt-VwII-G77XL8
Admin numpang promo ya ^^
ReplyDeleteYuk j01n sekar4n9 dan p4$ang jag04n mu h4nya di upd4te8ett1n9^^