14 July 2020

RPP 1 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021 MAPEL BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII SEMSERTER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
                                    Kelas / Semester          : XII / 2
                                    Materi Pokok              : Teks Artikel
                                    Alokasi Waktu            : 3 Pertemuan (6 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
3.10.1 mengidentifikasi informasi pokok dalam artikel opini.
3.10.2 Membedakan antara informasi fakta dan opini penulis dalam artikel yang dibaca.
4.10 Menyusun opini dalam bentuk artikel
4.10.1 Merancang teks artikel
4.10.1 Menyusun opini dalam bentuk artikel
4.10.2 Mempresentasikan opini dalam bentuk artikel       

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengevaluasi informasi dalam artikel,  menyusun opini dalam bentuk artikel, dan memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)

Kegiatan Pendahuluan (3 x 8 Menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian.
Kegiatan Inti (3 x 70 Menit)
1.            Peserta didik membaca teks artikel dan mencari tahu permasalahan (berkaitan dengan jenis informasi) yang terdapat dalam teks tersebut.
2.            Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan fakta dan opini dalam
teks artikel.
3.            Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing pendidik bekerja sama dalam kelompok secara kritis mengevaluasi informasi dalam teks artikel dan menyusun opini dalam bentuk teks artikel.
4.            Peserta didik bekerja sama dalam kelompok mengembangkan hasil evaluasi terhadap informasi dalam teks artikel dan menyusun opini dalam bentuk teks artikel. Selanjutnya, peserta didik menyajikannya dalam bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain.
5.            Peserta melakukan evaluasi dalam bentuk curah pendapat juga refleksi terhadap kegiatan evaluasi informasi dan penyusunan opini dalam bentuk teks artikel yang telah mereka lakukan.
Kegiatan Penutup (3 x 12 Menit)
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME.

C. Penilaian
1.      Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
2.      Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca.
3.      Keterampilan: Produk hasil menyusun opini dalam bentuk teks artikel

Boyolali, 12 Juni 2020
Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,


Drs. Agung Wardoyo                                                 Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                        NIP 197207081998011001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester            : XII/2
                                    Materi Pokok              : Teks Artikel
                                    Alokasi Waktu            : 5 Pertemuan (10 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11     Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
3.11.1 Menganalisis kebahasaan teks artikel
3.11.2 Menganalisis kebahasaan buku ilmiah
4.11     Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
4.11.1 Merancang teks artikel
4.11.2 Menyusun teks artikel  dengan
          memerhatikan fakta dan kebahasaan.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning, siswa mampu menganalisis kebahasaan teks artikel; menyusun teks artikel; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)
Kegiatan Pendahuluan (5 x 8 Menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian.
Kegiatan Inti (5 x 70 Menit)
1.            Siswa mencermati teks artikel yang dibagikan oleh guru.
2.            Secara berkelompok, siswa berdiskusi membagi tugas menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks artikel.
3.            Siswa mencari sumber lain berupa teks artikel sebagai bahan diskusi kelompok.
4.            Siswa menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks artikel, kemudian menuliskannya di kertas karton.
5.            Siswa menulis teks artikel dengan memerhatikan isi, struktur,  dan ciri kebahasaannya.
6.            Siswa mempresentasikan hasil diskusi berupa isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks artikel untuk ditanggapi oleh siswa lain.
Kegiatan Penutup (5 x 12 Menit)
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME.

C. Penilaian
1.      Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
2.      Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang menganalisis isi, struktur, dan     kebahasaan teks  artikel.
3.      Keterampilan: Produk hasil menyusun teks artikel  dengan memerhatikan isi, struktur,  dan aspek kebahasaan.


Boyolali, 12 Juni 2020
Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,



Drs. Agung Wardoyo                                                 Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                        NIP 197207081998011001
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
                                    Kelas / Semester          : XII/2
                                    Materi Pokok              : Teks Kritik Sastra dan Esai
                                    Alokasi Waktu            : 3 Pertemuan (6 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis
3.12.1 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan penulis
3.12.2 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek  pandangan penulis
4.12 Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
4.12.1 Merancang kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
4.12.2 Menyusun kritik dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat membandingkan kritik sastra dan esai,  menyusun kritik sastra dan esai, dan memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)
Kegiatan Pendahuluan (3 x 8 Menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian.

Kegiatan Inti (3 x 70 Menit)
1.            Peserta didik membaca teks kritik sastra dan esai dan membandingkan keduanya berdasarkan aspek pengetahuan dan pandangan penulis yang terdapat dalam teks tersebut.
2.            Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan aspek pengetahuan dan pandangan penulis yang terdapat dalam teks kritik sastra dan esai.
3.            Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing pendidik bekerja sama dalam kelompok secara kritis membandingkan pengetahuan dan pandangan penulis dalam teks kritik sastra dan esai dan menyusun teks kritik sastra dan esai.
4.            Peserta didik bekerja sama dalam kelompok mengembangkan hasil perbandingan pengetahuan dan pandangan penulis dalam teks kritik sastra dan esai dan menyusun teks kritik sastra dan esai. Selanjutnya, peserta didik menyajikannya dalam bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain.
5.            Peserta melakukan evaluasi dalam bentuk curah pendapat juga refleksi terhadap kegiatan membandingkan pengetahuan dan pandangan penulis dalam teks kritik dan esai dan penyusunan teks kritik sastra dan esai yang telah mereka lakukan.
Kegiatan Penutup (3 x 12 Menit)
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME.
C. Penilaian
1.      Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
2.       Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang membandingkan pengetahuan dan pandangan penulis dalam teks kritik dan esai.
3.      Keterampilan: Produk hasil menyusun teks kritik sastra dan esai

Boyolali, 12 Juni 2020
Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,


Drs. Agung Wardoyo                                                 Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                        NIP 197207081998011001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester            : XII/2
                                    Materi Pokok              : Teks Kritik dan Esai
                                    Alokasi Waktu            : 5 Pertemuan (10 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.13 Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai
3.13.1 Menganalisis kebahasaan teks kritik dan esai
3.13.2 Menganalisis kebahasaan teks kritik dan esai
4.13 Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
4.13.1 Merancang teks kritik dan esai
4.13.2 Menyusun teks kritik dan esai  dengan
          memerhatikan sistematika dan kebahasaan.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning, siswa mampu menganalisis sistematika dan kebahasaan teks kritik dan esai; menyusun teks kritik dan esai; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)

Kegiatan Pendahuluan (5 x 8 Menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian.
Kegiatan Inti (5 x 70 Menit)
1.            Siswa mencermati teks kritik dan esai yang dibagikan oleh guru.
2.            Secara berkelompok, siswa berdiskusi membagi tugas menentukan sistematika dan ciri kebahasaan teks kritik dan esai.
3.            Siswa mencari sumber lain berupa teks kritik dan esai sebagai bahan diskusi kelompok.
4.            Siswa menentukan sistematika dan ciri kebahasaan teks kritik dan esai, kemudian menuliskannya di kertas karton.
5.            Siswa menulis teks kritik dan esai dengan memerhatikan sistematika  dan ciri kebahasaannya.
6.            Siswa mempresentasikan hasil diskusi berupa sistematika dan ciri kebahasaan teks kritik dan esai untuk ditanggapi oleh siswa lain.
Kegiatan Penutup (5 x 12 Menit)
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME.

C. Penilaian
1.    Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
2.    Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang menganalisis sistematika dan     kebahasaan teks  kritik dan esai.
3.    Keterampilan: Produk hasil menyusun teks kritik dan esai  dengan memerhatikan sistematika  dan aspek kebahasaan.


Boyolali, 12 Juni 2020
Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,



Drs. Agung Wardoyo                                                 Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                        NIP 197207081998011001
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
                                    Kelas / Semester          : XII/2
                                    Materi Pokok              : Buku Fiksi dan Nonfiksi
                                    Alokasi Waktu            : 4 Pertemuan (8 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.14     Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
3.14.1 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi)
3.14.2 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku drama (fiksi)
4.14     Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
4.14.1 Menyusun refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi)
4.14.2 Menyusun refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam satu buku drama (fiksi)

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi),  menyusun refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)
Kegiatan Pendahuluan (4 x 8 Menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian.
Kegiatan Inti (4 x 70 Menit)
1.            Peserta didik membaca buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) dan mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam kedua buku tersebut.
2.            Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
3.            Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing pendidik bekerja sama dalam kelompok secara kritis mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
4.            Peserta didik bekerja sama dalam kelompok mengembangkan hasil mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) dan refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung di dalam buku tersebut. Selanjutnya, peserta didik menyajikannya dalam bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain.
5.            Peserta melakukan evaluasi dalam bentuk curah pendapat juga refleksi terhadap kegiatan mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) dan penyusunan refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung di dalam buku tersebut yang telah dilaksanakan.
Kegiatan Penutup (4 x 12 Menit)
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME.

C. Penilaian
1.      Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
2.       Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
3.      Keterampilan: Produk hasil menyusun refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).

Boyolali, 12 Juni 2020
Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,


Drs. Agung Wardoyo                                                 Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                        NIP 197207081998011001

RPP 1 LEMBAR SMA KELAS XII MAPEL BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 SEMESTER 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester           : XII/1
                                    Materi Pokok              : Surat Lamaran Pekerjaan
                                    Alokasi Waktu            : 3 Pertemuan (6 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
3.1.1 Mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan 3.1.2 Mengidentifikasi sistematika surat lamaran pekerjaan
4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
4.1.1 Menyusun simpulan isi dan sistematika  surat lamaran pekerjaan
4.1.2 Mempresentasikan simpulan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan; menyusun simpulan isi dan sistematika  surat lamaran pekerjaan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester           : XI/2
                                    Materi Pokok              : Teks Proposal
                                    Alokasi Waktu            : 3 Pertemuan (6 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12 Mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca
3.12.1 Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal kegiatan
3.12.1 Menyimpulkan informasi penting dalam proposal
4.12 Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif
4.12.1 Melengkapi informasi dalam proposal kegiatan secara lisan supaya lebih efektif
4.12.2. Melengkapi informasi dalam proposal penelitian secara lisan supaya lebih efektif

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning peserta didik dapat Mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal;  Melengkapi informasi dalam proposal; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester           : XI/1
                                    Materi Pokok              : Teks Prosedur
                                    Alokasi Waktu            : 3 Pertemuan (6 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
3.1.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks prosedur
3.1.2 Menyimpulkan informasi dalam teks prosedur
4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
4.1.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan dalam teks prosedur
4.1.2. Menyusun pernyataan umum dan tahapan dalam teks teks prosedur

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi teks prosedur; merancang teks prosedur; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

RPP 1 LEMBAR ATAU RINGKAS BAHASA INDONESIA SMA KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2020/2021





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan    : SMA Negeri 2 Boyolali
                                         Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
                                         Kelas/Semester         : X MIPA-IPS/ Genap
                                         Materi Pokok              : Teks Negosiasi
Alokasi Waktu            : 6 jam pelajaran

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10 Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
3.10.1 Mengidentifikasi isi teks negosiasi
3.10.2 Menyimpulkan isi teks negosiasi
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis
4.10.1 Menyeleksi isi teks negosiasi
4.10.2 Mengembangkan isi teks negosiasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, siswa mampu mengidentifikasi dan mengembangkan isi teks negosiasi,  memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

RPP BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester           : X MIPA-IPS/ Gasal
                                    Materi Pokok              : Teks Laporan Hasil Observasi
                                    Alokasi Waktu            : 6 jam pelajaran

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
3.1.1 Mengidentifikasi isi laporan hasil observasi
3.1.2 Menyimpulkan isi laporan hasil observasi
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
4.1.1 menyeleksi isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, siswa mampu mengidentifikasi dan mengintepretasi isi laporan hasil observasi,  memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

11 July 2020

UNDUH RPP RINGKAS UNTUK PEMBELAJARAN TATAP MUKA/LURING LENGKAP SATU TAHUN KELAS X, XI, XII MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan     : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester            : X MIPA-IPS/ Gasal
                                    Materi Pokok              : Teks Laporan Hasil Observasi
                                    Alokasi Waktu            : 6 jam pelajaran

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
3.1.1 Mengidentifikasi isi laporan hasil observasi
3.1.2 Menyimpulkan isi laporan hasil observasi
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
4.1.1 menyeleksi isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, siswa mampu mengidentifikasi dan mengintepretasi isi laporan hasil observasi,  memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

10 July 2020

BERBAGI LINK ATAU TAUTAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)


BERBAGI LINK/ TAUTAN MATERI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII SEMESTER 1

Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/03/profil-singkat-muh-zuhri-spd-mpd.html
 
Assalamualaikum wr.wb
Bapak/Ibu yang hebat, saya mohon izin membagikan link atau tautan untuk sumber materi pembelajaran jarak jauh (PJJ) mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA.
Tautan ini bisa dibagikan ke peserta didik untuk belajar mandiri pada pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Saya mengucapkan terima kasih bagi Bapak/Ibu yang berkenan membagikan info ini. terima kasih.