01 September 2022

MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KURIKULUM MERDEKA SMA, SMK KELAS X

 

PEMETAAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X PADA KURIKULUM MERDEKA

(Berdasarkan Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia) *

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia memiliki beberapa karakteristik.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia membentuk keterampilan berbahasa reseptif (menyimak, membaca dan memirsa) dan keterampilan berbahasa produktif (berbicara dan mempresentasikan, serta menulis). Mata Pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan pendekatan berbasis genre melalui pemanfaatan beragam tipe teks dan teks multimodal (lisan, tulis, visual, audio, audiovisual).

Berikut pemetaan materi pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X berdasarkan tipe teks dan keterampilan berbahasa

 

No

Jenis Teks

Keterampilan Berbahasa

Menyimak

Membaca dan Memirsa

Menulis

Berbicara dan Mempresentasikan

1

Laporan Hasil Observasi

1. Mengidentifikasi Fakta dalam Paparan Laporan Hasil Observasi Yang Dibacakan

2. Mengidentifikasi Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Yang Dibacakan

1. Membaca teks laporan hasil observasi untuk menemukan informasi baik tersurat maupun tersirat secara kritis.

2. Membandingkan informasi pada teks laporan hasil observasi dengan teks eksplanasi yang dibaca.

3. Menggunakan berbagai cara dan referensi untuk mengidentifikasi makna kata ilmiah baik makna tekstual maupun makna kontekstual.

1. Memahami kaidah-kaidah kebahasaan dan penulisan kutipan tidak langsung dan sumber rujukan yang tepat yang digunakan dalam menulis laporan hasil observasi.

2. Menyusun laporan hasil observasi

3. Membuat laopran hasil observasi dalam bentuk buku tempel (scrap book)

1. Mempresentasikan laporan hasil observasi dengan bantuan infografis

2. Mempresentasikan laporan hasil observasi dengan memperhatikan intonasi dalam penyampaiannya.

2

Anekdot

1. Menyimak teks monolog lawakan tunggal untuk mengevaluasi pesan yang disampaikan

2. Mengidentifikasi struktur teks anekdot yang dibacakan

1. Memirsa teks anekdot berbentuk infografik.

2. Membandingkan informasi pada teks visual dengan teks eksposisi

1. Menggunakan informasi pada teks eksposisi sebagai bahan penulisan teks anekdot secara kreatif

3. Membuat komik potongan yang dapat dipublikasikan di media cetak maupun media sosial

1. Menampilkan lawakan tunggal (stand up comedy) dengan menggunakan berbagai informasi yang valid dan akurat.

2. Menampilkan lawakan tunggal (stand up comedy) dengan tetap memperhatikan aturan kesopanan.

3

Narasi (Hikayat dan Cerpen)

Menganalisis pesan dalam teks narasi (hikayat) yang dibacakan

1. Menilai dan mengkritisi karakterisasi dan plot pada hikayat dan cerpen

2. Menganalisis nilai-nilai yang terkandung dalam teks hikayat serta mengaitkannya dengan nilai-nilai kehidupan yang berlaku pada masa lalu dan sekarang.

3. Menganalisis kaidah bahasa dalam teks narasi

1. Menulis cerpen berdasarkan nilai yang terkandung dalam hikayat

2. Membuat resensi buku yang dapat diterbitkan di media cetak maupun elektronik

Menyajikan teks fiksi berupa cerpen dengan bantuan video gerak henti.

4

Negosiasi

Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, atau pesan dalam teks negosiasi berbentuk dialog secara akurat, kritis, dan reflektif

1. Menilai informasi dan membandingkan isi teks deskripsi dan teks negosiasi secara akurat

2. Menemukan informasi berupa penjelasan makna kata pada pendukung lain seperti kamus, ensiklopedia, dan tesaurus

Menulis teks negosiasi berbentuk naratif secara logis, kreatif, dan menggunakan alur yang runtut

Mempresentasikan teks negosiasi berbentuk dialog secara runtut, kreatif, dan dengan menggunakan metode yang tepat

5

Biografi

Menganalisis ide pokok serta ide penjelas teks biografi secara

akurat dan kritis.

1. Menganalisis teks rekon untuk menemukan gagasan, pikiran, atau pesan

2. Menganalisis penggunaan tanda baca dan kata serapan dalam teks biografi secara akurat

Menulis teks biografi secara logis dan kreatif

Mempresentasi teks biografi dan mempublikasikannya di berbagai media

6

Puisi

Menganalisis diksi dalam teks puisi yang dibacakan

1. Menganalisis teks puisi dan menilai efektivitas diksi, rima, dan tipografi dalam teks puisi

2. Mengidentifikasi tema dan suasana dalam teks puisi

1. Menulis puisi dengan memperhatikan diksi, rima, dan tipografi

2. Menulis tanggapan terhadap antologi puisi secara logis dan kritis

Menyajikan pembacaan puisi dengan ekspresif dan kreatif

 

Pemetaan Materi Pembelajaran ini berdasarkan Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia  untuk SMA/SMK Kelas X dengan beberapa perubahan.

 Sumber

Aulia, Tri Fadilah dan Gumilar, Sefi Indra. 2021. Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

UNDUH FILE PDF https://drive.google.com/file/d/18QRU2Ws6SXJy7xtZX60RhXfsyfzsE07D/view?usp=sharing

 UNDUH BUKU CERDAS CERGAS https://drive.google.com/file/d/18QRU2Ws6SXJy7xtZX60RhXfsyfzsE07D/view?usp=sharing

 

KUMPULAN LINK/TAUTAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X

KURIKULUM MERDEKA

1.       Teks Laporan Hasil Observasi

1.1. Materi Menyimak Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka: Teks Laporan Hasil Observasi (Lho)

Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2022/09/11-materi-menyimak-pembelajaran-bahasa.html

1.2 Materi Membaca Dan Memirsa Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka: Teks Laporan Hasil Observasi

Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2022/09/12-materi-membaca-dan-memirsa-bahasa.html

0 komentar:

Post a Comment