I. Pilihlah
jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B,
C, D atau E pada lembar jawab yang tersedia!
Teks negosiasi untuk soal no 1 dan
2.
Andi : “Selamat Siang”
Bima : “Selamat Siang.
Silakan duduk!”
Andi : “Terima Kasih”.
Bima : “Ada apa kiranya
saudara datang kemari?”
Andi : “Saya ingin
membeli sepeda motor bapak, “
Bima : “Saudara menawar
berapa?”
Andi : “Delapan Juta,
pak.”
Bima : “Sepuluh Juta,
Pak.”
Andi : “Tidak Boleh
kurang, Pak.”
Bima : “Bagaimana kalau
Sembilan Juta Setengah.”
Andi : “Sembilan Juta,
Pak. Ini Penawaran terakhir saya.”
Bima : “ Baiklah, saya
setuju.”
Andi : “ Besok saya
bawakan uangnya, Pak.”
Bima : “ Iya, Terima
Kasih.”
Andi : “ Kalau begitu,
saya pulang dahulu, Pak.”
Bima : “ Silakan.”
Andi : “ Selamat
Siang.”
Bima : “Selamat Siang.”UKKK
1. Negosiasi
tersebut merundingkan ....
A. harga
barang
B. jual
beli
C. kualitas
sepeda motor
D. kenaikan
harga sepeda motor
E. permintaan
bantuan
2. Berikut
informasi yang tidak sesuai dengan isi teks negosiasi tersebut adalah.........
A. Bima
menawarkan sepeda motor dengan harga sepuluh juta rupiah.
B. Andi
membeli sepeda motor pak Bima seharga Apuluh Juta rupiah.
C. Andi
membelik Sepeda Motor Pak bima dengan penawaran terakhir seharga Sembilan Juta
Rupiah.
D. Pak
Bima tidak menyetujui penawaran yang yang diajukan oleh Andi seharga Sembilan
juta Rupiah.
E. Pak
Bima langsung menerima penawaran sepeda motor yang akan di beli Andi Seharga
Sepuluh Juta Rupiah.
3. Bacalah
dengan saksama!
Penjual : Mau cari apa, Mas?
Pembeli : Baju yang
ini berapa, ya?
Penjual : Kalau yang ini Rp.
150.000,00.
Pembeli : Wah,
mahal sekali, Mbak?
Penjual : Ya, soalnya
bahannya bagus dan juga barangnya limited edition.
Pembeli : Ya,
memang benar bahannya bagus, tapi apakah harganya tidak bisa kurang?
Penjual : Baiklah, saya
kurangi jadi Rp. 145.000,00.
Pembeli : Wah, itu
masih kemahalan, Mbak. Kurangi sedikit lagi, Mbak.
Penjual : Gak bisa, Mas, Ini
saja sudah murah.
Pembeli : Bagaimana kalau Rp. 140.000,00, Mbak?
Penjual : Gak bisa, Masitu sudah paling murah.
Pembeli : Ayolah,
Mbak! Ini buat oleh-oleh saya di rumah.
Penjual : Baiklah, buat Mas
saya bolehkan. Mau beli apalagi?
Pembeli : Tidak,
ini saja. Ini uangnya.
Kalimat yang tepat untuk
memperbaiki kalimat yang di cetak miring adalah ....
A. Ya,
karena bahannya bagus dan juga barangnya terbatas.
B. Ya,
soalnya barangnya bagus dan juga limited edition.
C. Ya,
Soal bahan bagus karena barangnya terbatas.
D. Ya,
karena bahannya bagus dan limited edition.
E. Ya
,karena bahan dan barangnya limited edition.
Teks untuk soal no. 4 dan 5.
Rina : “Kedatangan
saya ke sini bermaksud untuk menawarkan panci kepada Ibu.”
Bu Diana : “Berapa
harga panci ini?”
Rina : “Tiga Puluh
Ribu, Bu.”
4. Kutipan
teks negosiasi tersebut merupakan bagian ..............
A. orientasi
B. pengajuan
C. penawaran
D. persetujuan
E. penutup
5. Berikut
merupakan konversi teks negosiasi dalam bentuk monolog adalah.......
A. Rina
menawarkan sesuatu kepada ibu Diana.
B. Rina
mendatangi rumah salah seorang ibu yang bernama bu Diana, Rina bermaksud untuk
menawarkan panci dengan harga tiga puluh ribu rupiah kepada bu Diana.
C. Bu
Diana menanyakan harga panci yang ditawarkan oleh Rina.
D. Rina
mendatangi rumah salah seorang ibu yang bernama Diana. Rina menawarkan panci
seharga tiga puluh ribu rupiah.
E. Bu
Diana menawar Panci yang ditawarkan Oleh Rina.
6. Bacalah
dengan saksama!
Pak Kimung : Saya tidak setuju kalau Pak Dulah menjadi bendahara. Titik! (1)
Pak Posa : Menurut saya, Pak Dulah bekerja baik. Selama ini, kas RT
kita selalu
banyak. Pak Dulah
Pandai mengatur keuangan. (2)
Pak Kimung : Uang kas kita memang banyak. Pak Posa, tapi kas kita yang dia
gunakan
untuk keperluan
pribadi juga banyak. (3)
Pak RT : ...... (4)
Pak Kimung : ...... (5)
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
negosiasi tersebut ......
A. (5)
Kita tidak baik menuduh orang. Biarlah Pak Dulah menjadi bendahara.
(6) Nah, begitu. Pak RT. Saya
setuju kalau kita pilih bendahara baru.
B. (5)
Kita tidak baik menuduh orang. Biarlah Pak Dulah menjadi bendahara.
(6)
Kita minta dia kumpulkan uang sebanyak-banyaknya.
C. (5)
Kita tak baikmenuduh orang. Lebih baik kita selidiki dulu bersama-sama. Untuk
saat ini kita biarkan Pak Dulah menjadi
bendahara.
(6)
Nah, begitu, Pak RT. Saya setuju kalau kita pilih bendahara baru.
D. (5)
Kita tidak baik menuduh orang, Lebih baik kita selidiki dulu bersama-sama.
Untuk saat ini, kita pilih bendahara
pengganti Pak Dulah.
(6)
Nah, begitu, Pak RT. Saya setuju kalau kita pilih bendahara baru.
E. (5)
Kita tidak baik menuduh orang. Lebih baik kita selidiki dulu bersama-sama.
Untuk saat ini, biarlah Pak
Dulah mencari pengganti dirinya.
(6)
Kita Minta dia kumpulkan uang sebanyak-banyaknya.
7. Bacalah
dengan saksama!
Linda : Citra, besok kita lakukan gladi bersih! (1)
Citra : Ah, kamu malas keluar rumah besok. Kita lakukan sekarang saja.
(2)
Linda : Kostum baru
selesai malam ini, Kita harus lakukan gladi bersih pakai kostum. (3)
Citra : Baiklah. Kita
lakukan pagi hari, ya. Aku segen keluar siang hari. (4)
Linda : Oke. Pukul 08.00
kita siap di lokasi. (5).
Kata tidak baku dalam teks tersebut
adalah ....
A. kostum
B. gladi
C. pukul
D. segen
E. pakai
8. Bacalah
kedua teks berikut dengan saksama!
Teks I
Yuni : Rin, temani
kakak ke tuku buku, yuk!
Ririn : Nanti, tunggu
filmnya selesai.
Yuni : Terlalu lama, Rin. Nanti tokonya tutup. Kamu bisa nonton VCD
itu besok, ‘kan?
Ririn : Acara nonton VCD ini sudah direncanakan sejak bulan lalu, kak.
Jadi, harus terlaksana.
Yuni : Ya, sudah kalau
kamu tak mau. Padahal aku mau belikan kamu stempel Hello Kitty kalau kamu mau
ikut.
Ririn : Oh, ya? Baiklah
aku siap menemanimu, Kak. Tapi traktir makan malam di restoran dekat toko buku
itu, ya, kak.
Yuni : Ah, kamu banyak
maunya. Aku traktir kerak telor saja, ya.
Ririn : Baiklah, ayo
kita berangkat!
Teks II
Suatu malam, Yuni perlu membeli
buku-buku pelajaran untuk keperluannya di sekolah. Ia meminta Ririn untuk
menemaninya pergi ke toko buku. Ririrn merasa keberatan harus menemani
kakaknya. Ririn menolak permintaan kakaknya secara halus. Ia mau menemani
setelah ia nonton film, padahal saat itu hari sudah malam. Mereka jelas tak
mungkin pergi setelah film selesai diputar.
Yuni tidak kehabisan akal. Ia
mengajukan iming-iming stempel hello kitty kalau adiknya mau ikut.Ririn
tertarik karena ia mengoleksi pernak-pernik hello kitty. Akan tetapi, ia masih
mengajukan syarat, yaitu minta ditraktir makan di restoran. Yuni menawarkan
kerak telor sebagai penggantinya dan Ririn setuju. Mereka segera pergi ke toko
buku.
Kedua jenis teks tersebut merupakan
….
Teks
I Teks II
A eksposisi deskripsi
B negosiasi prosedur kompleks
C eksposisi negosiasi
D negosiasi narasi
E negosiasi eksposisi
9. Bacalah
dengan saksama!
Yovi : Esa, Kemarin aku
baru beli buku Laskar Pelangi terbaru. Ternyata, ayahku beli juga. Jadi, aku
punya dua. Kamu mau beli satu? (1)
Esa :
Ayahku tidak tahu kalau aku
sudah beli juga. (2)
Yovi : Aku senang.
Bagaimana denganmu? (3)
Esa :
Boleh juga. Memang berapa harganya? (4)
Yosi : Rp. 85.000,00.
Bagaimana? (5)
Esa :
Wah, aku belum ada uang. Bagaimana kalau aku barter dengan buku cerita
petualangan. (6)
Yovi : Kalau barter
dengan buku itu plus Rp. 25.000,00 boleh? (7)
Esa :
Ya, sudah. Setuju. (8)
Dalam penyuntingan, pernyataan pada
teks tersebut yang harus dihilangkan karena tidak padu adalah pernyataan
nomor..........
A. 1
dan 2
B. 2
dan 3
C. 3
dan 4
D. 4
dan 5
E. 5
dan 6
10. Bacalah
dengan saksama!
Direktur : Saudara
Rizaldi Darmawan?
Rizaldi : Benar, Pak.
Direktur : Selamat datang di perusahaan kami.
Rizaldi : Terima kasih, Pak.
Direktur : Surat
Penugasan anda, sudah Anda terima?
Rizaldi : Sudah. Sudah
diserahkan oleh sekretaris Bapak ketika Bapak belum datang.
Direktur : Semoga
anda menyukai pekerjaan yang baru nanti sehingga kita bisa memajukan perusahaan
ini bersama.
Rizaldi : Saya sangat senang
dan berterima kasih atas kesempatan ini.
Teks tersebut tidak memenuhi kaidah
teks negosiasi karena............
A. tidakmelibatkan
dua pihak atau lebih
B. berupa
dialog
C. mengandung
konflik
D. tidak
mengandung tawar-menawar
E. tidak
berujung pada kesepakatan
11. Berikut
yang merupakan unsur pelaksanaan debat adalah ….
A. (1)
argumentasi, (2) tim afirmasi, (3) tim oposisi, (4) tim netral, (5) penonton/
juri yang dipanggil, (6) moderator, dan (7) penulis
B. (1)
pendapat, (2) tim afirmasi, (3) tim oposisi, (4) tim netral, (5) penonton/ juri
yang dipanggil, (6) moderator, dan (7) penulis
C. (1)
mosi, (2) tim afirmasi, (3) tim oposisi, (4) tim netral, (5) penonton/ juri
yang dipanggil, (6) moderator, dan (7) penulis
D. (1)
mosi, (2) tim afirmasi, (3) tim oposisi, (4) tim netral, (5) penonton/ juri
yang dipanggil, (6) pembawa acara, dan (7) penulis
E. (1)
mosi, (2) tim afirmasi, (3) tim oposisi, (4) tim netral, (5) penonton/ juri
yang dipanggil, (6) moderator, dan (7) penelaah
12. Secara
umum debat dilaksanakan dengan tata cara sebagai berikut ….
A. (1)
perkenalan; (2) penyampaian (penyampaian pernyataan sesuai topik oleh tim
afirmasi dalam waktu yang ditentukan); (3) debat (penyampaian
tanggapan/argumentasi oleh tim penyanggah ); (4) simpulan (pemberian ungkapan
penutup oleh setiap tim)
B.
(1) perkenalan; (2) penyampaian (penyampaian pernyataan sesuai topik oleh
setiap tim dalam waktu yang ditentukan); (3) debat (penyampaian
tanggapan/argumentasi oleh setiap tim); (4) simpulan (pemberian ungkapan
penutup oleh setiap tim)
C. (1)
perkenalan; (2) penyampaian (penyampaian pernyataan sesuai topik oleh tim
penyanggah dalam waktu yang ditentukan); (3) debat (penyampaian
tanggapan/argumentasi oleh tim pendukung); (4) simpulan (pemberian ungkapan
penutup oleh setiap tim)
D. (1)
perkenalan; (2) penyampaian (penyampaian pernyataan sesuai topik oleh setiap
tim dalam waktu yang ditentukan); (3) debat (penyampaian tanggapan/argumentasi
oleh tim netral); (4) simpulan (pemberian ungkapan penutup oleh setiap tim)
E. (1)
perkenalan; (2) penyampaian (penyampaian pernyataan sesuai topik oleh tim yang
ditunjuk dalam waktu yang ditentukan); (3) debat (penyampaian
tanggapan/argumentasi oleh setiap tim); (4) simpulan (pemberian ungkapan
penutup oleh setiap tim)
13. Bacalah
dengan saksama!
Menurut
saya tawuran antarpelajar tidak saja terjadi karena karakter anak-anak yang
cenderung brutal. Lebih dari itu, tawuran terjadi karena anak-anak mendapat
teladan yang kurang baik dari para pemimpin bangsa yang sibuk saling berebut
kekuasaan dan saling menghu¬jat. Televisi dan internet pun dengan bebas
menyajikan berbagai aksi brutal yang membuat anak-anak tergoda untuk meniru.
Mosi debat tersebut adalah ….
A. tawuran
antarpelajar terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal
B. tawuran
antarpelajar terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik
C. tawuran
antarpelajar terjadi semata-mata karena karakter anak-anak yang cenderung
brutal
D. tawuran
antarpelajar terjadi karena karakter anak yang cenderung brutal dan mendapat
teladan yang kurang baik
E. tawuran
antarpelajar terjadi semata-mata karena anak-anak mendapat teladan yang kurang
baik
14. Bacalah
dengan saksama!
Menurut saya, ponsel sangat berguna
jika dipergunakan secara benar. Namun, di sisi lain ponsel juga sangat
berbahaya, misalnya jika dipergunakan secara terus-menerus atau dipergunakan
untuk hal-hal yang negative.
Dalam pelaksanaan debat, pernyataan
di atas diungkapkan oleh ….
A. tim
pendukung
B. tim
penyanggah
C. tim
netral
D. moderator
E. penulis
15. Bacalah
dengan saksama!
Sebuah pedati berjalan menuju suatu
tempat, rodanya akan berputar sesuai arah tersebut. Rodanya akan menempuh jalan
yang keadaannya beragam. Ada jalan yang lurus mulus, ada yang berbelok-belok
belubang-lubang. Ada yang becek, penuh batu kerikil. Bila melewati jalan yang
kondisinya bagus, pedati akan melaju tenang. Akan tetapi, bila menempuh jalan
yang kondisinya buruk, tentu memerlukan kehati-hatian agar jalan pedati tidak
oleng dan jangan sampai celaka dan kondisi roda haruslah kuat pula supaya tidak
patah sebelum sampai di tujuan dengan selamat. Begitu pula kehidupan yang
dilalui oleh manusia. Adakalanya lancar berhasil, ada pula yang sulit, penuh
cobaan dan masalah yang memerlukan kesabaran dan kekuatan hati. Apakah
seseorang akan berputus asa? Sangat bergantung pada kekuatan dan ketegaran
hatinya. Jadi, kehidupan manusia itu ibarat perputaran roda pedati menuju suatu
tempat dengan beragam kondisi jalan yang ditempuhnya.
Paragraf tersebut merupakan contoh
penarikan kesimpulan secara ….
A. generalisasi
B. sebab
akibat
C. analogi
D. ilustrasi
E. pertentangan
16. Bacalah
paragraf berikut dengan saksama!
1) Sejak
bulan Juli sampai akhir Agustus, penduduk Kecamatan Batu Kencana disibukkan
dengan berbagai pertandingan dan kegiatan seni. 2) Di Desa Candi diadakan
pertandingan bola voli. 3) Di Desa Sumber ada pertandingan futsal. 4) Di
berbagai desa diselenggarakan tari tradisional dan modern. 5) Di lapangan
kecamatan, pada awal Agustus diadakan bazar dan pasar murah. 6) Kegiatan
seperti ini selalu terjadi setiap tahun dan akan mencapai puncaknya pada
sekitar akhir Agustus sebagai malam gembira. 7) Jadi, kegiatan pertandingan
olahraga, seni, bazar, dan pasar murah diadakan dalam rangka memperingati hari
Kemerdekaan RI.
Paragraf tersebut merupakan contoh
penarikan kesimpulan secara ….
A. generalisasi
B. sebab
akibat
C. analogi
D. ilustrasi
E. pertentangan
17. Bacalah
dengan saksama!
Saya tidak setuju jika kosa kata
bahasa asing yang masuk ke dalam penggunaan bahasa Indonesia disebabkan karena
ketidak berdayaan bahasa Indonesia dalam interaksi antar bahasa. Kosa kata
bahasa asing masuk ke dalam bahasa Indonesia hanya digunakan sebagai persamaan
kata yang bagi sebagian orang lebih mudah difahami. Namun, pada intinya dalam
bahasa Indonesia itu sendiri, telah ada kosa kata yang berkaitan dengan kosa
kata asing tersebut.
Kalimat evaluasi yang tepat sesuai
isi teks tersebut adalah ….
A. Dalam
penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: bahasa Indonesia
seharusnya Bahasa Indonesia; ketidak berdayaan seharusnya ketidakberdayaan;
antar bahasa seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.
B. Dalam
penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya
kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ketidakberdayaan; bahasa asing
seharusnya bahasa Asing; difahami seharusnya dipahami.
C. Dalam
penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya
kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ke tidakberdayaan; antar bahasa
seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.
D. Dalam
penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya
kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ketidakberdayaan; antar bahasa
seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.
E. Dalam
penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya
kosakata; ketidak berdayaan seharusnya tidak berdaya; antar bahasa seharusnya
antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.
18. Bacalah
dengan saksama!
Banjir bandang adalah banjir yang
terjadi secara tiba-tiba di permukaan rendah yang disebabkan hujan yang turun
terus-menerus. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di
wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserat
lagi. Air yang menggenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan
rendah dan dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. ….
Kalimat berupa akibat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. Maka,
banjir dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat.
B. Dengan
demikian, jumlah curah hujan melebihi kemampuan serapan.
C. Akhirnya,
banjir secara tiba-tiba yang diakibatkan terisinya saluran air.
D. Jadi,
hujan besar dan peluapan air sungai
perlu kita waspadai setiap saat.
E. Akhirnya,
terjadilah bajir yang tidak dapat diatasi dan dihindari di wilayah tersebut.
19. Bacalah
dengan saksama!
Dewasa ini Bahasa Indonesia terus
berkembang dan mulai diakui sebagai bahasa internasional. Namun, dalam
perkembangannya terbukti bahwa Bahasa Indonesia banyak menyerap kosa kata
asing. Untuk berkembang, Bahasa Indonesia sangat tergantung pada bahasa asing.
Bahkan ada yang beranggapan bahwa kosa kata bahasa asing masuk ke dalam
penggunaan Bahasa Indonesia karena ketidakberdayaan Bahasa Indonesia dalam interaksi
antar bahasa.
Anggapan inilah yang akan kita
bahas dalam debat kali ini. Untuk putaran pertama saya persilakan secara
bergantian setiap tim untuk menyampaikan pendapatnya.
Sebagai sebuah kegiatan ilmiah,
debat dilakukan dengan menggunakan ragam bahasa baku sekaligus ilmiah.
Paragraf di atas menyalahi
ketentuan ciri ragam bahasa debat, yaitu ....
A. Kaidah
bahasa yang digunakan dalam paragraf tersebut tidak sesuai dengan kaidah bahasa
baku, baik tata ejaan maupun tata bahasa.
B. Ide
yang diungkapkan tidak sesuai dengan fakta dan tidak dapat diterima akal sehat.
C. Kata
yang dipilih tidak memiliki makna yang sebenarnya.
D. Digunakannya
kata-kata daerah dan asing
E. Penggunaan
kalimat-kalimat yang Panjang.
20. Bacalah
kalimat debat di bawah ini dengan saksama!
a. Pemerintah
seharusnya tidak menutup mata pada fakta bahwa UN telah memakan banyak korban.
b. Banyak
banget siswa jatuh bergelimpangan karena takut gagal dalam Ujian Nasional
Paragraf di atas menyalahi
ketentuan ciri ragam bahasa debat, yaitu ....
A. Kaidah
bahasa yang digunakan dalam paragraf tersebut tidak sesuai dengan kaidah bahasa
baku, baik tata ejaan maupun tata bahasa.
B. Ide
yang diungkapkan tidak sesuai dengan fakta dan tidak dapat diterima akal sehat.
C. Penggunaan
kata daerah dan kata yang memiliki makna yang tidak sebenarnya (denotatif).
D. Digunakannya
kata-kata daerah dan asing
E. Penggunaan
kalimat-kalimat yang Panjang.
21. Struktur
teks biografi adalah sebagai berikut ....
A. (1)
pendapat atau pemikiran tentang tokoh yang akan diceritakan; (2) kejadian
penting, berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis; (3)
penegasan ulang pendapat, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan
mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.
B. (1)
pendapat atau pemikiran tentang tokoh yang akan diceritakan; (2) kejadian
penting, berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis; (3)
reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai
rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.
C. (1)
orientasi atau setting berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau
peristiwa yang akan diceritakan; (2) kejadian penting, berisi rangkaian
peristiwa yang disusun secara kronologis; (3) reorientasi, berisi komentar
evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah
diceritakan sebelumnya.
D. (1)
orientasi atau setting berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau
peristiwa yang akan diceritakan; (2) kejadian penting, berisi rangkaian
peristiwa yang disusun secara kronologis; (3) penegasan ulang pendapat, berisi
komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang
telah diceritakan sebelumnya.
E. (1)
orientasi atau setting berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau
peristiwa yang akan diceritakan; (2) argumentasi, berisi argumen yang disusun
secara kronologis; (3) reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan
simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.
22. Bacalah
dengan saksama!
B.J.
Habibie adalah salah seorang tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak
orang di Indonesia. Beliau adalah presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan
gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie.
Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936.
Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul
Jalil Habibie dan RA.Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri
Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu
Ilham Akbar dan Thareq Kemal.
Penggalan tersebut merupakan bagian
teks biografi bagian struktur ….
A. orientasi
B. kejadian
penting
C. reorientasi
D. pendapat
E. penegasan
pendapat
23. Bacalah
dengan saksama!
Kebrilianan
otak mutiara hitam dari Timur Indonesia ini mulai bersinar ketika pada tahun
2001 ia menjuarai lomba Olimpiade Kimia tingkat daerah. Oleh karena prestasinya
itu, ia mendapat beasiswa ke Jakarta dari Pemerintah Provinsi Papua. Namun,
mamanya melarang putera bungsunya berangkat ke Ibu kota. Prestasi rupanya
membutuhkan sedikit kenakalan dan kenekatan. Dengan dibantu kakaknya, Frangky,
Oge berangkat diam-diam. Ia baru memberitahu niatnya kepada mama tercinta
sesaat sebelum menaiki tangga pesawat. Mamanya menangis selama dua minggu
menyadari anaknya pergi meninggalkan tanah Papua.
Penggalan teks biografi tersebut
merupakan bagian struktur ….
A. orientasi
B. kejadian
penting
C. reorientasi
D. pendapat
E. penegasan
pendapat
24. Bacalah
kutipan biografi berikut dengan saksama!
Jenderal Besar Soedriman, lahir di
Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Beliau merupakan salah
seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Meski menderita sakit paru-paru
yang parah ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang seorang
guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan. Ia
berpangkat jenderal pada usia 31 tahun.
Hal yang menarik dari penggalan
biografi di atas adalah . . . .
A. seorang
guru HIS Muhammadiyah
B. menjadi
jenderal saat usia 31 tahun
C. pejuang
dan pahlawan Muhammadiyah.
D. pemimpin
perang gerilya melawan musuh
E. memilik
semangat besar untuk meraih kemerdekaan Indonesia
25. Bacalah
kutipan biografi berikut!
Andrea Hirata, penulis buku Laskar
Pelangi, dilahirkan di sebuah desa cukup terpencil di Pulau Belitung. Tinggal
di sebuah desa dengan segala keterbatasan memang cukup memengaruhi pribadi
Andrea sedari kecil. Setelah menyelesaikan pendidikan di kampung halamannya,
Andrea lantas memberanikan diri untuk merantau ke Jakarta selepas lulus SMA.
Kala itu, keinginannya untuk menggapai cita-cita dan melanjutkan ke bangku
kuliah menjadi dorongan terbesar untuk hijrah ke Jakarta. Andrea lantas memulai
kehidupan barunya di Bogor sebagai penyotir surat di kantor pos Bogor. Atas
dasar usaha kerasnya dalam menggapai cita-cita, Andrea berhasil melanjutkan
pendidikannya di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Merasakan bangku
kuliah merupakan salah satu cita-citanya sejak ia berangkat dari Belitung.
Keteladanan tokoh dalam kutipan
tersebut adalah . . . .
A. Andrea
dilahirkan di sebuah desa yang cukup terpelosok.
B. Sejak
kecil Andrea Hirata sudah merantau ke Jakarta.
C. Karya
Andrea sangat terkenal dan sudah banyak difilmkan.
D. Kerja
keras dan optimis meraih pendidikan yang lebih tinggi.
E. Andrea
bangga karena berhasil melanjutkan kuliah di Jakarta.
26. Bacalah
dengan saksama!
A.A. Navis nama lengkapnya Ali
Akbar Navis lahir di Padang Panjang, Sumatra Barat tanggal 17 November 1924. Ia
tamat perguruan IMS di Kayu Taman tahun 1943. Pada masa Jepang Navis bekerja
pada pabrik porselen di Padang Panjang, kemudian menjadi guru, tahun 1952
menjadi kepala urusan kesenian perwakilan jawatan kebudayaan Sumatra Tengah.
Pada tahun 1950 ia mulai mengikuti
perkembangan kesusastraan secara aktif, mengarang cerita pendek, dan sandiwara
radio. Cerita-ceritanya dalam Mimbar Indonesia, Siasat, Kisah, Sastra, dan
lain-lain. Ia sebagai pemenang hadiah majalah Kisah pada tahun 1985.
Karya-karyanya: Robohnya Surau Kami (1956),
Bianglala (1963), Hujan Panas (1963), Kemarau (1967), semuanya
diterbitkan oleh N.V. Nusantara.
Kalimat tanya yang sesuai dengan
isi penggalan biografi di atas yaitu …
A.
Apakah Bianglala (1963)
merupakan karya A. A. Navis yang paling fenomenal?
B. Kapan
A.A. Navis mulai mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif?
C. Bagaimana
pandangan A.A. Navis terhadap perkembangan kesusastraan Indonesia?
D. Siapakah
yang merobohkan Surau yang didirikan oleh A. A. Navis pada tahun 1956?
E. Apakah
karya-karya A. A. Navis tahun 1956–1967 dipublikasikan oleh banyak penerbit?
Teks untuk soal nomor 27 dan 28.
Agnes Monica Muljoto, lahir di
Jakarta, 1 Juli 1986. Dia adalah seorang penyanyi dan artis berkebangsaan
Indonesia. Dia memulai kariernya di industri hiburan pada usia enam tahun
sebagai seorang penyanyi cilik.
Agnes telah merilis tiga album
anak-anak yang berhasil mengantarkan namanya ke deretan penyanyi cilik populer
pada era 1990-an. Selain bernyanyi, dia juga menjadi presenter di beberapa
acara televisi anak-anak. Saat menginjak usia remaja, Agnes mulai terjun ke
dunia seni peran. Penampilannya di sinetron Pernikahan Dini (2001) berhasil
melambungkan namanya. Agnes kemudian membintangi sederet sinetron yang
menjadikannya artis remaja dengan bayaran termahal saat itu.
27. Berikut
pernyataan yang sesuai dengan penggalan biografi di atas adalah …
A. Agnes
adalah pemain film kebangsaan Indonesia yang popular pada era 1990-an.
B. Agnes
berperan dalam sinetron Pernikahan Dini saat berusia 20 tahun.
C. Agnes
akan meliris tiga album anak-anak pada era 1990-an dan menjadikannya populer.
D. Agnes
memulai kariernya di industri hiburan sebagai penyayi cilik.
E. Agnes
membintangi sederet iklan yang menjadikannya artis dengan bayaran termahal.
28. Kaidah
bahasa yang tampak pada paragraf 1 penggalan teks biografi di atas adalah ....
A. penggunaan
pronomina (kata ganti) orang ketiga tunggal
B. banyak
menggunakan kata adjektiva
C. banyak
menggunakan kata kerja pasif
D. banyak
menggunakan kata depan
E. banyak
menggunakan kata sambung
29. Bacalah
dengan saksama!
Ketika
musim liburan tiba, ia menggunakan waktunya untuk mengikuti ujian dan bekerja.
Sehabis masa libur, ia kembali fokus belajar. Gaya hidupnya ini sangat berbeda
jika dibandingkan teman-temannya yang memilih menggunakan waktu liburan musim
panas untuk bekerja, mencari pengalaman, tanpa mengikuti ujian.
Karakter unggul tokoh pada
penggalan di atas disajikan dengan ....
A. secara
langsung
B. pendeskripsian
cara tokoh menghadapi permasalahan
C. penggambaran
dialog tokoh
D. penggambaran
lingkungan tokoh
E. tanggapan
tokoh lain
30. Bacalah
penggalan berikut!
Habibie menjadi yatim sejak
bapaknya meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung.
Setelah ayahnya meninggal, ibunya menjual rumah dan kendaraannya kemudian
pindah ke Bandung bersama anak-anaknya. Ibunya membanting tulang membiayai
kehidupan anak-anaknya.
Pokok informasi penggalan teks
tersebut adalah ....
A. Habibie
yatim piatu
B. peran
bunda B.J. Habibie sepeninggal ayahnya
C. kepindahan
Habibie ke Bandung
D. Ibunda
Habibie sabar dan pekerja keras
E. Habibie
sang tokoh idola
31. Perhatikan
kutipan kedua puisi berikut!
Puisi lama
Burung pipit hinggap di pohon sukun
Batang pohon licin tiada berduri
Jika belajar haruslah tekun
Tetap tabahkan hati dan sabarkan
diri
Puisi baru
Kenangan
Tambak beriak intan terberai
mas kumambang mengisak sampai
merenungkan mata kesuma teratai.
Perbedaan antara kedua puisi
tersebut adalah ….
Puisi
Lama Puisi Baru
A. berisi
nasihat berisi curahan hati
B. bersajak
a-a-a-a bersajak a-b-a-b
C. tidak
ada aturannya ada aturannya
D. menggunakan
majas menggunakan bahasa sehari-hari
E. bahasa
sulit dipahami bahasa mudah dipahami
32. Perhatikan
pantun rumpang berikut!
Sungguh indah pulau Bali,
[…]
Kalau pandangan tak lagi jeli,
sudah saatnya berkaca mata.
Larik yang tepat untuk melengkapi
pantun tersebut adalah ….
A. indah
pemandangan tiada tara.
B. banyak
wisatawan mancanegara.
C. disebut
orang Pulau Dewata.
D. biawak
hidup diantara rawa.
E. bu
tani datang bawa semangka.
33. Bacalah
penggalan pantun berikut!
Pohon pepaya di dalam semak,
pohon manggis sebesar lengan,
Kawan tertawa memang banyak,
kawan menangis diharap jangan.
Maksud isi pantun tersebut adalah …
A. Mencari
kawan sebanyak-banyaknya agar terus bisa tertawa.
B. Mencari
kawan harus banyak supaya kesedihan hilang.
C. Carilah
kawan yang banyak dan senang tertawa.
D. Kawan
pada saat senang banyak, sangat sedikit ketika susah.
E. Jangan
mencari kawan yang membuat kita menangis.
Puisi untuk soal nomor 34 dan 35.
Jalan Segara
Di sinilah penembakan
Kepengecutan
Ketika
pawai bergerak
Dalam
panas matahari
Dan
pelor membayar pajak
Negeri
ini
Ditembuskan
ke punggung
Anak-anak
sendiri
( Taufiq Ismail )
34. Makna
lambang yang bercetak miring dalam puisi tersebut adalah ….
A. tidak
berani, kekacauan, tanggung jawab
B. penakut,
keramaian, kewajiban
C. arogansi,
suasana politik, kewajiban
D. arogansi,
keramaian, tanggung jawab
E. tidak
berani, kekacauan, kewajiban
35. Maksud
isi puisi tersebut adalah ….
A. Kepengecutan
para pemimpin negara.
B. Adanya
kejadian brutal dan keji yang dilakukan dengan semena-mena.
C. Kesengsaraan
anak-anak akibat penembakan di mana-mana.
D. Penembakan
anak-anak yang tidak bersalah.
E. Penyiksaan
terhadap warga yang tidak membayar pajak.
36. Perhatikan
puisi berikut!
Karangan Bunga
Karya
: Taufik Ismail
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
Ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi
Dikutip dari : Suyono Suyatno, Joko Adi Sasmito, Erli Yetti, Antologi Puisi
Modern Anak-Anak, Jakarta, Yayasan Obor
Indonesia
Amanat dalam puisi tersebut adalah
….
A. Lakukan
apa pun untuk membela kebenaran daqn keadilan.
B. Jangan
takut membela rakyat miskin dengan menentang Kebijakan Pemerintah.
C. Berikan
yang terbaik untuk bangsa dan negara de3ngan cara patuh dengan peraturan.
D. Lakukan
protes terhadap kebijakan Pemerintah yang merugikan rakyat kecil.
E. Hendaklah
kita selalu mengenang jasa pahlawan yang rela berkorban untuk keadilan.
37. Cermati
puisi berikut!
tiba-tiba malam menggumpal tebal
sedang bulan datang terlambat
sejenak kau mencicipi gulita
…
dan waktu membeku
terperangkap kental kopimu
Larik bermajas yang tepat untuk
melengkapi penggalan puisi tersebut adalah ….
A. terasa
begitu dingin
B. yang
larut dalam gelas kapal api
C. hingga
lewat tengah malam
D. gelap
tanpa cahaya rembulan
E. tak
terasa hingga tertidur
38. Perhatikan
pantun rumpang berikut!
Redup bintang haripun subuh,
subuh tiba bintang tak nampak,
Hidup pantan mencari musug,
….
Larik yang tepat untuk melengkapi
pantun tersebut adalah ….
A. musuh
tiba pantang ditolak
B. marilah
bersama diarak-arak
C. tidak
usah galak-galak
D. tabahlah
jangan tersentak
E. sambut
dengan bersorak-sorak
39. Cermati
gurindam berikut!
Apabila anak tidak dilatih,
jika besar bapanya letih
Maksud isi gurindam tersebut adalah ….
A. Seorang
anak harus dilatih bekerja dengan giat agar dewasa sudah terbiasa.
B. Seorang
bapak harus bertanggung jawab atas anaknya hingga dewasa.
C. Seorang
bapak harus memberi contoh yang baik kepada anaknya.
D. Seorang
anak yang dididik sejak kecil ketika dewasa tidak menyusahkan orang tua.
E. Seorang
anak yang tidak belerja akan membebani kehidupan orang tuanya.
40. Perhatikan
kedua puisi berikut!
Puisi I
Rasa
Karya : Rahayu Prihatin
….
Aku hanya ingin memberikan kesan
mendalam
Kenangan yang tidak menyakitkan
Tutur bermakna untuk didengarkan
Sikap santun bagi banyak orang
Walau aku tidaklah sempurna
Tetapi kuharap waktu yang sebentar
ini
Banyak mengajarkanku menuju
kesempurnaan
Puisi II
Rasanya Baru Saja
Karya : Ibnu Wahyudi
Rasanya baru saja
Tapi
kata-kataku membentur waktu
Ucapanku
bagai jadi fosil membatu
Gerak-gerikku
tak diberi lagi pintu
Rasa
bukan lagi yang dulu
Aku
dipecundangi karut-marut cuaca
Juga
norma yang tak lagi menyapa
Atau
etika yang cuma tinggal wacana
….
Perbedaan penggunaan bahasa pada
kedua puisi tersebut adalah ….
Puisi
1 Puisi 2
A menggunakan
bahasa lugas menggunakan majas
B menggunakan
ungkapan menggunakan bahasa lugas
C menggunakan
majas menggunakan ungkapan
D menggunakan
bahasa lugas menggunakan ungkapan
E menggunakan
ungkapan menggunakan majas
II. Kerjakan
soal di bawah ini dengan uraian singkat!
41. Tuliskan
kalimat evaluasi tentang struktur teks dan kaidah kebahasaan teks negosiasi di
bawah ini!
Dinda : Kondisi keuangan
kita sangat minim. Kita tidak bisa mengadakan pentas seni tahun ini.
Baska : Bagaimana kalau
kegiatan pentas seni kreasi siswa dilaksanakan bersamaan dengan hari ulang tahun sekolah?
Rara : Agar menghemat
waktu dan biay, sebaiknya kegiatan pentas seni kreasi siswa diselanggarakan bersama kegiatan tengah
semester.
Evan : Sekolah kita
sudah memprogramkan kegiatan pentas seni, kegiatan tengah semester, bulan
bahasa, dan hari ulang tahun sekolah. Bagaimana jika kegiatan-kegiatan itu
digabungkan pada satu waktu agar tidak berkali-kali mengeluarkan biaya?
42. Konversikan
teks negosiasi di bawah ini dalam sebuah paragraf monolog (narasi)!
Warga 1 : Pokoknya
tuntutan kami hanya satu, penambangan pasir liar itu harus ditutup selamanya.
Sekali lagi, selamanya!
Warga 2 : Betul,
Pak Lurah! Semenjak adanya penambangan pasir itu, jalan kampung hancur dan
susah dilewati. Kita juga tidak mendapatkan keuntungan sama sekali kecuali
debu, asap, serta suara bising truk yang lalu lalang sepanjang hari.
Pak Lurah : Kalau ditutup, lalu bagaimana dengan penduduk yang
menggantungkan dapurnya dari tempat tersebut? Seperti Pak Karyo yang menjadi
kuli angkut ... atau Bu Tarti yang punya lapak warung nasi.
Warga 1 : Itu bukan
urusan kita. Kami tidak mau tahu, Kami hanya ingin jalan di kampung ini tidak
semakin hancur.
Pak Lurah : Saya
mengerti dengan kekesalan warga atas kondisi itu. Namun, kita juga perlu
mempertimbangkan faktor kemanusiaan karena ini berkaitan dengan urusan perut.
Tentang jalan yang rusak, mungkin apat dicarikan solusi. Misalnya, kita bisa
meminta agar pemilik truk itu memperbaiki jalan yang rusak.
43. Jelaskan
cara pengarang menyajikan karakter unggul tokoh dalam penggalan berikut!
Einstein lahir di Wurttemberg, 14
Maret 1879 dan meninggal 18 April 1955 di Princeton, New Jersey, Amerika
Serikat. Naluri Ilmuwan Einstein dimulai sejak umur lima tahun saat ayahnya
menunjukkan kompas kantung. Ia menganggap ada sesuatu di ruang yang
"kosong" bereaksi terhadap jarum di kompas tersebut.
Sebagai seorang pelajar, Einstein
dianggap sebagai pelajar yang lambat dalam mengikuti pelajaran. Namun,
kelambatannya berpikir tidak menghalangi minat, semangat, dan kerja keras untuk
belajar terus-menerus bereksperimen dan menggali pengetahuan sampai akhirnya ia
berhasil menghasilkan karya spektakuler dan belum bisa ditandingi ilmuan
lainnya.
Eisntein mendapat nobel fisika
tahun 1921 justru karena kelambatannya. Dia kemudian diberikan penghargaan
untuk teori relativitasnya karena kelambatannya ini. Setelah diadakan
penelitian mengenai struktur otak Einstein (setelah ia meninggal) para ahli
neuroologi berpendapat bahwa lambatnya perkembangan mental Eisntein disebabkan
dia menderita Sindrom Asperger, sebuah kondisi yang berhubungan dengan autism.
44. Tulislah
ini puisi berikut dalam sebuah paragraf!
Perang ditetak ke batang sena,
belah buluh taruhlah temu,
Barang dikerja takkan sempurna,
bila tak penuh menaruh ilmu.
45. Tulislah
isi puisi berikut dalam sebuah paragraf!
Tuhan Telah Menegurmu
Karya : Apip Mustopa
Tuhan telah menegurmu dengan cukup
sopan
Lewat perut anak-anak yang kelaparan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat semayup suara adzan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup
menahan
Kesabaran
Lewat gempa bumi yang berguncang
Deru angin yang meraung kencang
Hujan dan banjir yang melintang pukang
Adakah kau dengar ?
Dikutip dari : Linus Suryadi AG, Tonggak Antologi Puisi Indonesia Modern 2, Jakarta,
Gramedia, 1987
Kisi-Kisi dan Soal Persiapan Penilaian Akhir Tahun (PAT)
Tahun 2019 Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013
1. Kisi-Kisi Soal Kelas X Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/kisi-kisi-ukk-bahasa-indonesia-sma.html
2. Soal PAT Kelas X Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel.html
3. Kisi-Kisi Soal Kelas XI Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/kisi-kisi-ukk-mapel-bahasa-indonesia.html
4. Soal PAT Kelas XI Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-ukk-tahun-2019-bahasa-indonesia.html
MATERI PERSIAPAN UKK/PAT KELAS X
A. TEKS NEGOSIASI
Struktur
dan Ciri Kebahasaan Teks Negosiasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/05/struktur-dan-ciri-kebahasaan-teks.html
B. TEKS DEBAT
Ringkasan
Materi Teks Debat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/05/ringkasan-materi-teks-debat.html
C. TEKS BIOGRAFI
1.
Menentukan Struktur Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/02/struktur-teks-biografi.html
2.
Menentukan Aspek Kebahasaan Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/02/struktur-teks-biografi.html
C. TEKS PUISI
1.
Menentukan Tema Puisi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/03/menemukan-tema-puisi.html
2.
Menentukan Makna Puisi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/03/contoh-menentukan-makna-puisi.html
3.
Menentukan Suasana Puisi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/03/menentukan-suasana-dalam-puisi.html
Sumber Belajar Kelas XI Semester 2
A. Teks
Proposal
1. Struktur
Teks Proposal
2. Ciri
Kebahasaan Teks Proposal
B. Teks Karya Ilmiah
C. Teks Resensi/Ulasan
1. Pengertian,
Jenis, dan Fungsi Teks Resensi/Ulasan
2. Struktur
dan Ciri Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
3. Contoh
Analisis Struktur, dan Aspek Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
D. Teks Drama
1. Pengertian
dan jenis-jenis drama
2. Struktur
teks drama
3. Unsur-unsur
teks drama
4. Ciri
Kebahasaan teks drama
Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
ReplyDeletehanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)
Terima kasih informasinya,....
ReplyDeletenice article thanks www.topapkmods.com
ReplyDeletegak ada jawaban kah
ReplyDeleteAdmin izin promo ya^^
ReplyDeleteYuk teman-teman Pecinta Bola Dukung Team Jagoan Kalian di upd4te 8ett1n9
terima kasih informasinya, dan latihan soalnya Pak.
ReplyDeleteMaaf,ini ada pembahasannya atau tidak Pak?
ReplyDeleteJawabannya dong
ReplyDeletejawabannya g adA
DeleteGak ada jawabanya ya kak
ReplyDeleteada kunci jawbannya untuk essey nggak ya buat nyocokin aja sih makash
ReplyDeletepost stamps
ReplyDeletepostage stamps
forever stamps