22 September 2019

CONTOH SOAL BUKTI LATAR SUASANA DALAM CERITA (PEMBAHASAN SOAL UN 2019 BAHASA INDONESIA SMA NOMOR 19)




Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Menurut KBBI latar ialah keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam karya sastra. Latar tempat (berkaitan dengan di mana peristiwa dalam cerita itu terjadi). Latar waktu (berkaitan dengan kapan peristiwa dalam cerita terjadi). Latar suasana (berkaitan dengan perasaan atau suasana kejadian peristiwa dalam cerita itu terjadi).
Suasana kecemasan artinya suasana yang tidak tidak tenteram hati (karena khawatir, takut); gelisah (https://kbbi.web.id/cemas). Pembuktian kecemasan pada kutipan teks tersebut terdapat pada kalimat bernomor (1) dan (3), yaitu (1) Sambil makan malam di dapur umum, aku diskusikan kecemasanku kepada Sahibul menara. (3) Kami meringis tegang membayangkan ujian marathon sebulan penuh.
Pada kalimat bernomor (1) tertulis dengan jelas kata kecemasanku, sedangkan pada kalimat bernomor (3) terdapat kata tegang yang menunjukkan suasana kecemasan.
RINGKASAN MATERI 
A. Membuktikan Simpulan dengan Data pada Karya Sastra (Bukti Watak, Setting, Nilai)
Membuktikan simpulan data pada karya sastra artinya menyimpulkan unsur-unsur dalam karya sastra seperti watak tokoh, setting, dan nilai-nilai dalam karya sastra berdasarkan kata/kalimat/paragraf dalam karya sastra.
Untuk menentukan kalimat yang membuktikan watak, latar, atau nilai tentunya kita harus memahami isi atau makna kalimat-kalimat dalam teks atau kutipan pada karya sastra.
B. Pengertian Latar
Menurut Indrawati “2009:64” latar atau setting merupakan tempat, waktu, dan suasana yang digunakan dalam suatu cerita.
Menurut Kusnadi Dkk. “2009:60” latar tempat atau latar waktu dalam karya sastra akan mempengaruhi inti cerita dan pengambilan nilai-nilai yang ingin diungkapkan pengarang.
Menurut KBBI “2001:501” latar ialah keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam karya sastra.
Menurut Suparmin “2009:54” latar cerita atau setting ialah sesuatu keadaan yang melingkupi pelaku dalam sebuah cerita.(http://www.gurupendidikan.co.id/latar-cerita-pengertian-menurut-para-ahli-macam-fungsi/)
Berdasarkan beberapa pendapat disimpulkan pengertian latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa didalam suatu karya sastra. 
C. Macam-Macam Latar
Jenis atau macam-macam latar diantaranya sebagai Berikut.
1. Latar Tempat 
Yaitu latar yang mengacu pada tempat atau lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam karya fiksi. Misalnya perkotaan, pedesaan, di desa, di kota, di penjara, di rumah, dan sebagainya.
2. Latar Waktu 
Yaitu latar yang mengacu pada waktu kapan terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam karya fiksi.  Dapat berupa jam, hari, tanggal, bulan, tahun, peristiwa sejarah, bahkan zaman tertentu yang melatarbelakanginya.
3. Latar Sosial
Yaitu latar yang mengacu pada kondisi sosial masyarakat yang diceritakan dalam karya fiksi. Seperti latar sosial bawah/rendah, latar sosial menengah, latar sosial tinggi, dan sebagainya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Fiksi)
4. Latar suasana

Yaitu situasi apa saja yang terjadi ketika saat si tokoh atau si pelaku melakukan sesuatu. Seperti misanya: saat galau, gembira, lelah, dan lain sebagainya.

Contoh analisis latar cerpen

Ibu terkulai di kursi seperti orang mati. Pintu, jendela, televisi, telepon, perabotan, buku, cangkir teh, dan lain-lain masih seperti dulu, tetapi waktu telah berlalu sepuluh tahun. Tinggal Ibu kini di ruang keluarga itu, masih terkulai seperti sepuluh tahun yang lalu. Rambut, wajah, dan busananya bagai menunjuk keberadaan waktu.
Telepon berdering. Ibu tersentak bangun dan langsung menyambar telepon. Diangkatnya ke telinga. Ternyata yang berbunyi telepon genggam. Ketika disambarnya pula, deringnya sudah berhenti..( Ibu yang Anaknya Diculik Itu oleh Seno Gumira Ajidarma )
Latar suasana: sedih (terkulai di kursi seperti orang mati. (
https://www.merdeka.com/pendidikan/cari-tahu-latar-tempat-waktu-dan-suasana-dalam-cerpen-yuk.html)


PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019

















17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/contoh-soal-menentukan-keterkaitan-isi.html





1 comment:

  1. ayo daftarkan diri anda di 4g3n365*c0m :D
    WA : +85587781483

    ReplyDelete