07 July 2019

KUNCI JAWABAN SOAL UN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMA NOMOR 4: MENENTUKAN MAKSUD KALIMAT





Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Maksud pernyataan adalah arti atau makna suatu pernyataan, Maksud suatu pernyataan dapat disimpulkan dari kata-kata yang terdapat dalam pernyataan dan konteks yang melingkupi suatu pernyataan.  Edukasi memiliki arti perihal pendidikan. Kata edukasi pada pernyataan tersebut dan dikaitkan dengan konteks kalimat sejajar dengan kata mensosialisasikan yang bermakna menjadikan milik umum, memasyarakatkan atau membelajarkan kepada masyarakat.  (https://kbbi.web.id/sosialisasi). Pernyataan yang mendukung bahwa edukasi dalam pernyataan tersebut memiliki maksud mensosialisasikan adalah Bagi orang yang belum paham tentang kegiatan konservasi burung, mengenal jenis burung dan habitatnya dapat menjadi langkah awal untuk menyebarkan semangat konservasi kepada masyarakat luas.  

RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN MAKSUD KALIMAT ATAU PERNYATAAN
Maksud adalah 1 yang dikehendaki; tujuan: telah tercapai -- nya; 2 niat; kehendak: kami datang dengan -- baik; 3 arti; makna (dari suatu perbuatan, perkataan, peristiwa, dan sebagainya): -- kalimat itu sudah jelas; (https://kbbi.web.id/maksud)
Tips menentukan maksud suatu pernyataan
1. Temukan kata-kata kunci dari suatu pernyataan.
2. Artikan kata-kata kunci dari suatu pernyataan.
2. Kaitkan konteks pernyataan dengan kalimat/pernyataan lain dalam suatu teks.
3. Hubungkan makna kata-kata kunci dengan konteks kalimat untuk menentukan maksud suatu kalimat atau pernyataan dengan tepat.


PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019









10. Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-kalimat-tidak-padu.html





2 comments:

  1. menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
    AJOQQ menyediakan 8 permainan seru :)

    ReplyDelete