CATATAN PERBAIKAN RINGKASAN
EKSEKUTIF HASIL UJIAN NASIONAL 2019 SMA/MA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (1)
Oleh Muh Zuhri-SMA Negeri 2 Boyolali, Jateng
Beberapa catatan sebagai Berikut.
1. Terdapat ketidaksesuain antara
stimulus (kutipan teks) dengan pilihan jawaban (soal nomor 4)
2. Terdapat (kemungkinan) kunci
jawaban yang salah/tidak tepat (nomor 5)
3. Isi bagian pembahasan yang
kurang lengkap, yaitu hanya menyajikan kemungkinan penyebab tingkat persentase
jawaban benar dari peserta ujian dan tidak memberikan pembahasan jawaban yang
benar/salah
Uraian lengkap saran perbaikan
sebagai berikut.
RINGKASAN EKSEKUTIF HASIL UJIAN
NASIONAL 2019 SMA/MA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Ujian Nasional (UN) bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Salah satu kegunaan hasil UN adalah pembinaan kepada satuan pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan.
Ujian Nasional (UN) bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Salah satu kegunaan hasil UN adalah pembinaan kepada satuan pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan.
Setiap tahun
Pusat Penilaian Pendidikan
mempublikasikan hasil UN
dalam bentuk aplikasi analisis
hasil UN yang didistribusikan ke dinas pendidikan. Hasil UN juga dapat diakses
melalui laman
https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id. Hasil
UN tersebut telah dimanfaatkan
antara lain oleh Ditjen Dikdasmen untuk memberikan bimbingan kepada sekolah-sekolah dengan
capaian UN yang belum optimal. Selain itu, sebagian dinas pendidikan dan
sekolah juga telah memanfaatkan hasil UN untuk pembinaan guru.
Ringkasan Eksekutif
ini melengkapi publikasi
hasil UN yang
telah ada. Oleh karena itu Ringkasan ini tidak
melaporkan semua kompetensi yang diujikan, namun mengangkat beberapa topik atau
kompetensi yang dikuasai dan yang belum dikuasai siswa beserta rekomendasi
pembelajaran. Dalam Ringkasan ini disajikan contoh soal beserta pembahasan soal
untuk jenjang SMA dan SMK.
Dengan mengetahui perbaikan yang
harus dilakukan oleh guru maupun sekolah, diharapkan kompetensi yang sudah
dikuasai sebagian besar siswa akan dikuasai
oleh seluruh siswa; sedangkan
untuk kompetensi yang belum dikuasai sebagian besar siswa akan dapat
ditingkatkan penguasaannya melalui perbaikan pembelajaran. Pada akhirnya
diharapkan mutu lulusan yang berikutnya dapat lebih meningkat.
Ringkasan
dan Pembahasan Bahasa Indonesia SMA/MA IPA/IPS
Lingkup materi yang diujikan dalam
UN pada mata pelajaran bahasa Indonesia jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)
meliputi: 1) membaca nonsastra; 2) membaca sastra; 3) menulis terbatas; 4)
menyunting kata, kalimat, dan paragraf; serta 5) menyunting ejaan dan tanda
baca. Lingkup materi tersebut diuji melalui tiga level kognitif yaitu,
pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, serta penalaran.
Temuan hasil UN 2019 menunjukkan
bahwa sebagian besar siswa SMA mampu memahami berbagai isi teks, baik teks
tunggal maupun multiteks, baik sastra maupun nonsastra. Pada UN tahun 2019 teks
yang disajikan relatif lebih kompleks, tetapi bentuk soal yang disajikan tidak
memiliki perbedaan yang signifikan dengan tahun sebelumnya. Untuk menulis
terbatas sebagian besar siswa tidak mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal
yang relatif sederhana, seperti mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu pada
teks nonsastra, seperti pada contoh soal nomor 5. Namun, sebagian siswa
mengalami kesulitan ketika soal yang disajikan lebih kompleks, seperti
menentukan prediksi cerita pada contoh soal nomor 6.
Hal yang sama juga terjadi pada
kemampuan menyunting. Siswa tidak mengalami kesulitan ketika teks yang
disajikan sederhana, seperti memperbaiki kalimat hanya berdasarkan satu aspek
saja, misalnya perbaikan struktur kalimat saja atau penggunaan ejaan saja yang
telah ditentukan dalam rumusan soal. Siswa mengalami kesulitan ketika perbaikan
kalimat tidak ditentukan di dalam rumusan soal, tetapi ada di dalam opsi-opsi
jawaban dan ditentukan oleh siswa, seperti pada contoh soal nomor 4.
Pembelajaran kebahasaan hendaknya
berorientasi pada peningkatan kemampuan siswa menggunakan bahasa secara benar
dan efektif. Oleh karena itu, dalam pembelajaran diharapkan tidak hanya sekadar
berfokus pada menghapal kaidah, tetapi lebih pada cara menggunakan kaidah
tersebut sehingga siswa dapat berkomunikasi secara efektif dalam berbagai
konteks. Penugasan dengan menggunakan sumber yang kontekstual di lingkungan
sekitar dapat meningkatkan sensitivitas kebahasaan siswa. Guru dapat menugaskan
siswa untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kalimat tidak efektif atau
kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca yang terdapat dalam buku, artikel,
jurnal, atau sumber-sumber lainnya.
Contoh Soal dan Pembahasan
Memahami
Teks Sastra
1. Cermati teks berikut!
(1) Kehidupan di Lhok Nga mulai
bergerak remang. (2) Cahaya matahari menyemburat dari balik bukit yang memagari
kota. (3) Orang-orang sudah dari tadi kembali dari meunasah (beribadah). (4)
Orang-orang beranjak mulai mengukir hari. (5) Yang berdagang pergi ke pasar,
membuka toko-toko. (6) Yang bekerja di kantoran mandi, bersiap diri. (7) Yang
sekolah menyiapkan buku-buku dan peralatan lainnya. (8) Tetapi, hari ini hari
Minggu, libur. (9) Lebih banyak yang menyiapkan aktivitas di rumah saja. (10)
Tidak ke mana-mana.
Kalimat bermajas dalam paragraf
tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….
A. (2) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (4)
D. (6) dan (7)
E. (9) dan (10)
Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Soal ini menguji pemahaman siswa
mengenai identifikasi kalimat bermajas. Sebagian besar siswa (71%) dapat
menjawab benar soal ini. Identifikasi kalimat bermajas merupakan materi yang
familier dan sering diujikan dalam lingkup membaca sastra.
Pembahasan
soal dan Ringkasan Materi
1. Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
Memahami
Teks Nonsastra
2. Cermati kutipan biografi
berikut!
Menurut Umar Kayam, saat ia
bersekolah di Hollands Islands Schools (HIS), sekolah dasar untuk anak-anak
priyayi pada masa itu, ada keharusan untuk membaca dongeng-dongeng, dan ada
pelajaran bercerita di depan kelas dalam bahasa Belanda. Diakuinya pendidikan
Belanda memang baik, teratur, dan disiplin. Di kelas lima HIS, ia menguasai
bahasa Belanda. Sehari- harinya, bersama orang tuanya, ia berbicara dalam
bahasa Jawa halus (kromo) campuran Belanda. Bahasa Melayu bukan bahasa
sehari-hari. Ia les bahasa Melayu sore hari. Baru pada masa pendudukan tentara
Jepang, bahasa Indonesia diwajibkan secara intensif sebagai bahasa pengantar.
Meski kelak ditulisnya dalam novel Para Priyayi bahwa masa pendudukan tentara
Jepang sangat represif dan menyakitkan sekaligus mengerikan, khususnya di bidang
pelanggaran hak-hak asasi manusia secara semena-mena menurutnya. Salah satu
tindakan pemerintah pendudukan Jepang yang dapat dinilai positif adalah Jepang
berjasa mengindonesiakan kita dalam waktu sekejap.
Keistimewaan tokoh Umar Kayam berdasarkan kutipan biografi
tersebut adalah ...
A. Umar Kayam mampu membaca buku
dongeng untuk diceritakan di depan kelas dalam bahasa Belanda.
B. Umar Kayam selalu menata
kehidupannya baik, teratur, dan disiplin sesuai dengan pendidikan yang
diterimanya.
C. Umar Kayam
sehari-hari berbicara dalam bahasa Jawa Kromo halus dan bahasa Melayu.
D. Umar Kayam sebagai orang Jawa
sudah menguasai bahasa Belanda sejak kelas lima sekolah dasar.
E. Pada masa pendudukan Jepang,
Umar Kayam sudah menggunakan bahasa Indonesia.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Soal ini menguji kemampuan siswa
dalam menentukan keistimewaan tokoh pada sebuah teks biografi. Pada soal ini
sebagian siswa (53%) dapat menjawab benar. Keistimewaan tokoh merupakan materi
yang familier dan sering diujikan dalam lingkup membaca nonsastra.
Pembahasan
soal dan Ringkasan Materi
2. Keistimewaan dan Keteladanan Tokoh dalam Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
Perbaikan
Kalimat Rutin
3. Cermati paragraf berikut!
Cara Membuat Instagram pada Telepon Seluler Android
Aplikasi jejaring sosial saat ini
telah banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya adalah Instagram. Pastikan Anda memiliki kuota
dan jaringan internet yang baik sebelum menginstal aplikasi ini. Berikut adalah
langkah-langkah untuk memasang aplikasi Instagram
di smartphone Anda:
(1) Pilih
dan instal aplikasi Instagram di
telepon seluler android Anda melalui Google
Playstore.
(2) Klik
pasang, tunggu sebentar, kemudian klik buka.
(3) Anda isi data lengkap dengan baik
dan benar.
(4) Kemudian
Anda akan diminta untuk menghubungkan Instagram
dengan Facebook dan orang yang
Anda kenal.
(5) Akun
Anda telah berhasil dibuat.
Perbaikan struktur kalimat nomor
(3) pada paragraf prosedur tersebut adalah ...
A. Isi data lengkap Anda dengan
baik dan benar.
B. Data lengkap Anda isi dengan
baik dan benar.
C. Anda lengkapi, isi data dengan
baik dan benar.
D. Dengan baik dan benar lengkapi
isi data Anda.
E. Anda dengan baik dan benar
lengkapi isi data.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Soal ini menguji kemampuan siswa
dalam mengurutkan kalimat-kalimat acak menjadi suatu paragraf prosedur yang
padu. Pada soal ini sebagian besar siswa (85%) dapat menjawab benar. Hal
tersebut kemungkinan karena prosedur yang disajikan dekat dengan kehidupan anak
muda zaman sekarang, yaitu yang berkaitan dengan teknologi (cara membuat
instagram).
Catatan:
Antara soal dan pembahasan tidak sesuai.
Soal tentang struktur kalimat, sedangkan pembahasan tentang mengurutkan kalimat acak
Pembahasan soal dan Ringkasan Materi
Antara soal dan pembahasan tidak sesuai.
Soal tentang struktur kalimat, sedangkan pembahasan tentang mengurutkan kalimat acak
Pembahasan soal dan Ringkasan Materi
3. Memperbaiki Kalimat Tidak
Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_26.html
Mengurutkan kalimat acak
Melengkapi Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
Perbaikan Kalimat Nonrutin
Tertulis
4. Cermati paragraf berikut!
Amat wajar jika masyarakat mendambakan polisi yang
memiliki ketegasan dalam menegakkan hukum. Selain tegas dalam menegakkan hukum
polisi juga bisa bersinergi dengan masyarakat dalam mencegah kejahatan.
Terlebih garis marka antara polisi dan masyarakat dalam mencegah kejahatan
sangat tipis. Polisi dan masyarakat adalah dua komunitas yang tidak mungkin
dipisahkan karena polisi lahir dari masyarakat. Institusi kepolisian sendiri
sangatlah penting artinya bagi sebuah negara sebagai bagian dalam menata
masyarakat.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada
kalimat dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Tanah longsor terjadi, bila gaya
pendorong pada lereng lebih besar daripada gaya penahan.
B. Gaya penahan umumnya,
dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah.
C. Akan tetapi, gaya pendorong
dipengaruhi oleh besarnya sudut kemiringan lereng, air, beban, dan berat jenis
tanah batuan.
D. Lemahnya gaya penahan, dan
kuatnya gaya pendorong, akan menimbulkan terjadinya tanah longsor.
E. Ancaman tanah longsor biasanya
terjadi pada musim penghujan, karena intensitas curah hujan meningkat.
Perbaikan
4. Cermati paragraf berikut!
Tanah longsor terjadi bila gaya
pendorong pada lereng lebih besar daripada gaya penahan. Gaya penahan umumnya
dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah. Akan tetapi gaya
pendorong dipengaruhi oleh besarnya sudut kemiringan lereng, air, beban dan
berat jenis tanah batuan. Lemahnya gaya penahan dan kuatnya gaya pendorong akan
menimbulkan terjadinya tanah longsor. Ancaman tanah longsor biasanya terjadi
pada musim penghujan karena intensitas curah hujan meningkat.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada
kalimat dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Tanah longsor terjadi, bila gaya
pendorong pada lereng lebih besar daripada gaya penahan.
B. Gaya penahan umumnya,
dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah.
C. Akan tetapi, gaya pendorong
dipengaruhi oleh besarnya sudut kemiringan lereng, air, beban, dan berat jenis
tanah batuan.
D. Lemahnya gaya penahan, dan
kuatnya gaya pendorong, akan menimbulkan terjadinya tanah longsor.
E. Ancaman tanah longsor biasanya
terjadi pada musim penghujan, karena intensitas curah hujan meningkat.
Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Soal ini menguji kemampuan siswa
dalam memperbaiki tanda baca dalam kalimat pada paragraf. Meskipun perbaikan
tanda baca merupakan materi yang rutin, akan tetapi pada soal ini hanya 46%
siswa dapat menjawab benar. Hal ini mungkin dikarenakan perbaikan tanda baca
tidak ditentukan dalam teks. Perbaikan tanda baca pada soal ini ditentukan oleh
siswa pada opsi- opsi jawaban, sedangkan pada soal-soal yang sudah ada
sebelumnya, tanda baca yang harus diperbaiki sudah ditentukan pada rumusan
soal.
Pembahasan
soal dan Ringkasan Materi
4. Alasan Kesalahan Penggunaan
Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
Menentukan alasan kesalahan pemakaian
tanda baca
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/kapan-tanda-koma-dipakai-dan-kapan.html
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/kapan-tanda-koma-dipakai-dan-kapan.html
Menulis
Terbatas Sederhana
5. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Susu
harus segera disaring dan dimasukkan ke pendingin supaya dapat bertahan
kualitasnya.
(2) Untuk
mencegah kerusakan tersebut, pengelola peternakan harus paham cara mengolah
susu pascapanen.
(3) Susu
merupakan produk utama dari sebuah peternakan.
(4) Susu
pascapanen akan cepat mengalami kerusakan jika tidak segera ditangani dengan
baik.
(5) Setelah
mempertahankan kualitas, tentunya perlu adanya pengolahan susu agar susu lebih
awet.
Urutan yang tepat kalimat-kalimat
tersebut agar menjadi paragraf laporan yang padu adalah ....
A. (2), (1), (3), (5), dan (4)
B. (2), (1), (5), (4), dan (3)
C. (3), (4), (2), (1), dan (5)
D. (3), (2), (1), (5), dan (4)
E. (4), (3), (1), (2), dan (5)
Tertulis: Kunci Jawaban: E
Perbaikan:
Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Soal ini menguji kemampuan siswa
dalam mengurutkan kalimat-kalimat menjadi teks laporan yang padu. Mengurutkan
kalimat menjadi suatu paragraf yang padu merupakan materi yang familier dan
sering diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Soal ini dapat dijawab benar oleh
83% siswa.
Pembahasan
soal dan Ringkasan Materi
5. Mengurutkan Kalimat Acak
Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
Menulis
Terbatas Kompleks
6. Cermati kutipan cerpen berikut!
Ketika tubuhnya digerogoti penyakit,
dengan enteng orang miskin itu melenggang ke rumah sakit. Ia menyerahkan Kartu
Tanda Miskin pada suster jaga. Meskipun banyak bangsal kosong, suster itu
menyuruhnya menunggu di lorong. “Beginilah enaknya jadi orang miskin,”
batinnya, “dapat fasilitas gratis tidur di lantai.” Dan orang miskin itu
dibiarkan menunggu berhari-hari. Setelah tanpa pernah diperiksa dokter, ia
disuruh pulang. “Anda sudah sembuh,” kata perawat, lalu memberinya obat
murahan. Orang miskin itu pulang dengan riang. Kini tak akan pernah lagi takut
pada sakit. Saat anak-anaknya tak pernah sakit, ia jadi kecewa. “Apa gunanya
kita punya Kartu Tanda Miskin kalau kamu tak pernah sakit? Tak baik orang
miskin selalu sehat.” Mendengar itu, mata istrinya berkaca kaca. [. ]
(Perihal
Orang Miskin yang Bahagia, Agus Noor)
Prediksi akhir cerita berisi
kesedihan yang sesuai isi cerpen adalah ...
A. Istrinya hanya bisa menatap
wajah orang miskin di hadapannya tanpa berucap satu kata pun. Ia kagum kepada
suaminya yang tak pernah putus asa dan sedih. Suaminya percaya bahwa Tuhan akan
selalu menolong hamba-Nya yang lemah selama hamba-Nya tak pernah berhenti
berusaha.
B. Istri orang miskin berusaha
untuk tabah menanggung beban kehidupannya. Orang miskin pun menghibur istrinya
dan mengatakan untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang
Tuhan berikan kepada mereka.
C. Istrinya merasakan penderitaan
yang terus dirasakan suaminya. Namun, suaminya tidak mau menunjukkan kesedihan
itu kepada keluarganya. Istri orang miskin membuatkan teh hangat untuk orang
miskin. Orang miskin terharu dan meminum teh hangat buatan istri tercinta.
D. Orang miskin kembali melanjutkan
bercerita kepada istrinya. Orang miskin berkata bahwa ia banyak melihat
orang-orang yang berpakaian bagus yang juga memiliki kartu yang seperti dia
miliki. Orang miskin bingung mengapa orang-orang itu juga sama seperti dia?
E. Orang miskin tak berhenti
berkata-kata. Tiba-tiba, nafasnya sesak. Wajahnya tampak pucat. Istri orang
miskin bingung. Ia berusaha mengusap punggung orang miskin. Istri orang miskin
pun merebahkan suaminya di bale tempat mereka duduk. Istri orang miskin kaget.
Orang miskin telah mati.
Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Soal ini menguji kemampuan siswa
dalam memprediksi suatu cerita. Soal ini merupakan soal penalaran yang menuntut
siswa tidak hanya memahami isi teks, tetapi juga berpikir logis dan kritis
untuk menentukan paragraf yang sesuai dengan kutipan cerita tersebut. Pada soal
ini hanya 23% siswa yang dapat menjawab benar. Hal tersebut kemungkinan karena
prediksi cerita merupakan materi baru dalam Ujian Nasional (UN).
Tambahan
pembahasan
Memprediksi
kejadian berdasarkan isi cerita artinya memperkirakan peristiwa yang akan
terjadi berdasarkan isi cerita.
Kejadian-kejadian
dalam cerita tidaklah berdiri sendiri. Dengan kata lain, kejadian-kejadian itu
saling berkaitan yang kemudian membentuk alur/plot. Kejadian-kejadian itu
biasanya memiliki hubungan sebab akibat. Kejadian satu dapat menjadi sebab bagi
peristiwa berikutnya.
Sumber:
Pusat Penilaian Pendidikan, Badan
Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Ringkasan Eksekutif Hasil Ujian Nasional 2019 Masukan untuk Pembelajaran di Sekolah SMA/MA dan SMK. Jakarta: Pusat
Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan
1. Unduh Ringkasan
Eksekutif Hasil Ujian Nasional 2019 Masukan untuk Pembelajaran
di Sekolah SMA/MA dan SMKoleh Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019 Klik https://drive.google.com/open?id=1g7yxLjBtVrmYwECAh00mmj21sQvYq1ZK
2. Unduh Soal UN Bahasa
Indonesia SMA Tahun 2018/2019 Klik https://drive.google.com/open?id=19f03Xga4X3YkbeZqKYnBcZQb-jLtnIIX
Baca juga
1. Ringkasan Eksekutif Hasil Ujian Nasional 2019
Masukan untuk Pembelajaran di Sekolah SMK Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/ringkasan-eksekutif-hasil-ujian.html
2. Ringkasan Eksekutif Hasil Ujian Nasional 2019
Masukan untuk Pembelajaran di Sekolah SMP/MTs Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/ringkasan-eksekutif-hasil-ujian_19.html
PEMBAHASAN LENGKAP SOAL
UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR
1-50
Sebagai
persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2019, berikut disajikan
pembahasan lengkap soal UN tahun 2017/2018 nomor 1-50 Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia SMA/MA. Pembahasan soal tersebut dapat dibaca pada tautan-tautan
sebagai berikut. Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-lengkap-soal-un-tahun.html
Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018
1. Kalimat Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Pendeskripsian Watak
Tokoh Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
6. Persamaan Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Ringkasan Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nilai dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10.: Penilaian terhadap Isi
Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
11. Opini Penulis dalam
Tajuk Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
12. Keberpihakan Penulis
dalam Tajuk Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
13. Keteladanan Tokoh dalam
Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
14. Kalimat Utama dan
Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
15. Kalimat Fakta Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
16. Tujuan Penulis Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
17. Kata Tidak Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
18. Kalimat Tidak Padu Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
19. Kata Rujukan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
20. Kalimat Simpulan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_34.html
21. Menentukan ide pokok
paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
22. Makna Kata/Istilah Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
23. Jawaban dari Pertanyaan
Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
24. Makna Kata Lambang Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
25. Makna Ungkapan dalam
Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
26. Melengkapi Teks dengan
Ungkapan yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html
27. Memperbaiki Kata Tidak
Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
28. Alasan Kesalahan
Penggunaan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
29. Penulisan Nama Geografi
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
30. Pengembangan Topik
Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
31. Perbaikan Penulisan
Kata Ulang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
32. Penulisan Judul
Karangan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
33. Kalimat Esai Sesuai
Kutipan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
34. Melengkapi Teks dengan
Kata Berimbuhan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
35. Melengkapi Teks Drama
Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html
36. Menentukan Amanat
Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_14.html
37. Melengkapi Pantun Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_18.html
38. Kalimat Argumen untuk
Mendukung Kalimat Pendapat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html
39. Kalimat Kesepakatan
dalam Teks Negosiasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa_19.html
40. Memperbaiki Kalimat
Tidak Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_26.html
41. Maksud Isi Gurindam
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasaan-soal-un.html
42. Kalimat Simpulan Akibat
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
43. Memperbaiki Penulian
Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
44. Melengkapi Paragraf
dengan Konjungsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
45. Memvariasikan Kalimat
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/contoh-soal-dan-pembahasan.html
46. Melengkapi Teks
Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
47. Melengkapi Paragraf
Deskripsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_23.html
48. Perbaikan Kalimat Tidak
Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html
49. Mengurutkan Kalimat
Acak Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
50. Melengkapi Paragraf
dengan Peribahasa Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_23.html
PEMBAHASAN
SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019 (Bagian I: nomor 1-17)
1.
Ide Pokok Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa.html
2.
Makna Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-un-2019-kunci-jawaban-dan.html
3.
Jawaban yang Tepat Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-un-tahun-pelajaran-20182019-bahasa.html
4.
Maksud Pernyataan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/kunci-jawaban-soal-un-tahun-2019-bahasa.html
5.
Bukti Simpulan Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-menunjukkan-bukti.html
6.
Pokok-Pokok Pikiran Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-un-tahun-pelajaran-20192020-bahasa.html
7.
Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-sma.html
8.
Kalimat Utama Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/kunci-jawaban-soal-un-tahun-20182019.html
9.
Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-sma_8.html
10.
Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-kalimat-tidak-padu.html
11.
Kata Simbolik/Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-makna-simbolik-atau.html
12.
Maksud Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-menentukan-maksud.html
13.
Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-dan-pembahasan-kalimat.html
14.
Nilai Budaya dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-menentukan-nilai-budaya.html
15.
Kalimat Fakta Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-kalimat-fakta-dan.html
16.
Konflik dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-menentukan-konflik-dalam.html
17. Keterkaitan Isi
Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/contoh-soal-menentukan-keterkaitan-isi.htmlMuh Zuhri HP 081326446361
ReplyDeleteada 8 permainan poker menarik di AJOQQ :D
ayo segera bergabung dan dapatkan bonusnya :D
WA : +855969190856