15 September 2019

ENERGI BERBAGI: TIDAK MENGURANGI, TETAPI MENAMBAH

Ket Foto: Bersama Ibu Purwanti, Kepsek SMA N 1 Karangdowo, Klaten dan Bapak Sutardi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Berbagi tak akan pernah mengurangi. Dengan berbagi, ternyata kita tak pernah kehilangan sesuatu. Apalagi jika yang kita bagikan adalah ilmu. Ilmu yang kita miliki, yang kita bagikan tak akan berkurang atau hilang dari diri kita. Ilmu yang kita bagikan justru akan menjadi ilmu yang berkah, seperti pohon yang berbuah. Jika seseorang membagikan ilmu, maka ilmunya akan semakin bertambah.
Saat melihat dan merasakan peserta senang dan tercerahkan dari ilmu yang kita bagikan, kita akan memperoleh kebahagiaan, semangat, inspirasi untuk berkreasi, dan berinovasi. Saat kita mendapatkan pertanyaan-pertanyaan, kita akan memperoleh ide-ide baru.
Berbagi ilmu dapat dilakukan dengan bermacam-macam cara. Bahkan, hanya dengan berbagi tips mengajar yang baik, berbagi resep masakan, sharing tentang mengasuh anak, memberi nasihat tentang bahaya minuman keras, menulis buku, menulis artikel, dll.
Marilah kita ikhlas berbagi.
(Refleksi kegiatan fasilitasi IHT Materi HOTS di SMA N 1 Karangdowo, Klaten, Sabtu, 14 September 2019)




Unduh Materi HOTS
2. Implementasi HOTS dalam Pembelajaran dan Penilaian Klik https://drive.google.com/open?id=1AlaLONSeYUDbxJFav8A7btrh5f0YCvI9





1 comment:

  1. apa dampak positif yang diperoleh ketika seseorang membagikan ilmu kepada orang lain? Visit us Telkom University

    ReplyDelete