RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN II
Mata
Pelajaran
|
Bahasa
Indonesia
|
Sekolah:
|
Materi
Pokok
|
Teks Berita
|
|
Kelas/
Smt.
|
VIII-1
|
Waktu
|
10 jam pelajaran
|
||
Kompetensi Dasar
|
3.1
|
Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita
(membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
|
|||
4.1
|
Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi)
yang dibaca dan didengar
|
||||
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1.1
|
Menjelaskan unsur-unsur teks berita (membanggakan dan
memotivasi) yang didengar dan dibaca
|
|||
3.1.2
|
Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita
(membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
|
||||
4.1.1
|
Menunjukkan isi berita (membanggakan dan memotivasi)
yang dibaca dan didengar
|
||||
4.1.2
|
Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi)
yang dibaca dan didengar
|
||||
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran dengan model Discovery
Learning, siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks berita; menyimpulkan
isi teks berita yang dibaca dan didengar; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya
diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.
B. Kegiatan Pembelajaran
Media :
Teks Berita
Alat/Bahan : kertas karton, spidol, laptop, infocus
Kegiatan
Pendahuluan (5 x 8 Menit)
|
Guru
membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran,
apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi,
langkah pembelajaran,
dan teknik penilaian.
|
Kegiatan
Inti (5 x 60 Menit)
|
1.
Siswa mengamati tayangan video berita dan memberikan
tanggapan atas isinya.
2.
Siswa
menyusun pertanyaan berdasarkan teks berita yang dibagikan oleh guru.
3.
Siswa
mendiskusikan
unsur-unsur teks berita tersebut.
4.
Siswa
mengidentifikasi unsur-unsur berita (5W+1H) dan menyusun
simpulan isinya, kemudian menuliskannya di kertas karton.
5.
Siswa
melakukan kunjung kerja ke kelompok lain dan memberikan
tanggapan.
6.
Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
|
Kegiatan Penutup
(5 x 12 Menit)
|
Siswa
menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan
umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan
menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME.
|
C. Penilaian
1)
Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes
tertulis,
3) Keterampilan: tes
tertulis
Mengetahui, ............,
......................
Kepala SMP ... Guru
Mata Pelajaran,
... ...
NIP NIP
Baca dan Unduh Instrumen Penilaian RPP 1 Lembar Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/01/contoh-instrumen-supervisipenilaian-rpp.html
Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
ReplyDeleteKesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802