KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL 2019/2020 SMP/MTs
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
No.
|
Aspek
|
Level Kognitif
|
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No.
|
1
|
Membaca Nonsastra
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-
Memaknai
|
Menentukan
makna kata/kalimat pada teks
|
Disajikan kalimat, siswa mampu menentukan makna
kata/istilah dalam kalimat dengan tepat
|
1.
|
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat
yang diberi nomor, peserta didik mampu menentukan maksud kalimat tertentu
pada paragraf dengan tepat.
|
2.
|
||||
Menentukan informasi tersurat teks
|
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf),
peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan
tepat.
|
3.
|
|||
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf),
peserta didik dapat menetukan jawaban pertanyaan tentang isi teks tersebut
dengan tepat.
|
4.
|
||||
Menentukan bagian teks
|
Disajikan teks yang terdiri 4-5 kalimat, peserta
didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan pertentangan dengan tepat.
|
5.
|
|||
Aplikasi
-
Menyimpulkan
-
Menggunakan konsep/prinsip
|
Menentukan ide pokok
|
Disajikan teks hasil observasi terdiri 4-5 kalimat ,
peserta didik dapat ide pokok paragraf tersebut dengan tepat.
|
6.
|
||
Disajikan teks eksposisi yang terdiri 4-5 kalimat,
peserta didik dapat menentukan menentukan kalimat utama teks tersebut dengan
tepat.
|
7.
|
||||
Menyimpulkan isi teks
|
Disajikan teks yang terdiri 5-6 kalimat, peserta
didik dapat menentukan simpulan isi paragraf dengan tepat.
|
8.
|
|||
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
|
Disajikan teks eksplanasi (2-3 paragraf), peserta didik dapat
menentukan pernyataan persetujuan pada paragraf kedua teks tersebut dengan
tepat.
|
9.
|
|||
Meringkas isi teks
|
Disajikan teks eksposisi (2 paragraf), peserta didik
dapat menentukan ringkasan teks tersebut dengan tepat.
|
10.
|
|||
Penalaran
-
Mengevaluasi
-
Membandingkan pola (menganalisis)
-
Menanggapi
-
Memvariasikan
|
Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian
beberapa jenis teks
|
Disajikan dua buah teks, siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa
kedua teks dengan tepat.
|
11.
|
||
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks
ulasan/resensi), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan
tepat.
|
12.
|
||||
Menilai keunggulan/kelemahan teks
|
Disajikan penggalan teks ulasan, siswa mampu menentukan
pernyataan yang merupakan keunggulan/kelemahan buku pada teks dengan tepat
|
13.
|
|||
Mengomentari isi teks
|
Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengomentari
isi teks dengan tepat.
|
14.
|
|||
2
|
Membaca Sastra
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-
Memaknai
|
Menentukan makna
kata dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa mampu
mengartikan kata pada cerpen/fabel dengan tepat.
|
15.
|
menentukan makna
tersurat dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa mampu
menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat
|
16.
|
|||
menentukan bagian cerpen dan fabel
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf),
peserta didik dapat menentukan bagian komplikasi pada teks tersebut dengan tepat.
|
17.
|
|||
|
Aplikasi
-
Menyimpulkan
-
Menggunakan konsep/prinsip
|
Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan
makna simbol dalam kutipan dengan dengan tepat.
|
18.
|
|
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf),
peserta didik dapat menentukan nilai moral yang terdapat pada teks tersebut
dengan tepat.
|
19.
|
|||
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf),
peserta didik dapat menentukan amanat cerita teks tersebut dengan tepat.
|
20.
|
||||
Menyimpulkan sebab/akibat konflik
|
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta
didik dapat menentukan sebab konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat.
|
21.
|
|||
Penalaran
-
Mengevaluasi
-
Membandingkan pola (menganalisis)
-
Menanggapi
-
Memvariasikan
|
Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
|
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel),
peserta didik menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan fabel
tersebut dengan tepat.
|
22.
|
||
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
|
Disajikan du kutipan cerpen, siswa mampu
membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dua kutipan cerpen dengan tepat
|
23.
|
|||
menunjukkan bukti latar dan watak
|
Disajikan teks cerita pendek (2-3 paragraf), peserta
didik dapat menentukan bukti watak tokoh yang terdapat pada teks tersebut
dengan tepat.
|
24.
|
|||
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan
kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
|
25.
|
||||
mengomentari unsur intrinsik karya sastra
|
Disajikan penggalan fabel/ cerpen, siswa mampu mengomentari
isi cerita dengan tepat.
|
26.
|
|||
3
|
Menulis Terbatas
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-
Memaknai
|
melengkapi istilah/kata dalam kalimat
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik
dapat menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang
tersebut dengan tepat.
|
27.
|
Aplikasi
-
Menyimpulkan
-
Menggunakan konsep/prinsip
|
menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
|
Disajikan lima kalimat laporan secara acak, peserta
didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks laporan dengan tepat.
|
28.
|
||
melengkapi paragraf
|
Disajikan penggalan teks prosedur yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
29.
|
|||
melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi,
ulasan, dan lain-lain)
|
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa
mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan bagian teks (konjungsi) yang
tepat.
|
30.
|
|||
Penalaran
-
Mengevaluasi
-
Membandingkan pola (menganalisis)
-
Menanggapi
-
Memvariasikan
|
Memvariasikan kata
|
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, siswa dapat
memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
|
31.
|
||
Memvariasikan kalimat
|
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor,
siswa dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat
bernomor tertentu dengan tepat.
|
32.
|
|||
menulis dengan ilustrasi tertentu
|
Disajikan ilustrasi/data
dalam bentuk tabel, peserta didik dapat menentukan paragraf yang tepat
berdasarkan data hasil pengamatan suatu objek dengan tepat.
|
33.
|
|||
Mengubah teks ke bentuk lain
|
Disajikan kutipan teks drama, peserta didik dapat
menentukan cerpen yang tepat sesuai dengan kutipan naskah drama dengan tepat.
|
34.
|
|||
4
|
Menyunting Kata, Kalimat,
dan Paragraf
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-
Memaknai
|
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
|
Disajikan paragraf dengan dua kata yang digunakan
secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan
kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
35.
|
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
|
Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya
kalimat tidak efektif, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak
efektif dengan tepat.
|
36.
|
|||
Aplikasi
-
Menyimpulkan
-
Menggunakan konsep/prinsip
|
menggunakan kata
bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian
rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
|
37.
|
||
mengisi konjungsi dalam kalimat
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi
bagian rumpang dengan kata penghubung dengan tepat.
|
38.
|
|||
Penalaran
-
Mengevaluasi
-
Membandingkan pola (menganalisis)
-
Menanggapi
-
Memvariasikan
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak
efektif, siswa mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
|
39.
|
||
Disajikan teks eksplanasi (1 paragraf) yang terdapat
kalimat tidak padu, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut
dengan tepat .
|
40.
|
||||
menentukan alasan kesalahan penggunaan kata,
kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kata, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan
kata dengan tepat.
|
41.
|
|||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan
kalimat, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat
dengan tepat.
|
42.
|
||||
5
|
Menyunting Ejaan dan Tanda
Baca
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-
Memaknai
|
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, siswa
mampu mengidentifikasi kesalahan
penggunaan kata depan dengan tepat.
|
43.
|
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda
baca tanya, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya
dengan tepat.
|
44.
|
|||
Aplikasi
-
Menyimpulkan
-
Menggunakan konsep/prinsip
|
Menggunakan ejaan
|
Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan,
siswa mampu menggunakan kata depan dengan tepat.
|
45.
|
||
Menggunakan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda
titik dua, siswa mampu menggunakan tanda titik dua dengan tepat.
|
46.
|
|||
Penalaran
-
Mengevaluasi
-
Membandingkan pola (menganalisis)
-
Menanggapi
-
Memvariasikan
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kata/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan kata/gabungan
kata dengan tepat.
|
47.
|
||
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan
tanda titik dua dan koma, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda
titik dua dan koma dengan tepat.
|
48.
|
|||
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan huruf kapital siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan
tepat.
|
49.
|
|||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan tanda koma, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
|
50.
|
Hanya 1 USER ID Bisa Main Semua Game Ini.
ReplyDeleteLIVE CASINO
SPORTBOOK
POKER
SABUNG AYAM
TANGKAS
SLOT GAMES
BATU GONCANG
NUMBER GAME
HOT PROMO CANDI4D :
Bonus New Member 10%
Bonus Deposit HARIAN 10%
BONUS Candi4D :
Bonus 1 Minggu Sekali!!!
Bonus Rollingan up to 0.8% ( Casino )
Bonus 2 Minggu Sekali!!!
-Bonus Rollingan Sport 0.3%
-Bonus Rollingan Poker 0.3%
-Bonus Rollingan Sabung Ayam 0.3%
-Bonus Rollingan Tangkas 0,3%
-Bonus Rollingan Slotgame 0,3%
BONUS CASHBACK ( SETIAP HARI SENIN )
-Bonus CashBack up to 15% ( Games & Tangkas )
-Bonus CashBack up to 15% ( Sportbook )
-Bonus CashBack up to 15% ( Sabung Ayam )
BONUS REFERRAL
-Bonus Referral Togel :
–4D & COLOK : 1%
–2D & 3D : 0.5%
-Bonus Referal up to 2% ( Sportbook & Sabung Ayam )
Discount TOGEL untuk Pasaran :
SENTOSA 4D – SENTOSA TOTO – SINGAPORE – FINLANDIA
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.50% , 2D : 29.50%
SYDNEY – HONGKONG
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.00% , 2D : 29.00%
Min Depo : Rp 25.000,-
Min WD : Rp 50.000,-
Ayo bergabung bersama kami! Rasakan pengalaman judi yang berbeda :)
Whatsapp : +6281388618848
Line : CANDI_4D
Instagram : cscandi4djitu
WWW. CANDIJITU. COM
Pelayanan 24 jam online :)
Numpang promo ya gan
ReplyDeletekami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*
Kisah cerita mendapatkan ijazah asli
ReplyDeleteASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama rany asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000