17 February 2020

KISI-SISI SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA INDONESIA SMP/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL




KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL 2019/2020 SMP/MTs MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA 


No.
Aspek
Level Kognitif
Indikator Materi
Indikator Soal
No.
1
Membaca  Nonsastra
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-   Memaknai
Menentukan  makna kata/kalimat pada teks
Disajikan kalimat, siswa mampu menentukan makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat
1.       
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang diberi nomor, peserta didik mampu menentukan maksud kalimat tertentu pada paragraf dengan tepat.
2.       
Menentukan informasi tersurat teks
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat.
3.       
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), peserta didik dapat menetukan jawaban pertanyaan tentang isi teks tersebut dengan tepat.
4.       
Menentukan bagian teks
Disajikan teks yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan pertentangan dengan tepat.
5.       
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

Menentukan ide pokok
Disajikan teks hasil observasi terdiri 4-5 kalimat , peserta didik dapat ide pokok paragraf tersebut dengan tepat.
6.       
Disajikan teks eksposisi yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan menentukan kalimat utama teks tersebut dengan tepat.
7.       
Menyimpulkan isi teks
Disajikan teks yang terdiri 5-6 kalimat, peserta didik dapat menentukan simpulan isi paragraf dengan tepat.
8.       
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
Disajikan teks eksplanasi (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan persetujuan pada paragraf kedua teks tersebut dengan tepat.
9.       
Meringkas isi teks
Disajikan teks eksposisi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan ringkasan teks tersebut dengan tepat.
10.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks

Disajikan dua buah teks, siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan tepat.
11.   
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks ulasan/resensi), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
12.   
Menilai keunggulan/kelemahan teks
Disajikan penggalan teks ulasan, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan keunggulan/kelemahan  buku pada teks dengan tepat

13.   
Mengomentari isi teks

Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengomentari isi teks dengan tepat.
14.   
2
Membaca Sastra
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa mampu mengartikan kata pada cerpen/fabel dengan tepat.
15.   
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa mampu menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat
16.   
menentukan bagian cerpen dan fabel
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bagian komplikasi pada teks tersebut  dengan tepat.
17.   

Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan makna simbol dalam kutipan dengan dengan tepat.
18.   
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan nilai moral yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
19.   
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan amanat cerita teks tersebut dengan tepat.
20.   
Menyimpulkan sebab/akibat konflik
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan sebab konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat.
21.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), peserta didik menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan fabel tersebut dengan tepat.
22.   
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
Disajikan du kutipan cerpen, siswa mampu membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dua kutipan cerpen dengan tepat
23.   
menunjukkan bukti latar dan watak
Disajikan teks cerita pendek (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bukti watak tokoh yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
24.   
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
25.   
mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Disajikan penggalan fabel/ cerpen, siswa mampu mengomentari isi cerita dengan tepat.
26.   
3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
melengkapi istilah/kata dalam kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat.
27.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
Disajikan lima kalimat laporan secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks laporan dengan tepat.
28.   
melengkapi paragraf
Disajikan penggalan teks prosedur yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
29.   
melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan bagian teks (konjungsi) yang tepat.
30.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memvariasikan kata
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
31.   
Memvariasikan kalimat
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, siswa dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat.
32.   
menulis dengan ilustrasi tertentu
Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, peserta didik dapat menentukan paragraf yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan suatu objek dengan tepat.
33.   
Mengubah teks ke bentuk lain
Disajikan kutipan teks drama, peserta didik dapat menentukan cerpen yang tepat sesuai dengan kutipan naskah drama dengan tepat.
34.   
4
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
Disajikan paragraf dengan dua kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
35.   
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat.
36.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
37.   
mengisi konjungsi dalam kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata penghubung dengan tepat.
38.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
39.   
Disajikan teks eksplanasi (1 paragraf) yang terdapat kalimat tidak padu, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut dengan tepat .
40.   
menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata dengan tepat.
41.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat dengan tepat.
42.   
5
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-        Memaknai
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu  mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan tepat.
43.   
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat.
44.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip


Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu menggunakan kata depan dengan tepat.
45.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda titik dua, siswa mampu menggunakan tanda titik dua dengan tepat.
46.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat.


47.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma dengan tepat.
48.   
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
49.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
50.   



3 comments:

  1. Hanya 1 USER ID Bisa Main Semua Game Ini.

    LIVE CASINO
    SPORTBOOK
    POKER
    SABUNG AYAM
    TANGKAS
    SLOT GAMES
    BATU GONCANG
    NUMBER GAME

    HOT PROMO CANDI4D :

    Bonus New Member 10%
    Bonus Deposit HARIAN 10%

    BONUS Candi4D :

    Bonus 1 Minggu Sekali!!!
    Bonus Rollingan up to 0.8% ( Casino )

    Bonus 2 Minggu Sekali!!!
    -Bonus Rollingan Sport 0.3%
    -Bonus Rollingan Poker 0.3%
    -Bonus Rollingan Sabung Ayam 0.3%
    -Bonus Rollingan Tangkas 0,3%
    -Bonus Rollingan Slotgame 0,3%

    BONUS CASHBACK ( SETIAP HARI SENIN )

    -Bonus CashBack up to 15% ( Games & Tangkas )
    -Bonus CashBack up to 15% ( Sportbook )
    -Bonus CashBack up to 15% ( Sabung Ayam )

    BONUS REFERRAL

    -Bonus Referral Togel :
    –4D & COLOK : 1%
    –2D & 3D : 0.5%
    -Bonus Referal up to 2% ( Sportbook & Sabung Ayam )

    Discount TOGEL untuk Pasaran :
    SENTOSA 4D – SENTOSA TOTO – SINGAPORE – FINLANDIA
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.50% , 2D : 29.50%

    SYDNEY – HONGKONG
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.00% , 2D : 29.00%

    Min Depo : Rp 25.000,-
    Min WD : Rp 50.000,-

    Ayo bergabung bersama kami! Rasakan pengalaman judi yang berbeda :)

    Whatsapp : +6281388618848
    Line : CANDI_4D
    Instagram : cscandi4djitu

    WWW. CANDIJITU. COM
    Pelayanan 24 jam online :)

    ReplyDelete
  2. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  3. Kisah cerita mendapatkan ijazah asli

    ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama rany asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete