25 February 2020

TIPE-TIPE SOAL AKM DAN SURVEY KARAKTER



TIPE-TIPE SOAL AKM DAN SURVEY KARAKTER
Oleh Muh Zuhri-Guru SMA Negeri 2 Boyolali
HP 081326446361
Info pengenalan simulasi AKM dan Survey Karakter Tahun 2020

Soal AKM terdiri dari soal literasi dan numerasi
1. Soal literasi antara lain disajikan teks bacaan yang cukup panjang sebagai stimulus kemudian ditanyakan tentang
a. gagasan pokok teks
b. simpulan teks
c. persamaan isi beberapa teks
d. pernyataan yang sesuai/tidak sesuai dengan isi teks
e. pernyataan sesuai atau tidak dan diminta menuliskan alasan
2. Soal Numerasi
Disajikan data berupa angka dalam bentuk tabel dan grafik
ditanyakan
a. isi data
b. data yang sesuai/tidak sesuai
c. pernyataan disertai alasan jawaban
3. Soal Survey Karakter
Disajikan sebuah ilustrasi peristiwa tokoh menghadapi situasi tertentu, kemudian disajikan pilihan jawaban tindakan/sikap tokoh menghadapi situasi tertentu. Berdasarkan pilihan tindakan/sikap yang dipilih, dapat ditentukan karakter seseorang. 


Baca Juga
1. Pembahasan Soal AKM/AKSI (1)Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/03/soal-akm-aksi-dan-pembahasan-kunci.html
2. Pembahasan Soal AKM (2) Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/03/pembahasan-soal-akm-bagian-kedua.html


AKM dan survei karakter, terdiri dari soal-soal yang mengukur kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter. Bentuk soal AKM akan diperkenalkan kepada siswa yang mengikuti simulasi UN tahun ini, sehingga ada kemungkinan pula bentuk-bentuk soal tersebut juga akan keluar saat UN utama nantinya. Sedangkan bagi guru juga akan diperkenalkan bentuk soal AKM sebagai gambaran bagaimana mengelola proses pembelajaran kedepannya dan bagaimana melakukan penilaian dengan bentuk soal AKM.

Bentuk soal AKM yang diperkenalkan kepada guru, tidak terbatas hanya untuk guru mata pelajaran yang di UN-kan saat ini, akan tetapi untuk semua guru mata pelajaran. Artinya bentuk soal AKM merupakan bentuk soal lintas kompetensi, lintas bidang dan/atau lintas mata pelajaran. Tidak lagi membedakan mata pelajaran secara signifikan akan tetapi melihat sebuah kompetensi sebagai gambaran utuh dari puzzle berbagai mata pelajaran. Mata pelajaran yang ada akan menjadi “tools” untuk membentuk kompetensi tersebut.
Menurut Pak Menteri, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah kompetensi yang benar-benar minimum di mana kita bisa memetakan sekolah-sekolah dan daerah-daerah berdasarkan kompetensi minimum. Ini kompetensi minimum kompetensi dasar yang dibutuhkan murid untuk bisa belajar apa pun materinya. Ini adalah kompetensi minimum yang dibutuhkan murid untuk bisa belajar apa pun mata pelajarannya.
Selanjutnya Pak Menteri juga menjelaskan bahwa materi AKM ada dua yaitu literasi (baca-tulis) dan numerasi. “Literasi' bukan sekadar kemampuan membaca, tapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan 'numerasi' adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka. Dia menekankan 'literasi' dan 'numerasi' bukan tentang mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan kemampuan murid-murid menggunakan konsep itu untuk menganalisis sebuah materi. Bukan berdasarkan mata pelajaran lagi. Bukan berdasarkan penguasaan konten materi. tahun ini AKM dan survey karakter diujicobakan, baik pada siswa maupun guru. Rencananya tahun 2021 AKM dan survey karakter sudah diterapkan sebagai pengganti UN.

A. Asesmen Kompetesi Minimum (AKM)
1. Pengertian dan Tujuan AKM
Mengukur kompetensi berpikir atau bernalar siswa ketika membaca teks (literasi) dan menghadapi persoalan yang membutuhkan pengetahuan matematika (numerasi). Literasi adalah Kemampuan bernalar tentang dan menggunakan bahasa, sedangkan numerasi adalah kemampuan bernalar menggunakan matematika.
Literasi dan numerasi bukan mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan kemampuan menggunakan konsep itu untuk menganalisis sebuah materi.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
• Kata Minimum mengacu kepada tidak semua konten di dalam kurikulum diukur di dalam AKM.
• AKM akan mengukur keterampilan dasar: literasi dan numerasi. Kemampuan bernalar tentang teks dan angka. Kompetensi tersebut dibangun dari jenjang dasar sampai menengah dalam suatu learning progression.
• AKM berbentuk survey dengan sample siswa kelas 4, kelas 8, dan kelas 10/11 – tidak melaporkan hasil individu siswa namun laporan agregat yang berfokus kepada peningkatan internal dari waktu ke waktu bukan komparasi antar kelompok.
• AKM digunakan untuk memetakan sekolah- sekolah dan daerah- daerah berdasarkan kompetensi minimal
3. Ciri-Ciri Soal AKM dan contohnya
Soal AKM mengacu pada praktik baik pada level internasional seperti PISA dan TIMSS
1. Ciri soal yang Mendorong Peningkatan Kompetensi
• Memiliki strategi untuk diagnosa kesalahan (misconception)
Perbandingan jumlah siswa laki-laki terhadap siswa perempuan adalah 2: 3. Jumlah seluruh siswa 30.
Maka jumlah siswa laki-laki adalah….
a. 6      -- menghitung pembagian jumlah total dengan jumlah proporsi
b. 10 -- menghitung pembagian jumlah total dengan porsi terbesar
c. 12
d. 18 -- menggunakan proporsi perempuan
e. 20 – secara langsung mengalikan perbandingan terhadap jumlah
2. Ciri soal yang Mendorong Peningkatan Kompetensi
• Memiliki strategi untuk memetakan tahapan kemampuan siswa (where to go)










4. Literasi Membaca
Pada soal membaca PISA aspek kompetensi membaca dikategorikan tiga jenis yang mencakup:
• kemampuan mengungkapkan kembali informasi (retrieving Information),
• mengembangkan interpretasi (developing an interpretation),
• merefleksikan dan mengevaluasi teks.

Contoh Literasi Membaca
Seorang yang kikir menjual seluruh hartanya dan membeli segumpal emas yang dikuburnya di dalam sebuah lubang di samping sebuah dinding tua. Dia kemudian mengunjungi simpanannya itu setiap hari. Salah seorang anak buahnya memperhatikan hal ini dan memutuskan untuk mengintai gerak-gerik si kikir. Anak buahnya ini kemudian mengetahui rahasia harta yang tersembunyi tersebut, dan mulai menggali,dan menemukan segumpal emas, dan dicurinya. Si kikir, pada kunjungan berikutnya, menemukan lubang yang sudah kosong dan mulai menarik-narik rambutnya dan meraung-meraung sejadi-jadinya. Seorang tetangga, yang melihat kejadian itu dan mengetahui apa penyebabnya,  kemudian berkata, “Berdoalah dan jangan bersedih, ambillah  segumpal  batu, dan letakkan di dalam lubang itu, dan bayangkan seolah-olah emas itu masih berada di sana. Bagi kamu hal itu akan sama saja, karena sewaktu emas itu berada di sana, kamu tidak memilikinya, karena kamu sedikit pun tidak
menggunakannya.”
1. Tipe pertanyaan untuk mengukur kemampuan menemukan kembali informasi dari teks

2. Tipe pertanyaan mengintegrasikan dan Menginterpretasikan
• Pembaca dituntut mengembangkan interpretasi dengan mengintegrasikan berbagai pengetahuan dan menghubungkan rincian cerita dengan ide utama, seperti contoh soal di bawah ini.

3. Merefleksikan dan mengevaluasi isi bacaan
Pembaca membuat hipotesis alasan perbuatan pelaku cerita dengan menggabungkan informasi sebelumnya dengan informasi pada bacaan serta informasi di luar teks, seperti contoh soal berikut ini.
Mengapa si kikir mengubur emasnya?
…………………………………………

4. Tipe pertanyaan mengintegrasikan dan menginterpretasikan
Pembaca dituntut membentuk pemahaman yang luas
Apa pesan utama cerita ini?
A. Jangan menyimpan kekayaan yang mudah dicuri.
B. Mempercayai orang lain adalah suatu kesalahan.
C. Tidak menggunakan apa yang dimiliki sama dengan tidak memilikinya.
D. Jangan menangisi sesuatu yang tidak bisa diubah

B. Survey Karakter dan Lingkungan Belajar
 Mengukur luaran belajar yang lebih bersifat sosial- emosional, serta kualitas proses belajar-mengajar di tiap sekolah.
Contoh karakter, misalnya pembelajar, gotong royong, kebhinnekaan, dan perundungan, kejujuran, tanggung jawab, semangat belajar, kerja sama, dan sebagainya.

Sumber
PPT AKM dan RPP Sederhana oleh Bowo Sugiharto
PPT Kebijakan Penilaian Pendidikan Dalam Rangka Merdeka Belajar oleh  Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 


CONTOH SOAL AKM
LITERASI
A. Menentukan gagasan utama/ide pokok paragraf 
1. Bacalah teks berikut!

Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT  Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangakaan elpiji di Kota Salatiga. Selama Ramadan hingga menjelang Lebaran diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelumnya, stok elpiji melon di Kota Salatiga hanya 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480.
Ide pokok paragraf tersebut adalah . . .
A. kerjasama pemerintah Salatiga dengan Pemprov Jawa Tengah
B. upaya menggulangi kelangkaan elpiji di Kota Salatiga
C. stok elpiji di Kota Salatiga
D. penambahan stok elpiji per Juni 2016
E. stok elpiji melon di Kota Salatiga
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Ide pokok paragraf di atas adalah penambahan stok elpiji per Juni 2016. Ide pokok paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama atau awal paragraf sehingga termasuk paragraf deduktif. Ide pokok bersifat umum dan dijelaskan dengan ide penjelas. Kalimat nomor 2. 3, 4, dan 5 berisi penjelasan mengenai tujuan dan alasan penambahan stok elpiji per Juni 2016.


2. Bacalah paragraf berikut!
Seseorang akan diuji dengan apa yang dia miliki. Ketika memiliki ilmu, dia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta, dia akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di saat menduduki jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkan wewenang yang diembannya.
Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. ujian hidup seseorang
B. kebahagiaan keluarga
C. seseorang memiliki harta
D. tanggung jawab wewenang
Kunci jawaban: A
Pembahasan
Ide pokok atau gagasan pokok adalah gagasan utama atau gagasan yang paling penting dalam paragraf.
Ide pokok paragraf di atas adalah ujian hidup seseorang. Ide pokok paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama atau awal paragraf sehingga termasuk paragraf deduktif. Ide pokok bersifat umum dan dijelaskan dengan ide penjelas. Kalimat nomor 2. 3, dan 4 berisi penjelasan mengenai macam-macam ujian hidup seseorang.


B. Menentukan simpulan paragraf


Bacalah teks berikut!
Bagi anak-anak, bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bermain dapat digunakan untuk melatih otak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini dapat diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan memiliki banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.
Simpulan isi teks tersebut adalah ….
A. Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak.
B. Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.
C. Permainan dapat mempengaruhi kondisi emosional anak.
D. Permainan hanya membuat anak menjadi senang semata.
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Kalimat simpulan adalah pendapat terakhir yang didapatkan dari uraian yang telah disampaikan sebelumnya. Simpulan dapat diperoleh dari keseluruhan isi bacaan yang ada pada paragraf.
Kalimat simpulan yang tepat sesuai isi teks tersebut adalah Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.  (opsi B). Hal ini, berdasarkan isi pernyataan-pernyataan sebelumnya yang berisi penjelasan mengenai manfaat permainan untuk hiburan dan sebagai sarana belajar.
Opsi A dan D tidak sesuai dengan isi teks. Opsi C merupakan salah satu pernyataan yang terdapat dalam teks. 

CONTOH SOAL NUMERASI


Seorang penyiar TV menunjukkan grafik berikut dan berkata:

“Pada grafik berikut menunjukkan ada kenaikan yang tajam terhadap jumlah robberi dari tahun 1998 sampai 1999.”



Apakah kalian setuju dengan pernyataan reporter TV tersebut? Apakah grafik tersebut mewakili pernyataan reporter TV tersebut? Berilah penjelasan untuk mendukung jawabanmu.

Baca Juga
1. Pembahasan Soal AKM/AKSI (1)Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/03/soal-akm-aksi-dan-pembahasan-kunci.html
2. Pembahasan Soal AKM (2) Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/03/pembahasan-soal-akm-bagian-kedua.html

9 comments:

  1. Izin share teksnya di FB Pa Muhammad Zuhri

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas pencerahannya.
    Izin share

    ReplyDelete
  3. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    Plus, making money online using it is as easy as 1-2-3!

    Here are the steps to make it work...

    STEP 1. Tell the system what affiliate products you want to push
    STEP 2. Add PUSH BUTTON traffic (it LITERALLY takes JUST 2 minutes)
    STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products all on it's own!

    Are you ready to make money automatically?

    The solution is right here

    ReplyDelete
  4. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  5. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  6. Minta contoh soal ukm ttg surat lamaran pekerjaan, teks editorial, teks cerita sejarah

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum mohon maaf sebelum'nya kepada admin sedikit saya ingin lewat berbagi cerita bagi lewat postingan ini tentang KISAH SUKSES saya jadi anggota PNS, alhamdulillah berkat bantuan bpk JOKO SUBAKTI

    KEPALA BIRO UMUM BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk JOKO SUBAKTI 0823-5240-6469

    (KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan PEMDA JAWA TIMUR )

    Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil

    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.

    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.

    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.

    Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk JOKO SUBAKTI hp: 0823-5240-6469 beliau selaku (kepala biro umum) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk JOKO SUBAKTI no hp Beliau 0823-5240-6469, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    ReplyDelete