17 February 2020

SOAL PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 SMP MAPEL BAHASA INDONESIA DAN UJI COBA UJIAN NASIONAL TAHUN 2020 DISERTAI KUNCI JAWABAN PAKET 2




SOAL PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 SMP MAPEL BAHASA INDONESIA DAN UJI COBA UJIAN NASIONAL TAHUN 2020 DISERTAI KUNCI JAWABAN

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
Kehadiran taman dalam sebuah hunian sangat penting. Keberadaannya mampu memberikan elemen penyejuk dan penyegar. Seberapa pun luas ukurannya, jika taman ditata apik, tentu akan sedap dipandang mata. Selain itu, tentu saja dapat menambah nilai estetika sebuah hunian. 
Dengan semakin terbatasnya lahan terbuka bukan berarti membuat taman menjadi hal yang mustahil. Kita dapat menyiasatinya dengan berbagai cara. Kita dapat memanfaatkan pot-pot cantik dan menyesuaikan jenis tanaman dengan kondisi taman. Penyusunan pot-pot tanaman yang tepat akan memberikan efek yang sangat baik sehingga tidak memberi kesan tanaman di taman itu berjubel. 

1.        Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada paragraf pertama teks tersebut adalah …
A.  Bagaimana menyiasati taman agar dapat menambah nilai estetika suatu hunian?
B.   Mengapa keberadaan taman mampu memberikan elemen penyejuk dan penyegar?
C.   Di mana letak taman yang paling strategis dalam sebuah hunian yang sempit?
D.  Siapa saja yang menyukai keberadaan taman pada sebuah hunian?

2.        Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua teks tersebut adalah …
A.      Lahan yang tak terbatas bukan halangan untuk membuat sebuah taman.
B.       Lahan yang sempit dapat diatasi dengan penataan pot dan pemilihan jenis tanaman.
C.       Lahan yang luas dapat dikombinasi dengan pemilihan jenis tanaman yang sesuai.
D.      Keberadaan taman akan membuat penghunianya merasa betah di rumah.

3.        Makna estetika dalam teks tersebut adalah ... .
A.  keindahan
B.  kesejukan
C.  kesopanan
D.  kemakmuran

4.    Bacalah teks berikut!
Penebangan hutan menjadi penyebab utama kerusakan habitat kupu-kupu. Setiap jenis kupu-kupu sangat tergantung pada jenis pohon tertentu. Jika jenis pohon yang ditebang semakin banyak, jenis kupu-kupu di Indonesia akan semakin berkurang. Julukan sebagai "Negeri Kupu-Kupu" bagi Indonesia pun tidak sesuai lagi.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
  1. Julukan “Negeri Kupu-Kupu” untuk Indonesia.
B.     Penyebab utama rusaknya habitat kupu-kupu.
C.     Penyebab kerusakan hutan.
D.    Jenis kupu-kupu di Indonesia.

5.    Bacalah teks berikut!
      (1)Tumbuhan yang suka memakan serangga barangkali terdengar aneh. (2)Tumbuhan itu memiliki corong dengan cairan lengket di dasarnya. (3)Cairan itulah yang digunakan untuk menjebak serangga yang mengiranya sebagai madu. (4)Umumnya orang menyebut tanaman carnivora itu dengan nama kantong semar.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ... .
A.    1                     
B.     2                                 
C.     3                                 
D.    4
 
6.    Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan GA–200 tujuan Jakarta – Palembang menambah daftar tragedi transportasi di Indonesia. Tenggelamnya kapal Baruna di Danau Toba seolah belum hilang dari ingatan kita. Tak sampai sebulan kemudian terjadi kecelakaan bus Pahala Kencana yang menewaskan 36 penumpang. Semua itu seolah menyentak kesadaran kita bahwa keselamatan transportasi di negara ini masih terabaikan. 
Zumi Zola adalah pejabat negara ke sekian yang ditangkap KPK karena kasus korupsi. Mantan artis itu menyusul Gubernur Riau dan Gubernur Sumatera Utara yang lebih dulu mengalami nasib sama. Banyaknya bupati, gubernur, dan anggota DPR yang dicokok oleh Komisi Pemberantasan Korupi (KPK) membuktikan mental pejabat kita lemah dalam menghadapi kemilaunya kekuasaan dan kesempatan berbuat curang yang dapat dihasilkan dari kekuasaan itu.

Perbedaan pola penyajian kedua teks berita tersebut adalah ... .

Teks 1
Teks 2
A
urutan ruang
urutan waktu
B
urutan umum-khusus
urutan khusus-umum
C
urutan peristiwa
urutan pelaku
D
urutan waktu
urutan tempat

7.    Bacalah teks berikut!
(1)Aktivitas fisik telah diketahui sangat penting karena dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. (2)Namun, kita perlu mengetahui bahwa ternyata tidak semua jenis lemak yang berasal dari makanan dapat dibakar melalui kegiatan olahraga. (3)Jika lemak yang terdapat dalam makanan yang digoreng dengan minyak jagung, minyak kanola, minyak kacang, dan minyak zaitun mudah terbakar saat kita beraktivitas, tidak demikian dengan jenis makanan lainnya. (4)Lemak hewan yang terdapat dalam mentega, keju, atau daging berlemak sulit dibakar meskipun kita sudah berolahraga secara teratur.

Kalimat yang menyatakan hubungan sebab-akibat ditandai dengan nomor ... .
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

8.    Bacalah teks berikut!
(1)Pemerintah memutuskan seluruh sekolah harus sudah melaksanaan ujian nasional berbasis komputer pada tahun pelajaran 2019/2020 nanti. (2)Sebenarnya belum semua sekolah siap dengan rencana itu, misalnya sekolah swasta dengan jumlah siswa sedikit. (3)Pengadaaan komputer dan meningkatkan daya listrik membutuhkan biaya yang tidak murah. (4)Meskipun begitu, semua harus mengakui bahwa ujian nasional berbasis komputer lebih praktis dan ekonomis bila dibandingkan berbasis kertas dan tulis.

Kalimat yang menyatakan pertidaksetujuan ditandai dengan nomor ... .
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
 
9.    Bacalah teks berikut!
(1)”Jika aku dengar engkau berbicara tadi, seakan aku yakin padamu. Dan ada timbul rasa sayangku padamu,” kata Iesye, ’akan tetapi kemudian timbul sangsi padaku, apakah itu semua tidak permainan kata-kata saja bagimu. (2)Lagi pula engkau seorang muda, tapi tiba-tiba telah jadi kaya raya begini. Rasanya menjijikkan orang-orang muda ikut memperkaya diri mereka sedang keadaan rakyat kita tersia-sia seperti sekarang ini. Aku tidak tahu apa mesti kupikir tentang engkau, Yon?”
(3)Suryono terdiam menatap malam di depan kaca mobil, dan dalam pikirannya timbul pengakuan, “Engkau benar Ies, engkau tahu aku. (4)Aku sendiri tidak tahu siapa aku dan aku mau apa. Aku pun sudah kehilangan pegangan, penuh kegelisahan dan ketakutan.”

Bukti latar kutipan novel tersebut ditandai dengan nomor ... .
A.  (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.  (4)

10.    Bacalah teks berikut!
Meskipun kembar, anak pasangan Pak Tarno dan Bu Nety yang hobi bermain musik itu memiliki kesukaan yang berbeda. Tidak seperti halnya Badi yang lebih suka menghabiskan hari-harinya dengan membaca buku, Budi lebih suka melakukan aktivitas yang bersifat fisik. Selain novel-novel klasik, Badi juga suka pada buku-buku ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi. Sedangkan basket, renang, dan sepakbola yang merupakaan kesukaan adik kembarnya sama sekali tidak menarik baginya.

Kebiasaan yang dilakukan tokoh Badi adalah ....
A.  membaca
B.   bermain musik
C.   berolahraga
D.  membaca dan berolahraga

11.    Bacalah teks berikut!
Sampai di rumah Pak Salim terus tidur, berpura-pura sakit. Ia sangat kesal karena dagangannya tidak laku. Ketika ditanya oleh isterinya, ia tidak mau menjawab. Isterinya makin cemas. Dibuatkannya minuman dan disediakannya jagung rebus beberapa buah.
Lepas siang hari Pak Salim mulai mau bangun. Sambil menunggui istrinya yang sedang menyeretika ia menggerutu, “Besok, saya mau berjualan buah-buahan dan sayuran seperti biasa, tidak mau bekerja lain. Tuhan tidak adil mengapa orang lain diberi kemudahan dalam usaha. Saya tidak.
”Jangan begitu, Pak! Siapa menyuruh engkau berdagang hanya karena ingin meniru Parmin. Jangan menyalahkan Tuhan. Itu salahmu sendiri,” jawab isterinya.

Nilai moral yang terdapat pada cuplikan cerpen tersebut adalah …
A.  Semua kebohongan pada akhirnya akan terungkap juga.
B.   Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang yang mau berusaha.
C.   Kita hanya berusaha, Tuhan yang menentukan hasilnya.
D.  Kemaksiatan mendekatkan diri pada kemiskinan.

12.    Bacalah teks berikut!
(1)Selain banjir, musim hujan juga menimbulkan dampak lain, yaitu mewabahnya demam berdarah. (2)Dari pantaun Kantor Berita Antara, penderita demam berdarah yang dirawat di RSUD Kajen meningkat 50% bila dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. (3)Selain itu, ada juga pasien penderita diare yang dirawat inap karena kehilangan banyak cairan tubuh. (4)Untuk mengatasi membludaknya jumlah pasien demam berdarah tersebut, pihak rumah sakit memanfaatkan beberapa ruang yang sebelumnya untuk gudang.


Kalimat tidak padu ditandai dengan nomor ... .
A.  (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.  (4)

13.    Bacalah teks berikut!
(1)Jika rajin belajar, sebenarnya tidak akan ada kasus siswa yang nilainya di bawah Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). (2)Pada dasarnya sebagian besar siswa di sekolah mana pun memiliki potensi otak yang sama. (3)Dari hasil penelitian, rata-rata bangsa di dunia memiliki IQ 90-110. (4)Hanya saja anak-anak yang hasil belajarnya tergolong baik terbiasa mengasah otaknya, sedangkan yang lainnya tetap membiarkannya tumpul.

Maksud kalimat yang ditandai nomor empat (4) adalah ...
A.  Siswa yang mau berusaha dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan prestasi.
B.   Siswa yang rajin belajar nilainya baik sedangkan yang malas nilainya jelek.
C.   Hasil yang diperoleh siswa sangat tergantung dengan doa dan usaha yang dilakukannya.
D.  Otak yang sering diasah akan menjadi tajam, sedangkan yang tidak akan tetap tumpul.

14.    Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1)     Di Makam Ki Gede Ing Suro itu terdapat 8 bangunan yang berisi 38 buah makam.
(2)     Pelembang ternyata menyimpan ragam objek wisata yang layak untuk dikunjungi.
(3)     Di antaranya terdapat makam Ki Gede Ing Suro yang merupakan cikal bakal raja-raja Palembang.
(4)     Makam Ki Gede Ing Suro merupakan salah satu tempat wisata yang unik.
(5)     Makam yang terletak di Kelurahan Ilir, Kecamatan Ilir Timur II itu dibangun pada pertengahan abad XVI.

Urutan kalimat agar membentuk laporan yang baik adalah ....
A.  (2), (3), (4), (5), (1)
B.   (5), (1), (3), (2), (4)
C.   (2), (4), (5), (1), (3)
D.  (5), (2), (1), (4), (3)

15.     Bacalah teks berikut!
Tabel Minat Sekolah Sasaran Siswa SMP Andalan
Kelas
Putra
Putri
SMA IPA
27
24
SMA IPS
23
35
SMK Teknik
31
9
SMK Administrasi
9
34
Jumlah
90
102

Laporan sesuai data tabel adalah ...
A.  Jumlah yang berminat masuk ke SMA lebih banyak siswa putra, sedangkan jumlah yang berminat masuk ke SMK lebih banyak siswa putri.
B.  Jumlah yang ingin masuk SMA Jurusan IPA didominasi siswa putra, sedangkan siswa putri kurang berminat pada SMK Jurusan Administrasi karena dianggap kurang memberikan tantangan.
C.  Dari 192 siswa SMP Andalan, 90 siswa ingin melanjutkan ke SMA, sedangkan 102 siswa melanjutkan ke SMK. Hal itu menunjukkan bahwa minat melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi mulai meningkat.
D.  Siswa putri paling banyak berminat masuk SMA Jurusan IPS dan paling sedikit masuk SMK Jurusan teknik. Sedangkan siswa putra kebanyakan memilih masuk SMA IPA dan SMK Jurusan Teknik.


16.     Bacalah teks berikut!
Sekarang tibalah saat orang-orang datang ke panti asuhan memberi sumbangan. Pada hari ini banyak mobil mobil indah yang berhenti di depan panti asuhan. Sebenarnya aku tidak suka hari ini. Aku benar-benar sibuk seharian. Pagi-pagi sekali membersihkan lantai dan harus menjaga anak-anak agar tidak berbuat kesalahan kepada para tamu. Malam harinya, setelah melepas kepergian para tamu, aku kembali ke kamarku di lantai dua. Ketika aku sedang memandangi mobil dengan pandangan kosong, masuklah seorang anak laki-laki, “Ibu Ripetto memanggil.” Aku cepat-cepat menuruni anak tangga dan menunggu kedatangan mobil dari tamu terakhir di pintu depan. Bayangan orang itu terpantul di dinding yang terkena sinar mobil.

Penulisan ulang teks dengan kata ganti orang ketiga paling sesuai adalah ...
A.  Sekarang tibalah saat orang-orang datang ke panti asuhan memberi sumbangan. Pada hari ini banyak mobil mobil indah yang berhenti di depan panti asuhan. Sebenarnya saya tidak suka hari ini. Saya benar-benar sibuk seharian. Pagi-pagi sekali membersihkan lantai dan harus menjaga anak-anak saya agar tidak berbuat kesalahan kepada para tamu. Malam harinya, setelah melepas kepergian para tamu, saya kembali ke kamar di lantai dua. Ketika saya sedang memandangi mobil dengan pandangan kosong, masuklah seorang anak laki-laki, “ Ripetto, Ibu memanggil.” Saya cepat-cepat menuruni anak tangga dan menunggu kedatangan mobil dari tamu terakhir di pintu depan. Bayangan orang itu terpantul di dinding yang terkena sinar mobil.

B.  Sekarang tibalah saat orang-orang datang ke panti asuhan memberi sumbangan. Pada hari ini banyak mobil mobil indah yang berhenti di depan panti asuhan. Sebenarnya ia tidak suka hari ini. Ia benar-benar sibuk seharian. Pagi-pagi sekali membersihkan lantai dan harus menjaga anak-anak agar tidak berbuat kesalahan kepada para tamu. Malam harinya, setelah melepas kepergian para tamu, ia kembali ke kamarnya di lantai dua. Ketika ia sedang memandangi mobil dengan pandangan kosong, masuklah seorang anak laki-laki, “Ibu Ripetto memanggil.” Ia cepat-cepat menuruni anak tangga dan menunggu kedatangan mobil dari tamu terakhir di pintu depan. Bayangan orang itu terpantul di dinding yang terkena sinar mobil.

C.  Sekarang tibalah saat orang-orang datang ke panti asuhan memberi sumbangan. Pada hari ini banyak mobil mobil indah yang berhenti di depan panti asuhan. Sebenarnya dia tidak suka hari ini. Dia benar-benar sibuk seharian. Pagi-pagi sekali membersihkan lantai dan harus menjaga anak-anaknya agar tidak berbuat kesalahan kepada para tamu. Malam harinya, setelah melepas kepergian para tamu, dia kembali ke kamarnya di lantai dua. Ketika dia sedang memandangi mobil dengan pandangan kosong, masuklah seorang anak laki-laki, “Ibu, Ripetto memanggil.” Aku cepat-cepat menuruni anak tangga dan menunggu kedatangan mobil dari tamu pertama di pintu depan. Bayangan orang itu terpantul di dinding yang terkena sinar mobil.

D.  Sekarang tibalah saat orang-orang datang ke panti asuhan memberi sumbangan. Pada hari ini banyak mobil mobil indah yang berhenti di depan panti asuhan. Sebenarnya kami tidak suka hari ini. Dia benar-benar sibuk seharian. Pagi-pagi sekali membersihkan lantai dan harus menjaga anak-anak mereka agar tidak berbuat kesalahan kepada para tamu. Malam harinya, setelah melepas kepergian para tamu, aku kembali ke kamarku di lantai dua. Ketika dia sedang memandangi mobil dengan pandangan kosong, masuklah seorang anak laki-laki, “Ibu Ripetto memanggil kamu.” Dia cepat-cepat menuruni anak tangga dan menunggu kedatangan mobil dari tamu terakhir di pintu depan. Bayangan orang itu terpantul di dinding yang terkena sinar mobil.

17.         Bacalah teks berikut!
“Saya betul-betul sedang memerlukan makanan itu, Kawan! Katamu akan dikembalikan besok?” pinta Kuda Putih setengah mengemis.
“Ah, begitu saja kamu tidak percaya! Aku kan, temanmu! Makanan yang aku pinjam kemarin pasti akan aku kembalikan!“ Kuda Hitam berteriak dan menunjuk-nunjuk Kuda Putih.
 Kuda Putih bukan main terkejutnya mendengar teriakan temannya. Beberapa penghuni hutan segera mendekati. Kuda putih segera meninggalkan teman yang ingkar janji itu. Hatinya kecewa mendengar ucapan temannya. Terlebih lagi ketika teringat Kuda Cokelat yang sedang sakit.  Si Kuda Cokelat itu pasti sedih jika dia datang tanpa membawa apa-apa.

Komentar yang tepat terhadap isi kutipan tersebut adalah ...
A.  Membantu saudara yang kekurangan adalah tindakan terpuji.
B.  Mengingkarai janji adalah sifat tercela.
C.  Memaksakan kehendak adalah perbuatan tidak pantas.
D.  Sudah seharusnya si Kuda Putih menghargai pendapat Kuda Hitam.

18.     Bacalah kalimat berikut!
Menteri dalam negeri, Cahyo Kumolo, mengikuti Seminar tentang Kepemudaan yang berlangsung di gedung Wana Bhakti, Jakarta selatan.
           
     Perbaikan ejaan yang tepat adalah ...
A.  Menteri dalam negeri, Cahyo Kumolo, mengikuti Seminar tentang Kepemudaan yang berlangsung di Gedung Wana Bhakti, Jakarta selatan.
B.  Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo, mengikuti Seminar Tentang Kepemudaan yang berlangsung di gedung Wana Bhakti, Jakarta selatan.
C.  Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo, mengikuti seminar tentang kepemudaan yang berlangsung di Gedung Wana Bhakti, Jakarta Selatan.
D.  Menteri dalam negeri, Cahyo Kumolo, mengikuti Seminar Tentang Kepemudaan yang berlangsung di gedung Wana Bhakti, Jakarta selatan.

19.     Bacalah kalimat berikut!
Di Play Graup Hati Beriman diajarkan materi tentang korupsi oleh para pengajar.

Perbaikan kalimat yang tepat adalah ...
A.            Oleh para pengajar di Play Graup Hati Beriman diajarkan materi tentang korupsi.
B.            Materi tentang korupsi di Play Graup Hati Beriman diajarkan oleh para pengajar.
C.            Di Play Graup Hati Beriman materi tentang korupsi diajarkan oleh para pengajar.
D.            Di Play Graup oleh para pengajar hati beriman diajarkan materi tentang korupsi.

20.     Bacalah teks berikut!
(1)Bandara Changi dibangun sedemikian rupa sehingga mirip sebuah pusat perbelanjaan.  (2)Bandara ini dilengkapi seribu toko yang menyediakan berbagai macam barang produk impor. (3)Para calon penumpang dapat membeli tiket secara online. (4)Selain toko dan kios makanan, bandara itu juga menyediakan taman dan sarana bermain agar para calon penumpang pesawat tidak bosan saat menunggu pesawat.

Agar padu, perbaikan yang tepat untuk kalimat nomor (3) adalah …
A.    Bagi pembeli tiket, mereka tidak perlu antre lagi.
B.     Ada juga kios makanan yang menyediakan berbagai menu dari seluruh belahan dunia.
C.     Sebagian lantainya tertutup oleh karpet yang tebal serta lembut.
D.    Para petugas bandara memakai seragam dan siap melayani seluruh calon penumpang.
 

21.         Bacalah teks berikut!
Kini, setelah 73 tahun Indonesia bebas dari belenggu penjajahan, bangsa Indonesia masih menghadapi berbagai persoalan berat. Angka kemiskinan dan pengangguran masih tinggi. Tingkat pendidikan juga masih rendah. Selain itu, korupsi yang mengancam sendi-sendi kehidupan masih merajalela.
Namun, di tengah rasa pesimisme seperti itu, tidak sedikit anak Indonesia yang berhasil mengukir prestasi di dunia internasional.  Beberapa kali pelajar Indonesia berjaya di luar negeri pada saat mengikuti lomba olimpiade Fisika ataupun Matematika.  Di cabang seni banyak putra dan putri Indonesia yang mampu menembus persaingan internasional. Selain itu, di cabang olahraga beberapa anak muda juga telah mampu membawa harum nama Indonesia di tingkat dunia.

Ringkasan yang tepat bacaan tersebut adalah ...
A.  Setelah 73 tahun merayakan kemerdekaanya, Indonesia masih mengalami banyak persoalan.
B.  Setelah 73 tahun merayakan kemerdekaanya, Indonesia berhasil melahirkan banyak prestasi.
C.  Walau masih banyak menghadapi  persoalan, bangsa Indonesia mampu berprestasi di tingkat dunia.
D.  Persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia membuat para pemuda berlomba menciptakan prestasi.

22.    Bacalah kutipan cerita berikut!
Aku sebenarnya tidak suka jika harus pulang ke rumah.  Setiap aku masuk rumah aku merasa seperti di penjara. Kebebasanku dirampas. Segala gerakanku dikomando. Semua gerak-gerikku diamati. Belum lagi setiap pendapatku selalu ditentang. Suaraku tidak didengarkan. Aku jadi malas untuk pulang ke rumah. Lebih baik aku di sini melihat lalu lalang orang dan kendaraan daripada pulang. Semua itu gara-gara ayah memilih  ibu baru yang seumuran denganku. Dia memang baik tetapi aku masih rindu dengan ibuku yang sudah dipanggil Tuhan.

Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah …
A.  Tidak betah di rumah karena bermusuhan dengan ibu tiri.
B.  Belum bisa melupakan ibunya yang  kawin lagi.
C.  Tidak suka kepada ibu tiri yang jahat.
D.  Menolak rencana ayah punya istri lagi.

23.    Bacalah teks berikut!
Jumlah pulau besar dan kecil di Indonesia 17.504 pulau. Berdasarkan data dari Departemen Dalam Negeri (Depdagri), baru 7.870 pulau yang bernama. Selebihnya berjumlah 9.634 belum bernama. Urusan penamaan pulau-pulau kecil menjadi tugas Departemen Kelautan Dan Perikanan (DKP). Dirjen pesisir dan pulau-pulau kecil (P3K) DKP, Widi Agoes Praktiknyo mengatakan, Indonesia harus dapat menyelesaikan pemberian nama pulau-pulau tersebut sebelum 2020.

Kesimpulan paragraf tersebut adalah …
A.  Sebagian besar pulau di Indonesia belum bernama.
B.Semua pulau kecil di Indonesia belum bernama.
C.Pemberian nama pulau adalah tugas Departemen Dalam Negeri.
D.  P3K mendapat pekerjaan rumah memberi nama seluruh pulau di Indonesia

24.    Bacalah kutipan cerita berikut!
Ketika itu Saniah sedang duduk  di pembaringan. Asnah bermohon kepadanya dengan lemah lembut agar ia mau ke ruang makan dan keluar dari kamar.  Akan tetapi, Saniah berdiam diri saja, ia tidak mau makan, hatinya sangat geram sebab Asri juga makan bersama orang lain, tidak dengan dia saja. Demi didengarnya suara tertawa di ruang tengah, dia segera menutup telinganya.

Akibat konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A.  bujukan Asnah yang mengajaknya makan.
B.   Suara tertawa dari ruang tengah.
C.   Merasa dikhianati Asri.
D.  Saniah berdiam diri saja, ia tidak mau makan.

25.    Bacalah teks berikut!
(1)Buku Budidaya Buah Naga karya Mila Rosa diterbitkan oleh Sinar Abadi. (2)Buku ini mengupas cara pembudidayaan buah naga dengan cukup komplet, mulai dari pembibitan sampai masa pemanenan. (3)Buku setebal 124 halaman itu disajikan dengan bahasa yang cukup komunikatif. (4)Meskipun cara penyusunnnya belum sistematis, bagi yang ingin memahami seluk beluk buah naga, buku ini dapat memenuhi kebutuhan itu.

Pernyataan yang berisi kelebihan ditandai dengan nomor ... .
A.  (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.  (4)

26.    Bacalah teks berikut!
Kebahagiaan hidup seseorang dapat disebabkan oleh harta dan kekayaan yang melimpah. [...] Masih ada faktor lainnya yang membuat kebahagiaan hidup yaitu kesehatan badan. Adapun ketenangan pikiran dan persahabatan juga dapat mempengaruhi kebahagiaan hidup seseorang .
 Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah ...
A.      Rumah mewah dan mobil  mewah dapat menjadikan orang hidup bahagia.
B.       Namun demikian, harta bukan satu-satunya faktor penentu kebahagiaan seseorang.
C.       Bagi sebagian orang, uang yang banyak juga bisa menjadikan ia hidup bahagia.
D.      Kebahagiaan sejati sukar dijelaskan karena tiap orang memiliki kriteria yang berbeda.

27.    Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Teks II
Madu merupakan salah satu hasil produksi yang asalnya dari hewan berjenis lebah. Saat ini madu  banyak dikenal oleh masyarakat luas lantaran manfaat dan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Menariknya, manfaat dari madu sendiri sangatlah beragam dan berlimpah. Maka tidak heran jika jenis bahan yang satu ini banyak dipakai untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Di antara manfaat dari madu untuk kesehatan adalah sebagai berikut.
Di negara-negara maju, bersepeda sudah menjadi suatu rutinitas keseharian. Contohnya adalah Negara Jepang, di negara yang memiliki julukan Negara Sakura tersebut sepeda sudah seperti kendaraan wajib. Bersepeda sudah menjadi hoby bagi sebagian masyarakat di sana. Penggunaan alat transportasi semacam bis pun semakin berkurang seiring dikeluarkannya Perda sepeda oleh pemerintah setempat.
      Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ... .

Teks I
Teks II
A.
tidak menggunakan kata depan
menggunakan kata depan
B.
menggunakan kata ganti
tidak menggunakan kata ganti
C.
tidak menggunakan kata penghubung
menggunakan kata penghubung
D.
menggunaan kata baku
menggunakan kata tidak baku
  

28.    Bacalah petunjuk berikut!
Langkah-langkah membuat bunga tulip dari bahan kertas
1.    Siapkan kertas krep warna-warni ukuran 6x10 inch, guntinglah menjadi 5 bagian,tiap-tiap bagian memiliki ukuran 2×6 inch
2.    Ambil satu kertas yang sudah digunting tadi, lalu lipatlah tengahnya sampai menjadi kelopak bunga.
3.    Lakukan langkah nomor 2 secara berulang-ulang untuk membuat bunga yang lain hingga terbentuk 5 buah kelopak bunga tulip.
4.    [...]
5.    Rekatkan satu per satu kelopak bunga pada tangkai tersebut.
6.    Ikatlah kelopak bunga yang satu dengan yang lainnya dengan benang agar tidak mudah lepas.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang petunjuk tersebut adalah ...
A.      Bentuklah kelopak sebanyak-banyaknya.
B.       Berilah warna yang menarik untuk memperindah bentuknya.
C.       Gunakan  koran bekas atau kawat sebagai tangkainya.
D.      Siapkan gunting dan koran bekas.

29.    Bacalah kalimat berikut!
Dalam pendidikan formal tidak mengenal hukuman dengan kekerasan fisik.
 Kalimat tersebut tidak efektif karena ... .
A.      maknanya  tidak logis
B.       tidak memiliki subjek
C.       pemborosan kata
D.      predikatnya tidak berimbuhan

30.    Bacalah teks berikut!
(1) Disadari atau tidak, nasehat orang tua  merupakan penuntun bagi anak dalam bertindak. (2)Sayangnya masih ada anak yang  belum mau menaatinya. (3)Mereka cenderung membangkang dengan banyak dalih. (4)Pada akhirnya tidak mau merubah perilaku buruknya.

Kata tidak baku dalam  teks tersebut adalah ... .
A.      penuntun, merubah
B.       nasehat, menaatinya
C.       menaatinya, dalih
D.      nasehat, merubah

31.    Bacalah teks berikut!
Ajip Rosidi menempuh studi di Sekolah Rakyat Jatiwangi tahun 1950, SMP N VIII Jakarta tahun 1953 dan pendidikan terakhir Taman Madya, Taman Siswa Jakarta (1956). Sekalipun tidak tamat SMA dia bertekad untuk menjadi orang sukses. Kesehariannya dihabiskannya dengan  membaca buku-buku. Tak salah bila Ajip berhasil setidaknya menuliskan 326 judul karya yang merupakan buah dari luas pemikirannya.
        Tak hanya itu saja, berkat prestasinya di bidang kesusastraan dan kebudayaan pada tahun 1967-1970, dia diangkat menjadi dosen luar biasa di Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran, Bandung. Lalu pada tahun 1981, laki-laki 76 tahun ini diangkat sebagai guru besar tamu di Osaka Gaikokugo Daigaku (Universitas Bahasa Asing Osaka). 
·      Beliau mendapat Hadiah Sastra Nasional dalam Kongres Kebudayaan tahun 1957 di Denpasar untuk sajak-sajak yang ditulisnya pada tahun 1955-1956. Dalam Kongres Kebudayaan tahun 1960 di Bandung, ia juga mendapat Hadiah Sastra Nasional  untuk kumpulan cerita pendeknya yang berjudul  Sebuah Rumah Buat Hari Tua.
 Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ...
A.      menjadi dosen luar biasa di Univesitas Padjajaran Bandung.
B.       dia bertekad untuk menjadi orang sukses.
C.       kumpuan sajak-sajaknya mendapat Hadiah Sastra Nasional tahun 1960.
D.      mampu menulis 326  judul buku karena luas pemikirannya.

32.    Bacalah teks berikut!
Buya Hamka dikenal sebagai ulama, politikus, serta penulis terkenal Indonesia. Sosok religius kelahiran Desa Molek, Meninjau, Sumatera Barat 1908 ini adalah seorang putra ulama besar Minang Syekh Abdul Karim bin Amrullah. Meskipun hanya mengenyam pendidikan formal sekolah dasar di Maninjau. Hamka luas akan pengetahuan karena kegemarannya membaca terutama tentang keagamaan, berkat pendididikan informal yang didapatnya selama di kamung halaman. Haji Abdul Malik Karim atau disingkat Hamka pernah bekerja sebagai wartawan tahun 1920-an di surat kabar Pelita Andalas, Seruan Islam, Bintang Islam, dan Suara Muhammadiyah. Dari tangan seorang wartawan ini lahirlah karya sastra yang menggugah seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Di Bawah Lindungan Ka'bah, dan Merantau ke Deli.

Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah ...
A.      menjadi ulama besar dan politikus.
B.       luas pengetahuan karena gemar membaca.
C.       menjadi wartawan di surat kabar Pelita Andalas.
D.      pandai mengarang karya sastra.

33.    Bacalah kalimat berikut!
Guru  profesional  senantiasa  mengajarkan siswa-siswanya   menggunakan metode inovatif dengan tujuan agar  memperoleh kompetensi yang diharapkan.

Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ....
A.      mengajarkan
B.       metode
C.       inovatif
D.      kompetensi

34.    Bacalah kutipan cerita berikut!
“Nah, rupanya kamu yang sering ambil manggaku ya?” kata Mbah Jo sembari  memukuli pantat Darjit pakai sapu lidi.
 “Pantesan tiap hari manggaku selalu berkurang,” lanjut Mbah Jo.
 “Ampun Mbah! Ampun! Saya janji tidak akan mengulangi lagi, Mbah,” teriak Darjit kesakitan.
 “Aku laporkan  kamu ke Pak Lurah nanti biar dibawa ke kantor Polisi,”geram Mbah Jo tanpa  henti-hentinya  menamparkan sapunya ke pantat Darjit. Sementara Darjit meraung-raung kesakitan seraya ketakutan.

Cara pengarang menggambarkan  watak tokoh  Mbah Jo  pada kutipan cerita tesebut adalah ... .
A.      diceritakan langsung pengarang
B.       dialog antar tokoh
C.       tindakan tokoh
D.      lingkungan sekitar tokoh

35.    Bacalah kedua teks cerita berikut!
Teks I
Teks II
Pada suatu hari ada seekor rubah tengah jalan-jalan di sekitar hutan. Ia kemudian berpikir bahwa hari ini cuaca cerah dan ia bisa pergi memancing untuk mengadu nasib. Kemudian, ia pun mempersiapkan alat untuk memancing dan segera bergegas menuju telaga yang ada di tengah hutan.
Saat tiba di telaga, rubah pun memutar otak bagaimana caranya ia memperoleh ikan yang banyak untuk makan malamnya.
Tak disangka, sang Kura-kura dengan kegigihannya memenangkan pertandingan dan mengakhiri kisah tersebut. Sang Kelinci yang baru saja terbangun dari tidurnya merasa kaget karena sang Kura-kura mampu mengalahkannya. Bukan karena kecepatan yang dimiliki oleh sang Kura-kura, tetapi ia dikalahkan oleh karena kegigihan dan pantang menyerah dari seekor kura-kura yang lambat.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerita tersebut adalah ... .

Teks I
Teks II
A.
menggunakan  ungkapan
menggunakan kata sandang
B.
menggunakan kata sandang
menggunakan kata ganti
C.
menggunakan kata seru
menggunakan kalimat langsung
D.
menggunakan kata depan
menggunakan ungkapan

36.    Bacalah kalimat berikut!
“Ambilkan koran di atas meja!” suruh ayah kepadaku.

Variasi kalimat tersebut adalah ...
A.       Aku menyuruh, “Yah, ambilkan koran di atas meja!”
B.        Aku menyuruh ayah agar mengambilkan koran di atas meja.
C.        “Tolong ambilkan koran di atas meja, Yah!” kataku kepada ayah.
D.       Ayah menyuruhku agar mengambilkan koran di atas meja.

37.    Bacalah kalimat berikut!
Dok saya akan berobat jalan saja tidak mau opname?” kata Pak Anggoro.

Perbaikan tanda baca dalam kalimat tersebut adalah ...
A.      “Dok, saya akan berobat jalan saja tidak mau opname.” kata Pak Anggoro.
B.       “Dok, saya akan berobat jalan saja tidak mau opname,” kata Pak Anggoro.
C.       “Dok, saya akan berobat jalan saja tidak mau opname!” kata Pak Anggoro.
D.      “Dok saya akan berobat jalan saja tidak mau opname,” kata Pak Anggoro.

38.    Bacalah kutipan cerita berikut!
Bayu, yang masih duduk di kelas 6 Sekolah Dasar, memiliki satu mimpi dalam hidupnya menjadi pemain sepak bola hebat. Setiap hari dengan penuh semangat, ia menggiring bola menyusuri gang-gang di sekitar rumahnya sambil men-dribble bola untuk sampai ke lapangan bulu tangkis dan berlatih sendiri di sana. Heri, sahabat Bayu penggila bola, sangat yakin akan kemampuan dan bakat Bayu. Kelak ia akan menjadi pemain hebat bak garuda yang siap mengepakkan sayapnya untuk membela Tim Nasional U-13 berlaga di ajang internasional.

Makna simbol kata garuda pada kutipan cerita tersebut adalah ... .
A.      kuat bersemangat.
B.       terbang tinggi
C.       suka menyerang
D.      bisa melayang

39.    Bacalah kutipan cerita berikut!
Saat itu, aku bersama teman-temanku tengah berdebat mengenai cara paling tepat menuju ke puncak gunung. Teman-temanku dengan mantap mengatakan bahwa cara terbaik menuju puncak gunung adalah mengikuti rute yang ada di dalam peta.
Lain sikap denganku. Dengan pandir kukatakan bahwa jalan yang ditujukan peta sudah tidak bisa diikuti lagi. Saat itu aku berujar bahwa pendakian dengan cara mengikuti peta adalah suatu hal yang jadul.“Lagian, untuk apa sih kita ikut peta segala? Kita ini kan menjelajahi alam. Yang kita pakai tuh insting; intuisi; panggilan alam; bukan peta atau kompas!” selorohku saat itu. Karena tak ingin lebih lama berdebat, aku pun langsung bergegas pergi meninggalkan mereka. Kususuri saja jalan yang terbentang di sepanjang kaki gunung.

Kutipan cerita tersebut menunjukkan bagian alur ....
A.      penyelesaian
B.       konflik
C.       pengenalan
D.      klimaks

40.    Bacalah kalimat berikut!
Pemerintah akan  merevisi APBN untuk menyesuaikan laju [...] yang terjadi akibat menurunnya harga minyak mentah pasaran dunia.

Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kalimat tersebut adalah ... .
A.      finansial
B.       regulasi
C.       devaluasi
D.      inflasi

41.    Bacalah kalimat berikut!
Kedua anak yang bertengkar telah didamaikan  oleh guru BK dan dibuktikan dengan [...] serta berjanji tidak akan mengulangi pertengkaran lagi.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ... .
A.      bersalaman-salam
B.       saling bersalam-salaman.
C.       bersalam-salaman
D.      saling bersalaman-salam

42.    Bacalah kalimat berikut!
Sebagai warga negara yang baik, apakah kalian akan membiarkan negaranya diinjak-injak  bangsa asing [...] akan melawan demi mempertahankan  harga diri bangsa kita?

Kata penghubung yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ... .
A.      tetapi
B.       karena
C.       atau
D.      sehingga

43.    Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Teks I
Teks II
      “Kau sangat tidak punya hati buaya, kau biarkan aku masuk ke mulutmu.”
      “Aku sama sekali tidak tahu kalau kau masuk ke mulutku, jadi suara yang indah itu bukan suaraku….?”
Burung penyanyi berkata “Iya, itu suaraku bukan suaramu, kau kan tidak bisa bernyanyi sepertiku. Suaramu itu tidak enak didengar.” Buaya menangis setelah mendengar ucapan burung penyanyi. Kemudian burung penyanyi merasa iba karena apa yang dikatakannya menyinggung perasaan buaya.
       Buaya itu tiba-tiba mengibaskan ekornya di air, ia bangun dari tidurnya. “Ada apa? Kau mengganggu tidurku saja,gerutu buaya agak kesal.
      “Sudah kubilang, aku punya banyak daging segar. Tapi aku malas untuk memakannya. Kau tahu bukan kalau aku tidak suka daging? Jadi aku berniat memberikan daging segar itu untukmu dan teman-temanmu,” jawab kancil polos.
      “Benarkah itu? Aku dan beberapa temanku memang belum makan siang.
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut diawali dengan ... .

Teks I
Teks II
A.
aksi tokoh
pengenalan latar
B.
pengenalan latar
garis besar cerita
C.
garis besar cerita
aksi tokoh
D.
masalah yang harus diselesaikan
aksi tokoh

44.    Bacalah teks berikut!
      (1)Kepedulian kita terhadap sesama teruji ketika menghadapi berbagai persoalan. (2)Salah satunya dalam merespon  bencana alam yang melanda negeri ini. (3)Dalam  keadaan itulah kita seharusnya  menunjukkan solidaritas. (4) Kita  bertindak secepatnya memberi  bantuan demi meringankan korban bencana alam.
 Kalimat tidak efektif  dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A.      (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.      (4)

45.    Bacalah kalimat berikut!
Saat mengerjakan soal ujian, siswa dilarang mengintai jawaban orang lain.

Penggunaan kata mengintai dalam kalimat tersebut  salah karena ...
A.      Kata mengintai lebih tepat untuk melihat dari jarak jauh.
B.       Kata mengintai sebaiknya diganti dengan kata menonton.
C.       Kata mengintai harus didahului subjek  yang jelas.
D.      Kata mengintai  sebaiknya diganti kata menatap.


46.    Bacalah  kalimat berikut!
Karena kaya raya, Pak Ahmad  sudah berkali-kali menunaikan ibadah Haji ke tanah suci Mekah.

Penggunaan huruf kapital pada kata haji dalam kalimat tersebut  salah karena ... .
A.      tidak diikuti nama orang
B.       dipakai sebagai kata sapaan
C.       digunakan dalam kalimat majemuk
D.      bukan termasuk gelar keagamaan
 
47.    Bacalah teks berikut!
(1)Pundi-pundi emas Indonesia dalam Asian Games 2018  melampaui target KONI. (2)Medali emas ke dua puluh tiga disumbangkan  Jonathan Christie alias Jojo melalui cabang olahraga bulutangkis. (3) Dalam final yang berlangsung di Istora GBK, ia berhadapan dengan pemain China, Chou Tien Chen. (4) Melalui perjuangan berat, akhirnya Jojo memenangi pertandingan dengan tiga set.

Penggunaan ejaan yang tidak sesuai terdapat dalam kalimat bernomor ... .
A.      (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.      (4)

48.    Bacalah kalimat berikut!
Dilarang membawa : makanan,  tas dan kamera saat memasuki ruang museum.

Perbaikan tanda baca dalam kalimat tersebut adalah....
A.      Dilarang membawa  makanan, tas, dan kamera saat memasuki ruang museum.
B.       Dilarang membawa : makanan, tas, dan kamera saat memasuki ruang museum.
C.       Dilarang membawa : makanan, tas, dan kamera saat memasuki ruang museum!
D.      Dilarang membawa  makanan, tas, dan kamera saat memasuki ruang museum!

49.    Bacalah teks berikut!
1.      Harga cabe pada musim penghujan mengalami kenaikan.
2.      Masih ada tuna wisma hidup di kolong jembatan.
3.      Zaman dahulu anak-anak desa senang mandi di Sungai.
4.      November 2018 terjadi fenomena langit hujan meteor.
Penggunaan ejaan yang tepat dalam teks tersebut terdapat dalam kalimat bernomor ....
A.      (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.      (4)

50.    Bacalah kalimat berikut!
Jika semua bukti saya tunjukkan ; apakah kamu masih tidak mempercayai kehebatan dia?

Penggunaan tanda baca dalam kalimat tesebut salah karena ....
A.      anak kalimat yang mendahului induk kalimat dipisahkan tanda koma (,)
B.       tanda tanya (?) pada akhir kalimat seharusnya diganti tanda seru (!).
C.       induk kalimat yang mendahului anak kalimat  dipisahkan tanda koma (,)
D.      tanda titik koma (;) seharusnya diganti dengan tanda hubung (-)


KUNCI JAWABAN

1
A
2
B
3
A
4
B
5
D
6
A
7
A
8
B
9
C
10
A
11
C
12
C
13
B
14
A
15
D
16
B
17
B
18
C
19
C
20
B
21
C
22
A
23
A
24
D
25
C
26
B
27
D
28
C
29
B
30
D
31
D
32
B
33
A
34
C
35
A
36
D
37
B
38
A
39
B
40
D
41
C
42
C
43
D
44
D
45
A
46
A
47
B
48
D
49
D
50
A

3 comments:

  1. Hanya 1 USER ID Bisa Main Semua Game Ini.

    LIVE CASINO
    SPORTBOOK
    POKER
    SABUNG AYAM
    TANGKAS
    SLOT GAMES
    BATU GONCANG
    NUMBER GAME

    HOT PROMO CANDI4D :

    Bonus New Member 10%
    Bonus Deposit HARIAN 10%

    BONUS Candi4D :

    Bonus 1 Minggu Sekali!!!
    Bonus Rollingan up to 0.8% ( Casino )

    Bonus 2 Minggu Sekali!!!
    -Bonus Rollingan Sport 0.3%
    -Bonus Rollingan Poker 0.3%
    -Bonus Rollingan Sabung Ayam 0.3%
    -Bonus Rollingan Tangkas 0,3%
    -Bonus Rollingan Slotgame 0,3%

    BONUS CASHBACK ( SETIAP HARI SENIN )

    -Bonus CashBack up to 15% ( Games & Tangkas )
    -Bonus CashBack up to 15% ( Sportbook )
    -Bonus CashBack up to 15% ( Sabung Ayam )

    BONUS REFERRAL

    -Bonus Referral Togel :
    –4D & COLOK : 1%
    –2D & 3D : 0.5%
    -Bonus Referal up to 2% ( Sportbook & Sabung Ayam )

    Discount TOGEL untuk Pasaran :
    SENTOSA 4D – SENTOSA TOTO – SINGAPORE – FINLANDIA
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.50% , 2D : 29.50%

    SYDNEY – HONGKONG
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.00% , 2D : 29.00%

    Min Depo : Rp 25.000,-
    Min WD : Rp 50.000,-

    Ayo bergabung bersama kami! Rasakan pengalaman judi yang berbeda :)

    Whatsapp : +6281388618848
    Line : CANDI_4D
    Instagram : cscandi4djitu

    WWW. CANDIJITU. COM
    Pelayanan 24 jam online :)

    ReplyDelete
  2. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete