INSTRUMEN TELAAH SOAL
PILIHAN GANDA (SOAL UTAMA)
Mata Pelajaran : Sastra Indonesia Penulis Soal : Muh Zuhri, M.Pd.
Jumlah Butir
Soal : 35 Penelaah : Drs. Syaifudin Zuhri, M.P.d.
JENIS
PERSYARATAN
|
BUTIR SOAL
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
||
A.
Materi
|
1.
Soal sesuai dengan indikator
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2.
Tidak bersifat SARAPPPK
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
3.
Pilihan jawaban homogen dan logis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
4.
Hanya ada satu kunci jawaban benar
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
B. Konstruksi
|
5.
Pokok soal jelas dan tegas
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
6. Pokok soal merupakan pernyataan yang
diperlukan
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
7.
Pilihan Jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
8.
Pokok soal tidak memberi petunjuk ke arah jawaban yang
benar
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
9.
Pokok soal tidak mengandung pernyataan yang bersifat
negatif ganda
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
10. Panjang rumusan pilihan jawaban
relatif sama
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
11.
Pilihan jawaban tidak mengandung pernyataan , ”Semua
pilihan jawaban di atas salah/benar”.
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
12.
Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu disusun
menurut besar kecilnya nilai angka atau kronologisnya
|
1
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
13. Gambar, grafik, diagram, tabel, dan
sejenisnya yang terdapat pada soal jelas dan berfungsi
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
14.
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal lain
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
C. Bahasa
|
15.
Soal menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah
bahasa
Indonesia
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
16.
Soal tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
17.
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
18.
Pilihan jawaban tidak mengulang kata atau frase yang
bukan merupakan satu kesatuan pengertian
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
JUMLAH SKOR HASIL TELAAH
|
|||||||||||||||||||||
Nilai 18 aspek
|
|||||||||||||||||||||
Nilai 17 aspek (tanpa aspek nomor 12 atau 13)
|
20
|
||||||||||||||||||||
Nilai 16 aspek (tanpa aspek nomor 12 dan 13)
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
||
REKOMENDASI HASIL TELAAH BUTIR SOAL
|
|||||||||||||||||||||
Diterima tanpa perbaikan
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
|
Diperbaiki
|
|||||||||||||||||||||
Ditolak/tidak digunakan
|
|||||||||||||||||||||
DIMENSI KOGNITIF
|
|||||||||||||||||||||
Pengetahuan dan Pemahaman
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
||||||||||||||
Penafsiran/Aplikasi
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
|||||||||||
Penalaran
|
v
|
v
|
v
|
INSTRUMEN TELAAH SOAL
PILIHAN GANDA (SOAL UTAMA)
Mata Pelajaran : Sastra Indonesia Penulis
Soal : Muh Zuhri, M.Pd.
Jumlah Butir
Soal : 35 Penelaah : Drs. Syaifudin Zuhri, M.P.d.
JENIS
PERSYARATAN
|
BUTIR SOAL
|
|||||||||||||||
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
32
|
33
|
34
|
35
|
||
A.
Materi
|
1.
Soal sesuai dengan indikator
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2.
Tidak bersifat SARAPPPK
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
3.
Pilihan jawaban homogen dan logis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
4.
Hanya ada satu kunci jawaban benar
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
B. Konstruksi
|
5.
Pokok soal jelas dan tegas
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
6. Pokok soal merupakan pernyataan yang
diperlukan
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
7.
Pilihan Jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
8.
Pokok soal tidak memberi petunjuk ke arah jawaban yang
benar
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
9.
Pokok soal tidak mengandung pernyataan yang bersifat negatif
ganda
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
10. Panjang rumusan pilihan jawaban
relatif sama
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
11.
Pilihan jawaban tidak mengandung pernyataan , ”Semua
pilihan jawaban di atas salah/benar”.
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
12.
Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu disusun
menurut besar kecilnya nilai angka atau kronologisnya
|
1
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
13. Gambar, grafik, diagram, tabel, dan
sejenisnya yang terdapat pada soal jelas dan berfungsi
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
14.
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal lain
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
C. Bahasa
|
15.
Soal menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah
bahasa
Indonesia
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
16.
Soal tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
17.
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
18.
Pilihan jawaban tidak mengulang kata atau frase yang
bukan merupakan satu kesatuan pengertian
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
JUMLAH SKOR HASIL TELAAH
|
||||||||||||||||
Nilai 18 aspek
|
||||||||||||||||
Nilai 17 aspek (tanpa aspek nomor 12 atau 13)
|
20
|
|||||||||||||||
Nilai 16 aspek (tanpa aspek nomor 12 dan 13)
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
19
|
||
REKOMENDASI HASIL TELAAH BUTIR SOAL
|
||||||||||||||||
Diterima tanpa perbaikan
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
|
Diperbaiki
|
||||||||||||||||
Ditolak/tidak digunakan
|
||||||||||||||||
DIMENSI KOGNITIF
|
||||||||||||||||
Pengetahuan dan Pemahaman
|
v
|
v
|
v
|
v
|
||||||||||||
Penafsiran/Aplikasi
|
v
|
v
|
v
|
v
|
||||||||||||
Penalaran
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
REKAPITULASI HASIL
TELAAH BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
Mata Pelajaran : Sastra Indonesia Penulis Soal : Muh Zuhri, M.Pd.
Jumlah Butir
Soal : 35 Penelaah : Drs. Syaifudin Zuhri, M.P.d.
- REKOMENDASI
NO
|
REKOMENDASI
|
JUMLAH
|
PERSENTASE
|
1
|
Diterima
|
35
|
100
|
2
|
Diperbaiki
|
0
|
0
|
3
|
Ditolak
|
0
|
0
|
- Dimensi Kognitif
No
|
Dimensi
Kognitif
|
Jumlah
|
Persentase
|
1
|
Pengetahuan
dan Pemahaman
|
11
|
31
|
2
|
Penafsiran
|
14
|
40
|
3
|
Penalaran
|
10
|
29
|
Boyolali,
12 Maret 2017
Penelaah
Drs.
Syaifudin Zuhri, M.P.d. NIP
196406061999031002
PETUNJUK
PENGISIAN INSTRUMEN (MANUAL)
1. Isilah identitas mata pelajaran, jumlah butir
soal, nama penulis soal, dan nama penelaah.
2. Pahami dengan cermat aspek yang ditelaah dan
kriteria penskorannya.
3. Isikan skor setiap aspek sesuai kriteria pada
setiap nomor butir soal yang ditelaah. Skor maksimum setiap aspek ada yang 2
(nomor 3, 5, 13) da nada yang 1 (nomor 1-2, 4, 5-12, 14-8).
a. Skor aspek nomor 1-2, 4, 5-12, 14-8 : memenuhi
kriteria skor=1 dan tidak memenuhi kriteria skor= 0.
b. Skor aspek nomor 3, 5, 13 = memenuhi 2 kriteria
skor= 2, memenuhi 1 kriteria skor=1, tidak memenuhi kriteria skor =0
c. Skor maksimum seluruh aspek = 21
18. Jika aspek nomor 1 dan/atau aspek nomor 2
mendapat skor 0 (soal tidak sesuai dengan indikator atau soal mengandung SARAPPPK),
maka penelaahan tidak perlu dilakukan pada aspek-aspek selanjutnya, dan soal
DITOLAK. Untuk aspek nomor 12 dan 13 jika pada soal tidak terdapat gambar
dan/atau angka diisi tanda silang (X)
5. Isikan jumlah skor hasil telaah pada setiap nomor
butir soal.
6. Nilai 18 aspek jika pemberian skor lengkap
meliputi aspek 1 s.d 18.
7. Nilai 17 aspek jika aspek nomor 12 atau nomor 13
tidak ada
8. Nilai 16 aspek jika aspek nomor 12 dan nomor 13
tidak ada
9. Perhitungan nilai hasil telaah menggunakan bilangan
bulat 0 - 100
a. Nilai 18 aspek = (jumlah skor x 100) / 21
b. Nilai 17 aspek (tanpa nomor 12 atau nomor 13) =
(jumlah skor x 100) / 20
c. Nilai 16 aspek (tanpa nomor 13) = (jumlah skor x
100) / 19
10. Rekomendasi hasil telaah butir soal
Rekomendasi hasil telaah dibedakan menjadi tiga
kategori yaitu:
a. Soal DITERIMA tanpa perbaikan
b. Soal DIPERBAIKI
c. Soal DITOLAK/TIDAK DIGUNAKAN
11. Kriteria hasil telaah
a. Soal DITERIMA tanpa perbaikan, jika jumlah skor
=100.
b. Soal DIPERBAIKI, jika aspek nomor 1 dan aspek
nomor 2 masing-masing mendapat skor 1 dan jumlah skor = 70 – 99. Perbaikan
dilakukan pada aspek-aspek
yang belum mencapai skor maksimum.
c. Soal DITOLAK/TIDAK DIGUNAKAN, jika aspek nomor 1
dan/atau aspek nomor 2 mendapat skor 0 (soal tidak sesuai dengan indikator
dan/atau soal tidak bersifat SARAPPPK), atau Aspek nomor 1 dan aspek nomor 2
masing-masing mendapat skor 1 dan jumlah skor < 70
REKOMENDASI HASIL
TELAAH BUTIR SOAL
Isikan angka 1 pada setiap nomor butir soal untuk soal yang DITERIMA, DIPERBAIKI, atau DITOLAK sesuai kriteria hasil telaah butir soal.kemudian jumlahkan.
Isikan angka 1 pada setiap nomor butir soal untuk soal yang DITERIMA, DIPERBAIKI, atau DITOLAK sesuai kriteria hasil telaah butir soal.kemudian jumlahkan.
DIMENSI KOGNITIF
Isikan angka 1 pada setiap nomor butir soal sesuai
dimensi kognitifnya, kemudian jumlahkan.