RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA Negeri 2
Boyolali
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Teks Prosedur
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X
pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.2 Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks prosedur
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Mengindentifikasi
struktur teks prosedur
3.2.2 Menelaah
kebahasaan teks ekplanasi
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.2
Memproduksi teks prosedur secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur
dan kebahasaan
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.2.1 Menentukan
pola pengembangan dalam menulis teks prosedur
4.2.2 Menulis teks prosedur
berdasarkan struktur dan kebahasaan
|
C.
Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan
pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks prosedur, menelaah
kebahasaan teks prosedur, menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur,
dan menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan
rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif
selama proses pembelajaran..
D. Materi
Skematik Prosedur
· Pernyataan Umum/tujuan
·
Tahapan-tahapan
·
Penegasan ulang
E. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber
Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK),
Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan
dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati contoh teks prosedur yang dibawa.
2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur.
Menanya
3. Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan kaidah kebahasaan
teks prosedur.
4. Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan kaidah kebahasaan
teks prosedur.
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik secara
berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur.
Mencoba
1. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis struktur dan kaidah
kebahasaan teks prosedur.
5. Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan
atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya.
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter
(PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan
dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati berbagai jenis teks prosedur
2. Peserta didik mengidentifikasi pola pengembangan dalam berbagai jenis
teks yang disajikan.
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang jenis teks prosedur
2. Peserta didik bertanya jawab dan berkomentar tentang pola pengembangan
teks prosedur
Menalar
1.
Peserta didik menentukan
tema teks prosedur yang akan ditulisnya
2.
Peserta didik menentukan
satu pola pengembangan teks prosedur dari berbagai teks yang sudah
diidentifikasi
3.
Peserta didik merancang
langkah-langkah teks prosedur dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan.
Mencoba
1.
Peserta didik mencoba
menuliskan teks prosedur secara utuh dengan mempertimbangkan struktur dan
kaidah kebahasaan.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik
mempresentasikan hasil karyanya
2.
Peserta didik yang lain
mengomentari dan memberi masukan.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
150 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2.
Memberikan tugas kepada peserta didik
untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk
kerja :lembar penilaian
presentasi
d.
Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan,
maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI TEKS PROSEDUR
TEKS
PROSEDUR
A.
Contoh
Kiat Berwawancara Kerja
Bagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengan
calon.
Agar mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga agar kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga suara agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara suara yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu sering karena justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.
Singkatnya, akan lebih baik jika kita
mampu menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh
karena itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan negatif, seperti
menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara
berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.
Pada saat berbicara, hindari uraian yang
panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan
terfokus, namun tetap menarik. Kita diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita
adalah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan
atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
Pewawancara biasanya memberikan kesempatan
kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir wawancara. Gunakanlah
kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita
tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar, kesempatan
pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, karena bersikap pasif dan
menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai
kita di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
B.
Pengertian
Teks
prosedur adalah Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan
dalam melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu dapat terlaksana
dengan baik dan berhasil..
C. Fungsi
Teks prosedur berfungsi
untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam
melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu
dapat terlaksana dengan baik.
D. Struktur
Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)
Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)
E.
Aspek kebahasaan
Berikut aspek
kebahasaan teks prosedur.
1. Banyak menggunakan
kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.
Bentuk dasar
|
Imbuhan/Partikel
|
Bentukan Kata
|
perhati
|
-kan
|
perhatikan
|
pasti
|
-kan
|
pastikan
|
tunjuk
|
-kan
|
tunjukkan
|
cerita
|
-kan
|
ceritakan
|
hindar
|
-i
|
hindari
|
jadi
|
-lah
|
jadilah
|
2. Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topic yang dibahasnya.
3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif
5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
INTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran
: 2018/2019
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia–
Wajib
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK LANJUT
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
INSTRUMEN
PENUGASAN 1
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia - Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.2
|
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
Indikator
|
:
|
3.2.1
|
Mengindentifikasi struktur teks prosedur
|
|
|
3.2.2
|
Menelaah
kebahasaan teks prosedur.
|
Materi
|
:
|
Teks
Prosedur
|
Contoh Tugas:
1.
Bacalah contoh
teks prosedur! Secara berkelompok, tentukanlah bagian-bagian dari struktur teks
tersebut. Kemudian, simpulkan pula struktur teks tersebut berdasarkan kelengkapannya!
Bagian-bagian Teks
|
Petunjuk Isi
|
a.
Pernyataan
umum/tujuan
|
……………………………………………………….
|
b.
Tahapan-tahapan
|
……………………………………………………….
|
c.
Penegasan
ulang
|
|
Simpulan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
|
2.
Presentasikanlah
pendapat-pendapat kelompokmu tentang struktur itu. Kemudian, mintalah
teman-teman dari kelompok lain untuk memberikan penilaian atau tanggapan-tanggapannya
berdasarkan ketepatan, kelengkapan, dan kejelasan!
Nama Penanggap
|
Tanggapan
|
||
|
Ketepatan
|
Kelengkapan
|
Kejelasan
|
|
|
|
Tugas Analisis
Kebahasaan
1. Kerjakanlah secara berkelompok. Untuk berlatih,
tulislah masing-masing lima contoh kalimat yang menggunakan kata kerja
perintah, kata-kata teknis, konjungsi penambahan, pernyataan persuasif,
gambaran tentang benda dan alat yang dipakai. Kamu bisa mengerjakan tugas ini
pada buku kerjamu!
Kaidah Kebahasaan
|
Contoh Penggunaan
|
kata kerja perintah
|
|
kata-kata teknis
|
|
konjungsi penambahan
|
|
pernyataan persuasif
|
|
gambaran tentang benda dan alat yang dipakai
|
|
2. Perhatikan kembali teks prosedur yang telah kamu baca.
Secara berkelompok, lakukanlah penelaahan terhadap kaidah kebahasaan yang
terdapat di dalam teks tersebut. Kemudian, laporkanlah hasil diskusi kelompokmu
di depan kelas untuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain!
Judul Teks : ………………………….
Penulis :
………………………….
Sumber :
………………………….
Kaidah Kebahasaan
|
Kutipan Teks
|
|
|
INSTRUMEN
PENUGASAN 2
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA N 2 Boyolali
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.2
|
Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan
hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
Indikator
|
:
|
4.2.1
|
Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur
|
|
|
4.2.2
|
Menulis teks prosedur
berdasarkan struktur dan kebahasaan
|
Materi
|
:
|
Teks Prosedur
|
Contoh Tugas:
1.
Carilah bagian
paragraph dalam teks prosedur, cermati, lalu amatilah teks tersebut
dikembangkan dengan pola apa.
Cuplikan Teks
|
Topik
|
Pola Pengembangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Susunlah kalimat-kalimat
di bawah ini sehingga menjadi teks-teks yang utuh dan padu!
No
|
Kalimat-kalimat
|
Urutan yang Benar
|
1
|
(1) Kupas bawang bombai dan iris
tipis-tipis!
(2) Haluskan semua bumbu!
(3) Campurkan semua bahan dengan bumbu
yang sudah dihaluskan! .
(4) Masukkan bahan tersebut ke dalam
cetakan!
(5) Hidangan siap disajikan.
(6) Panaskan dalam oven dengan temperatur
80°C selama 20 menit!
(7) Siapkan peralatan dan bahan-bahan yang
diperlukan!
|
|
2
|
1. Jadilah Nasi
goreng special siap di hidangkan..
2. Aduk aduk agar
telur tercampurata 3. Setelah baunya harum, masukkan daging ayam yang sudah
dipotong potong,udang yang sudah di cuci bersih, smoke beef,dan telur yang
sudah dikocok
4. Lalu masukkan
bawang bombay, bawang putih , bawang merah yang sudah dicincang
5. Kemudian masukkan
kacang polong, jamur kancing, cabai merah yang sudah diiris
6. Aduk aduk semua
bahan sehingga bercampur rata, tunggu hingga matang
7. Campuri dengan
sambal terasi secukupnya, kecap manis secukupnya, saus tiram secukupnya,
Saus sambal, merica
bubuk, garam dan kaldu bubuk.
8. Selanjutnya
masukkan nasi putih 5 porsi kedalam wajan
9. Panaskan mentega
kedalam wajan, tunggu hingga mentega meleleh.
|
|
Tugas Individu
Lakukanlah kegiatan berikut!
1. Daftarlah topik yang berkaitan dengan kegiatan belajar
di sekolahmu!
2. Susunlah topik-topik secara runtut ke dalam struktur prosedur!
3. Kembangkanlah kerangka itu menjadi sebuah karangan prosedur
dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang benar!
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal Pengumpulan :
...............................................................
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1.
|
1. Apakah
teks prosedur yang ditulis
lengkap ?
|
|
|
2.
|
3. Apakah
terdapat uraian tentang struktur prosedur?
|
|
|
3.
|
Apakah
bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan
sesuaidengan kaidah EYD?
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 =
sangat kurang
INSTRUMEN
TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.2
|
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
Indikator
|
:
|
3.2.1
|
Mengindentifikasi struktur teks prosedur
|
|
|
3.2.2
|
Menelaah
kebahasaan teks ekplanasi
|
Tes
Tertulis
Disediakan teks prosedur
1. Identifikasilah
struktur dan aspek kebahasaan dalam teks prosedur
2. Kemukakan hasil identifikasimu terhadap
struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur
tersebut
Tertulis (soal HOTS)
a. Identifikasilah
teks prosedur dengan memperhatikan struktur
dan aspek kebahasaan dalam teks prosedur!
b. Buatlah
rancangan teks prosedur dengan memuat struktur
dan aspek kebahasaannya!
c. Presentasikanlah
hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur dengan
sangat tepat
|
4
|
a.
Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan
teks prosedur dengan tepat
|
3
|
|
b.
Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan
teks prosedur dengan kurang tepat
|
2
|
|
c.
Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan
teks prosedur dengan tidak tepat
|
1
|
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
3
|
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat
tepat
|
4
|
|
d.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan tepat
|
3
|
|
e.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan kurang tepat
|
2
|
|
f.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan tidak tepat
|
1
|
INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
|
||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
||
Kelas
|
:
|
XI
|
||
Materi
|
:
|
Menganalisis dan memerankan dialog prosedur
|
||
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.2
|
Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan
hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
|
Indikator
|
:
|
4.2.1
|
Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur
|
|
|
|
4.2.2
|
Menulis teks prosedur
berdasarkan struktur dan kebahasaan
|
1. Lembar Soal Keterampilan
Mari berlatih menyusun teks prosedur! Langkah-langkah
penyusunan teks prosedur sebagai berikut.
a.
Menginventarisasi
macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
b.
Menentukan tema
kegiatan
c.
Membuat kerangka
dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d.
Mensistematisasikan
kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.
e.
Mengumpulkan
bahan-bahan.
f.
Mengembangkan
kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.
Buatlah
sebuah teks prosedur
dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Peserta didik membuat teks prosedur dengan sangat
baik
|
4
|
g.
Peserta didik membuat teks prosedur dengan baik
|
3
|
h.
Peserta didik membuat teks prosedur kurang baik
|
2
|
i.
Peserta didik membuat teks prosedur tidak baik
|
1
|
INSTRUMEN
PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
|
||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
||
Kelas
|
:
|
XI
|
||
Materi
|
:
|
Menganalisis Teks prosedur
|
||
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.2
|
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
|
|
|
4.2
|
Mengembangkan
teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan
kebahasaan
|
|
Indikator
|
:
|
3.2.1
|
Mengungkapkan kembali struktur teks prosedur
|
|
|
|
3.2.2
|
Mengungkapkan
kembali aspek kebahasaan teks prosedur
|
|
|
|
4.2.1
|
Menyusun
rancangan garis besar suatu prosedur
|
|
|
|
4.2.2
|
Mengembangkan
teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan
|
Tugas I
1.
Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas
masing-masing/tiap kelas beda warna map
2.
Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman
dibuat pada kertas folio bergaris.
3.
Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN
PENSKORAN:
KRITERIA
YANG DINILAI
|
SKOR
MAKSIMAL
|
Peserta didik menyimpan semua tugas
yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar,
serta dikumpulkan tepat waktu
|
4
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang
lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
|
3
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang
lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
|
2
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan
kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
|
1
|
Peserta didik tidak menyimpan satu
pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas
|
0
|
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas :
XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/
2018 - 2019
No
|
Nama
Peserta didik
|
Tugas
KD
|
Nilai
|
Tanda
Tangan
|
Ket.
(Tgl
Pengumpulan)
|
|
Peserta
Didik
|
Guru
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI
SOAL HOTS
Tahun
Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1
(dua)
Kurikulum : 2013
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator
Soal
|
Level
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
3.2
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
Mengindentifikasi struktur teks prosedur
|
XI/1
|
Disajikan
teks prosedur, peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks prosedur
|
C4
|
Uraian
|
1
|
2
|
Menelaah kebahasaan teks ekplanasi
|
XI/1
|
Disajikan teks prosedur,
peserta didik dapat menelaah kebahasaan teks ekplanasi
|
C5
|
uraian
|
2
|
|
3
|
4.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis
terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks
prosedur
|
XI/1
|
Disajikan teks
prosedur peserta didik dapat menentukan pola pengembangan
dalam menulis teks prosedur
|
C2
|
Uraian
|
3
|
4
|
Menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan
kebahasaan
|
XI/1
|
Disajikan teks
prosedur peserta didik dapat menulis teks prosedur
berdasarkan struktur dan kebahasaan
|
C5
|
Uraian
|
4
|
|
5
|
Mengomentari
teks prosedur
|
XI/1
|
Disajikan penampilan siswa membaca teks prosedur, peserta didik dapat memberikan solusi terhadap
pertanyaan teks prosedur dengan benar
|
C2
|
Uraian
|
5
|
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1
(satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
Materi
|
:
|
Teks prosedur
|
Indikator Soal Nomor 1
|
:
|
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks prosedur dengan
benar
|
Indikator Soal Nomor 2
|
:
|
Disajikan teks prosedur, peserta
didik dapat menelaah kebahasaan teks
ekplanasi dengan benar
|
Indikator Soal Nomor 3
|
:
|
Disajikan teks prosedur
peserta didik dapat
menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur dengan benar
|
Indikator Soal Nomor 4
|
:
|
Disajikan teks prosedur
peserta didik dapat
menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan benar
|
Indikator Soal Nomor 5
|
:
|
Disajikan penampilan siswa membaca teks prosedur, peserta didik dapat
memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedur dengan benar
|
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru
Mata Pelajaran,
Suyanta,
S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP
196505041989031014 NIP
197207081998011001