05 March 2019

MATERI PELATIHAN HOTS DAN LITERASI DI UNIVERSITY OF MALAYA, KUALA LUMPUR MALAYSIA DELEGASI P4TK KEMDIKBUD (BAHASA INDONESIA, INGGRIS, JEPANG)



MATERI PELATIHAN HOTS DAN LITERASI DI UNIVERSITY OF MALAYA, KUALA LUMPUR MALAYSIA DELEGASI P4TK KEMDIKBUD (BAHASA INDONESIA, INGGRIS, JEPANG)
Hari kedua: Selasa, 5 Maret 2019
A. Sesi 1
Materi: Pedagogical  Models and Principles.
Narasumber:  Prof.  Dato Isahaq Haroon, beliau adalah murid  dari Bloom yang terkenal dengan Taxonomy Bloom. 
1. Model Pengajaran dan Pembelajaran
2. The Cone of Learning
3. The NLP (Neuro Linguistic Program) Communiation Models
4. Delapan Komponen Utama Mendesain Pengajaran

04 March 2019

JURNAL HARIAN PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KE LN TAHUN 2019 DI UNIVERSITY OF MALAYA DELEGASI P4TK BAHASA KEMDIKBUD (BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA JEPANG): HARI KE-1



JURNAL HARIAN PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KE LN TAHUN 2019 DI UNIVERSITY OF MALAYA DELEGASI P4TK BAHASA KEMDIKBUD (BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA JEPANG)
Hari Pertama: Senin, 4 Maret 2019
Setelah melewati perjalanan kurang lebih 45 menit dari Hotel Berjaya Times Square, akhirnya kami tiba di University of Malaya (UM). Kami disambut bagian program pendidikan UM Tuan Wahyu Hidayat di pintu gerbang kemudian diantarkan menuju ruang kelas yang berada di Lantai 5.

01 March 2019

CONTOH SOAL MELENGKAPI KALIMAT DENGAN KATA ATAU ISTILAH YANG TEPAT DISERTAI PEMBAHASAN: SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs. TAHUN 2018


CONTOH SOAL MELENGKAPI KALIMAT DENGAN KATA ATAU ISTILAH YANG TEPAT DISERTAI PEMBAHASAN: SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs. TAHUN 2018
36. Perhatikan kalimat berikut!
Gedung itu direnovasi dengan […] ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di Indonesia.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…
A. menyibukkan
B. menampilkan
C. menjadikan
D. melibatkan
Kunci jawab: D

CONTOH SOAL MEMVARIASIKAN KALIMAT DAN PEMBAHASAN: SOAL UN SMP BAHASA INDONESIA TAHUN 2018



CONTOH SOAL MEMVARIASIKAN KALIMAT DAN PEMBAHASAN: SOAL UN SMP BAHASA INDONESIA TAHUN 2018
35. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Achdiat Karta Miharja lahir di Cibatu, Garut, Jawa Barat, 6 Maret 1911 dan meninggal dunia di Canberra, Australia, 8 Juli 2010 pada usia 99 tahun. (2) Beliau lebih dikenal dengan nama pena Achdiat K. Miharja. (3) Ayahnya seorang pemegang buku pada sebuah perkebunan di Kota Garut. (4) Achdiat adalah anak yang cerdas, sehingga ayahnya berharap ia menjadi sarjana hokum.
Variasi kalimat berikut yang sesuai untuk kalimat nomor (4) adalah …
A. Menulis ia lakukan sejak ia pandai merangkai kata-kata.
B. Ia anak yang pandai sehingga ayahnya ingin ia menjadi ahli hokum.
C. Anak yang tergolong biasa saja namun mempunyai kesenangan menulis.
D. Beliau suka menulis buku, tidak heran jika ayahnya sangat mendukung.

PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2019 NOMOR 34 TENTANG PILIHAN KATA YANG SALAH PADA KALIMAT



34. Bacalah kalimat berikut!

Tujuan ekspor di antaranya menciptakan iklim perusahaan yang kondusif dan menjaga kestabilan kurs valuta asing

Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ….

A. ekspor

B. perusahaan

C. kondusif

D. valuta

Kunci Jawab: B

Sesuai dengan konteks kalimat, pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah kata perusahaan. Kata yang tepat pada kalimat tersebut adalah kata usaha. Kata usaha bermakna kegiatan di bidang perdagangan (dengan maksud mencari untung), sedangkan kata perusahaan bermakna organisasi berbadan hukum yang mengadakan transaksi atau usaha (https://kbbi.web.id/usaha)

28 February 2019

MATERI PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KE LUAR NEGERI TAHUN 2019: PRE DEPARTURE TRAINING



MATERI PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KE LUAR NEGERI TAHUN 2019: PRE DEPARTURE TRAINING

Orientasi Akademik

Program Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa dalam Bidang HOTS dan Pengembangan Literasi

di University of Malaya Center For Continuing Education 

LPMP DKI Jakarta, 28 Februari 2019.

Kegiatan Akademik

1. Tes Awal dan Tes Akhir

2. Perkuliahan (4 Maret – 22 Maret 2019)

3. Kunjungan ke Sekolah : Observasi PBM

4. Penulisan Jurnal Mingguan (Sesuai Permintaan Dirjen)

5. Penulisan Draf Laporan (Kelompok Bahasa)

27 February 2019

PESAN MENDIKBUD DALAM PELEPASAN PROGRAM PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KE LUAR NEGERI TAHUN 2019: “LURUSKAN NIAT”




Keterangan Foto: Tim P4TK Bahasa (Bahasa Indonesia, Inggris, dan Jepang)

PESAN MENDIKBUD DALAM PELEPASAN PROGRAM PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KE LUAR NEGERI TAHUN 2019: “LURUSKAN NIAT”

Berikut beberapa pesan Bapak Profesor Muhadjir dalam acara Pelepasan Program Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan ke Luar Negeri Tahun 2019 di Gedung A Kemdikbud Jakarta, Rabu 27 Februari 2019

1. Luruskan Niat

Kepada para pendidik dan tenaga kependidikan yang dikirim ke luar negeri agar meluruskan niat untuk belajar dan berlatih, mencari ilmu, mencari pengalaman, dan mencari hal-hal yang baik di negara yang dituju. Para pendidik dan tenaga kependidikan yang dikirim ke luar negeri bukanlah untuk jalan-jalan, tetapi untuk mendapatkan hal-hal yang baik, meningkatkan profesionalitas, dan mampu menjadi kekuatan untuk memperbaiki atau mengubah dunia pendidikan Indonesia menjadi lebih baik.

24 February 2019

PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2018: MENYUSUN TEKS LAPORAN


33. Bacalah data berikut!
Objek: Museum Mpu Tantular Jalan Raya Bunduran-Sidoarjo
Waktu: Rabu, 3 Agustus 2016
Tujuan: Mengenal peninggalan sejarah
Hasil: Koleksi benda bersejarah seperti arca menhir, patung ganesha, fosil pithecantropus erctus, jenis-jenis batuan, fosil hewan purba, dan lain-lain.
Teks laporan yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan tersebut adalah…
A. Kelompok III mengunjungi obyek Wisata Museum Mpu Tantular, pada Rabu, 3 Agustus 2016, pukul 10.00 s/d 14.00 WIB. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Dengan mengamati obyek wisata sejarah Museum Mpu Tantular, semakin memperluas wawasan terhadap benda-benda bersejarah dan mencintai Indonesia yang kaya akan budaya. Mengunjungi Museum Mpu Tantular sekaligus mengenal peninggalan sejarah. 
B. Pada hari Rabu, 3 Agustus 2016, kami mengunjungi Museum Mpu Tantular. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan , di dalam Museum Mpu Tantular terdapat koleksi benda-benda bersejarah seperti arca menhir, patung ganesha, fosil pithecantropus erctus, jenis-jenis batuan, fosil hewan purba, dan masih banyak lagi koleksi peninggalan sejarah lainnya.
C. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan , di dalam Museum Mpu Tantular terdapat koleksi benda-benda bersejarah seperti arca menhir, patung ganesha, jenis-jenis batuan, fosil hewan purba, dan masih banyak lagi koleksi peninggalan sejarah lainnya.
D. Pada tanggal 3 Agustus 2016, pukul 10.00 s/d 14.00 WIB. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran- Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan, kegiatan ini dapat memperluas wawasan terhadap benda-benda bersejarah, Selain itu, dapat meningkatkan kecintaan kepada Indonesia.

POWERPOINT MELENGKAPI TEKS DENGAN PERIBAHASA YANG TEPAT




Dalam rangka persiapan ujian nasional (UN) dan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) mata pelajaran Bahasa Indonesia, berikut ini disajikan ringkasan materi, soal, kunci jawab, dan pembahasan materi melengkapi teks dengan peribahasa yang tepat dalam bentuk tayangan powerpoint.

Sila baca dan unduh powerpoint soal dan pembahasan materi melengkapi teks dengan peribahasa yang tepat


Unduh powerpoint melengkapi teks dengan peribahasa yang tepat klik https://drive.google.com/open?id=1DqiKynV6tL2e-hZEabTrCMgz_J2eIOkl



POWERPOINT MATERI, SOAL, DAN PEMBAHASAN UNTUK PERSIAPAN UN DAN USBN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Dapat digunakan dalam pembelajaran, tambahan jam pelajaran/les, bimbel, dan belajar mandiri untuk menghadapi UN dan USBN
BACA DAN UNDUH 
A. PPT LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
2. powerpoint menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-soal-dan-pembahasan_9.html 
8. powerpoint  menentukan  kalimat simpulan sesuai isi teks klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-materi-dan-soal-kalimat.html 
10. powerpoint menentukan opini penulis dalam tajuk rencana klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-opini-redaksi-dalam-tajuk.html 
11. powerpoint menentukan keberpihakan penulis dalam tajuk rencana klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-keberpihakan-penulis-tajuk.html 
12. powerpoint menentukan hal yg disepakati dalam teks negosiasi (isi tersirat teks) klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-soal-menentukan-isi-tersirat.html 
13. powerpoint  menentukan kalimat penjelas dari kalimat utama klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-soal-dan-pembahasan-materi.html 
14. powerpoint menentukan kalimat penilaian/komentar terhadap isi teks klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-soal-un-dan-pembahasan.html 
B. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
15. powerpoint menentukan makna kata simbolik klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-menentukan-makna-kata.html 
16. powerpoint menentukan makna ungkapan/kalimat kias dalam cerita klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-menentukan-makna-ungkapan.html 
21. powerpoint menyimpulkan nilai dalam karya sastra klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-materi-dan-soal-nilai-dalam.html 
22. powerpoint menyimpulkan persamaan dan perbedaan teks sastra klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-soal-dan-pembahasan-materi_18.html 
23. powerpoint menyimpulkan cara pendeskripsian watak tokoh klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-soal-dan-pembahasan-cara.html 
24. powerpoint menyimpulkan bukti latar suasana dalam karya sastra klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-soal-dan-pembahasan-materi_19.html 
25. powerpoint soal dan pembahasan materi menyimpulkan bukti latar suasana dalam karya sastra klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-soal-dan-pembahasan-materi_20.html 
26. powerpoint soal dan pembahasan materi menyimpulkan keunggulan dan kelemahan karya sastra (resensi) klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-soal-dan-pembahasan-materi_49.html 
27. powerpoint soal dan pembahasan materi esai sastra klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-esai-sastra-ringkasan-materi.html 

28. powerpoint soal dan pembahasan materi ringkasan teks sastra klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-soal-dan-pembahasan_20.html 

C. PPT LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
29. powerpoint soal dan pembahasan materi melengkapi teks dengan ungkapan yang tepat klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-melengkapi-teks-dengan.html 
30. powerpoint soal dan pembahasan materi melengkapi teks dengan peribahasa yang tepat klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/powerpoint-melengkapi-teks-dengan_24.html






23 February 2019

POWERPOINT MELENGKAPI TEKS DENGAN UNGKAPAN: MATERI, SOAL, DAN PEMBAHASAN




Dalam rangka persiapan ujian nasional (UN) dan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) mata pelajaran Bahasa Indonesia, berikut ini disajikan ringkasan materi, soal, kunci jawab, dan pembahasan materi melengkapi teks dengan ungkapan yang tepat dalam bentuk tayangan powerpoint.

Sila baca dan unduh powerpoint soal dan pembahasan materi melengkapi teks dengan ungkapan yang tepat

22 February 2019

MENGUBAH TEKS DRAMA MENJADI TEKS CERPEN: PEMBAHASAN SOAL UN SMP BAHASA INDONESIA TAHUN 2018


32. Bacalah teks drama berikut!

Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah Matematika. Semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan Dini.
Banu: Din, aku minta jawaban soal nomor 5 dan 6!
Dini: A dan C.
Sita: Kalau soal nomor 10, 11, dan 15 jawabannya apa Ban?
Banu: 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum
Adi: Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita: Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, Ia terlihat rileks dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek. 
Cerpen yang sesuai dengan teks drama tersebut adalah…

SUDUT PANDANG PENGARANG (POINT OF VIEW): RINGKASAN MATERI, SOAL, DAN PEMBAHASAN



31. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.

Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang orang pertama yang tepat adalah …

A. Bagi kami, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilannya.

B. Bagi dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika dia menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.

C. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, aku bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika aku menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang aku sangat bersyukur dengan penghasilanku.

D. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kamir rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilan kami.

Kunci Jawab: C

Sudut pandang orang ketiga menggunakan kata ganti dia, ia, mereka, nama orang, atau kata ganti orang ketiga lainnya. Sudut pandang orang pertama menggunakan kata ganti saya atau aku atau yang sejenisnya.

21 February 2019

MELENGKAPI TEKS NONSASTRA (TEKS BIOGRAFI): PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2018 MAPEL BAHASA INDONESIA


MELENGKAPI TEKS NONSASTRA (TEKS BIOGRAFI) 
30. Perhatikan teks berikut!
Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera). […] Akhirnya, ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, seperti Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah…
A. Ia memilih menjadi wartawan daripada menjadi dokter.
B. Ia tidak dapat menamatkan pendidikan di sekolah tersebut.
C. Ia akhirnya menjadi dokter dan bekerja di rumah sakit.
D. Ia berhasil meraih gelar dokter pada sekolah dokter Bumiputera
Kunci Jawab: B

20 February 2019

POWERPOINT SOAL DAN PEMBAHASAN RINGKASAN TEKS SASTRA



Dalam rangka persiapan ujian nasional (UN) dan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) mata pelajaran Bahasa Indonesia, berikut ini disajikan ringkasan materi, soal, kunci jawab, dan pembahasan materi ringkasan teks sastra dalam bentuk tayangan powerpoint.

Sila baca dan unduh powerpoint soal dan pembahasan materi ringkasan teks sastra

POWERPOINT ESAI SASTRA: RINGKASAN MATERI, SOAL UN, DAN PEMBAHASAN



Dalam rangka persiapan ujian nasional (UN) dan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) mata pelajaran Bahasa Indonesia, berikut ini disajikan ringkasan materi, soal, kunci jawab, dan pembahasan materi esai sastra dalam bentuk tayangan powerpoint.

Sila baca dan unduh powerpoint soal dan pembahasan materi esai sastra