06 July 2020

RPP PJJ MODEL PROBLEM BASED LEARNING BAHASA INDONESIA SMA: TEKS PROSEDUR


Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/03/profil-singkat-muh-zuhri-spd-mpd.html

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-4

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2  x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD 3.2 dan KD 4.2
Kelas/Semester: XI/I
IPK 3.2.1 dan IPK 4.2.1
Materi Pokok: Struktur teks prosedur

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model problem based learning, peserta didik mampu menjelaskan  struktur teks prosedur, meringkas informasi yang ada dalam teks prosedur dan memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP PJJ BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 1 PERTEMUAN KE-4: TEKS LHO



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-4

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.1 dan 4.1
Kelas/Semester: X/1
IPK: 3.1.4 dan 4.1.4
Materi Pokok: Isi Laporan Hasil Observasi yang Dipresentasikan Dengan Lisan

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu menyimpulkan isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan; menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan; memiliki sikap taat hukum, komitmen, etos kerja, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

05 July 2020

RPP PJJ BAHASA INDONESIA KELAS XII SEMESTER 1 PERTEMUAN KE-3: SISTEMATIKA SURAT LAMARAN PEKERJAAN ATAS INISIATIF SENDIRI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-3

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.1 dan 4.1
Kelas/Semester: XII/1
IPK: 3.1.3 dan 4.1.3
Materi Pokok: Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan Atas Inisiatif Sendiri

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi sistematika surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri; menyajikan simpulan sistematika surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri secara lisan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP PJJ BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 PERTEMUAN KE-3 MATERI SIMPULAN ISI TEKS PROSEDUR



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-2

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD:  3.1, 4.1
Kelas/Semester: XI /1
IPK:  3.1.3, 4.1.3
Materi Pokok: Informasi dalam Teks Prosedur

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu menyimpulkan informasi dalam teks prosedur; menyusun pernyataan umum dan tahapan dalam teks teks prosedur; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

CONTOH RPP PJJ BAHASA INDONESIA KELAS X PERTEMUAN KE-3: MENYELEKSI INFORMASI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-3

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 Menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.1, 4.1
Kelas/Semester: X/1
IPK: 3.1.3, 4.1.3
Materi Pokok: Isi Laporan Hasil Observasi yang Dipresentasikan Secara Tulis

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model problem based learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara tulis; menyeleksi isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara tulis; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

04 July 2020

RPP PJJ SMA BAHASA INDONESIA KELAS XII PERTEMUAN KEDUA MATERI SURAT LAMARAN PEKERJAAN BERDASARKAN IKLAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-2

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.1 dan 4.1
Kelas/Semester: XII/1
IPK: 3.1.2 dan 4.1.2
Materi Pokok: Isi Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Iklan

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan; menyajikan simpulan isi surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan secara tulis; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

CONTOH RPP PJJ MODEL DISCOVERY LEARNING BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI PERTEMUAN KEDUA MATERI TEKS PROSEDUR




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-2

Sekolah                : SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia
KD                   : 3.1, 4.1
Kelas/Semester    : XI /1
IPK                   : 3.1.2, 4.1.2
Materi Pokok       : Informasi Pernyataan Umum dan Tahapan-Tahapan dalam Teks Prosedur

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu menganalisis informasi yang berupa pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur; merancang pernyataan umum dan tahapan dalam teks prosedur; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

CONTOH RPP PJJ SMA BAHASA INDONESIA KELAS X TEKS LHO PERTEMUAN KEDUA

Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/03/profil-singkat-muh-zuhri-spd-mpd.html

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-2
Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.1 dan 4.1
Kelas/Semester: X/1
IPK: 3.1.2 dan 4.1.2
Materi Pokok: Isi Laporan Hasil Observasi yang Dipresentasikan Secara Lisan

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu menyimpulkan isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan; menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan; memiliki sikap tanggung jawab, kreatif, kerja sama, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

CONTOH RPP PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) BAHASA INDONESIA SMA KELAS X, XI, XII


Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/03/profil-singkat-muh-zuhri-spd-mpd.html

A. Contoh RPP PJJ Bahasa Indonesia SMA Kelas X Teks Laporan Hasil Observasi Model Discovery Learning


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-1

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.1 dan 4.1
Kelas/Semester: X/1
IPK: 3.1.1 dan 4.1.1
Materi Pokok: Isi Laporan Hasil Observasi yang Dipresentasikan Secara Lisan

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan; menyeleksi isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan; memiliki sikap tanggung jawab, kreatif, kerja sama,  dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

30 June 2020

CONTOH RPP YANG MEMUAT PEMBELAJARAN LURING DAN DARING MAPEL BAHASA INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TATAP MUKA (LURING) DAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DARING)

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.1 dan 4.1
Kelas/Semester:
IPK: 3.1.1 dan 4.1.1
Materi Pokok: Isi Surat Lamaran Pekerjaan Atas Inisiatif Sendiri

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri; menyajikan simpulan isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri secara lisan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

25 June 2020

CONTOH RPP PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) ATAU DARING MAPEL BAHASA INDONESIA


Contoh 1
Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/03/profil-singkat-muh-zuhri-spd-mpd.html


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring)

Nama Satuan Pendidikan       : SMA Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : XI/1
Materi pokok                           : Teks Prosedur
Alokasi waktu                         : 2 x 45 menit (2 JP)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menganalisis struktur dan
      kebahasaan teks prosedur
3.2.1 Menganalisis struktur teks prosedur bagian tujuan.
3.2.2 Menganalisis struktur teks prosedur bagian pernyataan langkah-langkah
3.2.2 Menganalisis struktur teks prosedur bagian pernyataan penegasan ulang
4.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
4.2.1 Menyusun bagian tujuan teks prosedur
4.2.2 Menyusun bagian langkah-langkah teks prosedur
4.2.3 Menyusun bagian penegasan ulang teks prosedur

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning, peserta didik mampu menganalisis struktur teks prosedur; menyusun teks prosedur; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

19 March 2020

08 March 2020

PEMBAHASAN SOAL AKM (BAGIAN KEDUA): MENENTUKAN GAGASAN UTAMA



PEMBAHASAN SOAL AKM (BAGIAN KEDUA): MENENTUKAN GAGASAN UTAMA PARAGRAF
Oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.-Guru SMA Negeri 2 Boyolali
HP: 081326446361

Berikut disajikan contoh soal simulasi asesmen kompetensi minimum (AKM) tahun 2020, kunci jawaban, pedoman penilaian, pembahasan soal dan ringkasan materi.
Pada bagian kedua ini akan dibahas soal literasi/membaca.

SOAL AKM / AKSI DAN PEMBAHASAN, KUNCI JAWABAN, PEDOMAN PENILAIAN, RINGKASAN MATERI




PEMBAHASAN SOAL AKM / AKSI (BAGIAN PERTAMA)
Oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.-Guru SMA Negeri 2 Boyolali
HP: 081326446361

Berikut disajikan contoh soal asesmen kompetensi minimum (AKM)/AKSI, kunci jawaban, pedoman penilaian, pembahasan soal dan ringkasan materi.
Pada bagian pertama ini akan dibahas soal literasi/membaca.