SOAL
UJIAN NASIONAL SMA/MA PROGRAM BAHASA
MATA
PELAJARAN: SASTRA INDONESIA
Cermatilah
puisi berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Persetujuan dengan Bung Karno
Chairil
Anwar
Ayo! Bung Karno
kasi tangan mari kita bikin janji
Aku sudah cukup
lama dengan bicaramu
Di panggang di
atas apimu, digarami lautmu
……
Bung Karno! Kau
dan aku satu zat satu urat
Di zatmu di
zatku kapal-kapal kita berlayar
Di uratmu di
uratku kapal-kapal kita bertolak & berlabuh
1.
Puisi di atas termasuk karya sastra periode…
A. 1920-an
B. 1930-an
C. 1945
D. 1966
E. 1970-an
2.
Isi puisi tersebut adalah ... .
A. keberanian
untuk mengambil keputusan
B. persamaan
keinginan, pendapat, dan tujuan
C. kesamaan
langkah dalam mencapai cita-cita
D. kesepakatan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
E. tantangan
dan hambatan mempertahankan kemerdekaan
3.
Cermatilah
kutipan cerita sastra lama berikut!
Hatta beberapa lamanya maka isteri si Miskin itupun hamillah tiga bulan
lamanya. Maka isterinya menangis hendak makan buah mempelam yang ada di dalam
taman raja itu.
Maka suaminya itupun terketukkan antingnya tatkala ia di Keinderaan
menjadi raja tiada ia mau beranak. Maka sekarang telah mudhorot. Maka baharulah
hendak beranak seraya berkata kepada
isterinya, ”Ayo, hay Adinda Tuan hendak membunuh kakandalah rupanya ini
tiadakah Tuan tahu akan hal kita yang sudah lalu itu jangankan hendak meminta
barang suatu. Hampir kepada kampung orang tiada boleh.” Setelah didengar oleh
isterinya kata suaminya demikian itu, maka makinlah sangat ia menangis.
Maka kata suaminya, ”Diamlah Tuan, jangan menangis! Berilah kakanda
pergi mencaharikan Tuan buah mempelam itu, jikalau dapat oleh kakanda akan buah
mempelam itu kakanda berikan pada Tuan”. Maka isterinya itu pun diamlah. Maka
suaminya itu pun pergilah ke pasar mencahari buah mempelam itu. Setelah sampai
di kedai orang berjual buah mempelam. Maka si Miskin itu pun berhentilah di
sana. Hendak pun dimintanya takut ia akan dipalu orang. Maka kata orang yang
berjualan buah mempelam itu, ”Hai miskin. Apa kehendakmu?”
Maka sahut Si Miskin, ”Jikalau ada belas dan kasihan serat Rahim Tuan
akan hamba orang miskin hamba ini minta diberikan yang sudah terbuang itu.
Hamba hendak memohonkan buah mempelam Tuan yang sudah busuk itu barang sebiji
sahaja tuan.” Maka terlalu belas hati sekalian orang pasar itu yang mendengar
kata si Miskin. Seperti hancurlah rasa hatinya maka ada yang memberi buah
mempelam ada yang memberikan nasi ada yang memberikan kain baju ada yang
memberikan buah-buahan. Maka si Miskin itu pun heranlah akan dirinya oleh sebab
diberi orang pasar itu berbagai-bagai jenis pemberian. Adapun akan dahulunya
jangankan diberinya barang suatu hamper pun tiada boleh. Habislah dilemparnya
dengan kayu dan batu. Setelah sudah ia berpikir dalam hatinya demikian itu,
maka iapun kembalilah ke dalam hutan mendapatkan isterinya. Maka katanya,
”Inilah Tuan, buah mempelam dan segala buah-buahan dan makan-makanan dan kain
baju. Itupun diinjakkannyalah isterinya seraya menceriterakan hal ihwalnya
tatkala ia di pasar itu. Maka isterinya pun menangis tiada mau makan jikalau
bukan buah mempelam yang di dalam taman
raja itu. Biarlah aku mati sekali.
(Hikayat Si Miskin)
Isi
cerita hikayat tersebut adalah ... .
A.
Si
Miskin dan istrinya sudah lama ingin segera memiliki anak.
B.
Istri
meminta buah mempelam di taman raja sama dengan ingin membunuh suaminya.
C.
Keheranan
si Miskin akan kebaikan hati para penjual di pasar kepadanya.
D.
Istri
si Miskin yang sedang hamil ingin makan buah mempelam yang di taman raja.
E.
Upaya
seorang suami untuk dapat memenuhi keinginan istrinya yang sedang hamil.
4.
Cermatilah kutipan teks drama berikut
ini!
Adegan
Sarjono dan Maria dengan menggendong bakul dan mengenakan topi caping.
Maria : "Sar...
Sarjono!"
Sarjono : "Ada
apa?"
Maria : "Aku
melihat sepintas,bayangan orang di sanal"
Sarjono : "Tenang
saja!"
Maria
: "Tenang
. . . tenang! Tenang bagaimana? Kalau musuh?"
Sarjono
: "Musuh?
Maria, kita ini jualan buah dan tidak punya musuh. Kita harus yakin, yang berani bergerak di malam hari hanya
TNI. Ayo jalan!"
Maria
: "Tapi,
bulu kudukku berdiri."
Sarjono : "Maka
jangan di sini, ayo terus jalan!"
Keduanya
berjalan dengan sesekali menoleh ke belakang. Topi caping di tangan kiri. Tangan kanan di balik seakan
memegang seniata.
Isi penggalan teks drama tersebut adalah
..,
A. Ketakutan
Maria melihat bayangannya.
B. Keberanian
Maria berjalan di malam hari.
C. Maria
berjualan buah-buahan.
D. Keberanian
Sarjono menyamar.
E. Penyamaran
Maria dan Sarjono dalam perjuangan
5.
Watak tokoh "Sarjono" dalam
dialog tersebut adalah ..,.
A. mudah
tersinggung
B. bijaksana
C. penghianat
D. pemaaf
E. pemberani
6.
Cermati
kutipan cerpen berikut!
Itulah yang dikhawatirkan Jalil. Jika di pantai ini dibangun hotel-hotel
dan cafe lalu dipenuhi turis, maka perlahan-lahan penduduk asli pantai ini akan
terusir dari kampung halamannya sendiri. Mereka tak akan bebas lagi berjalan-jalan
mengitari pantai sebab harus membayar karcis masuk. Nelayan-nelayan tak akan
bebas melabuhkan perahu- perahunya di pantai ini sebab pantai ini sudah menjadi
tempat wisata. Perahu-perahu nelayan mungkin akan dianggap mengganggu
kenyamanan pengunjung yang datang. Bahkan, jika semakin banyak pula lahan-lahan
warga yang digusur demi mengembangkan fasilitas pantai. Pengusaha akan mendapat
banyak untung, orang-orang kampung akan buntung.
Jalil beranjak meninggalkan pantai itu ketika sengatan matahari semakin
mengganas. Jalil memang hanya seorang nelayan, tetapi ia bukanlah nelayan bodoh
yang tidak pernah mengenyam pendidikan.
(Lelaki Penjaga Laut, Badrul Munir Chair)
Nilai sosial yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ... .
A.
Pengembangan
area nelayan menjadi tempat wisata.
B.
Penggusuran
lahan pantai untuk membuat fasilitas pantai.
C.
Terampasnya
kebabasan dan keakraban masyarakat pantai
D.
Kekhawatiran
akan sirnanya kekerabatan dengan alam.
E.
Hubungan
pengembang pantai dan warga pantai.
Penggalan
cerpen berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 7 dan 8.
Bacalah
dengan cermat!
Lama
aku merasa kehilangan, karena setiap aku
tidur, aku selalu minta didongengi. Mungkin inilah awal mula mengapa aku begitu
mudah memindahkan dongeng-dongeng itu ke atas kertas, dan kemudian ada penerbit
yang tahu cara mencari uang dengan sejumlah dongeng. Aku bersyukur kepada
Allah, sebab dengan kematian nenek, aku mampu berpikir sendiri, dan setelah aku
meningkat remaja dan dewasa, aku bisa meringankan beban orangtua dengan hasil
buku-buku dongeng yang dipesan dalam jumlah ratusan ribu eksemplar untuk proyek
inpres.
"Dari titik inilah aku mengenal hidup." Dongeng-dongeng itulah yang akhirnya membuat aku mampu lulus perguruan tinggi. Meskipun ibu masih juga mengirimkan uang untuk kontrakan kamar dan biaya makanku sehari-hari, akan tetapi, uang itu dengan caraku sendiri kumasukkan ke dalam bank, dan ketika aku akan diwisuda, kukirim tiket untuk kedua orangtuaku menghadiri suatu peristiwa bersejarah dalam hidupku itu.
"Dari titik inilah aku mengenal hidup." Dongeng-dongeng itulah yang akhirnya membuat aku mampu lulus perguruan tinggi. Meskipun ibu masih juga mengirimkan uang untuk kontrakan kamar dan biaya makanku sehari-hari, akan tetapi, uang itu dengan caraku sendiri kumasukkan ke dalam bank, dan ketika aku akan diwisuda, kukirim tiket untuk kedua orangtuaku menghadiri suatu peristiwa bersejarah dalam hidupku itu.
Intu Lingau:
Korrie Lavun R
7.
Nilai budaya pada penggalan tersebut
yang masih dijumpai pada kehidupan sekarang adalah ...
A. Merantau
ke luar kota untuk berdagang dan belajar.
B. Upacara
Wisuda dihadiri oleh kedua orang tua.
C. Menjual
cerita dongeng kepada penerbit.
D. Meringankan
beban orang tua dengan jual buku.
E. Mendongengi
anak sebelum tidur malam.
8.
Sudut pandang yang digunakan pengarang
dalam penggalan tersebut adalah .,..
A. orang
pertama pelaku utama
B. orang
pertama pelaku sampingan
C. orang
ketiga terbatas
D. orang
ketiga terarah
E. orang
ketiga serba tahu
Cermatilah
kutipan cerita sastra lama berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!
”Hai,
kenapa kalian berhenti! Tunjukkanlah kepada kami bahwa mata air itu milik
kalian! Atau jangan-jangan kalian sudah menyerah!” seru Mbu`i Bungale.
”Diam
kau, hai perempuan cerewet! Jangan hanya pandai bicara!” sergah pemimpin
pelancong itu balik menantang Mbu`i Bungale. ”Jika kamu pemilik mata air ini,
buktikan pula kepada kami!”
”Baiklah,
Tuan-Tuan! Ketahuilah bahwa Tuhan Mahatahu mana hambanya yang benar,
permintaannya akan dikabulkan!” ujar
jawab Mbu`i Bungale dengan penuh keyakinan.
Usai
berkata begitu, Mbu`i Bungale segera duduk bersila di samping suaminya seraya
bersedekap. Mulutnya pun komat-kamit membaca doa. ”Woyi, air kehidupan, mata
air sakti, mata air yang memiliki berkah. Melebar dan meluaslah wahai mata air
para bidadari.... membesarlah....!!!” demikian doa Mbu`i Bungale.
Usai
berdoa, Mbu`i Bungale segera mengajak suaminya dan memerintahkan keempat
pelancong tersebut untuk naik ke atas pohon yang paling tinggi karena sebentar
lagi kawasan itu akan tenggelam. Doa Mbu`i Bungale pun dikabulkan. Beberapa
saat kemudian, perut bumi tiba-tiba
bergemuruh, tanah bergetar dan menggelegar. Perlahan-lahan mata air Tupalo
melebar dan meluas, kemudian menyemburkan air yang sangat deras. Dalam waktu
sekejap, tempat itu tergenang air. Keempat pelancong tersebut takjub melihat
keajaiban itu dari atas pohon kapuk.
9.
Isi cerita tersebut adalah ... .
A. Niat
baik akan membuahkan kebaikan. Demikian pula sebaliknya, keserakahan dapat
membahayakan diri sendiri.
B. Lebih
baik kita mengalah daripada mempertahankan hal-hal yang dapat membahayakan diri
kita.
C. Lakukan
sebisa yang kita lakukan demi mempertahankan
harga diri yang disepelekan orang lain.
D. Berbuat
baiklah kepada orang lain karena Tuhan akan memelihara dan mengabulkan doa
orang yang baik.
E. Bumi
pun akan marah bila orang-orang yang mendiami bumi ini berbuat serakah dan
mengakui yang bukan miliknya.
10. Keterkaitan
isi cerita tersebut dengan kehidupan sekarang adalah ... .
A. Dengan
besar hati mengakui kesalahan yang telah diperbuat.
B. Melakukan
ritual berdoa sebelum melakukan suatu pekerjaan.
C. Berusaha
menyelamatkan diri saat bencana alam melanda.
D. Suami
dan istri saling mendukung dalam menghadapi masalah.
E. Masih
saja ada orang yang mengakui barang milik orang lain.
11. Cermatilah
kutipan hikayat berikut!
Alkisah ada seorang
raja di negeri Bahi bernama Gementar Syah. Maka, pada suatu hari baginda itu pergi
berburu. Maka ia pun bertemu dengan seekor kijang beranak muda. Apabila kijang
itu melihat orang banyak datang, maka ia pun larilah meninggalkan anaknya. Maka
baginda pun terlalu kasihan melihat anak kijang itu. Maka, pada, hati Raja,
"Jikalau tidak ibunya menyusui dia, tidaklah hidup anak kijang ini. Sayang
pula aku akan dial Hendak kubawa pulang akan permainan anakku." Seraya
baginda bertindak. "Hai Perdana Mentriku cari akan ibu kiang itu.
Pembuktian tokoh "Raja"
seorang penyayang binatang terdapat pada ...
A. Seorang
raja yang suka berburu bertemu dengan seekor kijang muda.
B. Seekor
kijang kaget melihat orang banyak datang dan kaburlah dia.
C. Raja
berhasil menembak seekor kijang muda.
D. "Hai
Perdana Menteriku cari akan ibu kijang itu."
E. Raja
pun kasihan akan anak kijang Ialu menyuruh untuk mencari induknya.
12. Cermati
kedua kutipan berikut!
Teks
1:
Kutipan Cerita
Karena penasaran,
suatu hari aku
pernah mendengar dari
bibi, kalau ibu
harus berjuang 5 tahun
lamanya menunggu kelahiranku sampai merasa kakakku sudah cukup besar dan siap
merawatku. Kakak memiliki kondisi yang sangat baik ketika masih kecil tapi
tiba-tiba saat berusia 5 tahun, ia mengalami demam panas yang tinggi hingga
membuat dirinya pingsan, ketika dilarikan ke rumah sakit otaknya mengerut dan
akhirnya ia jadi seperti ini hingga tak bisa disembuhkan lagi, ia juga mengalami
masalah kesehatan karena tubuhnya gampang terserang virus sehingga tak boleh
terlalu Lelah.
(My
Idiot Brother, Agnes Davonar)
Teks
2:
Kutipan Hikayat
Syahdan maka siti Sarah
pun genaplah bulannya itu, maka ini pun sakit perutlah akan hendak beranak itu. Maka segala bini
orang besar-besar dan bini orang kaya-kaya pun masuklah mengadap Raja perempuan
akan beranak itu. Maka pada ketika yang baik dan pada saat yang sempurna maka
Raja perempuan pun beranaklah seorang anak laki- laki terlalu amat baik rupanya
itu menurut ayahanda Baginda itu. Maka disambut oleh segala bini orang
besar-besar itu lalu dimandikan oleh bini segala raja-raja pada pasuh emas.
Setelah sudah dimandikan oleh bini segala raja-raja itu, maka lalulah
dipakaikan kain yang keemasan. Setelah sudah itu maka diberikan nama oleh
Baginda bunda akan anakanda itu Raja Siwalkhar itu. Setelah itu maka
dipungutkan ayahanda dan pengaruh oleh bunda Baginda maka lalulah dipeliharakan
dengan sepertinya itu dan betapa adatnya orang segala raja-raja yang beranak.
(Hikayat
Bayan Budiman)
Persamaan tema dari kedua teks tersebut
adalah ... .
A. peran
orang tua dalam mengasuh anak
B. menjaga
dan merawat anak
C. menanti
kehadiran sang buah hati
D. kasih
sayang orang tua kepada anak
E. kehadiran
anak dalam keluarga
13. Cermati pernyataan berikut!
Perkataan yang tidak sopan akan menyebabkan orang lain menjadi marah.
Bait gurindam
yang isinya sesuai dengan pernyataan tersebut adalah…
A.
Cahari olehmu
akan awan
Pilih
segala orang yang setiawan
B.
Kurang pikir
kurang siasat
Tentu dirimu
akan tersesat
C.
Apabila
terpelihara lidah
Niscaya
dapat daripadanya faedah
D.
Jika hendak
mengenal orang mulia
Lihatlah
kepada kelakuan dia
E.
Apabila
perkataan yang amat kasar
Lekaslah
orang sekalian gusar
14.
Cermati kutipan gurindam berikut!
Apabila terpelihara
mata.
sedikitlah cita-cita.
Maksud isi bait gurindam adalah ....
A. orang
yang menggunakan mata secara sembarangan akan dapat menimbulkan penyakit yang
sangat berbahaya terhadap dirinya dan orang lain
B. mata,
kuping, lidah, tangan, perut, dan kaki, kalau tidak difungsikan dengan benar
akan menjadi sumber bencana atau
malapetaka
C. dengan
mata, kita dapat melihat berbagai hal dan apabila tidak dijaga akan timbul
keinginan-keinginan yang tidak perlu atau yang buruk
D. memuji
seseorang haruslah sesuai dengan apa yang tampak atau yang terlihat semata-mata
oleh mata kita sendiri atau disaksikan sendiri
E. seseorang
harus menghindari kebohongan karena dari matanya sendiri akan dapat dilihat
perilaku buruk yang telah diperbuatnya
15.
Cermati
kutipan cerita berikut!
”Kakakmu ... Dia sudah pergi ... beristirahatlah
dengan tenang.” Jawab ayah membuat air mataku tiba-tiba langsung menetes.
Ada rasa kaget dan tak percaya mendengar jawaban
ayah.
”Gak mungkin! Kenapa bisa begitu? Tadi Kakak masih
baik-baik saja?” jeritku histeris.
Dari perkataan Ayah , aku jadi tahu mengapa kakakku
tergeletak begitu kaku di tempat tidurnya tadi dan menyebabkan ia terjatuh.
Semua karena ia terlalu memaksakan dirinya untukku. Aku menangis terisak dan
baru menyadari betapa aku tak menyangka kakakku mau melakukan semua untukku.
(My Idiot Brother, Agnes Davonar)
Kalimat
resensi yang menyatakan keunggulan sesuai kutipan tersebut adalah ... .
A.
Kisah
pengorbanan kakak kepada adikny aini adalah cerita biasa bukan? Bukankah memang
harus seperti itu?
B.
Setiap kehilangan
akan menimbulkan luka mendalam dan penulis telah menggoreskan luka itu juga
untuk pembacanya.
C.
Banyak cara
untuk mengungkapkan kasih sayang dan Agnes telah memberikan sebuah pilihan
untuk Anda.
D.
Kesabaran dan
kasih sayang dalam menghadapi sebuah perbedaan akan menjadi indah pada
waktunya.
E.
Kisah
pengorbanan kakak kepada adiknya pada buku ini telah menjadi inspirasi akan
arti dari sebuah pengorbanan.
16.
Cermatilah
kutipan resensi berikut!
Bab pertama novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata menceritakan bahwa dirinya yang
dipanggil Ikal dan kedua temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang
begitu nakalnya sehingga mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis
dalam buku ini. Namun, pada bab-bab berikutnya pembaca akan melihat
potongan-potongan kisah yang seperti berdiri sendiri, sehingga seolah-olah
Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku. Tapi sebenarnya pada setiap
bab, mulai awal hingga akhir, memiliki hubungan yang sangat erat. Seperti
mozaik-mozaik dalam kehidupan. Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik
ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan,
semangat keputusasaan ,dan kesedihan.
Kalimat
resensi yang mengungkapkan kelemahan buku sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah ... .
A.
Bahasa yang
digunakan Andrea Hirata dalam novel Sang Pemimpi kurang menarik.
B.
Andrea Hirata
dalam novelnya Sang Pemimpin kisah-kisahnya kurang berhubungan.
C.
Kisah
tiap-tiap bab dalam novel Sang Pemimpi diungkapkan seolah-olah berdiri sendiri.
D.
Cerita yang
diungkapkan Andrea Hirata dalam Sang Pemimpin tidak terjalin dengan baik.
E.
Amanat yang
disampaikan melalui tokoh Ikal tidak memberikan contoh yang baik.
17.
Cermati kata-kata
berikut!
kabut – bayangan – lelah – ke pinggiran
|
Bait puisi yang sesuai dari susunan
deret kata tersebut sebagai kata kunci adalah ... .
A.
bersenandung
mengiringi malam berkabut bersama hari-hari dan bayangan
hingga ke pinggiran waktu lelah,
lelah, dan lelah
B.
sampai
jalan berkabut itu
kami masih mencoba ngejar bayangan
masa depan tapi lelah
kami ke pinggiran jalan nasib
C.
dalam
bayangan kelam kelelahan mendera ke
pinggiran kota
kabut melayang di langit biru
D.
kabut
di langit kelabu lelah dalam rasa dan raga
bayangan berbaris menjelajah hingga
ke perut bumi ke pinggiran rasa
E.
saat
senja mulai berkabut
bayang-bayang mengikuti jalan
saat-saat kelelahan singgah di hati ke pinggiran waktu
18.
Cermati
kutipan drama berikut!
(Dia membisu. Lama berdiam diri.
– Seorang Abdi Dalam perempuan muncul)
Kertanagara : ”Apa yang membawa kau kemari?”
Abdi
Dalam Perempuan : ”Rakrian Apatih, Paduka, mohon diizinkan
menghadap.”
Kertanagara
: Atas nama kami, persilakan dia datang
kemari. (. . .)
Kertanagara
: Yang Mulia, Anda mendengarnya, sekarang
kerajaan minta perhatian kami. (Baskara
pergi Raganata masuk)
Kertanagara
: Rakian Apatih?
Raganata
: Paduka!
Kertanagara
: Katakanlah kepada saya, bagaimana penerimaan
kaum bangsawan terhadap undang-undang kami yang baru?
Raganata
: Tersinggung, Paduka Raja. Sangat merasa
tidak puas. Kebanyakan merasa tidak senang. Banyak yang meninggalkan Singasari,
susul menyusul. Dengan berbagai alasan. ...
(Burung Garuda Terbang Sendiri, Sanoesi
Pane)
Petunjuk laku yang tepat untuk melengkapi teks drama tersebut adalah …
.
A.
(Abdi
Dalam Perempuan menggeleng)
B.
(Abdi
Dalam Perempuan menunduk)
C.
(Abdi
Dalam Perempuan bungkam)
D.
(Abdi
Dalam Perempuan diam)
E.
(Abdi
Dalam Perempuan pergi)
19.
Cermati teks
drama berikut!
Sore hari, di rumah Aryo Sekti, Panembahan Reso duduk berembuk dengan
Aryo Sekti.
Reso : Anda tadi, di rumah saya, berkata bahwa
hanya aku yang bias menyelamatkan kerajaan dari bencana perpecah; Benarkah itu?
Sekti : Tentu saja. Apakah Anda berpura-pura tidak
menyadari kenyataan itu? Bukan kerendahan hati!
Reso : . . .
Sekti : Ya, begitulah kenyataannya. Orang boleh suka
atau tidak suka kepada Anda, tetapi toh harus mengakui kenyataan bahwa Anda
sangat dibutuhkan oleh Negara untuk mengatasi perpecahan.
Reso : Jadi, Anda menganggap aku dibutuhkan oleh
negara! Tetapi, mengenai suka atau tidak suka terhadap diriku itu bagaimana?
Anda termasuk yang suka atau tidak suka?
(40 Pertemuan
dari Hari Ke Hari, W.S. Rendra)
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi dialog drama tersebut adalah ... .
A. Bukannya tidak menyadari, tetapi kurang meyakini.
B. Takaran Anda memang bukan takaran manusia biasa.
C. Itulah sebabnya Anda mengingkari pemberontakan Panji
Tumbal.
D. Nasib baik atau buruk, kita harus berani menanggung
atau mensyukuri.
E.
Istriku,
karena ketakutan, menentang cita-citaku untuk menjadi Raja.
20.
Cermati kutipan cerita berikut!
Muhammad Arief anak yang paling jelek
tampangnya di antara teman-temannya sesekolah dan sepermainan di Koto dulu. ...
seperti kaleng terinjak kerbau menurut ejekan anak-anak sebayanya di kala itu.
Bila sekarang ini pujian dan pujaan
tadi dikatakan langsung kepadanya, Arief selalu menjawab, ”Aku beruntung saja.”
”Beruntung bagaimana maksudmu?” tanya
Imran suatu kali. Imran adalah seorang temannya sejak mereka kanak-kanak dulu,
yang dianggapnya teman baiknya, sesuatu yang tidak banyak dimiliki Arief. Imran
tidak termasuk dalam kelompok yang mencemooh atau mengejeknya.
”Aku beruntung punya orang tua yang
aku miliki.”
”Orang tuamu punya sepuluh anak,”
kata Imran sambil mengernyitkan dahinya. ”Kamu dulu suka mengeluh bagaimana
mereka tidak punya cukup waktu untuk memperhatikan setiap anak-anak
mereka. Suka marah.”
”Ya, itu maksudku. Karena itulah aku
bisa berbuat semauku sejak kecil. Kamu kan tahu, kadang-kadang aku tidak perlu
pulang semalaman, tidur di surau atau di rumahmu.”
Ubahan cerita
tersebut menjadi teks drama adalah ... .
A.
Arief : ”Aku
beruntung saja.”
Imran : ”Beruntung
bagaimana maksudmu?”
Arief : ”Aku
beruntung punya orang tua yang aku miliki.”
Imran : ”Orang tuamu punya sepuluh anak. Kamu dulu
suka mengeluh bagaimana mereka tidak punya cukup waktu untuk memperhatikan setiap
anak-anak mereka. Suka marah.”
Arief : ”Ya, itu maksudku. Karena itulah aku bisa berbuat semauku sejak
kecil. Kamu kan tahu, kadang-kadang aku
tidak perlu pulang semalaman, tidur di surau atau di rumahmu.”
B. (Muhammad
Arief anak yang paling jelek tampangnya di antara teman-temannya sesekolah dan
sepermainan di Koto dulu. ... seperti kaleng terinjak kerbau menurut ejekan
anak-anak sebayanya di kala itu. Bila sekarang pujian dan pujaan dikatakan
langsung kepadanya ...)
Arief : ”Aku beruntung saja.”
Imran : ”Beruntung
bagaimana maksudmu?”
Arief : ”Aku
beruntung punya orang tua yang aku miliki.”
Imran : ”Orang tuamu punya sepuluh anak,” (Sambil mengernyitkan dahi) ”Kamu dulu
suka mengeluh bagaimana mereka tidak punya cukup waktu untuk memperhatikan setiap
anak-anak mereka. Suka marah.”
Arief : ”Ya, itu maksudku. Karena itulah aku bisa berbuat semauku sejak
kecil. Kamu kan tahu, kadang- kadang aku tidak perlu pulang semalaman, tidur di
surau atau di rumahmu.”
C. Arief : ”Aku beruntung saja.” (Jawab Arief selalu bila sekarang pujian dan pujaan dikatakan langsung kepadanya)
Imran : ”Beruntung
bagaimana maksudmu?”
Arief : ”Aku
beruntung punya orang tua yang aku miliki.”
Imran : (Sambil
mengernyitkan dahi) ”Orang tuamu punya sepuluh anak, kamu dulu suka
mengeluh bagaimana mereka tidak punya cukup waktu untuk memperhatikan setiap
anak-anak mereka. Kamu juga suka
marah-marah.”
Arief : ”Ya, itu maksudku. Karena itulah aku bisa berbuat semauku sejak
kecil. Kamu kan tahu, kadang- kadang aku
tidak perlu pulang semalaman, tidur di surau atau di rumahmu.”
D. Arief : ”Aku
beruntung saja.” (Jawaban Arief selalu
bila sekarang pujian dan pujaan dikatakan langsung kepadanya)
Imran : ”Beruntung
bagaimana maksudmu?”
Arief : ”Aku
beruntung punya orang tua yang aku miliki.”
Imran : ”Orang
tuamu punya sepuluh anak,” (Sambil
mengernyitkan dahi)
”Kamu dulu suka mengeluh bagaimana mereka tidak punya cukup waktu untuk
memperhatikan setiap anak-anak mereka.
Suka marah.”
Arief : ”Ya, itu maksudku. Karena itulah aku bisa berbuat semauku sejak
kecil. Kamu kan tahu, kadang- kadang aku
tidak perlu pulang semalaman, tidur di surau atau di rumahmu.”
E.
(Muhammad Arief anak yang paling jelek
tampangnya di antara teman-temannya sesekolah dan sepermainan di Koto
dulu. ... seperti kaleng terinjak kerbau
menurut ejekan anak-anak sebayanya di kala itu.)
Arief : ”Aku
beruntung saja.”
Imran : ”Beruntung
bagaimana maksudmu?”
Arief : ”Aku
beruntung punya orang tua yang aku miliki.” Imran : ”Orang
tuamu punya sepuluh anak.”
”Kamu dulu suka mengeluh bagaimana mereka tidak punya cukup waktu untuk
memperhatikan setiap anak-anak mereka.”
”Suka marah.”
Arief : ”Ya, itu maksudku. Karena itulah aku bisa berbuat semauku sejak
kecil. Kamu kan tahu, kadang- kadang aku
tidak perlu pulang semalaman, tidur di surau atau di rumahmu.”
21.
Bacalah
kutipan drama Ayahku pulang karya Usmar Ismail berikut ini.
Gunarto : “Ibu masih berfikir lagi…”
I b u :
“Malam Hari Raya Narto. Dengarlah suara
bedug itu bersahut Sahutan.” “Pada malam hari raya seperti inilah Ayahmu pergi
dengan tidak meninggalkan sepatah katapun.”
Gunarto : “Ayah…”
I b u :
“Keesokan harinya Hari Raya, selesai
shollat ku ampun dosanya…”
Gunarto : “Kenapa masih Ibu ingat lagi masa lampau itu?
Mengingat orang yang sudah tidak ingat lagi kepada kita?”
I b u :
(Memandang Gunarto) “Aku merasa bahwa
ia masih ingat kepada kita.”
Gunarto : (Bergerak Ke Meja Makan) “Mintarsih kemana,
Bu?”
I b u :
“Mintarsih keluar tadi mengantarkan
jahitan, Narto.”
Gunarto : (Heran) “Mintarsih masih juga mengambil upah
jahitan, Bu?” “Bukankah seharusnya ia tidak usah lagi membanting tulang
sekarang?”
I b u :
“Biarlah Narto. Karena kalau ia sudah
kawin nanti, kepandaiannya itu tidak sia-sia nanti.”
Gunarto : (Bergerak Mendekati Ibu, Lalu Bicara Dengan
Lembut) “Sebenarnya Ibu mau mengatakan kalau penghasilanku tidak cukup untuk
membiayai makan kita sekeluarga kan, Bu?” (Diam Sejenak. Pause) “Bagaimana
dengan lamaran itu, Bu?”
I b u :
“Mintarsih nampaknya belum mau
bersuami, Narto.. Tapi dari pihak orang tua anak lelaki itu terus mendesak Ibu
saja..”
Gunarto : “Apa salahnya, Bu? Mereka uangnya banyak!”
I b u :
“Ah… uang, Narto?”
Kalimat
resensi untuk menggambarkan kutipan dialog di atas yang tepat adalah…
A.
Cerita drama
Ayahku Pulang diawali dengan kerinduan seorang ibu bernama Tina yang rindu akan suaminya yang telah lama pergi di hari
lebaran seperti hari lebaran sekarang ini tanpa meninggalkan sepatah kata pun.
Namun kondisi ibu untuk mengingat suaminya mendapat tantangan keras dari anak
laki-lakinya Gunarto yang merasakan sejak kecil menderita karena
ditinggalkannya.
B.
Perdebatan
semakin seru mengawali cerita dalam
drama Ayahku Pulang ini. Perdebatan itu antara Ibu dan Gunarto tentang adiknya
yang masih mencari tambahan penghasilan dengan menerima jahitan.
C.
Tema yang
ingin diungkapkan dalam drama Ayahku Pulang adalah tema sosial sepeti realita
yang ada dalam masyarakat yang tergiur oleh keindahan hidup yang disuguhkan
dengan harta yang melimpah. Drama ini memberi pelajaran bahwa dengan harta yang
banyak tidak mesti bahagia terus.
D.
Drama Ayahku
Pulang ini memberikan pesan kepada kita yang ingin mengenal makna hidup dapat
mengambil pelajaran bahwa hidup tak selamanya mujur. Seperti roda berputar
kadang jaya kadang terpuruk.
E.
Drama Ayahku
Pulang ini menonjolkan perwatakan ibu dengan ketabahannya dalam menhadapi
cobaan dalam rumah tangga, mencoba untuk menerima kenyatataan hidup yang sekian
lama ditinggalkan suaminya untuk membesarkan anak-anaknya.
22. Bacalah resensi
berikut !
Buku ini merupakan
kumpulan 67 kisah pendek yang mengungkap refleksi kehidupan sosial politik
Indonesia, tentang penyadaran makna nilai-nilai keutamaan budi, kearifan, dan
kebajikan dalam lingkaran kekuasaan yang banyak menyimpan konflik. Secara
keseluruhan buku ini banyak dinikmati pembaca karena banyak mengangkat hal-hal
yang berkenaan dengan sosok masyarakat kecil yang dapat dilihat nyata dalam
kehidupan yang sesungguhnya. Dengan demikian kisah yang diungkapkan terasa
hadir di tengah-tengah pembaca, hidup dan dapat dirasakan.
Pernyataan yang
merujuk pada keunggulan buku dalam kutipan resensi tersebut adalah….
A. Peristiwa dalam ceriata merupakan refleksi
kehidupan sosial politik Indonesia
B. Cerita ini mengungkapkan penyadaran makna
nilai-nilai kehidupan.
C. Penyajian cerita serasa hidup dan dapat
dirasakan sebagai kehidupan nyata
D. Pengarang mengungkapkan kunci-kunci analisis
dalam filsafat dan ilmiah
E. Buku tersebut mengungkapkan peran metodologi
yang dipakai dalam bagian buku
23.
Cermati kutipan
puisi berikut!
. Jatuh
Cinta
Juwita……….
Hari-hariku kulalui dengan
anganku
Bunga cintaku tumbuh sendiri
……………………………………………………
Kau tak pernah tau
Biarlah kependam selalu
Larik
yang rumpang pada penggalan puisi diatas dapat diisi dengan kalimat yang bermajas
hiperbola……
A. Detak jantungku terus berdegup
B. Debaran cintaku menghimpit dihati
C. Cintaku yang tak kau trima
D. Bunga-bungaku yang tak pernah mekar
E. Bunga-bungaku yang tak cantik
24.
Cermati puisi
berikut!
Dalam Perjalanan
Kang Gangwol
Dalam seribu perjalanan,
Aku bertemu–kami saling menyentuh dan berpisah.
Kini ketika mimpiku begitu jauh,
kekasihku akan menunggu
Setiap pagi, aku terjaga, dengan bayangan impian.
Kalimat kritik
yang tepat dengan isi puisi tersebut adalah ... .
A.
Kisah
percintaan akankah hanya akan berakhir di penghujung mimpi?
B.
Kesepian
diungkapkan jauh lebih dalam dan lebih rumit daripada kata ”cinta ”.
C.
Sebuah
kenyataan, kerinduan dan kesepian dapat mengisolasi jiwa seseorang.
D.
Bagaimana
memberikan esensi makna kesepian dengan rangkaian kata.
E.
Cinta dan
kesepian dapat diibaratkan sebagai dua sisi mata uang.
25.
Cermati
kutipan puisi berikut!
Antara
Nol dan Tiga Ratus Enam Puluh Derajat
Hendry Febrian Z
Moskow
Kau tinggalkan aku di antara dua segitiga
Memang sudah aku sadari
Liang langit tidak akan mungkin diusung
Ke pemakaman
Tapi aku musafir di dua segitiga
Digayuti perasaan bersalah dan ronta
Bertahta
Hati pecah di pelabuhan senja. . .
Kalimat tanggapan
(esai) yang sesuai dengan kutipan puisi tersebut adalah ... .
A.
Memilih kata
untuk mengkongkretkan kesan dan angan memerlukan kepiawaian yang terlatih.
B.
Dengan
membangun latar, suasana, dan medan makna secara konkret, spesifik, dan padu
akan membuahkan sajak yang indah.
C.
Bagaimana
menggambarkan perasaan hati saat kata-kata tidak dapat lagi digunakan sebagai
kuas di atas kanvas kehidupan.
D.
Perjalanan
kata menjadi sebuah kereta kencana di halaman penantian terakhir mewakili
pikiran penulis.
E.
Pemilihan
kata-kata untuk menggambarkan latar yang diciptakan penulis menjadi rangsangan
angan pembacanya.
26.
Cermati teks drama berikut!
Marwan : “Dengar
tidak?“
Satpam
Pujo : “Ya
..saya dengar, seperti gemuruh demonstran? Tetapi…(wajahnya ragu dan pucat)
Mati..Mati…Mati (menirukan suara yang didengar) Suara siapa ya?”
Marwan : “Itulah
yang sedang kami buru…seperti suara orang berdoa…atau seperti paduan
suara…iramanya seperti detak jantung…dug…dug…dug…dug…”
Satpam
Pujo : “Sok
tahu kamu! Menurutku itu seperti pasukan demonstran atau ribuan orang yang
sedang marah. Tetapi...siapa mereka ?”
Surti : “Itulah
yang membuat kami penasaran. Wong sejak sore tidak ada tamu yang datang.”
Satpam
Pujo : “(Mengangguk-angguk)
Benar! Aku juga tidak melihat tamu-tamu itu. Padahal sejak sore aku stand bay
di pos satpam.”
Marwan : “Yang
membuat kami penasaran lagi kenapa orang-orang itu bersuara
mati…mati..mati…seperti ditujukan kepada Tuan Besar?”
Satpam
Pujo : “Ya..siapa
lagi? Di sini yang sakit kan cuma Tuan Besar?”
(Akhirnya
Mati Juga, Slamet Setya Budi)
Watak tokoh Ki Dalang Tua dalam kutipan
cerpen tersebut adalah ... .
A. emosional
B. galak
C. cerewet
D. jahat
E.
cerdas
27. Cermati
kutipan cerpen berikut!
Ketika Ki Dalang
sendiri pada gilirannya harus menyelenggarakan upacara pernikahan putrinya,
beliau sendiri terlalu repot mengurus segala macam sehingga tidak bisa
manggung. Salah seorang muridnya yang paling pintar diberi tugas untuk
memainkan lakon yang tersohor tersebut. Di luar dugaan semua orang,
bintang baru telah lahir. Ki Dalang Muda memainkan cerita dengan lihai
dan sempurna. Hanya pada bagian terakhir lakon, semuanya menahan napas, karena
Ki Dalang Muda rupa-rupanya telah memutuskan membuat kejutan sekaligus
penerapan ajaran gurunya, yakni membiarkan Arjuna kalah, sementara Niwatakawaca
terus terbahak-bahak mengepit Dewi Supraba sambil mematahkan panah yang
menancap di mulutnya, terus melesat ke udara.
Ki Dalang Tua ikut
tersentak di kursinya, lalu buru-buru mengirim perintah kilat lewat belakang.
”Cepat bunuh
Niwatakawaca! Jangan macem-macem!”
(Lima
Belas, Putu Wijaya)
Tahapan alur pada kutipan cerpen
tersebut adalah ... .
A. perkenalan
(eksposisi)
B. pertentangan
(konflik)
C. penanjakan
konflik (komplikasi)
D. klimaks
E.
penyelesaian
28. Cermati
puisi berikut!
Anggrek
Bulan
Muhammad Amin
Sehabis magrib, langit biru
Purnama menguning
Awan berselendang lembayung
Anggrek bulan di pohon rambutan
Purnama rebah di rantingnya
Benalu indah di pohon rambutan
Anggrek bulan mencium purnama
Anggrek bulan mandi cahaya
Citraan yang dominan pada puisi tersebut
adalah ... .
A. perabaan
B. pencecap
C. penglihatan
D. penciuman
E.
pendengaran
29. Cermati
puisi lama berikut!
Pandan berbunga dalam rimba
Angin menderu dari siku
Badan lama tak berjua
Kinilah baru kita bertemu
Berdasarkan bentuknya puisi lama
tersebut termasuk ....
A. gurindam
B. pantun
C. syair
D. talibun
E. seloka
30. Cermatilah
penggalan novel berikut ini!
(1) Tak jauh dari
sebelah timur, persis di belakang kami, adalah Mongolia yang tak tersentuh, mengandung
marabahaya yang menerbitkan rayuan pertualangan. (2)
Ingin rasanya mencoba-coba tantangan yang dihembuskan angin-,angin lembahnya yang jahat, tidur di padang
sabananya sambil menghalau serigala dengan kayu
bakar, atau terhalusinasi hantu-hantu gurun yang berumur ribuan tahun. (3) Mongolia, sungguh menggoda. (4) Tapi
nanti saja karena kami harus menemui janji-janji
kami. (5) Kami harus ke selatan, terus beringsut ke selatan, menyelesaikan apa yang kami ikrarkan di Paris.
Edensor,
Andrea Hirata
Watak tokoh "kami" pada
penggalan novel tersebut adalah ....
A. pembangkang
B. pemberani
C. pemberontak
D. pecundang
E. pemaaf
31. Cermatilah
puisi berikut
Ibunda
Engkau adalatr bumi, Mama
aku adal ah angin yang kembara.
Engkau adalah kesuburan
atau restu atau kerbau bantaian.
Kuciumi wajahmu wangi kopi
dan juga kuinjaki sambil pergi
karena wajah bunda adalah bumi.
Cinta dan korban tak bisa dibagi
Rendra
Amanat yang terdapat pada puisi adalah
...
A. Janganlah
membagi -bagikan cinta karena cinta hanya untuk ibu.
B. Marilah
kita lestarikan bumi karena bumi telah memberikan,sesuatu pada kita.
C. Hendaknya
kita selalu menghormati ibu dan membalas cintanya.
D.
Kita wujudkan cinta kepada ibu dengan
melestarikan bumi.
E. Ciumlah
wanginya kopi dan jangan menginjaknya iambil pergi.
32.
Cermati kutipan teks drama berikut!
(Sementara
itu R.A. Kartina bangkit dari duduknya mendapatkan kedua pemuda itu)
Karnasih : ”Eeh
Ibu di sini, sejak tadi kami mencari Ibu.”
R.A. Kartinah : ”Sudah lama aku duduk dekat lentera di bawah
pohon kayu itu.”
Karnasih : ”Memang
ada kulihat dari tadi orang duduk di sana, tetapi kukira agen polisi yang
menjaga di sini.”
R.A. Kartinah : ”Aku bersyukur kepada Tuhan, kamu berdua telah
saling mendapati hati masing-masing.”
Karnasih : ”Ah,
Ibu mendengar rupanya.”
R.A. Kartinah : ”Dengan tiada perantaraan orang lain, hanya
karena hati bertemu hati semata- mata. Sejak tadi, ibu dengar, tiap orang lalu
hanya bertengkaran dan berbantah saja, seolah-olah tempat bencana ini masih
saja hendak merasakan pengaruhnya
memecah belah manusia.”
Irwan : (mengulang dengan tak insaf)
”Pengaruh memecah belah.”
R.A. Kartinah : ”Ibu duduk di bekas rumah kita ini merenungkan
kehidupan ibu dengan Raden Hendrapati selama dua puluh tujuh tahun
ini. Sekarang ia tidak ada lagi di sini, matanya sudah berhenti menatap
membelenggu ibu, dapatlah ibu berpikir kembali tenang dan merdeka!”
Karnasih : ”Tidakkah
baik ibu beristirahat dulu?”
R.A. Kartinah : ”Biarlah, Nak, ibu girang engkau berdua telah dapat
mengatasi segala pengaruh bencana
ini dengan kekuatan jiwa sendiri. tiadalah ini selain dari tuntutan Tuhan
semata-mata, suatu tanda Mahaadil Dia!
Karnasih : ”Aku
sudah takut Ibu takkan sanggup menahan kehilangan ini.”
R.A. Kartinah : ”Besar kasihku pada ayahmu hanyalah Tuhan yang
tahu. Benar juga dugaanmu, kehilangan
ini hampir tak tertanggung olehku. Tetapi akan menyesalkah aku, jika kehilangan
ini dapat membawa bahagia pada anakku
dan kepada orang lain juga. Tuhan mengampuni ayahmu yang selama ini hidupnya
tak lain kerjanya hanyalah memecah dan menceraiberaikan orang saja dan dengan demikian selalu berusaha
menambah dan menguatkan kekuasaan dan kejayaan diri sendiri. Hampir semua orang
yang bergaul dengan dia pernah jadi
korbannya. Tidak, aku takkan menyesal. Aku yang paling dekat padanya akulah
pula yang terbanyak mengetahui buruk baiknya.”
(Masuk seorang polisi
yang berpakaian preman tadi bersama-sama dengan agen polisi)
(Api, Usmar Ismail)
Tema drama tersebut adalah ... .
A. Kebahagiaan
di balik kenangan buruk yang amat membekas
di hati seorang ibu.
B. Untuk
mencapai kejayaan, seseorang dapat berbuat yang merugikan orang lain.
C. Kesetiaan
seorang istri dalam mendampingi suami, dalam keadaan apa pun.
D. Baik
buruknya suami, sebagai seorang istri haruslah dapat mengetahuinya.
E. Perasaan
kehilangan terhadap orang terdekat sangatlah sulit dihilangkan.
33. Bacalah
puisi berikut dengan saksama!
Merangkai Kesetiaan
…
Aku tak’kan pernah terpejam
Merangkai kesetiaan
Yang terukir abadi
Di titik terdalam nurani
Datang desir Timurmu
‘Tuk bersanding
Di anjangsana hariku
(Tri
Zuliatmanto)
Kalimat kritik yang sesuai dengan puisi
tersebut asalah …
A. Penulis
memiliki kemampuan menyusun larik yang sangat puitis. Ia juga teliti dan cermat
dalam memiliki diksi.
B. Penulis
mengungkapan kesetiaan yang sedemikian dalam dengan larik-larik puisi yang
berima sama.
C. Penulis
berbicara tentang sesuatu yang lazim dialami orang yang setia, tetapi ragu apakah
kesetiaan itu akan abadi.
D. Penulis
berharap mengekalkan hubungannya dengan sang kekasih, tetapi kekasih tidak
setia.
E.
Penulis memiliki kemampuan menyusun
puisi yang bagus karena menggunakan pencitraan penciuman.
34. Cermatilah
penggalan cerpen berikut!
Aku memberi selamat
kepada kedua pengantin. Mereka tersenyum kelihatan agak sungkan.
"Monggo, Den
Yanto, silakan duduk."
Den Yanto! la
memanggilku den, tidak lagi nak.
Aku tertarik pada
seorang bocah patah di sebelah Sumarni. Entah mengapa aku ingin menegurnya.
Apakah karena matanya mirip dengan Sri?
"Sopo jenengmu,
cah ayu tanyaku sambil men-jawil pipinya.
"Yanti...,"
jawabnya dengan cukup kenes.
(Perkawinan, I Yudhi Sunarto)
Kalimat kritik yang sesuai dengan isi
kutipan adalah ...
A. Cerpen
"Perkawinan" memiliki cerita yang menarik walaupun bahasanya sangat sederhana, tetapi tetap segar dan
komunikatif.
B. Pembaca
cerpen "Perkawinan" dihadapkan pada etika berbahasa yang berlaku di
Jawa, terutama penggunaan kata sapaan "Den".
C. Penggunaan
bahasa Jawa dalam cerpen "Perkawinan" agak mengganggu karena tidak
semua pembaca memahami makna pilihan katanya.
D. Cerpen
"Perkawinan" mengisahkan cerita yang kurang menarik karena alur cerita
agak berbelit-belit dan susah dipahami.
E. I.
Yudhi Sunarto telah sukses merangkai peristiwa menjadi
alur yang menarik dalam cerpen "Perkawinan".
35. Cermati
kutipan cerpen berikut!
Ketika guru dan
murid-murid telah membiasakan belajar di alam terbuka, melihat tukang kebun itu
bekerja sendirian, semuanya mendekat. "Jaring itu untuk apa, Pak?“
"Untuk menjaring malaikat.“ "Malaikat?“ "Benar."
"Boleh kami bantu,
Pak?“ "Boleh. Boleh tentu saja. Malah setelah ini, kalian akan saya ajak
menunggu jaring ini.“ "Kenapa mesti ditunggu?“ "Sebentar lagi Jibril
akan gentayangan terperangkap jaring ini."
(Mereka
Toh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat oleh Danarto)
Kalimat kritik yang sesuai dengan isi
kutipan adalah ....
A. Isi
cerpen ini sulit dicerna karena hanya Mengungkapkan halusinasi yang menimbulkan
keanehan dan kebingungan pembacanya.
B. Cerita
yang menarik dan membuat pembaca penasaran untuk mengikuti alur cerita yang disajikan
penulis.
C. Cerpen
Danarto telah berhasil menarik perhatian pembaca terutama karena hasil
ceritanya yang unik.
D. Penggunaan
dialog yang pendek telah memudahkan pembaca untuk memahami isi cerita.
E. Danarto
telah sukses menjadi cerpenis yang unik dengan cerita-cerita sangat menarik.
36. Bacalah kutipan
sastra berikut dengan saksama!
Syahdan akan permaisyuri Kuripanpun
ingin rasanya ia berhak berputera laki-laki yang baik parasnya. Maka kata
permaisyuri, “ Kakang Aji, ingin pula rasanya kita ini peroleh anak,” Maka kata Raja, “ Sungguh seperti kata tuan;
kakanda pun demikianlah juga bila gerangan kakang ini beroleh putera dengan pun
Yayi, akan jadi gantipun Kakanda di
dalam dunia ini, kalau kita berdua dihendaki oleh sang yang sukma, kembali ke
kayangan kita.”
Maka kata permaisyuri, Kakang aji
marilah kita memuja pada segala Dewa-Dewa memohonkan kalau-kalau dianugerahkan oleh
Dewata mulia raja akan ita akan anak ini.”
Amanat yang tepat sesuai dengan penggalan
di atas adalah….
A.
Berdoalah kepada Tuhan jika menginginkan keturunan
B.
Para suami harus banyak berdoa
C.
Doa yang didengar Tuhan adalah doa dari istri
D.
Berdoalah agar sesudah punya keturunan, suami –istri mati
E.
Berdoalah agar diberi anak dan kejayaan kerajaan
Teks berikut
untuk menjawab soal nomor 37 dan 38, bacalah dengan cermat!
Adapun maka pada masa itu Juragan Garubug akan
mempersembahkan pada Sang Ratu Darmawangsa Darmakusuma di hadapan orang banyak
. Maka sembahnya,” Ya Tuanku, Syah Alam, bahwa adalah hamba ini mempersembahkan
pada Tuanku sebuah cincin. Maka kata Sang Ratu, “ Hai Gurubug, di manakah kamu
peroleh ini cincin karena barang ini mahal harganya. Maka pada masa itu
sembahnya Juragan Gurubug, “Ya, Tuanku, beginilah awal mulanya patik dapat ini cincin.
Pada tatkala tuan patik Pangeran Dipati Rajuna pergi bertapa di atas Gunung
Gandalisada lima belas tahun lamanya, pada sampai tapanya lalu turunlah dari
atas gunung itu, maka dipegat dengan dua orang raksasah . Maka tuan patik
hampir-hampir tiada dapat melawan. Maka turun seorang pendeta memberi tahu;
katanya jika hendak membunuh dua raksasah itu dengan mudahnya, hendak pergi
bertapa lagi di atas Gunung Parasu. Maka tuan patik bertapa lagi di atas Gunung
Parasu adalah kira-kira sepuluh tahun lamanya. Maka cukuplah tapanya dikabulkan
oleh Dewata Mulia Raya. Maka tuan patik
kembali lagi melawan dua raksasah itu hingga kedua raksash itu jadi
binasah. Maka patik pun hendak kembali pulang ke dalam negeri Pandawa bersama
tuan Patik Dipati Rajuna. Maka sampailah pada pertengahan jalan patik melihat
mencorong seperti matahari rupanya. Maka patik memburu dan ini cincin rupanya.
Hikayat Maharaja Garebag Jagat
37. Kemustahilan yang terdapat dalam kutipan
naskah Melayu klasik tersebut adalah …
A. Bertapa
selama 25 tahun untuk melawan raksasa.
B. Mendapatkan
sebentuk cincin di atas gunung .
C. Melawan
dua orang raksasa dengan mudahnya.
D. Menemukan
cincin di perjalanan ketika bertapa.
E. Permintaannya
dikabulkan oleh yang Mahakuasa.
38. Nilai sosial
yang terdapat dalam kutipan naskah Melayu klasik
A. Kerja
sama dalam melawan dua orang raksasa
B. Memberikan
sebuah cincin kepada sang Ratu
C. Menjawab
pertanyaan Ratu dengan senang hati
D. Memberikan
cincing kepada orang banyak
E. Membantu
melawan raksasa untuk mendapakan cincin
39. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan
cermat!
(1) Nina membayar ongkos helicak. (2)
Perlahan ia memasuki pintu gerbang rumah sakit itu melalui halaman, kemudian
memasuki gedungnya. (3) Ia mulai menapaki lorong-lorong yang masih sepi. (4)
Hanya sekali-sekali para perawat tampak hilir mudik. (5) Waktu tukar jaga bagi
perawat-perawat itu belum lagi tiba. (6) Hari masih pagi.
Kalimat pembuktian latar suasana
terdapat pada nomor ….
A. (1)
dan (2)
B. (2)
dan (3)
C. (3)
dan (4)
D. (4)
dan (5)
E. (5)
dan (6)
40. Bacalah
kutipan novel berikut!
Aku termangu menatap ke luar dari
jendela kamarku. Perutku bergerak lagi. Aku mengusap-usapnya dengan lembut.
Kalau kau lahir, anakku, apakah yang akan kautemui nanti. Hidup dalam rumah tangga
ayah ibu yang tidak karu-karuan seperti ini, atau hidup jauh dari ayahmu?
Perasaanku jadi tak menentu. Baru kusadari, di sinilah beratnya jadi perempuan.
Kalau salah melangkah, anak sendiri yang jadi korban. Tapi salahkah aku? Kurang
perhitungan? Entahlah! Harapanku baik, tapi alangkah susahnya untuk dijalani.
Novel
Sebening Kaca karya Yati Maryati Wiharja
Pendeskripsian watak tokoh aku yang galau
dalam kutipan novel tersebut adalah melalui …
A. perbincangan
tokoh lain
B. jalan
pikiran tokoh
C. jalan
pikiran tokoh lain
D. ucapan-ucapan
tokoh
E. tindakan
tokoh lain
KUNCI JAWABAN
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
1.
|
C
|
11.
|
E
|
21.
|
A
|
31.
|
C
|
2.
|
D
|
12.
|
E
|
22.
|
C
|
32.
|
A
|
3.
|
D
|
13.
|
E
|
23.
|
A
|
33.
|
B
|
4.
|
E
|
14.
|
C
|
24.
|
B
|
34.
|
C
|
5.
|
E
|
15.
|
E
|
25.
|
B
|
35.
|
A
|
6.
|
D
|
16.
|
C
|
26.
|
A
|
36
|
A
|
7.
|
A
|
17.
|
B
|
27.
|
A
|
37
|
C
|
8.
|
A
|
18.
|
E
|
28.
|
C
|
38
|
B
|
9.
|
A
|
19.
|
A
|
29.
|
B
|
39
|
C
|
10.
|
E
|
20.
|
B
|
30.
|
B
|
40
|
B
|
BACA BEDAH KISI-KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-un-2019-mapel-sastra.html
terima kasih...sangat bermanfaat. saya belajar banyak
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih, semoga sukses
DeleteIbu, terima kasih atas soalnya. Membantu latuhan soal untuk besok UN hehe.. Tapi, kunci jawabannya ada yang salah enggak ya? Nomor 27, saya kurang setuju
DeleteNomor 33 juga bu. Padahal rimanya berbeda semua
Deleteyang dimaksud rima sama adalah pada baris tertentu.. tidak semua akhir baris (di opsi juga tidak ada kata semua). kata abadi berima sama dengan nurani.
DeleteASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam..... 1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan : – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll. – Drop out takut dimarahin ortu – IPK jelek, ingin dibagusin – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain – Dll. 2. PRODUK KAMI Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D SARJANA (S1, S2).. Hampir semua perguruan tinggi kami punya data basenya. UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP STIE SUKABUMI YAI ISTN STIE PERBANAS LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA STIMIK UKRIDA UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM UNIVERSITAS SAHID DLL 3. DATA YANG DI BUTUHKAN Persyaratan untuk ijazah : 1. Nama 2. Tempat & tgl lahir 3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com 4. IPK yang di inginkan 5. universitas yang di inginkan 6. Jurusan yang di inginkan 7. Tahun kelulusan yang di inginkan 8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen 9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk 10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI, 11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE 4. Biaya – Biaya • SD = Rp. 1.500.000 • SMP = Rp. 1.500.000 • SMA = Rp. 2.000.000 • D3 = 6.000.000 • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000 (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan) • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000 (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4) • Pindaht jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
DeleteKak kunci jwbn nmr 31-40 kok ngk ad
ReplyDeletebantu jawab ya, ada kok kuncinya, di mode dekstop dulu. Dan terimakasih situsnya sangat membantu, sukses selalu.
ReplyDeleteASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam..... 1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan : – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll. – Drop out takut dimarahin ortu – IPK jelek, ingin dibagusin – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain – Dll. 2. PRODUK KAMI Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D SARJANA (S1, S2).. Hampir semua perguruan tinggi kami punya data basenya. UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP STIE SUKABUMI YAI ISTN STIE PERBANAS LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA STIMIK UKRIDA UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM UNIVERSITAS SAHID DLL 3. DATA YANG DI BUTUHKAN Persyaratan untuk ijazah : 1. Nama 2. Tempat & tgl lahir 3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com 4. IPK yang di inginkan 5. universitas yang di inginkan 6. Jurusan yang di inginkan 7. Tahun kelulusan yang di inginkan 8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen 9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk 10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI, 11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE 4. Biaya – Biaya • SD = Rp. 1.500.000 • SMP = Rp. 1.500.000 • SMA = Rp. 2.000.000 • D3 = 6.000.000 • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000 (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan) • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000 (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4) • Pindaht jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
ReplyDeleteSaya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
ReplyDeletepinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)
SAYA BUTUH SOAL UN MAPEL BAHASA INDONESIA PROGRAM BAHASA INDONESIA, ADA YANG PUNYA NDAK, KALAU BISA DARI TAHUN 2015 SAMPAI SEKARANG
ReplyDeleteSAYA BUTUH SOAL UN MAPEL BAHASA INDONESIA PROGRAM BAHASA INDONESIA, ADA YANG PUNYA NDAK, KALAU BISA DARI TAHUN 2015 SAMPAI SEKARANG
ReplyDeleteJawaban nya cuma sampai 30 ya pak
ReplyDelete