RPP KELAS XI SEMESTER 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMA …………….
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2018 / 2019
|
Materi Pokok
|
:
|
Drama
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 Minggu x 4
Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI
3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
Mengidentifikasi
alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau
ditonton
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.
4.17.
4.18.
Mempertunjukkan
salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
3.18.1.
Mendata,
alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan.
3.18.2.
Memerankan
salah satu tokoh dalam naskah drama
yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut
|
4.18.1.
Memberi
tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
3.19.
Menganalisis
isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.
4.17.
4.18.
4.19.
Mendemonstrasikan
sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
3.19.
3.19.1.
Mengidentifikasi
isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton.
3.19.2.
Merancang
pementasan dan mendemonstrasikan drama
sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan tata panggung, kostum,
tata musik, dan sebagainya.
|
4.19.1.
Memberikan
tanggapan terhadap pementasan drama kelompok lain.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran sintesis pedagoge
genre, problem based learning dan
CLIL, peserta didik dapat mendata, alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik
dalam drama yang dipentaskan, memerankan salah satu tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai
dengan watak tokoh tersebut, mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang
dibaca atau ditonton, merancang pementasan dan mendemonstrasikan drama sebagai seni pertunjukan dengan
memperhatikan tata panggung, kostum, tata
musik, dan sebagainya, memberikan tanggapan terhadap pementasan drama
kelompok lain dengan rasa syukur, ingin
tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif, serta
dapat bekerja sama.
D.
Materi Pembelajaran
Fakta
Topik : Drama
· Alur dalam drama
· Isi drama
Konsep
Unsur Kebahasaan
· Babak dalam drama
· Penokohan dalam drama
· Kebahasaan drama
Prinsip
Fungsi Sosial
· Konflik dalam drama
Prosedur
Sturktur
· Persiapan mementaskan drama.
· Pementasan drama
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan
Problem
Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F.
Media Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop &
infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol /
kapur berwarna
G.
Sumber Belajar
1. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
2. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
3. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke –
1 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : merekonstruksi
resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Alur dalam drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi Alur dalam drama
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi Alur dalam drama
Ø pemberian contoh-contoh materi Alur dalam drama untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Alur dalam drama dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan
pemberian materi Alur dalam drama oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Alur dalam drama, untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Alur dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Alur dalam drama?
Ø Terdiri dari apakah Alur dalam drama tersebut?
Ø Seperti apakah Alur dalam drama tersebut?
Ø Bagaimana Alur dalam drama itu bekerja?
Ø Apa fungsi Alur dalam drama?
Ø Bagaimanakah materi Alur dalam drama itu berperan
dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Alur dalam drama yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Alur dalam drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Alur dalam drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Alur dalam drama yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Alur dalam drama
mencatat
semua informasi tentang materi Alur dalam drama yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Alur dalam drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi Alur
dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Alur dalam drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi Alur dalam drama yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Alur dalam drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : Alur
dalam drama, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Alur dalam drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Alur dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Alur dalam drama
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Alur
dalam drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Alur
dalam drama
- Menjawab
pertanyaan tentang Alur dalam
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Alur
dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Alur
dalam drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Alur
dalam drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Alur dalam drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Alur
dalam drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Alur dalam drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Alur
dalam drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran Alur dalam drama berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
2 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Alur dalam
drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Babak dalam drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi Babak dalam drama
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi Babak dalam drama
Ø pemberian contoh-contoh materi Babak dalam drama
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Babak dalam drama dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi Babak dalam drama oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Babak dalam drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Babak dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Babak dalam drama?
Ø Terdiri dari apakah Babak dalam drama tersebut?
Ø Seperti apakah Babak dalam drama tersebut?
Ø Bagaimana Babak dalam drama itu bekerja?
Ø Apa fungsi Babak dalam drama?
Ø Bagaimanakah materi Babak dalam drama itu berperan
dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Babak dalam drama yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Babak dalam drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Babak dalam drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Babak dalam drama yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Babak dalam drama
mencatat
semua informasi tentang materi Babak dalam drama yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Babak dalam drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi Babak
dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Babak dalam drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi Babak dalam drama yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Babak dalam drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : Babak
dalam drama, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Babak dalam drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Babak dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Babak dalam drama
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Babak
dalam drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Babak
dalam drama
- Menjawab
pertanyaan tentang Babak dalam
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Babak
dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Babak
dalam drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Babak
dalam drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Babak dalam drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Babak
dalam drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Babak dalam drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Babak
dalam drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran Babak dalam drama berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
3 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Babak dalam
drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Konflik dalam drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi Konflik dalam drama
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi Konflik dalam drama
Ø pemberian contoh-contoh materi Konflik dalam drama
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Konflik dalam drama dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi Konflik dalam drama oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Konflik dalam drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Konflik dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Konflik dalam drama?
Ø Terdiri dari apakah Konflik dalam drama tersebut?
Ø Seperti apakah Konflik dalam drama tersebut?
Ø Bagaimana Konflik dalam drama itu bekerja?
Ø Apa fungsi Konflik dalam drama?
Ø Bagaimanakah materi Konflik dalam drama itu berperan
dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Konflik dalam drama yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Konflik dalam drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Konflik dalam drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Konflik dalam drama yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Konflik dalam drama
mencatat
semua informasi tentang materi Konflik dalam drama yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Konflik dalam drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi Konflik
dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Konflik dalam drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi Konflik dalam drama yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konflik dalam drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam
membuktikan tentang materi : Konflik
dalam drama, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Konflik dalam drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Konflik dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Konflik dalam
drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Konflik
dalam drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Konflik
dalam drama
- Menjawab
pertanyaan tentang Konflik dalam
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Konflik
dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Konflik
dalam drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Konflik
dalam drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konflik dalam drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Konflik
dalam drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Konflik dalam drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Konflik
dalam drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran Konflik dalam drama berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
4 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Konflik
dalam drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Penokohan dalam drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi Penokohan dalam drama
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi Penokohan dalam drama
Ø pemberian contoh-contoh materi Penokohan dalam drama
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Penokohan dalam drama dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi Penokohan dalam drama
oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Penokohan dalam drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Penokohan dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Penokohan dalam drama?
Ø Terdiri dari apakah Penokohan dalam drama tersebut?
Ø Seperti apakah Penokohan dalam drama tersebut?
Ø Bagaimana Penokohan dalam drama itu bekerja?
Ø Apa fungsi Penokohan dalam drama?
Ø Bagaimanakah materi Penokohan dalam drama itu
berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Penokohan dalam drama yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Penokohan dalam drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Penokohan dalam drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Penokohan dalam drama yang tekah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Penokohan dalam drama
mencatat
semua informasi tentang materi Penokohan dalam drama yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Penokohan dalam drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi Penokohan
dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Penokohan dalam drama yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi Penokohan dalam drama yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Penokohan dalam drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : Penokohan
dalam drama, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Penokohan dalam drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Penokohan dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Penokohan dalam
drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Penokohan
dalam drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Penokohan
dalam drama
- Menjawab
pertanyaan tentang Penokohan
dalam drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Penokohan
dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Penokohan
dalam drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Penokohan
dalam drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Penokohan dalam drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Penokohan
dalam drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Penokohan dalam drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Penokohan
dalam drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran Penokohan dalam drama
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan
dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia,
bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
5 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Penokohan
dalam drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi isi drama
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi isi drama
Ø pemberian contoh-contoh materi isi drama untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi drama dari buku paket
atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
lingkungan
pemberian materi isi drama oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi isi drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi isi drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan isi drama?
Ø Terdiri dari apakah isi drama tersebut?
Ø Seperti apakah isi drama tersebut?
Ø Bagaimana isi drama itu bekerja?
Ø Apa fungsi isi drama?
Ø Bagaimanakah materi isi drama itu berperan dalam
kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi isi drama yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi isi drama yang sedang dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
isi drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi isi drama yang tekah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi isi drama
mencatat
semua informasi tentang materi isi drama yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi isi drama sesuai dengan pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi isi
drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi isi drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi isi drama yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi isi drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : isi
drama, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi isi drama berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : isi drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi isi drama dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi isi
drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi
drama
- Menjawab
pertanyaan tentang isi drama yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi isi
drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran isi
drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran isi drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran isi
drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran isi drama berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
6 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : isi drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi kebahasaan drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi kebahasaan drama
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi kebahasaan drama
Ø pemberian contoh-contoh materi kebahasaan drama untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan drama dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan
pemberian materi kebahasaan drama oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi kebahasaan drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi kebahasaan drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan kebahasaan drama?
Ø Terdiri dari apakah kebahasaan drama tersebut?
Ø Seperti apakah kebahasaan drama tersebut?
Ø Bagaimana kebahasaan drama itu bekerja?
Ø Apa fungsi kebahasaan drama?
Ø Bagaimanakah materi kebahasaan drama itu berperan
dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi kebahasaan drama yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi kebahasaan drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
kebahasaan drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi kebahasaan drama yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi kebahasaan drama
mencatat
semua informasi tentang materi kebahasaan drama yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi kebahasaan drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi kebahasaan
drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi kebahasaan drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi kebahasaan drama yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi kebahasaan drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : kebahasaan
drama, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi kebahasaan drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : kebahasaan drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi kebahasaan drama
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi kebahasaan
drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kebahasaan
drama
- Menjawab
pertanyaan tentang kebahasaan
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi kebahasaan
drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kebahasaan
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran kebahasaan
drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran kebahasaan drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran kebahasaan
drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kebahasaan drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran kebahasaan
drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran kebahasaan drama berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
7 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : kebahasaan
drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Persiapan mementaskan drama.
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi
Persiapan mementaskan drama.
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi Persiapan mementaskan drama.
Ø pemberian contoh-contoh materi Persiapan mementaskan
drama. untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Persiapan mementaskan
drama. dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi Persiapan mementaskan
drama. oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Persiapan mementaskan drama., untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Persiapan mementaskan drama. yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Persiapan mementaskan
drama.?
Ø Terdiri dari apakah Persiapan mementaskan drama. tersebut?
Ø Seperti apakah Persiapan mementaskan drama. tersebut?
Ø Bagaimana Persiapan mementaskan drama. itu bekerja?
Ø Apa fungsi Persiapan mementaskan drama.?
Ø Bagaimanakah materi Persiapan mementaskan drama. itu
berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Persiapan mementaskan drama. yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan
dan pemahaman tentang materi Persiapan mementaskan drama. yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Persiapan mementaskan drama. yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Persiapan mementaskan drama. yang tekah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Persiapan mementaskan drama.
mencatat
semua informasi tentang materi Persiapan mementaskan drama. yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Persiapan mementaskan drama. sesuai
dengan pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materiPersiapan mementaskan drama. dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Persiapan mementaskan drama. yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi Persiapan mementaskan drama. yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Persiapan mementaskan drama.
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : Persiapan
mementaskan drama., antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Persiapan mementaskan drama. berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri :Persiapan mementaskan drama.
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Persiapan
mementaskan drama. dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Persiapan
mementaskan drama. yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Persiapan
mementaskan drama.
- Menjawab
pertanyaan tentang Persiapan
mementaskan drama. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Persiapan
mementaskan drama. yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Persiapan
mementaskan drama. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Persiapan
mementaskan drama. yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Persiapan mementaskan drama. yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Persiapan
mementaskan drama..
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Persiapan mementaskan drama.
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Persiapan
mementaskan drama. kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran Persiapan mementaskan drama.
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan
dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia,
bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
8 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu :Persiapan
mementaskan drama.
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Pementasan drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi Pementasan drama
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi Pementasan drama
Ø pemberian contoh-contoh materi Pementasan drama untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Pementasan drama dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan
pemberian materi Pementasan drama oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Pementasan drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Pementasan drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan Pementasan drama?
Ø Terdiri dari apakah Pementasan drama tersebut?
Ø Seperti apakah Pementasan drama tersebut?
Ø Bagaimana Pementasan drama itu bekerja?
Ø Apa fungsi Pementasan drama?
Ø Bagaimanakah materi Pementasan drama itu berperan
dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Pementasan drama yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pementasan drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Pementasan drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Pementasan drama yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Pementasan drama
mencatat
semua informasi tentang materi Pementasan drama yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Pementasan drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi Pementasan
drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Pementasan drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi Pementasan drama yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pementasan drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data
atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : Pementasan
drama, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Pementasan drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Pementasan drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Pementasan drama
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Pementasan
drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Pementasan
drama
- Menjawab
pertanyaan tentang Pementasan
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Pementasan
drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pementasan
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Pementasan
drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pementasan drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Pementasan
drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Pementasan drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Pementasan
drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran Pementasan drama berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
I.
Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Ket.
|
Positif
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan
:
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal
|
Nama
Peserta Didik : …………...........................................……..
Kelas : …………...........................................……..
Aspek yang
diamati : …………...........................................……..
No
|
Hari/tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan
/
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
….
|
|
|
|
Nilai
jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) =
50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau
Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat
pada buku peserta didik
b)
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai
bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah
yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen
penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan
berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian
pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian
(skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah
skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah,
jadwal kegiatan sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas
yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………….,
………
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………………… …………………
…………………….. …………………
UNDUH FILE WORD RPP TEKS DRAMA KLIK
https://drive.google.com/open?id=1vPjiAaUJAceVs_MLg4n1rYBB8cxGCQhG
SEKARANG SAATNYA BERALIH KE YANG LEBIH MUDAH DAN PRAKTIS, NONTON DRAMA KOREA. DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR, TERBARU DAN MUDAH DIGUNAKAN, sekarang nonton drama korea bisa di smartphone. Download sekarang juga aplikasi MYDRAKOR di googleplay gratis, film dan drama terbaru.
ReplyDeletehttps://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in
https://www.inflixer.com/
terima kasih banyak, sangat membantu
ReplyDelete