30 December 2019

RPP 1 HALAMAN TEKS NEGOSIASI KD 3.10, 4.10 MODEL PBL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
Sekolah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
SMA Negeri 2 Boyolali
X IPA-IPS/ Gasal
Teks Negosiasi
4 X 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
3.10.1 Mendata pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis
3.10.2 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi

4.10.1 Merancang pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan


A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengevaluasi dan  menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi dengan kritis, bekerja sama, dan komunikatif selama proses pembelajaran.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)
1.        Peserta didik mencermati tujuan pembelajaran.
2.        Peserta didik membaca teks negosiasi dan mencari tahu permasalahan yang terdapat dalam teks tersebut.
3.      Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi.
4.      Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing pendidik bekerja sama dalam kelompok secara kritis mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi.
5.      Peserta didik bekerja sama mengembangkan hasil evaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi serta mengonstruksi teks negosiasi. Selanjutnya, peserta didik menyajikannya dalam  bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain. 
6.        Peserta melakukan evaluasi dalam bentuk curah pendapat juga refleksi terhadap kegiatan evaluasi dan penyusunan teks negosiasi yang telah mereka lakukan.
7.        Pendidik melaksanakan penilaian terhadap pembelajaran.
C. Penilaian
1. Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
2. Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang mengevaluasi pengajuan, penawaran dan  persetujuan dalam teks negosiasi
3. Keterampilan: Praktik menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negosiasi.                                                                                                                                                                                                        Boyolali, 2 Januari 2020
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                                                          Guru Mata Pelajaran  


Drs. Agung Wardoyo                                                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                                                NIP 197207081998011001    

Unduh file RPP 1 Halaman Teks Negosiasi Klik https://drive.google.com/open?id=1erXbPWzEqKlCqNQUk0QBIfjsVsx1tcHZ


Baca dan Unduh Contoh RPP 1 Lembar (1 Halaman)
1. RPP 1 Lembar Teks LHO Model Discovery Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/unduh-contoh-rpp-1-lembar-bahasa.html
2. RPP 1 Lembar Teks LHO Model Problem Based Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/rpp-1-lembar-teks-laporan-hasil.html
3. RPP 1 Lembar Teks Karya Ilmiah model Problem Based Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/contoh-rpp-1-halaman-model-pembelajaran.html
4. RPP 1 Lembar Teks Negosiasi KD 3.10, 4.10 Model PBL Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/rpp-1-halaman-teks-negosiasi-kd-310-410.html
6. RPP 1 Lembar Teks Kritik dan Esai (Kelas XII) Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/01/rpp-1-lembar-bahasa-indonesia-teks.html
7. RPP 1 Lembar Teks Proposal (Kelas XI) KD 3.12, 4.12 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/01/rpp-1-lembar-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
8. RPP 1 Lembar Teks Proposal KD 3.13, 4.13 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/01/contoh-rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas.html

29 December 2019

RPP 1 LEMBAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
Sekolah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
SMA Negeri 2 Boyolali
X IPA-IPS/ Gasal
Teks Laporan Hasil Observasi
4 X 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
3.2.1 Menganalisis isi dari minimal dua teks laporan hasil observasi
3.2.2 Menganalisis aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil
           observasi
4.2 Mengonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
4.2.1 Mengonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi baik lisan
          maupun tulis
4.2.2 Mengonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan aspek
           kebahasaan baik lisan maupun tulis   

CONTOH RPP 1 HALAMAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING



“Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” jelas Mendikbud.
SIARAN PERS Nomor: 408/sipres/A5.3/XII/2019: Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”
Berikut disajikan contoh RPP satu halaman dengan model pembelajaran problem based learning 

UNDUH CONTOH RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA





Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361


Berkaitan dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen. Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP. Tiga komponen inti RPP terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. “Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” jelas Mendikbud.
SIARAN PERS Nomor: 408/sipres/A5.3/XII/2019: Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”