09 July 2020

RPP PJJ BAHASA INDONESIA KELAS XI PERTEMUAN KE-8: TEKS EKSPLANASI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-8

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.3 dan KD 4.3
Kelas/Semester: XI /1
IPK: 3.3.2 dan IPK 4.3.2
Materi Pokok: Urutan Kejadian dalam Teks Eksplanasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi pengetahuan dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi, menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian ) dalam teks  eksplanasi secara lisan dan tulis dan memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

08 July 2020

RPP PJJ KELAS XII SEMESTER 1 PERTEMUAN KE-8: MENGONSTRUKSI NILAI-NILAI DALAM TEKS CERITA SEJARAH



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-8

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.3 dan 4.3
Kelas/Semester: XII/1
IPK: 3.3.3 dan 4.3.3
Materi Pokok: Nilai-Nilai dalam Teks Cerita Sejarah

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dalam cerita sejarah lisan; mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

07 July 2020

RPP PJJ BAHASA INDONESIA SMA KELAS X PERTEMUAN KE-7: KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-7

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.2 dan 4.2
Kelas/Semester: X/1
IPK: 3.2.3 dan 4.2.3
Materi Pokok: Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model problem based learning, peserta didik mampu menganalisis ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan; menyusun teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan; memiliki sikap tanggung jawab, kreatif, kerja sama, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP PJJ BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI PERTEMUAN KE-7: ISI TEKS EKSPLANASI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-7

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD:  3.3, 4.3
Kelas/Semester: XI /1
IPK: 3.3.1, 4.3.1
Materi Pokok: Informasi dalam Teks Eksplanasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi, merancang informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi dan memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP PJJ BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII SEMESTER 1 PERTEMUAN KE-7: ISI DAN STRUKTUR TEKS CERITA SEJARAH



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-7

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.3 dan 4.3
Kelas/Semester: XII/1
IPK: 3.3.2 dan 4.3.2
Materi Pokok: Struktur Teks Cerita Sejarah

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi dan struktur teks cerita sejarah; mengunstruksi nilai-nilai teks cerita sejarah; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

06 July 2020

RPP PJJ TEKS LHO KELAS X SEMESTER 1 PERTEMUAN KE-6: MENGANALISIS STRUKTUR TEKS LHO



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-6

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.2 dan 4.2
Kelas/Semester: X/1
IPK: 3.2.2 dan 4.2.2
Materi Pokok: Isi dan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Yang Dipresentasikan dengan Tulis

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu menganalisis isi dan struktur teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan tulis; merancang teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan tulis; memiliki sikap unggul dalam prestasi, keteladanan, inklusi, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

RPP PJJ MODEL PBL MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS XI PERTEMUAN KE-6: MENYUSUN TEKS PROSEDUR




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-6

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2  x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.2, 4.2
Kelas/Semester: XI/I
IPK: 3.2.3, 4.2.3
Materi Pokok: Unsur Kebahasaan Teks Prosedur

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model problem based learning, peserta didik mampu menganalisis unsur kebahasaan teks prosedur; menyusun teks prosedur dengan memerhatikan isi, struktur, dan kebahasaan;memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP PJJ BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII SEMESTER 1 PERTEMUAN KE-6: ISI TEKS CERITA SEJARAH



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-6

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.3 dan 4.
Kelas/Semester: XII/1
IPK: 3.3.1 dan 4.3.1
Materi Pokok: Isi/Informasi Teks Cerita Sejarah

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi/informasi teks cerita sejarah; menyusun simpulan nilai-nilai  teks cerita sejarah ; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP PJJ BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII SEMESTER 1 PERTEMUAN KE-5: KEBAHASAAN SURAT LAMARAN PEKERJAAN




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-5

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.2 dan 4.2
Kelas/Semester: XII/1
IPK: 3.2.3 dan 4.2.3
Materi Pokok: Isi, Sistematika, dan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model problem based learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan; menyusun surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP PJJ BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 PERTEMUAN KE-5: KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-5

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2  x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD 3.2 dan KD 4.2
Kelas/Semester: XI/I
IPK 3.2.2 dan IPK 4.2.2
Materi Pokok: Unsur Kebahasaan Teks Prosedur


A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model problem based learning, peserta didik mampu mengidentifikasi unsur kebahasaan teks prosedur, merancang teks prosedur dengan memerhatikan isi, struktur, dan kebahasaan dan memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP PJJ BAHASA INDONESIA SMA KELAS X PERTEMUAN KE-5: STRUKTUR TEKS LHO


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-5

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.2 dan 4.2
Kelas/Semester: X/1
IPK: 3.2.1 dan 4.2.1
Materi Pokok: Isi dan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi yang Dipresentasikan dengan Lisan

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu menelaah isi dan struktur teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan; merancang teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan; memiliki sikap taat hukum, komitmen, etos kerja, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

RPP PJJ BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII PERTEMUAN KE-4: MERANCANG SURAT LAMARAN PEKERJAAN




Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/03/profil-singkat-muh-zuhri-spd-mpd.html

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-4

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.2 dan 4.2
Kelas/Semester: XII/1
IPK: 3.2.2 dan 4.2.2
Materi Pokok: Isi Surat Lamaran Pekerjaan Atas Inisiatif Sendiri

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri; merancang surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.