14 July 2020

RPP 1 LEMBAR SMA KELAS XII MAPEL BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 SEMESTER 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester           : XII/1
                                    Materi Pokok              : Surat Lamaran Pekerjaan
                                    Alokasi Waktu            : 3 Pertemuan (6 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
3.1.1 Mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan 3.1.2 Mengidentifikasi sistematika surat lamaran pekerjaan
4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
4.1.1 Menyusun simpulan isi dan sistematika  surat lamaran pekerjaan
4.1.2 Mempresentasikan simpulan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan; menyusun simpulan isi dan sistematika  surat lamaran pekerjaan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester           : XI/2
                                    Materi Pokok              : Teks Proposal
                                    Alokasi Waktu            : 3 Pertemuan (6 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12 Mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca
3.12.1 Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal kegiatan
3.12.1 Menyimpulkan informasi penting dalam proposal
4.12 Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif
4.12.1 Melengkapi informasi dalam proposal kegiatan secara lisan supaya lebih efektif
4.12.2. Melengkapi informasi dalam proposal penelitian secara lisan supaya lebih efektif

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning peserta didik dapat Mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal;  Melengkapi informasi dalam proposal; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester           : XI/1
                                    Materi Pokok              : Teks Prosedur
                                    Alokasi Waktu            : 3 Pertemuan (6 x 45 menit)

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
3.1.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks prosedur
3.1.2 Menyimpulkan informasi dalam teks prosedur
4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
4.1.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan dalam teks prosedur
4.1.2. Menyusun pernyataan umum dan tahapan dalam teks teks prosedur

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi teks prosedur; merancang teks prosedur; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

RPP 1 LEMBAR ATAU RINGKAS BAHASA INDONESIA SMA KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2020/2021





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan    : SMA Negeri 2 Boyolali
                                         Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
                                         Kelas/Semester         : X MIPA-IPS/ Genap
                                         Materi Pokok              : Teks Negosiasi
Alokasi Waktu            : 6 jam pelajaran

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10 Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
3.10.1 Mengidentifikasi isi teks negosiasi
3.10.2 Menyimpulkan isi teks negosiasi
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis
4.10.1 Menyeleksi isi teks negosiasi
4.10.2 Mengembangkan isi teks negosiasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, siswa mampu mengidentifikasi dan mengembangkan isi teks negosiasi,  memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

RPP BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester           : X MIPA-IPS/ Gasal
                                    Materi Pokok              : Teks Laporan Hasil Observasi
                                    Alokasi Waktu            : 6 jam pelajaran

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
3.1.1 Mengidentifikasi isi laporan hasil observasi
3.1.2 Menyimpulkan isi laporan hasil observasi
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
4.1.1 menyeleksi isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, siswa mampu mengidentifikasi dan mengintepretasi isi laporan hasil observasi,  memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

11 July 2020

UNDUH RPP RINGKAS UNTUK PEMBELAJARAN TATAP MUKA/LURING LENGKAP SATU TAHUN KELAS X, XI, XII MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan     : SMA Negeri 2 Boyolali
                                    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/Semester            : X MIPA-IPS/ Gasal
                                    Materi Pokok              : Teks Laporan Hasil Observasi
                                    Alokasi Waktu            : 6 jam pelajaran

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
3.1.1 Mengidentifikasi isi laporan hasil observasi
3.1.2 Menyimpulkan isi laporan hasil observasi
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
4.1.1 menyeleksi isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, siswa mampu mengidentifikasi dan mengintepretasi isi laporan hasil observasi,  memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

10 July 2020

BERBAGI LINK ATAU TAUTAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)


BERBAGI LINK/ TAUTAN MATERI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII SEMESTER 1

Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/03/profil-singkat-muh-zuhri-spd-mpd.html
 
Assalamualaikum wr.wb
Bapak/Ibu yang hebat, saya mohon izin membagikan link atau tautan untuk sumber materi pembelajaran jarak jauh (PJJ) mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA.
Tautan ini bisa dibagikan ke peserta didik untuk belajar mandiri pada pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Saya mengucapkan terima kasih bagi Bapak/Ibu yang berkenan membagikan info ini. terima kasih.

BERBAGI LINK ATAU TAUTAN MATERI PEMBELAJARAN DARING SMA KELAS XI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

BERBAGI LINK/TAUTAN MATERI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI

Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/03/profil-singkat-muh-zuhri-spd-mpd.html

Assalamualaikum wr.wb
Bapak/Ibu yang hebat, saya mohon izin membagikan link atau tautan untuk sumber materi pembelajaran jarak jauh (PJJ) mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA.
Tautan ini bisa dibagikan ke peserta didik untuk belajar mandiri pada pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Saya mengucapkan terima kasih bagi Bapak/Ibu yang berkenan membagikan info ini. terima kasih.

BERBAGI LINK ATAU TAUTAN SUMBER BELAJAR MATERI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MAPEL BAHASA INDONESIA SMA KELAS X


BERBAGI LINK/TAUTAN MATERI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS X
Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik: https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/03/profil-singkat-muh-zuhri-spd-mpd.html

Assalamualaikum wr.wb
Bapak/Ibu yang hebat, saya mohon izin membagikan link atau tautan untuk sumber materi pembelajaran jarak jauh (PJJ) mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA.
Tautan ini bisa dibagikan ke peserta didik untuk belajar mandiri pada pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Saya mengucapkan terima kasih bagi Bapak/Ibu yang berkenan membagikan info ini. terima kasih.

09 July 2020

RPP PJJ TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X PERTEMUAN KE-8: UNSUR KEBAHASAAN TEKS LHO



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-8

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.2 dan 4.2
Kelas/Semester: X/1
IPK: 3.2.4 dan 4.2.4
Materi Pokok: Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Yang Dipresentasikan dengan Tulis

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu menelaah ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan tulis; menyusun teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan tulis; memiliki sikap cinta tanah air, disiplin, kejujuran,  dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

RPP PJJ BAHASA INDONESIA KELAS XI PERTEMUAN KE-8: TEKS EKSPLANASI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-8

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.3 dan KD 4.3
Kelas/Semester: XI /1
IPK: 3.3.2 dan IPK 4.3.2
Materi Pokok: Urutan Kejadian dalam Teks Eksplanasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi pengetahuan dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi, menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian ) dalam teks  eksplanasi secara lisan dan tulis dan memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

08 July 2020

RPP PJJ KELAS XII SEMESTER 1 PERTEMUAN KE-8: MENGONSTRUKSI NILAI-NILAI DALAM TEKS CERITA SEJARAH



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-8

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.3 dan 4.3
Kelas/Semester: XII/1
IPK: 3.3.3 dan 4.3.3
Materi Pokok: Nilai-Nilai dalam Teks Cerita Sejarah

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dalam cerita sejarah lisan; mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

07 July 2020

RPP PJJ BAHASA INDONESIA SMA KELAS X PERTEMUAN KE-7: KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-7

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.2 dan 4.2
Kelas/Semester: X/1
IPK: 3.2.3 dan 4.2.3
Materi Pokok: Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model problem based learning, peserta didik mampu menganalisis ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan; menyusun teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan; memiliki sikap tanggung jawab, kreatif, kerja sama, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.