07 February 2018

MELENGKAPI KALIMAT/TEKS DENGAN ISTILAH/KATA/UNGKAPAN/PERIBAHASA


MELENGKAPI KALIMAT/TEKS DENGAN ISTILAH/KATA/UNGKAPAN/PERIBAHASA
Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa adalah mengisi bagian yang rumpang kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa yang tepat.

A.      Istilah

Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu (https://kbbi.web.id/istilah)

Contoh

Setiap siswa harus … dalam kegiatan tersebut.  
Kata/istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah berpartisipasi.
Berpartisipasi: ikut serta dalam kegiatan

B.     Ungkapan

Ungkapan adalah kelompok kata atau gabungan kata yang menyatakan makna khusus (makna unsur-unsurnya sering kali menjadi kabur); (https://kbbi.web.id/ungkap)

Ungkapan merupakan gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya. (https://id.wikibooks.org/wiki/Bahasa_Indonesia/Ungkapan)

Contoh:

-tinggi hati : 'sombong'
-ringan kepala : 'mudah belajar'
-darah daging : 'anak kandung'
-dingin hati : 'tidak bersemangat
-uang panas : 'uang tidak halal'
-panas rezeki : 'sukar mencari rezeki'

Contoh

Memang tidak tahu diri anak itu. Sudah disoraki penonton masih tertawa juga. Bahkan, ia tampak sangat percaya diri. Padahal penampilannya jauh dari kata menarik. Ah, benar-benar … anak itu.

Ungkapan yang tepat melengkapi teks tersebut adalah …

Tebal muka: tidak punya rasa malu.

C.     Peribahasa

Peribahasa adalah 1 kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan); 2 ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku (https://kbbi.web.id/peribahasa)

Contoh

Hancur badan dikandung tanah, budi baik dikenang jua. ( Budi baik itu tidak akan dilupakan orang).

Seperti air dengan tebing.(persahabatan yang kokoh dan tolong-menolong).

Contoh

Peter seorang pelajar yang pandai, bahkan ia pernah meraih medali emas tingkat internasional di Bali dalam lomba fisika. Namun, ia tidak sombong dengan kepandaiannya itu. Ia selalu sopan dan baik kepada siapa saja. Ia memiliki prinsip hidup…

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah…
Seperti ilmu padi kian berisi kian runduk.
Contoh soal dan pembahasan

1.      Perhatikan teks berikut.

Udara di lingkungan kami sangat kotor terkena polusi. Polusi udara itu disebabkan oleh asap pabrik dan asap kendaraan bermotor. Masyarakat berusaha mengurangi polusi dengan ... . Hal itu diharapkan dapat mengurangi polusi udara dan memperindah pekarangan rumah.  

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ....
A. pembibitan
B. penghijauan
C. pembenihan
D. penanaman

2.    Perhatikan teks berikut.

Santosa murid kelas VI. Ia selalu ingin membeli aneka mainan di sekolahnya. Karena uangnya tidak cukup, ia sering meminjam uang kepada teman- temannya. Padahal setiap hari ia diberi saku Rp 5.000,00 oleh ayahnya, sedangkan harga mainan yang ia beli seharga Rp 9.000,00. Sikap Santosa bagaikan ….

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi teks tersebut atas adalah . . . .

A. Besar pasak dari pada tiang.
B. Tong kosong berbunyi nyaring.
C. Air tenang menghanyutkan.
D. Air beriak tanda tak dalam.

3. Perhatikan teks berikut.

Budi anak dari keluarga yang kaya. Ia pandai di sekolahnya. Namun, ia tidak sombong dan mau berteman dengan siapa saja. Sikap Budi tersebut membuat teman- temannya suka kepadanya. Budi memang anak yang ….

Ungkapan yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut adalah . . . .

A. besar hati.
B. rendah hati.
C. besar kepala.
D. hati emas.

BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 

  1. menentukan antonim/sinonim

  1. menggali informasi tersurat teks

  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

  1. menentukan ide pokok teks

  1. menggali informasi tersirat teks

  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks

  1. mengidentifikasi jenis teks

  1. memprediksi kejadian berdasarkan isi teks

  1. membandingkan isi teks

  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi 
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
  1. Menentukan makna kata/simbol/kias
  1. Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  1. Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
  1. Menentukan nilai-nilai cerita
  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 
  1. Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  1. Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
  1. Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.   Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.  menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan 
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html


5 comments: