MENENTUKAN PERNYATAAN SESUAI ISI TEKS
Bacaan atau
paragraf memuat informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah
informasi yang tertulis secara jelas dalam bacaan. Informasi tersirat adalah
informasi yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi.
a. Apa
(what) peristiwanya?
Jawaban
sesuatu/perihal peristiwa dalam bacaan
b. Siapa
(who) yang mengalami peristiwa itu?
Jawaban:
Pihak (subjek) yang diinformasikan
c. Di
mana (where) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban:
tempat terjadinya peristiwa
d. Kapan
(when) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban:
Waktu terjadinya peristiwa
e. Mengapa
(why) peristiwa itu terjadi?
Jawaban:
alasan/penyebab terjadinya peristiwa
f. Bagaimana
(how) proses peristiwanya?
Jawaban:
proses terjadinya peristiwa
Tips menentukan
pernyataan yang sesuai isi teks
Untuk menentukan pernyataan yang
isi teks kita harus memahami isi teks secara keseluruhan. Setelah itu, kita
membandingkan pernyataan pada pilihan jawaban dengan isi teks.
Contoh soal dan
kunci jawaban
1. Ada
cara memasak mie instan agar kandungan vitamin tetap terjaga. Pertama masukkan
mie ke dalam air mendidih. Kedua, angkat mie sebelum lembek. Selanjutnya, buat
air rebusan baru dan taruhlah di dalam mangkok. Terakhir, masukkan bumbu dan
mie ke dalam mangkok. Mie instan siap dihidangkan.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di
atas adalah
A. Mie harus segera diangkat dari air
rebusan setelah lembek.
B. Mie semakin lernbek scmakin baik
kandungan vitaminnya.
C. Langkah kedua masukkan mie ke dalam
rebusan air mcndidih.
D.
Mie jangan terlalu lembek agar kandungan vitaminnya terjaga.
2. Bank BRI
memberikan pinjaman modal dengan bunga rendah kepada para pedagang
kaki lima (PKL) .Hal ini disambut baik
oleh para PKL . Adapun alasan Bank BRI meminjamkan modal tersebut adalah agar
PKL mampu mengembangkan usahanya
sekaligus memiliki warung tetap.
Pernyataan yang sesuai
dengan paragraf tersebut adalah..
A. Bank
BRI memimjamkan modal usaha kepada para PKL agar memiliki warung
B.
Bank
BRI meminjamkan modal usaha dengan tujuan usaha PKL mampu berkembang
C. Bank
BRI meminjamkan modal usaha kepada para PKL dengan bunga tinggi
D. Rencana
Bank BRI meminjamkan modal usaha
disambut baik oleh PKL
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
A. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali informasi tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan ide pokok teks
- menggali informasi tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26. Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28. menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html
0 komentar:
Post a Comment