RPP KELAS XI SEMESTER 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMA …………….
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2018 / 2019
|
Materi Pokok
|
:
|
Proposal
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A. Kompetensi
Inti
·
KI-1:
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI
3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
Mengidentifikasi
formasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
Melengkapi
informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.12.1.
Mengidentifiksi
isi tiap-tiap unsur proposal.
3.12.2.
Menyunting
proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang lengkap.
|
4.12.1.
Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
Menganalisis
isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
Merancang
sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan
esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.13.1.
Mengidentifikasi
isi, sistematika, dan kebahasaan proposal.
3.13.2.
Membuat
proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang
masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan pelaksana) dengan memperhati-kan isi dan
kebahasaannya.
|
4.13.1.
Mempresentasikan,menanggapi,
dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran sintesis pedagoge
genre, problem based learning dan
CLIL, peserta didik dapat mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal,
menyunting proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang
lengkap, Mengidentifikasi isi,
sistematika, dan kebahasaan proposal, membuat proposal berdasarkan unsur-unsur
proposal, pendahuluan, latar belakang masalah, metode, pelaksanaan (tempat,
waktu, biaya, dan pelaksana) dengan
memperhati-kan isi dan kebahasaannya, mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. dengan rasa syukur, ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab,
bersikap bersahabat/ komunikatif, serta dapat bekerja sama.
D. Materi
Pembelajaran
Fakta
Topik : Proposal
·
isi
proposal;
Konsep
Unsur Kebahasaan
·
unsur
kebahasaan proposal.
·
unsur-unsur
proposal
Prinsip
Fungsi Sosial
·
informasi
dalam proposal
Prosedur
Sturktur
·
sistematika
proposal
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan
Problem
Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media
Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop &
infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol /
kapur berwarna
G. Sumber
Belajar
1. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
2. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
3. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Ke – 1 Materi : Proposal
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : ulasan terhadap
buku fiksi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi
/ tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi informasi dalam proposal
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok
belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi informasi dalam proposal
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø lembar kerja materi informasi dalam proposal
Ø pemberian contoh-contoh materi informasi dalam
proposal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi informasi dalam proposal
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi informasi dalam proposal
oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi informasi dalam proposal, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi informasi dalam proposal yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan informasi dalam proposal?
Ø Terdiri dari apakah informasi dalam proposal tersebut?
Ø Seperti apakah informasi dalam proposal tersebut?
Ø Bagaimana informasi dalam proposal itu bekerja?
Ø Apa fungsi informasi dalam proposal?
Ø Bagaimanakah materi informasi dalam proposal itu
berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi informasi dalam proposal yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi informasi dalam proposal yang
sedang dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
informasi dalam proposal yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi informasi dalam proposal yang tekah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi informasi dalam proposal
mencatat
semua informasi tentang materi informasi dalam proposal yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi informasi dalam proposal sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi informasi
dalam proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi informasi dalam proposal yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi informasi dalam proposal yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi informasi
dalam proposal
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : informasi
dalam proposal, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi informasi dalam proposal berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : informasi dalam proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi informasi dalam
proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas
presentasi tentang materi informasi
dalam proposal yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang informasi
dalam proposal
- Menjawab
pertanyaan tentang informasi
dalam proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi informasi
dalam proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi informasi
dalam proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran informasi
dalam proposal yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran informasi dalam proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran informasi
dalam proposal.
- Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf
serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran informasi
dalam proposal
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran informasi
dalam proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran informasi dalam
proposal berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan
keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama
manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan
Ke – 2 Materi : Proposal
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : informasi
dalam proposal
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi
/ tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi unsur-unsur proposal
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi unsur-unsur proposal
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø lembar kerja materi unsur-unsur proposal
Ø pemberian contoh-contoh materi unsur-unsur proposal
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur proposal dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi unsur-unsur proposal
oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi unsur-unsur proposal, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi unsur-unsur proposal yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan unsur-unsur proposal?
Ø Terdiri dari apakah unsur-unsur proposal tersebut?
Ø Seperti apakah unsur-unsur proposal tersebut?
Ø Bagaimana unsur-unsur proposal itu bekerja?
Ø Apa fungsi unsur-unsur proposal?
Ø Bagaimanakah materi unsur-unsur proposal itu berperan
dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi unsur-unsur proposal yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi unsur-unsur proposal yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
unsur-unsur proposal yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur proposal yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi unsur-unsur proposal
mencatat
semua informasi tentang materi unsur-unsur proposal yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi unsur-unsur proposal sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi unsur-unsur
proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi unsur-unsur proposal yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi unsur-unsur proposal yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur-unsur
proposal
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : unsur-unsur
proposal, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi unsur-unsur proposal berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi unsur-unsur
proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas
presentasi tentang materi unsur-unsur
proposal yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur
proposal
- Menjawab
pertanyaan tentang unsur-unsur
proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi unsur-unsur
proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur
proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran unsur-unsur
proposal yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur-unsur proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran unsur-unsur
proposal.
- Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf
serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran unsur-unsur
proposal
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran unsur-unsur
proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran unsur-unsur proposal
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan
dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia,
bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan
Ke – 3 Materi : Proposal
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : unsur-unsur
proposal
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi
/ tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi proposal
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi isi proposal
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø lembar kerja materi isi proposal
Ø pemberian contoh-contoh materi isi proposal untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi proposal dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan
pemberian materi isi proposal oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi isi proposal, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi isi proposal yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan isi proposal?
Ø Terdiri dari apakah isi proposal tersebut?
Ø Seperti apakah isi proposal tersebut?
Ø Bagaimana isi proposal itu bekerja?
Ø Apa fungsi isi proposal?
Ø Bagaimanakah materi isi proposal itu berperan dalam
kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi isi proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi isi proposal yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
isi proposal yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi isi proposal yang tekah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi isi proposal
mencatat
semua informasi tentang materi isi proposal yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi isi proposal sesuai dengan pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi isi
proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi isi proposal yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi isi proposal yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi isi
proposal
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : isi
proposal, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi isi proposal berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : isi proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi isi proposal dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas
presentasi tentang materi isi
proposal yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi
proposal
- Menjawab
pertanyaan tentang isi proposal yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi isi
proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi
proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran isi
proposal yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran isi
proposal.
- Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf
serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran isi
proposal
- Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran isi
proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran isi proposal
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan
dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia,
bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan
bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang
sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan
Ke – 4 Materi : Proposal
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : isi proposal
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi
/ tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi sistematika proposal
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi sistematika proposal
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø lembar kerja materi sistematika proposal
Ø pemberian contoh-contoh materi sistematika proposal
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi sistematika proposal dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi sistematika proposal
oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi sistematika proposal, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi sistematika proposal yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan sistematika proposal?
Ø Terdiri dari apakah sistematika proposal tersebut?
Ø Seperti apakah sistematika proposal tersebut?
Ø Bagaimana sistematika proposal itu bekerja?
Ø Apa fungsi sistematika proposal?
Ø Bagaimanakah materi sistematika proposal itu berperan
dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi sistematika proposal yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi sistematika proposal yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
sistematika proposal yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi sistematika proposal yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi sistematika proposal
mencatat
semua informasi tentang materi sistematika proposal yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi sistematika proposal sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi sistematika
proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi sistematika proposal yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi sistematika proposal yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi sistematika
proposal
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : sistematika
proposal, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi sistematika proposal berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : sistematika proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi sistematika
proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas
presentasi tentang materi sistematika
proposal yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang sistematika
proposal
- Menjawab
pertanyaan tentang sistematika
proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi sistematika
proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi sistematika
proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran sistematika
proposal yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran sistematika proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran sistematika
proposal.
- Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf
serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran sistematika
proposal
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran sistematika
proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran sistematika proposal
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan
dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia,
bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan
Ke – 5 Materi : Proposal
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : sistematika
proposal
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi
/ tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi unsur kebahasaan proposal
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi unsur kebahasaan proposal
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø lembar kerja materi unsur kebahasaan proposal
Ø pemberian contoh-contoh materi unsur kebahasaan
proposal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur kebahasaan proposal
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi unsur kebahasaan
proposal oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi unsur kebahasaan proposal, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi unsur kebahasaan proposal yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan unsur kebahasaan proposal?
Ø Terdiri dari apakah unsur kebahasaan proposal tersebut?
Ø Seperti apakah unsur kebahasaan proposal tersebut?
Ø Bagaimana unsur kebahasaan proposal itu bekerja?
Ø Apa fungsi unsur kebahasaan proposal?
Ø Bagaimanakah materi unsur kebahasaan proposal itu
berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi unsur kebahasaan proposal yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi unsur kebahasaan proposal yang
sedang dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
unsur kebahasaan proposal yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur kebahasaan proposal yang tekah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi unsur kebahasaan proposal
mencatat
semua informasi tentang materi unsur kebahasaan proposal yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi unsur kebahasaan proposal sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi unsur
kebahasaan proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,
jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi unsur kebahasaan proposal yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi unsur kebahasaan proposal yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur
kebahasaan proposal
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : unsur
kebahasaan proposal, antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi unsur kebahasaan proposal berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur kebahasaan proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi unsur kebahasaan
proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas
presentasi tentang materi unsur
kebahasaan proposal yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur
kebahasaan proposal
- Menjawab
pertanyaan tentang unsur
kebahasaan proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi unsur
kebahasaan proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur
kebahasaan proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran unsur
kebahasaan proposal yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur kebahasaan proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran unsur
kebahasaan proposal.
- Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf
serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran unsur
kebahasaan proposal
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran unsur
kebahasaan proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran unsur kebahasaan
proposal berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan
keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama
manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
I. Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN
SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Ket.
|
Positif
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan
:
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal
|
Nama
Peserta Didik : …………...........................................……..
Kelas : …………...........................................……..
Aspek yang
diamati : …………...........................................……..
No
|
Hari/tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan /
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
….
|
|
|
|
Nilai
jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) =
50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek
Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat
pada buku peserta didik
b)
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai
bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah
yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen
penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian
pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah
skor maksimal dikali skor ideal (100)
|
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan,
PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, …………,
………….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………….. …………………………
UNDUH FILE WORD RPP TEKS PROPOSAL KLIK
https://drive.google.com/open?id=1L8j7oTNwXuk6z7GQe_RwCljF_B1-vLyA
Terimakasih banyak postingannya sangat membantu....di tunggu postingan bahasa dan sastra indonesianya pak...
ReplyDeleteTerimakasih banyak postingannya sangat membantu....di tunggu postingan bahasa dan sastra indonesianya pak...
ReplyDeletepowerpoint materi semester 2 belum ada ya?
ReplyDeleteSEKARANG SAATNYA BERALIH KE YANG LEBIH MUDAH DAN PRAKTIS, NONTON DRAMA KOREA. DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR, TERBARU DAN MUDAH DIGUNAKAN, sekarang nonton drama korea bisa di smartphone. Download sekarang juga aplikasi MYDRAKOR di googleplay gratis, film dan drama terbaru.
ReplyDeletehttps://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in
https://www.inflixer.com/
TERIMAKASIH
ReplyDeleteterimakasih banyak... insyaallah bermanfaat
ReplyDelete