RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri
2 Boyolali
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : XII
/ Genap
Materi Pokok : Unsur Kebahasaan Artikel
Alokasi Waktu : 2
Minggu x 4
Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
·
KI-2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3:
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.11 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
|
·
Mengidentifikasi
masalah, fakta dan opini sebuah artikel dan atau buku ilmiah
·
Mengidentifikasi
unsur kebahasaan artikel dan atau buku ilmiah
·
Mengidentifikasi
persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa dalam artikel
|
4.11 Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan
kebahasaan
|
·
Menemukan unsur
kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
·
Menyusun artikel
dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta
·
Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan
pendekatann STEM
dengan model pembelajaran PjBL-STEM, peserta didik dapat mengidentifikasi masalah,
fakta dan opini sebuah artikel dan atau buku ilmiah, mengidentifikasi unsur
kebahasaan artikel dan atau buku ilmiah,
mengidentifikasi persamaan dan perbedaan penggunaan
bahasa dalam artikel, menemukan
unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah, menyusun artikel dan/atau buku ilmiah
sesuai dengan fakta, mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun. dengan
rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif
selama proses pembelajaran.
D.
Materi
Pembelajaran
·
unsur kebahasaan
artikel dan/atau buku ilmiah
·
penyusunan
artikel dan/atau buku ilmiah
E.
Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan: STEM
Model
Pembelajaran: PjBl-STEM
Metode: Tanya jawab, wawancara,
diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop &
infocus
G.
Sumber
Belajar
1. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran
Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
2. Suherli, dkk. 2018. Buku
Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi
Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
3. Suherli, dkk. Buku
Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi
Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 .
Pertemuan Pertama (4
x 45
Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
(15
Menit)
|
||||||||||||||
Guru
:
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Unsur kebahasaan
artikel dan/atau buku ilmiah
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan
: Selama pembelajaran Unsur kebahasaan artikel dan/atau buku
ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta
didik :
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Unsur kebahasaan artikel dan/atau buku
ilmiah yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Unsur
kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Unsur kebahasaan artikel dan/atau buku
ilmiah.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Unsur kebahasaan artikel dan/atau buku
ilmiah.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Unsur
kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
A.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian
observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari,
baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Zuhri Indonesia
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Cukup
25
= Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring
dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka
peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri.
Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan
terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan
dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan
merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan
oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format
penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya
ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam
membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian
ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya
:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat
teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi
terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat
sendiri kepada anggota kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi
kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat
lampiran)
b. Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
(Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau
Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
c. Peserta didik
mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan
penilaian.
c. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian
pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
Cara mencari nilai (N)
= Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor
ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
Keterangan
:
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
-
Penilaian Proyek
(Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk
(Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan
semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan Pertama
b.
Pertemuan Kedua
c.
Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai
berikut :
1)
Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)
Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik
Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3)
Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan
pemerintahan!
CONTOH PROGRAM
REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
dst
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal
pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
4)
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di
lingkungan sekitar.
Mengetahui, ……….., ……………
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
………………… ………………………
LAMPIRAN
PENILAIAN
KD dan Indikator (KD-3:
Pengetahuan)
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.11 Menganalisis kebahasaan artikel
dan/atau buku ilmiah.
|
·
Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/ atau buku ilmiah
|
Penilain Proses
|
Penilaian Hasil
|
Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak
kegiatan Research dan discovery
Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat
dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja
sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.
|
Jenis : Tulis
Bentuk : Uraian
Contoh instrumen:
1. Tulislah masalah yang dibahas
dalam
teks artikel
yang
Anda baca!
2. Jelaskan perbedaan fakta
dengan opini
dalam teks artikel!
3. Tuliskan 5 ciri kebahasaan
yang
digunakan dalam teks artikel dan berikan
contoh masing-masing!
|
KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
4.11 Mengonstruksi sebuah artikel
dengan memerhatikan fakta dan
kebahasaan
|
·
Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan
fakta
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan mere-visi unsur
kebahasaan artikel yang telah disusun,
|
Penilain Proses
|
Penilaian Hasil
|
Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak
kegiatan Application
Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat
dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas
(bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan,
kebersihan, keseriusan.
|
Jenis : Menulis
Bentuk: Uraian
Contoh Instrumen
Susunlah teks artikel dengan memerhatikan hal di bawah ini!
a. Tentukan topik teks artikel!
b. Buatlah kerangka sesuai
dengan struktur
teks artikel!
c. Kembangkan kerangka tersebut menjadi
teks artikel dengan
memerhatikan
struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI!
|
Portofolio
Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian
meliputi proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen
portofolio berisi:
(a) draf
final (produk) berbobot 40%;
(b)
bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;
(c) bukti
catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan
(d)
catatan reflektif berbobot 25%.
Penilaian Sikap
Penilaian sikap dilakukan selama proses
pembelajaran (termasuk informasi dari portofolio) atau di luar pembelajaran
dengan melalui observasi dengan isian lembar pengamatan
Contoh
format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran
Nama Satuan pendidikan :
Tahun pelajaran : 2019/2020
Kelas/Semester : XII/2
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/ Perilaku
|
Butir sikap
|
Positif/ Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
28 Januari 2020
|
Indri
|
Tidak mengerjakan tugas menganalisis teks artikel.
|
Tanggung jawab
|
-
|
Dipanggil dan disuruh mengerjakan tugas kembali dengan
waktu terbatas
|
2.
|
28 Januari 2020
|
Sochib
|
Mengerjakan tugas dengan serius, tepat waktu, dan
hasilnya sangat baik
|
Tanggung jawab
|
+
|
Diberi pujian atau apresiasi
|
Pedoman Penskoran
a. Pengetahuan
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
a.
Peserta didik menulis masalah dalam teks artikel
dengan sangat tepat
|
4
|
b.
Peserta didik menulis masalah dalam teks artikel
dengan tepat
|
3
|
|
c.
Peserta didik menulis masalah dalam teks artikel
dengan kurang tepat
|
2
|
|
d.
Peserta didik menulis masalah dalam teks artikel
dengan tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2
|
a.
Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan
artikel dengan sangat tepat
|
4
|
b.
Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan
artikel dengan tepat
|
3
|
|
c.
Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan
artikel dengan kurang tepat
|
2
|
|
d.
Peserta didik membedakan fakta dengan opini dalan
artikel dengan tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
|
3
|
a.
Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan
dalam teks artikel dan
memberikan contoh masing-masing dengan
sangat tepat
|
4
|
|
b.
Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan
dalam teks artikel dan
memberikan contoh masing-masing dengan tepat
|
3
|
||
c.
Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan
dalam teks artikel dan
memberikan contoh masing-masing dengan kurang tepat
|
2
|
||
d.
Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan
dalam teks artikel dan
memberikan contoh masing-masing dengan tidak tepat
|
1
|
||
Keterangan
Nilai = Perolehan skor
Jumlah soal
Contoh
Nilai = 10 x 100 = 83,33
Nilai = 10 x 100 = 83,33
12
b. Keterampilan
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
a.
Peserta didik menentukan topik teks artikel sangat
sesuai isi teks
|
4
|
b.
Peserta didik menentukan topik teks artikel sesuai
isi teks
|
3
|
|
c.
Peserta didik menentukan topik teks artikel kurang
sesuai isi teks
|
2
|
|
d.
Peserta didik menentukan topik teks artikel tidak
sesuai isi teks
|
1
|
|
2
|
a.
Peserta didik menyusun kerangka teks artikel sangat
lengkap dan sangat sesuai dengan topik
|
4
|
b.
Peserta didik menyusun kerangka teks artikel lengkap
dan sesuai dengan topik
|
3
|
|
c.
Peserta didik menyusun kerangka teks artikel kurang
lengkap dan kurang dengan topik
|
2
|
|
d.
Peserta didik menyusun kerangka teks artikel tidak
lengkap dan tidak sesuai isi teks
|
1
|
|
3
|
a.
Peserta didik menulis teks artikel sangat
sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan,
dan EBI
|
4
|
b.
Peserta didik menulis teks artikel sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
|
3
|
|
c.
Peserta didik menulis teks artikel kurang
sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
|
2
|
|
d.
Peserta didik menulis teks artikel tidak
sesuai dengan
kerangka, struktur, ciri kebahasaan,
dan EBI
|
1
|
Nilai = Perolehan skor
Jumlah kreteria/soa
Contoh
Nilai
= 11 x 100
= 91,66
12
F. Pendukung Pembelajaran
(Alat, Media, Bahan, Sumber)
1. Penyajian komputer (laptop)
dengan program powerpoint.
2. Bahan ajar otentik teks artikel (hasil
penelitian atau media massa).
3. Buku teks dan buku ensiklopedia.
4. Film dokumenter.
5. Internet.
Mengetahui, …………,
……….
Kepala
…… Guru Mata Pelajaran,
……………. ………………………..
UNDUH FILE RPP STEM TEKS ARTIKEL KLIK https://drive.google.com/open?id=19nboNuNQLiv-i0CsjwgWDkmCEKPzGY6D
Baca Materi STEM
1. STEM Sebagai Pendekatan dalam
Pendidikan/Pembelajaran https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/pengertian-stem-dan-pendekatan-stem.html
2. Model Pembelajaran STEM https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/model-model-pembelajaran-stem.html
3. Contoh Analisis STEM dalam KD/Kurikulum 2013
a. Tingkat SMP Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum_6.html
b. Tingkat SMA Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum.html
4. Contoh RPP berbasis STEM
c. RPP STEM TEKS EKSPOSISI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-stem-bahasa-indonesia-teks.html
d. RPP STEM TEKS
ARTIKEL ILMIAH KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-model-stem-bahasa-indonesia.html
JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
ReplyDeleteAYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .
Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di: WA : [+855]964967353
"JUDI POKER | TOGEL ONLINE | TEMBAK IKAN | CASINO | JUDI BOLA | SEMUA LENGKAP HANYA DI : WWW.DEWALOTTO.CLUB
ReplyDeleteDAFTAR DAN BERMAIN BERSAMA 1 ID BISA MAIN SEMUA GAMES YUKK>> di add WA : +855 69312579 "
Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com
ReplyDeleteKeunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )
Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66
Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
bosku minat daftar langsung aja bosku^^
Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
ReplyDelete> Hoki anda ada di sini <
1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
Kami memberi bukti bukan Janji
Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!
menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
ReplyDeleteAJOQQ menyediakan 8 permainan seru :)