31 July 2018

SOAL PENILAIAN HARIAN TEKS PROSEDUR





SOAL-SOAL LATIHAN TEKS PROSEDUR

Pilihlah jawaban yang paling benar!
(Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1‑3)
Boleh-boleh saja ikut arus. Akan tetapi, tetap ingat juga tempat kita berpijak agar identitas bangsa tidak hilang. Siapa lagi yang akan mengemban pesan dan peninggalan nenek moyang dan leluhur bangsa kalau bukan kita sendiri. Iya, kan? Kita tahu dan sadar bahwa Indonesia kita tercinta ini punya ragam kebudayaan yang sangat kaya. Setiap provinsi dan suku bangsa mempunyai karakter yang berbeda satu sama lain, juga latar belakang budaya yang berbeda. Masing-masing provinsi memiliki bentuk penampilan, mempunyai keunikan yang sangat indah, kaya akan warna, bentuk, detail-detail, dan ornamen-ornamen unik dan penuh identitas kedaerahan. Tentunya semua itu tidak akan pernah dan tidak boleh dilupakan hanya karena ingin ikut arus gaya minimalis.
1. Kata kerja imperatif dalam cuplikan teks di atas adalah ….
A. tidak boleh

B. kita tahu

C. mempunyai

D. mengemban pesan

E. ikut arus

STRUKTUR NOVEL SEJARAH ATAU CERITA SEJARAH



Struktur Novel Sejarah atau Cerita Sejarah

Novel sejarah adalah novel yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi asal-muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai kesejarahan, bisa bersifat naratif atau deskriptif, dan disajikan dengan daya khayal pengetahuan yang luas dari pengarang.

Sruktur Teks Cerita/Novel Sejarah

1. Pengenalan situasi cerita (ekspostion, orientasi)

Dalam bagian ini, pengarang memperkenalkan latar cerita baik waktu, tempat maupun peristiwa. Selain itu, orientasi juga dapat disajikan dengan mengenalkan para tokoh, menata adegan, dan hubungan antartokoh.

MENGIDENTIFIKASI TESIS, ARGUMEN, DAN REKOMENDASI DALAM TEKS EKSPOSISI


TEKS EKSPOSISI

Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca 
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis 
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi 
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
(Lampiran Permendikbud nomor 24 tahun 2016)

1. Mengidentifikasi Tesis, Argumen, dan Rekomendasi dalam Teks Eksposisi 
Eksposisi biasa digunakan seseorang untuk menyajikan gagasan. Gagasan tersebut dikaji oleh penulis atau pembicara berdasarkan sudut pandang tertentu. Untuk menguatkan gagasan yang disampaikan, penulis atau pembicara harus menyertakan alasan-alasan logis. Dengan kata lain, ia bertanggung jawab untuk membuktikan, mengevaluasi, atau mengklarifikasi permasalahan tersebut. Bentuk teks ini biasa digunakan dalam kegiatan ceramah, perkuliahan, pidato, editorial, opini, dan sejenisnya.

29 July 2018

MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS EKSPLANASI


MATERI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI
Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
4.3 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan 
Ringkasan Materi
1. Mengidentifikasi Informasi dalam Teks eksplanasi
Teks eksplanasi dapat disamakan dengan teks yang menceritakan prosedur atau proses terjadinya sesuatu. Dengan teks tersebut, pembaca dapat memperoleh pemahaman mengenai latar belakang terjadi sesuatu secara jelas dan logis. Teks eksplanasi menggunakan banyak fakta dan pernyataan-pernyataan yang memiliki hubungan sebab akibat (kausalitas). Namun, sebab-sebab ataupun akibat-akibat itu berupa sekumpulan fakta menurut penulisnya.

21 July 2018

SEMBILAN PRINSIP THE NEW LEARNING REVOLUTION: KERANGKA BARU PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN NATURE DAN NURTURE




SEMBILAN PRINSIP THE NEW LEARNING REVOLUTION: KERANGKA BARU PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN NATURE DAN NURTURE

1.      pembelajaran harus memperhatikan talenta siswa;

2.      menekankan bagaimana neuroscience bekerja;

3.      guru bertindak sebagai stimulator;

4.      menekankan pada pengetahuan science terintegrasi;

5.      mendorong kreativitas

6.      memberdayakan penguasaan keterampilan;

7.      memperkaya pembelajaran dengan keterampilan hidup (lifeskills);

8.      menekankan pada learning by doing;

9.      menjembatani pembelajaran dengan mendemonstrasikan hasil pengalaman belajar.

                                                                                                (Dryden dan Vos, 2016)



Pembahasan Sembilan Prinsip The New Learning Revolution

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

15 July 2018

PENGANTAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/SMK TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Pengantar Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK Tahun Pelajaran 2018/2019
Pada pertemuan pertama atau kegiatan sebelum pembahasan materi pembelajaran, guru perlu menyampaiakan hal-hal sebagai berikut.

1. Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia
2. Ruang Lingkup atau Jenis-Jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
3. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 
4. Metode Pembelajaran
5. Teknik Penilaian
6. Kriteria Ketuntasan Minimal.

14 July 2018

MATERI PEMBELAJARAN SURAT LAMARAN PEKERJAAN


MATERI PEMBELAJARAN SURAT LAMARAN PEKERJAAN
Jenis Teks: Surat Lamaran Pekerjaan
A. Kompetensi Dasar (dalam lampiran permendikbud nomor 24 tahun 2016)

3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca

4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis

3.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan

4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
B. Ringkasan Materi
1. Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Isi surat meliputi bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan dan hal-hal yang harus ada di dalam surat lamaran pekerjaan.

Sistematika adalah klasifikasi atau penggolongan atas isi atau bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan.

13 July 2018

MATERI PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR



Materi Pembelajaran Teks Prosedur

A. Kompetensi Dasar (berdasarkan lampiran permendikbud nomor 24 tahun 2016)

3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

4.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur,

dan kebahasaan

B. Ringkasan Materi

1. Mengorganisasikan Informasi dalam Teks Prosedur

Mengorganisasikan informasi dalam teks prosedur adalah kegiatan menelaah teks prosedur untuk menemukan bagian-bagian yang termasuk ke dalam pernyataan umum dan tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan atau suatu pekerjaan.

12 July 2018

MATERI PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI



Materi Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi 
1. Mengidentifikasi Isi Teks Laporan Hasil Observasi
Dari segi isi, laporan hasil observasi mempunyai ciri sebagai Berikut.
a. Bersifat objektif.
b. Ditulis berdasarkan fakta yang ditemukan pada saat pengamatan.
c. Tidak mengandung hal-hal yang bersifat menyimpang, dugaan-dugaan yang tidak tepat, atau pemihakan terhadap sesuatu.
d. Ditulis secara LENGKAP

MEMBANDINGKAN DUA TEKS PROSEDUR


Membandingkan Dua Teks Prosedur
Membandingkan dua teks adalah membandingkan satu teks dengan teks lainnya, apakah terdapat perbedaan atau persamaan baik dari struktur maupun kaidah kebahasaannya.
Berikut disajikan contoh perbandingan dua teks prosedur.
Teks 1
Empat Tips Agar Tidak Iri pada orang Lain
Pernahkah Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain? Mungkin ketika kita melihat orang lain ukses namun kita tidak, tibatiba terpikir pertanyaan berikut dalam pikiran, “Mengapa saya tidak seperti dia?” Pertanyaan menggugat seperti itu bisa terjadi secara terusmenerus dalam hal lainnya.  Untuk mengatasi pemikiran-pemikiran tersebut, Anda bisa mengikuti tips yang dilansir dari ufngtonpost berikut ini.

MENYUNTING TEKS PROSEDUR


Menyunting Teks Prosedur
Dalam menyunting sebuah teks prosedur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, kebenaran isi, strukturnya, kaidah kalimat, ataupun penggunaan ejaan/tanda bacanya.
Perhatikanlah cuplikan berikut!
1) Hal pertama yang perlu dilakukan agar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah kenali diri sendiri. (2) Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa minder atau sedih. (3) Gambarkan diri Anda dalam kata-kata, seperti pintar, kuat, baik, keibuan, visioner, dan sebagainya. (4) Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.
Ada dua jenis kesalahan dalam cuplikan tersebut, yakni dalam pembentukan kata dan pembentukan kalimat.
a. Pembentukan kata kenali dalam kalimat (1) tidak tepat, seharusnya mengenali.
b. Kalimat (2) dan (4) tidaklah efektif. Kalimat tersebut tidak jelas subjeknya.
 

MENGONSTRUKSIKAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI


Mengonstruksikan Teks Laporan Hasil Observasi 

A. Melengkapi Gagasan Pokok dan Gagasan Penjelas
Setiap paragraf terdapat gagasan pokok. Jadi, mengembangkan teks dimulai dengan menuliskan gagasan-gagasan pokok terlebih dahulu. Setiap gagasan pokok dikembangkan menjadi satu paragraf.

Perhatikanlah contoh rangkaian gagasan pokok berikut.
1. Merpati sering disamakan dengan dara karena termasuk dalam ordo yang sama.
2. Merpati dan dara adalah burung yang berbadan gempal dengan leher pendek,
paruh ramping pendek, dan cere berair.
3. Merpati dan dara memiliki spesies yang bermacam.
4. Berbagai spesies merpati dan dara dimanfaatkan sebagai burung hias.

MENGANALISIS ISI, STRUKTUR, DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI


Menganalisis Isi, Struktur,  dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
A. Isi Teks Laporan Hasil Observasi
Laporan hasil observasi adalah berita atau informasi yang dibuat berdasarkan pengamatan. Kosasih (2014:43) menyatakan bahwa teks laporan hasil observasi mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Hal ini menegaskan bahwa yang diungkapkan dalam laporan hasil observasi adalah sesuatu yang terjadi.

MENYUSUN SURAT LAMARAN PEKERJAAN DENGAN MEMPERHATIKAN ISI, SISTEMATIKA, DAN KEBAHASAAN



Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan dengan Memperhatikan Isi, Sistematika, dan Kebahasaan

Menulis surat lamaran pekerjaan sebaiknya disesuaikan dengan perusahaan/instansi yang dituju. Surat lamaran juga disesuaikan dengan sistematika dan kaidah kebahasaan.
Berikut disajikan tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan.
1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar.
2. Menulis dengan susunan format rapi.
3. Melengkapi data sesuai dengan keperluan.
4. Melampirkan surat pendukung seperti sertifikat pengalaman kerja
Berikut contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan lowongan pekerjaan