31 March 2019

KATA SANDANG SI DAN SANG


Pembahasan Soal UN SMP/MTs. Bahasa Indonesia tahun 2018
Kata Sandang si dan sang

37. Perhatikan kalimat berikut!

“Ulu, tidakkah kamu tahu bahwa […] Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda?

Kata sandang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…

A. sang

B. dang

C. si

D. yang

Kunci Jawab: A
Kata sandang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah sang (opsi A).

22 March 2019

BELAJAR DARI SANG JENIUS


Oleh Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd., Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Boyolali 
Tuhan menakdirkan orang-orang tertentu untuk memiliki hati yang terang agar dapat memberi pencerahan pada sekelilingnya. Dan ternyata  jika  hati  kita  tulus  berada  di  dekat  orang  berilmu,  kita  akan  disinari  pancaran pencerahan (Laskar Pelangi, Andrea Hirata) 
Di University of Malaya, 2 s.d. 22 Maret 2019, bersama tiga profesor jenius, Profesor Zahari Othman, Prof. Isahak Haron, Prof. Dr. Maria Salih, bersama teman-teman super cerdas, Bapak Yulianto, Mas Edi Masrur, Ibu Gina, dan 22 delegasi P4TK Bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang), dengan segala keterbatasanku, aku dibuat takjub oleh mereka.  
Aku tidak hanya belajar tentang HOTS dan Literasi. Aku belajar tentang religi, budaya, dan kehidupan. Suatu hari, aku ingin menulis semua itu, sebagai pengetahuan, pengalaman, hikmah, dan pelajaran hidup.

18 March 2019

REFLEKSI PEMBELAJARAN; KEGIATAN PENTING YANG JARANG DILAKUKAN GURU



Refleksi Pembelajaran; Kegiatan Penting yang Jarang Dilakukan Guru
Ditulis oleh Muh Zuhri, Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Boyolali, Jawa Tengah 
Salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran adalah guru. Dalam proses pembelajaran, guru berperan menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu, guru haruslah memiliki kemampuan tinggi untuk mengajar, mendidik, membimbing, dan melatih siswa. 

14 March 2019

PENERAPAN DAN PENGEMBANGAN HOTS/KBAT DI SEKOLAH MALAYSIA: Catatan Kunjungan ke Sekolah/Kolej Vokasional ERT Setapak Kuala Lumpur Malaysia


Keterangan foto: Delegasi P4TK Bahasa Kemdikbud RI berfoto bersama Prof Zahari Othman, Pakar HOT University of Malaysia dan Kepala Kolej Vokasional ERT Setapak
PENERAPAN DAN PENGEMBANGAN HOTS/KBAT DI SEKOLAH MALAYSIA
(Catatan kunjungan ke sekolah/Kolej Vokasional ERT Setapak Kuala Lumpur Malaysia)

Pohon berangan tempat bertemu,
Girangnya rasa si anak dara;
Baliklah tuan membawa ilmu,
Binalah bangsa bangunkan negara.
(Koleksi Pantun Melayu)
Prof. Zahari Othman menyatakan bahwa High Order Thinking  Skills (HOTS) atau Kemampuan Berpikir Aras Tinggi (KBAT) merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi termasuk berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif. Untuk memiliki sifat intelektual integritas tersebut. Etika, fleksibilitas dalam berpikir, kerendahan hati intelektual (sebaliknya adalah kesombongan intelektual) Prof. Zahari Othman

11 March 2019

IDEAS CHANGE THE WORLD: MENGHIMPUN BUTIR-BUTIR MUTIARA ILMU DI UNIVERSITY OF MALAYA BAGIAN KE-2


Ideas Change The World
Gagasan Mengubah Dunia: Menghimpun Butir-Butir Mutiara Ilmu di University of Malaya Bagian Ke-2
Semua ide besar dan kecil dalam sejarah manusia adalah hasil dari pemikiran kreatif dan rekaan manusia dengan izin Allah SWT. Manusia dianugrahi Allah untuk berpikir dan mencipta berbagai ilmu dan rekaan untuk hidup; dan menyatakan kesyukuran kepada yang Maha Pencipta.

10 March 2019

BATU CAVES, GENTING HIGHLANDS, MENARA KEMBAR PETRONAS: MENGENAL BUDAYA MALAYSIA, MENGENAL JATI DIRI



Batu Caves, Genting Highlands, Menara Kembar Petronas: Mengenal Budaya Malaysia, Mengenal Jati Diri  


Oleh: Muh Zuhri-Delegasi P4TK Bahasa Kemdikbud RI 


Mentari serlah ceria sinaran,
Nyanyi burung riang bersama;
Cuti sekolah ambil kesempatan,
Bercuti rehat bersama keluarga. 
(Jom Jalan-Jalan Jom Cari Makan) 
Di sana padi di sini padi,
Baru bernama sawah dan bendang;
Di sana budi di sini budi,
Baru sempurna bernama orang. 
(Koleksi Pantun Melayu)
Menjadi salah satu pendidik yang dikirim untuk mengikuti pelatihan HOTS dan Literasi di University of Malaysia tanggal 2 s.d. 22 Maret 2019 merupakan kesempatan yang sangat berharga. 
Hari Sabtu dan Minggu tidak ada sesi pelatihan, tetapi ada tugas menyusun jurnal individu. Hari Sabtu, 9 Maret 2019 saya dan teman-teman delegesai P4TK Bahasa Kemdikbud RI menggunakan kesempatan untuk mengunjungi tiga tempat wisata di Malaysia yang bisa jadi merupakan representasi tiga Budaya terbesar di Malaysia (Melayu, Tionghoa, dan India).
Perjalanan ketiga tempat tersebut memberikan kesempatan kepada saya dan teman-teman untuk lebih mengenal budaya Malaysia sekaligus merefleksi diri untuk mengenal jati diri.

08 March 2019

MENGHIMPUN BUTIR-BUTIR MUTIARA ILMU DI UNIVERSITY OF MALAYA



(Prof. Zahari Othman-University of Malaya)

MENGHIMPUN BUTIR-BUTIR MUTIARA ILMU DI UNIVERSITY OF MALAYA (BAGIAN KE-1)
Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Higher order thinking skills include critical, logical, reflective, metacognitive, and creative thinking. To have intellectual traits such integrity. Ethics, flexibility in thinking, intellectual humility (the opposite is intellectual arrogance)

07 March 2019

CATATAN KEGIATAN DAN MATERI PELATIHAN HOTS DAN LITERASI DI UNIVERSITY OF MALAYA, KUALA LUMPUR



CATATAN KEGIATAN DAN MATERI PELATIHAN HOTS DAN LITERASI DI UNIVERSITY OF MALAYA, KUALA LUMPUR
Hari ketiga: Rabu, 6 Maret 2019
A. Sesi 1
Narasumber: Prof. Dato Isahaq Haron
Kegiatan dan Materi: Refleksi dan Pembahasan Materi Kreativiti
Kegiatan dimulai dengan refleksi peserta atas materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
1. Model Pengajaran dan Pembelajaran
2. The Cone of Learning
3. The NLP (Neuro Linguistic Program) Communiation Models
4. Delapan Komponen Utama Mendesain Pengajaran
5. Bloom,s Taxonomy of Learning Domains
6. Cognitif Domain
7. Bloom,s Resived Taxonomy
8. Table of Resived Cognitiv Domain
9. Types and Levels of Konowledge

05 March 2019

MATERI PELATIHAN HOTS DAN LITERASI DI UNIVERSITY OF MALAYA, KUALA LUMPUR MALAYSIA DELEGASI P4TK KEMDIKBUD (BAHASA INDONESIA, INGGRIS, JEPANG)



MATERI PELATIHAN HOTS DAN LITERASI DI UNIVERSITY OF MALAYA, KUALA LUMPUR MALAYSIA DELEGASI P4TK KEMDIKBUD (BAHASA INDONESIA, INGGRIS, JEPANG)
Hari kedua: Selasa, 5 Maret 2019
A. Sesi 1
Materi: Pedagogical  Models and Principles.
Narasumber:  Prof.  Dato Isahaq Haroon, beliau adalah murid  dari Bloom yang terkenal dengan Taxonomy Bloom. 
1. Model Pengajaran dan Pembelajaran
2. The Cone of Learning
3. The NLP (Neuro Linguistic Program) Communiation Models
4. Delapan Komponen Utama Mendesain Pengajaran

04 March 2019

JURNAL HARIAN PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KE LN TAHUN 2019 DI UNIVERSITY OF MALAYA DELEGASI P4TK BAHASA KEMDIKBUD (BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA JEPANG): HARI KE-1



JURNAL HARIAN PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KE LN TAHUN 2019 DI UNIVERSITY OF MALAYA DELEGASI P4TK BAHASA KEMDIKBUD (BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA JEPANG)
Hari Pertama: Senin, 4 Maret 2019
Setelah melewati perjalanan kurang lebih 45 menit dari Hotel Berjaya Times Square, akhirnya kami tiba di University of Malaya (UM). Kami disambut bagian program pendidikan UM Tuan Wahyu Hidayat di pintu gerbang kemudian diantarkan menuju ruang kelas yang berada di Lantai 5.

01 March 2019

CONTOH SOAL MELENGKAPI KALIMAT DENGAN KATA ATAU ISTILAH YANG TEPAT DISERTAI PEMBAHASAN: SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs. TAHUN 2018


CONTOH SOAL MELENGKAPI KALIMAT DENGAN KATA ATAU ISTILAH YANG TEPAT DISERTAI PEMBAHASAN: SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs. TAHUN 2018
36. Perhatikan kalimat berikut!
Gedung itu direnovasi dengan […] ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di Indonesia.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…
A. menyibukkan
B. menampilkan
C. menjadikan
D. melibatkan
Kunci jawab: D

CONTOH SOAL MEMVARIASIKAN KALIMAT DAN PEMBAHASAN: SOAL UN SMP BAHASA INDONESIA TAHUN 2018



CONTOH SOAL MEMVARIASIKAN KALIMAT DAN PEMBAHASAN: SOAL UN SMP BAHASA INDONESIA TAHUN 2018
35. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Achdiat Karta Miharja lahir di Cibatu, Garut, Jawa Barat, 6 Maret 1911 dan meninggal dunia di Canberra, Australia, 8 Juli 2010 pada usia 99 tahun. (2) Beliau lebih dikenal dengan nama pena Achdiat K. Miharja. (3) Ayahnya seorang pemegang buku pada sebuah perkebunan di Kota Garut. (4) Achdiat adalah anak yang cerdas, sehingga ayahnya berharap ia menjadi sarjana hokum.
Variasi kalimat berikut yang sesuai untuk kalimat nomor (4) adalah …
A. Menulis ia lakukan sejak ia pandai merangkai kata-kata.
B. Ia anak yang pandai sehingga ayahnya ingin ia menjadi ahli hokum.
C. Anak yang tergolong biasa saja namun mempunyai kesenangan menulis.
D. Beliau suka menulis buku, tidak heran jika ayahnya sangat mendukung.

PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2019 NOMOR 34 TENTANG PILIHAN KATA YANG SALAH PADA KALIMAT



34. Bacalah kalimat berikut!

Tujuan ekspor di antaranya menciptakan iklim perusahaan yang kondusif dan menjaga kestabilan kurs valuta asing

Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ….

A. ekspor

B. perusahaan

C. kondusif

D. valuta

Kunci Jawab: B

Sesuai dengan konteks kalimat, pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah kata perusahaan. Kata yang tepat pada kalimat tersebut adalah kata usaha. Kata usaha bermakna kegiatan di bidang perdagangan (dengan maksud mencari untung), sedangkan kata perusahaan bermakna organisasi berbadan hukum yang mengadakan transaksi atau usaha (https://kbbi.web.id/usaha)

28 February 2019

MATERI PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KE LUAR NEGERI TAHUN 2019: PRE DEPARTURE TRAINING



MATERI PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KE LUAR NEGERI TAHUN 2019: PRE DEPARTURE TRAINING

Orientasi Akademik

Program Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa dalam Bidang HOTS dan Pengembangan Literasi

di University of Malaya Center For Continuing Education 

LPMP DKI Jakarta, 28 Februari 2019.

Kegiatan Akademik

1. Tes Awal dan Tes Akhir

2. Perkuliahan (4 Maret – 22 Maret 2019)

3. Kunjungan ke Sekolah : Observasi PBM

4. Penulisan Jurnal Mingguan (Sesuai Permintaan Dirjen)

5. Penulisan Draf Laporan (Kelompok Bahasa)