11 June 2019
10 June 2019
KI DAN KD BAHASA INDONESIA SMA BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 37 TAHUN 2018
SALINAN
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 37 TAHUN 2018
TENTANG
PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA
KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA,
CONTOH RPP BERBASIS STEM BAHASA INDONESIA
UNDUH MATERI POWERPOINT STEM DALAM PEMBELAJARAN
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/narasumber-stem-dalam-pembelajaran.html
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA Negeri 2 Boyolali
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Teks Prosedur
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X
pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.2 Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks prosedur
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Mengindentifikasi
struktur teks prosedur
3.2.2 Menelaah
kebahasaan teks ekplanasi
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.2
Memproduksi teks prosedur secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur
dan kebahasaan
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.2.1 Menentukan
pola pengembangan dalam menulis teks prosedur
4.2.2 Menulis teks prosedur
berdasarkan struktur dan kebahasaan
|
06 June 2019
CONTOH RPP BERBASIS STEM MODEL PEMBELAJARAN PjBL-STEM MAPEL IPA SMP
CONTOH
RPP BERBASIS STEM
A. Identitas
1. Sekolah :
SMP
2. Mata Pelajaran : IPA
3. Kelas/Semester :
VII (Tujuh)/I (Satu)
4. Materi Pokok : Tata
Surya
5. Alokasi Waktu : 2
JP x 40 Menit
B. Kompetensi Inti (KI)
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
CONTOH ANALISIS STEM DALAM KURIKULUM SMA (PEMETAAN KD STEM)
CONTOH ANALISIS STEM DALAM
KURIKULUM SMA (PEMETAAN KD STEM)
1. Penjelasan masing – masing
disiplin ilmu yang membangun pembelajaran berbasis STEM. Science, Technology,
Engineering, and Mathematic ;
Science
:
Sains merupakan kajian berhubungan
dengan peristiwa alam yang melibatkan penyelidikan, penelitian dan pengukuran
untuk menjelaskan sebab akibat dari sebuah fenomena alam. Penyelidikan dan
penilitian sains dapat digunakan untuk mengidentifikasi bukti – bukti yang
dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan ilmiah dan menjawab permasalahan dalam
kehidupan manusia.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN STEM
PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN STEM
A. Pendekatan STEM dalam pembelajaran
Pendekatan pendidikan yang
mengintegrasikan sains, teknonogi, enjiniring, dan matematika, dengan
memfokuskan proses pendidikan pada pemecahan masalah nyata dalam kehidupan
sehari-hari maupun kehidupan profesi (National STEM Education Center, 2014).
STEM
memiliki pola yang dikenal dengan istilah EDP (Engineering Design Process) atau
proses mendesain sebuah karya atau mesin. EDP ini kemudian memiliki banyak
versi yang telah dirumuskan para ahli, namun secara umum EDP memiliki pola
sebagai berikut.
PENGERTIAN STEM DAN PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN
UNDUH MATERI POWERPOINT STEM DALAM PEMBELAJARAN
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/narasumber-stem-dalam-pembelajaran.html
PENGERTIAN STEM dan Pendekatan STEM
1. Penjelasan masing – masing disiplin
ilmu yang membangun pembelajaran berbasis STEM. Science, Technology,
Engineering, and Mathematic ;
Science :
Sains
merupakan kajian berhubungan dengan peristiwa alam yang melibatkan
penyelidikan, penelitian dan pengukuran untuk menjelaskan sebab akibat dari
sebuah fenomena alam. Penyelidikan dan penilitian sains dapat digunakan untuk
mengidentifikasi bukti – bukti yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan ilmiah
dan menjawab permasalahan dalam kehidupan manusia.
01 June 2019
KALENDER PENDIDIKAN (KALDIK) TAHUN PELAJARAN 2019/2020
KALENDER PENDIDIKAN (KALDIK) TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Kalender Pendidikan yang selanjutnya
disingkat Kaldik adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta
didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran,
minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
Subscribe to:
Posts (Atom)