06 June 2019

CONTOH RPP BERBASIS STEM MODEL PEMBELAJARAN PjBL-STEM MAPEL IPA SMP




CONTOH RPP BERBASIS STEM

A. Identitas

1. Sekolah                   : SMP

2. Mata Pelajaran        : IPA

3. Kelas/Semester        : VII (Tujuh)/I (Satu)

4. Materi Pokok          : Tata Surya

5. Alokasi Waktu        : 2 JP x 40 Menit

B. Kompetensi Inti (KI)

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 

C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 

KD 3
IPK KD3
Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

·         Mendeskripsikan rotasi,revulusi bumi serta peristiwa yang dilibatkanya.
·         Mencari informasi tentang perubahan musim yang terjadi di bumi bagian utara (BBU) dan bumi bagian selatan (BBS)


KD 4
IPK KD 4
Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi
  • Membuat rancangan/desain terjadinya  rotasi dan revolusi.
  • Membuat laporan tentang dampak rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman


D. Tujuan Pembelajaran

- Peserta didik mampu mendskripsikan dampak rotasi dan revolusi bumi

- Peserta didik mampu merancang percobaan rotasi dan revolusi bumi.

 E. Materi Pembelajaran

Ø  Komponen Penyusun Tata Surya

Ø  Gerak Planet dan Hukum Kepler

Ø  Gerak Bumi dan Bulan

Ø  Akibat Rotasi dan Revulusi Bumi

F. Pendekatan/ Model/Metode Pembelajaran

Pendekatan STEM/Project Based Learning(PBL)/Diskusi Tanya jawab, penyelidikan /praktik

G. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran

- bola bekas, dynamo, pemutar gir, bohlam, kabel listrik

H. Sumber Belajar

Buku IPA Kelas VII

I. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama (2 JP)

No

Tahap

Kegiatan

Karakter

Estimasi Waktu
1

Pendahuluan

1. Guru menyampaikan salam dan mengecek kesiapan dan kehadiran peserta didik
2. Peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran
3. Peserta didik mengungkapkan apa yang mereka pikirkan tentang gerak rotasi dan revolusi bumi
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



2

Inti
A. Reflection Fase 1 (10 menit)
1. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok
2. Guru memberikan pertanyaan menantang yaitu meminta peserta didik menyebutkan susunan tata surya.
3. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang apakah yang menyebabkan perputaran planet-planet
4. Guru menyampaikan  tentang kegiatan proyek  yang akan dilakukan peserta didik yaitu melakukan percobaan tentang dampak rotasi dan revolusi bumi
5. Peserta didik menerima LKPD (Lembar Kerja Peserta didik)
B. Research  Fase 2 (50 menit)
6. Peserta didik mencari sumber sumber yang relevan dengan materi  dampak rotasi dan revolusi bumi.
7. Guru membimbing Peserta didik untuk menentukan dan merancang percobaan untuk melihat dampak rotasi dan revolusi bumi.
8. Guru membimbing Peserta didik untuk menyebutkan dampak dari rotasi dan revolusi bumi.
C. Discovery      
9. Peserta didik mendiskusikan Proyek yang akan dibuat
10. Peserta didik menuliskan ide/rencana dari setiap anggota untuk alternatif berbagai rancangan proyek rotasi dan revolusi bumi.
11. Peserta didik menentukan rancangan tugas proyek rotasi dan revolusi bumi.
D. Application
12. Peserta didik membuat rancangan tugas Proyek rotasi dan revolusi bumi.
13. Communication
14. Peserta didik mempresentasikan hasil karya kepada teman-temannya
15. Peserta didik meminta dan menerima saran masukan dari teman-temannya
16. Peserta didik memperbaiki karya berdasarkan masukan dari teman-temannya



3

Penutup

1. Peserta didik menyimpulkan hasil Pembelajaran tentang tugas Projek
2. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang aktif mengerjakan tugas Projek
3. Guru menyampaikan kegiatan  yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya




J. Penilaian

1. Teknik Penilaian:

a. Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal

b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis/Lisan/Penugasan*)

c. Penilaian Keterampilan : Praktik/Produk/Portofolio/Projek*)

*) coret yang tidak perlu 

2. Bentuk Penilaian:

a. Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b. Tes tertulis : uraian dan lembar kerja

c. Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi

d. Portofolio : penilaian laporan 

3. Instrumen Penilaian (terlampir) 


Mengetahui :
Kepala Sekolah,


……………………………
NIP ……………………..
……………, ……….. 2019
Guru Mata Pelajaran,


………….………………………
NIP ……………………………


LAMPIRAN :

  1. Bahan ajar
  2. Instrumen Penilaian 


BACA MATERI LENGKAP STEM



3. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum 2013/Analisis KD STEM Tingkat SMP Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum_6.html

4. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum 2013/Analisis KD STEM Tingkat SMA Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum.html

5. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM mapel IPA SMP Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-rpp-berbasis-stem-model.html

6. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM Mapel Bahasa Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-rpp-berbasis-stem-bahasa.html
l

3 comments:

  1. Terima kasih pengetahuannya.
    untuk mata pelajaran IPS ada contohnya pak?

    Ditunggu informasi selanjutnya.!

    ReplyDelete
  2. mau tanya kak letak artnya berarti di pembuatan poster ya ?

    ReplyDelete