CONTOH
RPP BERBASIS STEM
A. Identitas
1. Sekolah :
SMP
2. Mata Pelajaran : IPA
3. Kelas/Semester :
VII (Tujuh)/I (Satu)
4. Materi Pokok : Tata
Surya
5. Alokasi Waktu : 2
JP x 40 Menit
B. Kompetensi Inti (KI)
C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3
|
IPK KD3
|
Menganalisis sistem tata
surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya
bagi kehidupan di bumi
|
·
Mendeskripsikan rotasi,revulusi bumi serta peristiwa yang dilibatkanya.
·
Mencari informasi tentang perubahan musim yang terjadi di bumi bagian
utara (BBU) dan bumi bagian selatan (BBS)
|
KD 4
|
IPK KD 4
|
Menyajikan karya tentang
dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan
hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi
|
|
D. Tujuan Pembelajaran
-
Peserta didik mampu mendskripsikan dampak rotasi dan revolusi bumi
-
Peserta didik mampu merancang percobaan rotasi dan revolusi bumi.
E. Materi
Pembelajaran
Ø Komponen Penyusun Tata Surya
Ø Gerak Planet dan Hukum Kepler
Ø Gerak Bumi dan Bulan
Ø Akibat Rotasi dan Revulusi Bumi
F. Pendekatan/ Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan
STEM/Project Based Learning(PBL)/Diskusi Tanya jawab, penyelidikan /praktik
G. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
-
bola bekas, dynamo, pemutar gir, bohlam, kabel listrik
H. Sumber Belajar
Buku
IPA Kelas VII
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2
JP)
No
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Karakter
|
Estimasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Guru menyampaikan salam dan
mengecek kesiapan dan kehadiran peserta didik
2.
Peserta didik berdoa untuk
memulai pelajaran
3.
Peserta didik mengungkapkan
apa yang mereka pikirkan tentang gerak rotasi dan
revolusi bumi
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
||
2
|
Inti
|
A.
Reflection Fase 1 (10 menit)
1.
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok
2.
Guru memberikan pertanyaan
menantang yaitu meminta peserta didik menyebutkan susunan tata surya.
3.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang apakah yang menyebabkan
perputaran planet-planet
4.
Guru menyampaikan tentang kegiatan
proyek yang akan dilakukan peserta didik yaitu
melakukan percobaan tentang dampak rotasi dan revolusi bumi
5.
Peserta didik menerima LKPD (Lembar Kerja Peserta didik)
B.
Research Fase 2 (50 menit)
6.
Peserta didik mencari sumber sumber yang relevan dengan materi dampak rotasi dan revolusi bumi.
7.
Guru membimbing Peserta didik untuk menentukan dan merancang percobaan untuk
melihat dampak rotasi dan revolusi bumi.
8.
Guru membimbing Peserta didik untuk menyebutkan dampak dari rotasi dan
revolusi bumi.
C.
Discovery
9.
Peserta didik mendiskusikan Proyek yang akan
dibuat
10.
Peserta didik menuliskan ide/rencana dari setiap anggota untuk alternatif
berbagai rancangan proyek rotasi dan revolusi bumi.
11.
Peserta didik menentukan rancangan tugas proyek rotasi dan revolusi bumi.
D. Application
12.
Peserta didik membuat rancangan tugas Proyek rotasi dan revolusi bumi.
13. Communication
14.
Peserta didik mempresentasikan hasil karya kepada teman-temannya
15.
Peserta didik meminta dan menerima saran masukan dari teman-temannya
16.
Peserta didik memperbaiki karya berdasarkan masukan dari teman-temannya
|
||
3
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan hasil Pembelajaran tentang tugas Projek
2.
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang aktif mengerjakan tugas
Projek
3.
Guru menyampaikan kegiatan yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya
|
J. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis/Lisan/Penugasan*)
c. Penilaian Keterampilan :
Praktik/Produk/Portofolio/Projek*)
*) coret yang tidak perlu
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi
d. Portofolio : penilaian laporan
3. Instrumen Penilaian (terlampir)
Mengetahui :
Kepala Sekolah,
……………………………
NIP ……………………..
|
……………, ……….. 2019
Guru Mata Pelajaran,
………….………………………
NIP ……………………………
|
LAMPIRAN :
- Bahan ajar
- Instrumen Penilaian
BACA MATERI LENGKAP STEM
1. Pengertian Pendekatan STEM Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/pengertian-stem-dan-pendekatan-stem.html
2. Model-Model Pembelajaran STEM Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/model-model-pembelajaran-stem.html
3. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum 2013/Analisis
KD STEM Tingkat SMP Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum_6.html
4. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum
2013/Analisis KD STEM Tingkat SMA Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum.html
5. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM mapel
IPA SMP Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-rpp-berbasis-stem-model.html
6. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM Mapel
Bahasa Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-rpp-berbasis-stem-bahasa.html
l
Terima kasih pengetahuannya.
ReplyDeleteuntuk mata pelajaran IPS ada contohnya pak?
Ditunggu informasi selanjutnya.!
mau tanya kak letak artnya berarti di pembuatan poster ya ?
ReplyDeleteterimah kasih banyak
ReplyDelete