A. Pendahuluan
Guru seringkali mengalami kesulitan untuk menerapkan
hal-hal yang telah dipelajari selama pelatihan. Situasi dan kondisi pelatihan
seringkali berbeda dengan situasi dan kondisi kelas. Perbedaan ini membuat guru
tidak bisa begitu saja mentransfer apa yang diperolehnya dalam pelatihan ke
dalam praktik di kelas. Guru memerlukan bantuan untuk merealisasikannya di
dalam kelas.
Fasilitator pelatihan merupakan satu komponen penting
bagi suksesnya suatu pelatihan. Di samping memfasilitasi pelatihan, fasilitator
perlu memberikan pendampingan kepada guru. Fasilitator perlu mendampingi guru
agar mampu “membumikan” apa yang telah dipelajari selama pelatihan ke dalam
pembelajaran di kelas.
Dengan pendampingan yang baik, guru memiliki kepercayaan
diri yang lebih baik dalam melaksanakan inovasi pembelajaran. Dengan
pendampingan yang baik, guru memiliki peluang untuk mengetahui kelemahan
pembelajarannya, menemukan ide-ide perbaikannya, mencobakan ide tersebut, dan
merevisinya. Karena itu, pendampingan merupakan hal yang penting dan perlu
diwujudkan keberadaannya. Pendampingan perlu menjadi tindak lanjut dari setiap
pelaksanaan pelatihan.