19 October 2019

CONTOH SOAL MENGUBAH BENTUK TEKS DRAMA KE BENTUK NARASI DAN PEMBAHASAN


Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Mengubah bentuk teks drama ke bentuk narasi haruslah tidak mengubah isi cerita. Dengan kata lain, bentuk penyajiannya saja yang berbeda, tetapi isinya harus sama. Paragraf narasi yang sesuai dengan isi teks drama tersebut adalah opsi C.
MENGUBAH TEKS KE BENTUK LAIN (PARAFRASA)
Mengubah teks ke bentuk lain disebut juga mengonversikan teks. Kata mengonversikan memiliki arti mengubah atau menukar. Kata mengonversikan berasal dari kata dasar konversi yang memiliki arti  perubahan dari satu bentuk (rupa, dan sebagainya) ke bentuk (rupa, dan sebagainya) yang lain; (https://kbbi.web.id/konversi). 
Pengubahan teks ke dalam bentuk lain disebut juga parafrasa. Parafrasa adalah penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi.
Sebuah teks dapat diubah atau dikonversi menjadi bentuk teks yang lain. Misalnya saja dari sebuah teks eksplanasi dapat teks prosedur. Teks cerita dapat diubah ke dalam teks drama atau sebaliknya. Pengubahan teks ke bentuk teks lain haruslah mempertahankan kesamaan isi meskipun strukturnya berbeda.
Contoh pengubahan teks drama ke bentuk teks cerita/narasi
Teks 1: Drama
Bu Aisah: (sambil menepuk pundak Bintang) ”Bintang! Sedang apa di situ? Mari masuk!” 
Bintang: (dengan logat bataknya) ”Aku tak mau belajar!”
Bu Aisah:”Belajar itu untuk kau juga nantinya. Biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi jika kau kaya nanti tidak ditipu orang.”
Teks 2: bentuk cerita
Pahlawan cilik Bu Aisah adalah anak yang luar biasa. Bintang namanya. Berharap ia akan terang seperti bintang, terang dengan cahayanya sendiri, itulah harapan akan namanya. Dan kini ia telah menjadi penerang untuk keluarganya.
”Bintang sedang apa di situ, mari masuk!!!” sambil menepuk pundak anak tersebut. ”aku tak mau belajar.” dengan logat khas bataknya.
”Belajar itu untuk kau juga nantinya.. biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi jika kau kaya nanti tidak ditipu orang.”
(Jendela Cerita Menembus Mimpi, Via Lusinia)

PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019

















17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/contoh-soal-menentukan-keterkaitan-isi.html





22. Mengurutkan Kalimat Acak agar Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/mengurutkan-kalimat-acak-paragraf.html













1 comment:

  1. JACKPOT ynag besar hanya di AJOQQ :D
    WA : +855969190856

    ReplyDelete