20 October 2019

CONTOH SOAL ULASAN TEKS DRAMA DAN PEMBAHASAN (SOAL UN 2019)


Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Teks ulasan (film/drama) merupakan hasil interpretasi terhadap suatu tayangan atau pementasan drama/film tertentu. Teks drama tersebut berisi percakapan antara beberapa tokoh pelajar dalam menyikapi ujian semester. Beberapa tokoh saling mencontek. Tokoh Budi tidak mau mencontek dan menyampaikan bahwa mencontek adalah perbuatan buruk dan berdosa. Berdasarkan isi kutipan drama tersebut, ulasan yang sesuai adalah pengarang menampilkan karakter tokoh yang teguh pendiriannya dalam dialog Budi yang sangat patut ditiru (opsi A).  
RINGKASAN MATERI
STRUKTUR TEKS ULASAN
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (2008), ulasan merupakan ‘kupasan’, ‘tafsiran’, atau ‘komentar’. teks ulasan (film/drama) merupakan hasil interpretasi terhadap suatu tayangan atau pementasan drama/flm tertentu. Dengan ulasan tersebut, pembaca/penyimaknya menjadi terbantu di dalam memahami suatu tayangan. Dengan sinopsis, seseorang menjadi tahu isi ceritanya secara garis besar. Dengan membaca analisisnya, khalayak menjadi tahu struktur tayangan itu, sekaligus kelebihan dan kelemahannya.
Teks ulasan flm/drama memiliki struktur umum sebagai berikut.
A. Pengenalan isu atau tinjauan karya (film/drama) yang di dalamnya berupa judul, sutradara,
para pemain, termasuk gambaran isi karya itu sendiri, yakni yang biasa disebut sebagai
sinopsis.
B. Pemaparan argumen, sebagai bagian inti teks, berisi analisis berkenaan dengan unsur-unsur karya berdasarkan prespektif tertentu. Pada bagian ini dikemukakan juga fakta-fakta pendukung untuk memperkuat argumen penulis/pembicara.
C. Penilaian dan rekomendasi, berisi timbangan keunggulan dan kelemahan film/drama yang diulas. Pada bagian ini dapat pula disertai saran-saran untuk khalayak terkait dengan kepentingan pengapresiasiannya. (Kosasih, 2014: 203-206)


PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019

















17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/contoh-soal-menentukan-keterkaitan-isi.html





22. Mengurutkan Kalimat Acak agar Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/mengurutkan-kalimat-acak-paragraf.html




























3 comments: