22 October 2019

LIMA LANGKAH PENDAMPINGAN PRAKTIK PEMBELAJARAN


LIMA LANGKAH PENDAMPINGAN PRAKTIK PEMBELAJARAN 
A. Pendahuluan

Guru seringkali mengalami kesulitan untuk menerapkan hal-hal yang telah dipelajari selama pelatihan. Situasi dan kondisi pelatihan seringkali berbeda dengan situasi dan kondisi kelas. Perbedaan ini membuat guru tidak bisa begitu saja mentransfer apa yang diperolehnya dalam pelatihan ke dalam praktik di kelas. Guru memerlukan bantuan untuk merealisasikannya di dalam kelas.

Fasilitator pelatihan merupakan satu komponen penting bagi suksesnya suatu pelatihan. Di samping memfasilitasi pelatihan, fasilitator perlu memberikan pendampingan kepada guru. Fasilitator perlu mendampingi guru agar mampu “membumikan” apa yang telah dipelajari selama pelatihan ke dalam pembelajaran di kelas.

Dengan pendampingan yang baik, guru memiliki kepercayaan diri yang lebih baik dalam melaksanakan inovasi pembelajaran. Dengan pendampingan yang baik, guru memiliki peluang untuk mengetahui kelemahan pembelajarannya, menemukan ide-ide perbaikannya, mencobakan ide tersebut, dan merevisinya. Karena itu, pendampingan merupakan hal yang penting dan perlu diwujudkan keberadaannya. Pendampingan perlu menjadi tindak lanjut dari setiap pelaksanaan pelatihan. 
B. Pengertian Pendampingan

Pendampingan adalah proses berbagi atau pemberian bantuan tentang praktik-praktik baik dalam peningkatan mutu SMA dan pengembangan program keunggulan yang dilakukan oleh sekolah khususnya dalam peningkatan kualitas pembelajaran  
C. Tujuan Pendampingan

1. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam suatu pembelajaran  
2. Menyusun rencana tindak lanjut

D. Fokus Pendampingan

Pendampingan ke sekolah guru difokuskan pada pembelajaran dan penilaian untuk penguatan implementasi Kurikulum 2013. Adapun ruang lingkup materi dalam pembelajaran dan penilaian untuk penguatan implementasi Kurikulum 2013 antara lain:

1. Penguatan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran dan penilaian
2. Penguatan implementasi 4 C dalam pembelajaran dan penilaian
3. Penguatan implementasi literasi dalam pembelajaran dan penilaian
4. Pengembangan pembelajaran dan penilaian HOTS
E. Alur Kegiatan Pendampingan

Alur kegiatan pendampingan sebagai berikut:

·         Guru pendamping dan guru yang didampingi melakukan temu awal untuk membuat kesepakatan waktu pendampingan dan teknis lain pendampingan
·         Guru pendamping melakukan pengamatan terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sesuai waktu yang telah disepakati
·         Guru pendamping mengidentifikasi praktik-praktik baik dan atau keberhasilan yang teramati selama melakukan pendampingan dengan fokus pada pembelajaran dan penilaian
·         Guru pendamping mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang teramati selama melakukan pendampingan dengan fokus pada pembelajaran dan penilaian
·         Guru pendamping bersama guru yang didampingi merumuskan rencana tindak lanjut dari hasil identifikasi permasalahan yang masih terjadi saat pendampingan.

F. Lima Langkah Pendampingan yang Efektif
1. Pendamping Memberi Penghargaan (hal-hal positif dalam pembelajaran)

”Saya sungguh-sungguh menghargai bagian A, B, dan C
Bagian A menunjukkan …
Bagian B menunjukkan …
Bagian C menunjukkan …”

Contoh

a. bagian yang menunjukkan guru mengaitkan materi dengan kehidupan nyata
b. bagian siswa berdiskusi untuk memecahkan permasalahan
c. bagian siswa mempresentasikan hasil diskusi
2. Peserta Melakukan Sendiri Refleksi Kritis
“Menurut pendapat Saudara, apa isi terpenting dari pembelajaran tadi? Mengapa?”
(sesuai dengan kompetensi dasar atau tujuan pembelajaran)

3. Peserta Melakukan Sendiri Perbaikan-perbaikan

“Kalau Saudara melaksanakan lagi pembelajaran tersebut, apa saja yang akan Saudara ubah? Mengapa? Menurut Saudara apa yang akan meningkatkan hasil belajar siswa? Meningkatkan kualitas pengelolaan siswa?”
(misalnya, langkah-langkah pembelajaran, media, lembar kerja)

4. Pendamping Memberikan Usul, Saran atau Mendiskusikan Hal-hal yang dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

”Ada beberapa siswa di bangku belakang yang kurang terlibat dalam kegiatan, bagaimana caranya agar lain kali mereka terlibat penuh?”
(guru melakukan pendampingan/pembimbingan saat diskusi)
5. Mengembangkan Rencana Tindak Lanjut
”Apa yang perlu kita lakukan sekarang?”
(memperbaiki kelemahan dan perencanaan pembelajaran yang lebih baik)      

Sumber
1. Panduan Pendampingan DBE3
2. Panduan Pendampingan SMA Zonasi


5 comments:

  1. Senang sekali bisa belajar lwt program ini

    ReplyDelete
  2. main poker dengan banyak penghasilan
    ayo segera hubungi kami
    WA : +855969190856

    ReplyDelete