11 January 2020
MENGIDENTIFIKASI KALIMAT TIDAK EFEKTIF
(Soal UN SMP tahun 2019
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Kalimat efektif
ditandai antara lain mudah dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur
kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan
sebagainya.
Kalimat tidak efektif
antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan
penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan,
pilihan kata tidak tepat,
ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.
Berdasarkan
syarat-syarat kalimat efektif tersebut yang merupakan kalimat efektif adalah kalimat (1) dan (3). Kalimat yang
tidak efektif adalah kalimat (2) dan (4) karena tidak memenuhi syarat kehematan
atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda).
Analisis kalimat (2) dan (4) sebagai berikut.
a.
Bagi
para wanita-wanita perlu berhati-hati jika melewati lorong (tidak hemat).
Para
wanita perlu berhati-hati jika melewati lorong (hemat).
b. Rapat itu membahas mengenai tentang cara memajukan
pariwisata (tidak hemat).
Rapat
itu membahas tentang cara memajukan pariwisata (hemat).
SOAL MENGURUTKAN KALIMAT ACAK TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN PEMBAHASAN SOAL UN 2019 SMP MAPEL BAHASA INDONESIA
Kunci jawaban: D
Pembahasan
Teks laporan
hasil observasi adalah teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari
hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Menyusun kalimat-kalimat dalam teks
dapat dilakukan dengan menempatkan kalimat utama pada awal kemudian diikuti
kalimat-kalimat penjelas. Pada soal di atas kalimat utamanya adalah kalimat (5) Dalam rangka HUT ke-70 TNI AU, Satradar
215 mengadakan Bakti Masyarakat. Kalimat utama tersebut dijelaskan oleh
kalimat-kalimat lain yang disusun secara logis dengan urutan (5), (2), (1), (4), (3), (6) atau opsi D.
10 January 2020
PEMAKAIAN TANDA BACA HUBUNG (-), KOMA (,), DAN TITIK (.)
(Soal UN SMP Tahun 2019)
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Penggunaan tanda baca pada kalimat
tersebut yang tidak tepat adalah penggunaan tanda titik pada singkatan satuan
uang. Penggunaan tanda baca hubung dan koma pada kalimat tersebut sudah tepat.
Aturan pemakaian tanda baca hubung,
titik, dan koma sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia antara lain sebagai
berikut.
SOAL DAN PEMBAHASAN PENGGUNAAN TANDA BACA PETIK PADA KALIMAT LANGSUNG
(Soal UN SMP 2019 Bahasa Indonesia)
Kunci Jawaban: D
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan
Bahasa Indonesia, pilihan jawaban yang tepat adalah opsi D.
Kalimat tersebut adalah pembicaraan
langsung sehingga digunakan tanda petik dan tanda koma.
Aturan penggunaan tanda baca petik
dan tanda koma dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia adalah sebagai
berikut.
1. Tanda petik dipakai untuk
mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan, naskah, atau bahan
tertulis lain.
Misalnya:
"Kerjakan tugas ini sekarang!" perintah atasannya. "Besok akan dibahas dalam rapat."
2. Tanda koma dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat.
Misalnya:
"Kerjakan tugas ini sekarang!" perintah atasannya. "Besok akan dibahas dalam rapat."
2. Tanda koma dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat.
Misalnya:
“Kita harus berbagi dalam hidup
ini,” kata nenek saya, “karena manusia adalah makhluk sosial.”
09 January 2020
PENGGUNAAN TANDA BACA PADA NAMA TEMPAT ATAU WILAYAH NEGERI YANG DITULIS BERURUTAN DAN PENULISAN GELAR
(Soal UN 2019 SMP Bahasa Indonesia )
Kunci Jawaban: D
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Perbaikan
penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang sesuai dengan Pedoman Umum
Ejaan Bahasa Indonesia adalah Prof. Mr. Mohammad Yamin, S.H. lahir di Talawi,
Sawahlunto, Sumatra Barat (opsi D) dengan penjelasan sebagai berikut.
a.
Tanda koma dipakai di antara nama tempat dan wilayah atau negeri yang ditulis
berurutan.
Contoh
Sdr.
Abdullah, Jalan Kayumanis III/18, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Matraman,
Jakarta 13130
b.
Tanda koma dipakai di antara nama orang dan singkatan gelar akademis yang mengikutinya
untuk membedakannya dari singkatan nama diri, keluarga, atau marga
contoh
Siti
Aminah, S.H., M.H.
c.
Singkatan nama orang, gelar, sapaan, jabatan, atau pangkat diikuti dengan tanda
titik pada setiap unsur singkatan itu.
Contoh
S.E.
sarjana ekonomi
RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS X TEKS DEBAT MODEL DISCOVERY LEARNING FORMAT BARU
BACA
DAN UNDUH CONTOH RPP PJJ SATU RPP UNTUK SATU PERTEMUAN
KELAS
X
1.
RPP Pertemuan Ke-1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/07/contoh-rpp-pembelajaran-jarak-jauh-pjj.html
2.
RPP Pertemuan Ke-2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/07/contoh-rpp-pjj-sma-bahasa-indonesia.html
Kelas
XI
1.
RPP Pertemuan Ke-1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/07/contoh-rpp-pembelajaran-jarak-jauh-pjj.html
2.
RPP Pertemuan Ke-2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/07/contoh-rpp-pjj-model-discoery-learning.html
Kelas
XII
1.
RPP Pertemuan Ke-1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/07/contoh-rpp-pembelajaran-jarak-jauh-pjj.html
2.
RPP Pertemuan Ke-2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/07/rpp-pjj-sma-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X / Genap
Materi
Pokok : Debat
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menemukan
hubungan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak.
2.
Siswa dapat menyimpulkan
esensi permasalahan debat.
08 January 2020
SOAL MELENGKAPI KALIMAT DENGAN KATA SIFAT YANG TEPAT (SOAL UN SMP TAHUN 2019 DAN PEMBAHASAN)
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Kata sifat yang sesuai untuk
kalimat tersebut adalah kaya (opsi C). Kata kaya memiliki arti mempunyai
banyak/mengandung banyak (https://kbbi.web.id/kaya).
Kata penuh memiliki arti sudah berisi sepenuhnya (https://kbbi.web.id/penuh).
06 January 2020
CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran
|
Sekolah
|
Kelas/Semester
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Bahasa Indonesia
|
SMA Negeri 2 Boyolali
|
XI IPA-IPS/ Genap
|
Teks Proposal
|
4 X 45 menit
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.13. Menganalisis isi,
sistematika, dan kebahasaan suatu proposal
|
3.13.1 Menganalisisi isi proposal
3.13.2 Menganalisisi
sistematika proposal
3.13.3 Menganalisis kebahasaan proposal
|
4.13. Merancang
sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan
esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
4.13.1 Merancang sebuah prposal karya ilmiah
4.12.2 Menyusun sebuah proposal karya ilmiah dengan
memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem
based learning, peserta didik dapat
menganalisisi isi, sistematika, kebahasan proposal dan menyusun proposal
dengan kritis, bekerja sama, dan komunikatif selama proses pembelajaran.
RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 2 TEKS PROPOSAL
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran
|
Sekolah
|
Kelas/Semester
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Bahasa Indonesia
|
SMA Negeri 2 Boyolali
|
XI IPA-IPS/ Genap
|
Teks Proposal
|
4 X 45 menit
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.12 Mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal
kegiatan atau penelitian yang dibaca
|
3.12.1 Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal kegiatan
3.12.2 Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal
penelitian
|
4.12 Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan
supaya lebih efektif
|
4.12.1 Melengkapi informasi dalam proposal kegiatan secara
lisan supaya lebih efektif
4.12.2 Melengkapi informasi dalam proposal penelitian secara
lisan supaya lebih efektif
|
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem
based learning, peserta didik dapat
mengidentifikasi informasi dan melengkapi informasi penting yang ada
dalam proposal dengan kritis, bekerja sama, dan komunikatif selama proses pembelajaran.
05 January 2020
SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP MEMPERBAIKI KALIMAT TIDAK PADU DALAM PARAGRAF
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Perbaikan kalimat (3) agar teks tersebut
supaya padu adalah dengan kalimat opsi D. Ketika
akan melompat, kaki belakang ditarik ke depan, kemudian dihentakkan ke
belakang. Kalimat (3) pada teks tersebut
tidak mendukung ide pokok dan tidak sesuai dengan isi kalimat-kalimat lain
dalam paragraf, yaitu tentang kemampuan belalang dalam melompat. Kalimat opsi D
sesuai dengan isi kalimat-kalimat lain dalam paragraf.
SOAL MEMPERBAIKI KALIMAT TIDAK EFEKTIF DAN PEMBAHASAN SOAL UN SMP 2019
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Kalimat
Hampir semua siswa sekolah sudah memiliki
telepon seluler mulai dari tingkat SD sampai tingkat SMA adalah kalimat
yang tidak efektif karena tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur
kalimat secara berlebihan, Kata mulai
dan dari memiliki makna yang sama
menunjukkan keterangan waktu. Kata mulai
dan dari tidak boleh digunakan
bersamaan atau berurutan dalam satu kalimat.
04 January 2020
RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA TEKS KRITIK SASTRA DAN ESAI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran
|
Sekolah
|
Kelas/Semester
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Bahasa Indonesia
|
SMA Negeri 2 Boyolali
|
XII IPA-IPS/ Genap
|
Teks Kritik dan Esai
|
4 X 45 menit
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.12 Membandingkan kritik sastra dan esai dari
aspek pengetahuan dan pandangan penulis
|
3.12.1 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek
pengetahuan penulis
3.12.2 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pandangan penulis
|
4.12 Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek
pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
|
4.12.1 Merancang kritik dan esai dengan memerhatikan aspek
pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
4.12.2 Menyusun kritik dengan memerhatikan aspek
pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
|
03 January 2020
CONTOH SOAL MELENGKAPI KALIMAT DENGAN KONJUNGSI YANG TEPAT UNTUK SISWA SMP
34.
Cermati kalimat berikut!
Pedagang
itu berkata (…) ia sudah menaikkan harga bawang (…) cabai sejak seminggu lalu.
Konjungsi
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A.
bahwa, dan
B.
sehingga, dengan
C.
bahwa, tetapi
D.
karena, dan Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kata penghubung yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut adalah (1) bahwa (2) dan.
Hubungan antarbagian pada kalimat
pertama adalah penjelas sehingga kata penghubung yang tepat bahwa. Hubungan antarbagian pada kalimat
kedua adalah penambahan sehingga kata kata penghubung yang tepat dan.
Subscribe to:
Posts (Atom)