20 February 2020

RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA KELAS X SMA SEMESTER 2 TEKS DEBAT KD 3.13 DAN 4.13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN XIII

Mata Pelajaran
Bahasa
Indonesia
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali
Materi Pokok
Teks Debat
Kelas/ Smt.
X IPA-IPS/ Genap
Waktu
8 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
3.13
Menganalisis  isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan)
4.13
Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang
dilengkapi argumen dalam berdebat
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.13.1
Menelaah isi dan struktur teks debat
3.13.2
Menelaah ciri kebahasaan teks debat
4.13.1
Merancang teks debat
4.13.2
Menyusun teks debat

RPP 1 LEMBAR TEKS DEBAT KD 3.12 DAN 4.12 BAHASA INDONESIA SMA KELAS X SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN XII

Mata Pelajaran
Bahasa
Indonesia
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali

Materi Pokok
Teks Debat
Kelas/ Smt.
X IPA-IPS/ Genap
Waktu
8 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
3.12
Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen
beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat
4.12
Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12.1
Mengidentifikasi isi teks debat
3.12.2
Menyimpulkan isi teks debat
4.12.1
Menyeleksi isi teks debat
4.12.2
Mengembangkan isi teks debat







RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS X SEMESTER 2 TEKS NEGOSIASI KD 3.11 DAN 4.11



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN XI

Mata Pelajaran
Bahasa
Indonesia
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali
Materi Pokok
Teks Negosiasi
Kelas/ Smt.
X IPA-IPS/ Genap
Waktu
8 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
3.11
Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi
4.11
Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan, penutup) dan kebahasaan
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1
Menelaah isi dan struktur teks negosiasi
3.11.2
Menelaah ciri kebahasaan teks negosiasi
4.11.1
Merancang teks negosiasi
4.11.2
Menyusun teks negosiasi

RPP 1 LEMBAR TEKS NEGOSIASI KD 3.10 DAN 4.10 KELAS X SEMESTER 2 BAHASA INDONESIA SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN X

Mata Pelajaran
Bahasa
Indonesia
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali

Materi Pokok
Teks Negosiasi
Kelas/ Smt.
X IPA-IPS/ Genap
Waktu
8 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
3.10
Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
4.10
Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10.1
Mengidentifikasi isi teks negosiasi
3.10.2
Menyimpulkan isi teks negosiasi
4.10.1
Menyeleksi isi teks negosiasi
4.10.2
Mengembangkan isi teks negosiasi

17 February 2020

SOAL PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 SMP MAPEL BAHASA INDONESIA DAN UJI COBA UJIAN NASIONAL TAHUN 2020 DISERTAI KUNCI JAWABAN PAKET 2




SOAL PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 SMP MAPEL BAHASA INDONESIA DAN UJI COBA UJIAN NASIONAL TAHUN 2020 DISERTAI KUNCI JAWABAN

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
Kehadiran taman dalam sebuah hunian sangat penting. Keberadaannya mampu memberikan elemen penyejuk dan penyegar. Seberapa pun luas ukurannya, jika taman ditata apik, tentu akan sedap dipandang mata. Selain itu, tentu saja dapat menambah nilai estetika sebuah hunian. 
Dengan semakin terbatasnya lahan terbuka bukan berarti membuat taman menjadi hal yang mustahil. Kita dapat menyiasatinya dengan berbagai cara. Kita dapat memanfaatkan pot-pot cantik dan menyesuaikan jenis tanaman dengan kondisi taman. Penyusunan pot-pot tanaman yang tepat akan memberikan efek yang sangat baik sehingga tidak memberi kesan tanaman di taman itu berjubel. 

1.        Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada paragraf pertama teks tersebut adalah …
A.  Bagaimana menyiasati taman agar dapat menambah nilai estetika suatu hunian?
B.   Mengapa keberadaan taman mampu memberikan elemen penyejuk dan penyegar?
C.   Di mana letak taman yang paling strategis dalam sebuah hunian yang sempit?
D.  Siapa saja yang menyukai keberadaan taman pada sebuah hunian?

15 February 2020

SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA INDONESIA SMP/SOAL PERSIAPAN UN 2020 DAN KUNCI JAWABAN




SOAL PERSIAPAN UN DAN UJIAN SEKOLAH SMP TAHUN 2020 MAPEL BAHASA INDONESIA DAN KUNCI JAWABAN (PAKET 1)

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
Kehadiran taman dalam sebuah hunian sangat penting. Keberadaannya mampu memberikan elemen penyejuk dan penyegar. Seberapa pun luas ukurannya, jika taman ditata apik, tentu akan sedap dipandang mata. Selain itu, tentu saja dapat menambah nilai estetika sebuah hunian. 
Dengan semakin terbatasnya lahan terbuka bukan berarti membuat taman menjadi hal yang mustahil. Kita dapat menyiasatinya dengan berbagai cara. Kita dapat memanfaatkan pot-pot cantik dan menyesuaikan jenis tanaman dengan kondisi taman. Penyusunan pot-pot tanaman yang tepat akan memberikan efek yang sangat baik sehingga tidak memberi kesan tanaman di taman itu berjubel.
 
1.        Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada paragraf pertama teks tersebut adalah…
A.      Bagaimana menyiasati taman agar dapat menambah nilai ekonomis suatu hunian?
B.       Mengapa taman sangat penting bagi sebuah hunian?
C.       Di mana pot-pot tanaman diletakkan dalam sebuah taman yang sempit?
D.      Siapa saja yang bertanggung jawab untuk merawat taman pada sebuah hunian?

2.        Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua teks tersebut adalah…
A.      Lahan terbuka yang terbatas membuat keberadaan taman menjadi hal yang mustahil.
B.       Lahan yang luas dapat diatasi dengan pemilihan jenis tanaman.
C.       Keberadaan taman akan menambah nilai estetika sebuah hunian.
D.      Nilai estetika sebuah taman ditentukan oleh luas, letak, dan isi tanamannya.

11 February 2020

SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 PAKET 2 TAHUN 2020



SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013
PAKET 2
1. Bacalah paragraf berikut!
Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat dan Puiau Morotai di Maluku Utara tersohor Seantero Nusantara dan mancanegara. Namun, kepulauan yang terkenal dengan panorama,  habitat laut, dan tradisi masyarakatnya ditetap­kan sebagai daerah tertinggal di Indonesia tahun 2015-2019. Penetapan tersebut dikarenakan wilayah dan masyarakat di kepulauan tersebut masih dianggap kurang berkembang dibanding daerah lain dalam skala nasional.
Makna istilah tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah pemandangan ....
A.   laut yang indah
B.   alam yang indah
C.   alam yang bebas dan luas
D.   kepulauan yang indah
E.   lingkungan alam

SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 DAN KUNCI JAWABAN BAHASA INDONESIA SMA PAKET 1


SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA INDONESIA SMA
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
Bacalah teks berikut!
Konferensi Danau Nusantara yang digelar di Gorontalo menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh sejumlah Kepala daerah di Indonesia yang memiliki danau di wilayah administrasinya. Salah satu isi deklarasi adalah kesepakatan membentuk forum daerah peduli danau nusantara, menyususn program strategis Bersama, serta mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.
A.    percobaan
B.     pengaturan
C.     persetujuan
D.    pengabsahan
E.     pengamatan
2. Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf adalah….
A.    Apakah tujuan Deklarasi Limboto?
B.     Mengapa konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo?
C.     Apakah tujuan diadakan Konferensi Danau Nusantara?
D.    Apakah hasil dari Konferensi Danau Nusantara?
E.     Bagaimanakah pengelolaan danau di Indonesia ?