A.
KOMPETENSI PEDAGOGIK
Deskripsi
Indikator
2.
Menganalisis kesulitan belajar yang
dialami oleh peserta didik
3.
Menerapkan berbagai pendekatan,
strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran
Bahasa.
4.
Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
5.
menentukan materi pembelajaran yang
sesuai dengan KI-KD
6.
Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran
yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan
standar keamanan yang dipersyaratkan.
7.
Memanfaatkan media pembelajaran dan
sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata
pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
8.
Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
9.
Menentukan model pembelajaran untuk mendorong peserta
didik mencapai prestasi optimal
10.
Melakukan komunikasi secara efektif
11.
Mengidentifikasi aspek penilaian
keterampilan
12.
Menyusun instrumen pengetahuan
13.
Menentukan pencapaian kompetensi
14.
Menganalisis ketercapaian KKM
15.
Merancang pembelajaran yang lengkap,
baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
16.
Merancang program remedial berdasarkan hasil penilaian
17.
Menjelaskan tujuan dan sasaran
pembelajaran reflektif
18.
Membuat desain penelitian tindakan kelas
untuk peningkatan keprofesionalan.
B.
KOMPETENSI PROFESIONAL (BAHASA INDONESIA SMA/SMK)
Deskripsi
Indikator
19.
Menjelaskan konsep, teori, dan materi
aliran struktural yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran Bahasa.
20. Pengembangan metode pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional.
20. Pengembangan metode pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional.
21.
Menjelaskan konsep hakikat Bahasa.
22.
Mengidentifikasi jenis-jenis pemerolehan
bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik).
23.
Menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia.
24.
Menjelaskan fungsi Bahasa Indonesia.
25.
Mengidentifikasi ragam Bahasa Indonesia.
26.
Mengaplikasi prinsip dan prosedur berbahasa
secara lisan (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis).
27.
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur
berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis. (3)
28.
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur
berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis.
29.
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur
berbahasa berdasarkan konteks (akademis, formal, vokasional).
30.
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur
berbahasa secara lisan produktif.
31.
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur
berbahasa secara lisan reseptif.
32.
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur
berbahasa secara tertulis produktif.
33.
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur
berbahasa secara tertulis reseptif.
34.
Mengidentifikasi kaidah bahasa
Indonesia
35.
Menerapkan kaidah bahasa Indonesia
sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan
benar. (3)
36.
Menjelaskan teori dan genre puisi Indonesia (1)
37.
Menjelaskan teori dan genre prosa
Indonesia
38.
Mengapresiasi puisi Indonesia
39.
Menulis puisi Indonesia
40.
Mengapresiasi prosa Indonesia
41.
Menulis prosa Indonesia
42.
Mengapresiasi teks drama Indonesia
43.
Mementaskan naskah drama sederhana
Indonesia
44.
Membuat kritik sastra Indonesia
45.
Merumuskan indikator dan atau tujuan mata pembelajaran
Bahasa.
46.
Menentukan materi pembelajaran yang
sesuai dengan KI-KD.
47.
Merumuskan masalah dalam pembelajaran
Bahasa.
48.
Memanfaatkan jaringan komunikasi on-line
untuk mendukung komunitas profesi
sebagai penunjang PKB.
0 komentar:
Post a Comment