MENYUSUN BERBAGAI TEKS (DESKRIPSI,
NARASI)
A. Teks Deskripsi
Deskripsi
adalah teks yang bertujuan memberikan gambaran atau kesan kepada pembaca/pendengar
terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan
penulis. Dengan teks ini, pembaca/pendengar
dapat dibuat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam
peristiwa yang diuraikan penulis/pembicara baik secara indera, logika, maupun
emosi.
Contoh
Ia
terlentang seharian di atas trotoar panas itu. Tubuhnya yang tinggal tulang
terbalut kulit itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang telah robek di
sana sini, sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari sela-sela baju.
Bau anyir menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang melebar dengan
warna merah
B. Teks
Narasi
Narasi
adalah teks yang bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam teks ini peristiwa
biasanya disusun menurut urutan waktu ( kronologis), memiliki tokoh, dan
terdapat konflik.
Contoh
Sore
itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami
memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami sampai di sebuah rumah yangh
sederhana seperti rumah-rumah di sekitarnya.
Contoh
soal dan kunci jawaban
1. Perhatikan
ilustrasi berikut.
Deskripsi
yang sesuai dengan gambar binatang tersebut adalah ....
A. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang agar tidak mudah tenggelam dan dapat menarik kepala untuk menangkap mangsa.
B. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang agar memudahkan berenang di air dan memiliki tulang yang kuat di mulutnya.
C. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang yang keras sebagai pelindung dari ancaman pemangsa.
D. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang untuk melindungi dirinya dan memiliki leher panjang untuk menangkap mangsa.
A. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang agar tidak mudah tenggelam dan dapat menarik kepala untuk menangkap mangsa.
B. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang agar memudahkan berenang di air dan memiliki tulang yang kuat di mulutnya.
C. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang yang keras sebagai pelindung dari ancaman pemangsa.
D. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang untuk melindungi dirinya dan memiliki leher panjang untuk menangkap mangsa.
2. Perhatikan gambar berikut!
Paragraf
yang sesuai dengan gambar tersebut adalah . . . .
A. Pak Khoirudin sedang memberikan pelajaran Bahasa Indonesia tentang cerita anak. Para siswa mendengarkan cerita yang disampaikan oleh Pak Khoirudin dengan saksama. Hal itu disebabkan Pak Khoirudin bercerita dengan menarik dan menjiwai apa yang diceritakan.
B. Minggu yang lalu, Siswa-siswi mengikuti Ujian Nasional di sekolahan. Mereka berhasil
meraih yang terbaik tingkat Semarang. Oleh karenanya, Pak Rifa’i memberi hadiah buku
yang sangat tebal. Buku itu berisi cara-cara meraih kesuksesan pada masa yang akan datang.
C. Seorang direktur sedang memberikan pengarahan kepada para karyawan tentang pentingnya
keselamatan dalam bekerja. Supaya pekerjaan bisa terlaksana dengan baik, seluruh karyawan
harus bekerja dengan maksimal.
D. Para siswa bersedih setelah menyimak pengumuman hasil try out UN yang tidak
memuaskan. Mereka berjanji akan beruasah lebih baik bahkan mejadi yang terbaik di tingkat
kecamatan.
A. Pak Khoirudin sedang memberikan pelajaran Bahasa Indonesia tentang cerita anak. Para siswa mendengarkan cerita yang disampaikan oleh Pak Khoirudin dengan saksama. Hal itu disebabkan Pak Khoirudin bercerita dengan menarik dan menjiwai apa yang diceritakan.
B. Minggu yang lalu, Siswa-siswi mengikuti Ujian Nasional di sekolahan. Mereka berhasil
meraih yang terbaik tingkat Semarang. Oleh karenanya, Pak Rifa’i memberi hadiah buku
yang sangat tebal. Buku itu berisi cara-cara meraih kesuksesan pada masa yang akan datang.
C. Seorang direktur sedang memberikan pengarahan kepada para karyawan tentang pentingnya
keselamatan dalam bekerja. Supaya pekerjaan bisa terlaksana dengan baik, seluruh karyawan
harus bekerja dengan maksimal.
D. Para siswa bersedih setelah menyimak pengumuman hasil try out UN yang tidak
memuaskan. Mereka berjanji akan beruasah lebih baik bahkan mejadi yang terbaik di tingkat
kecamatan.
Bagus artikelnya dan menyalesaikan masalah bagi guru dan siswa untuk belajar memehami paragraf , guru les terbantu seperti saya , terima kasih , semoga Allah membalasnya , amiin
ReplyDeleteaamiin, Alhamdulillah.. trm kasih juga Pak Joko Sarwono, semoga sukses
Deletematerinya sangat membantu, terima kasih pak
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih Bu Hasna Wati, sukses untuk Ibu
ReplyDeleteTerimakasih Pak,artikelnya sangat membantu sebagai referensi saya dalam menyusun soal Try Out 1,sukses dan sehat sll buat Mas MuhZuhri
ReplyDeleteAlhamdulillah, trm kasih jg..sukses selalu Pak Oemar Bakrie
DeleteTerima kasih
DeleteTerima kasih
DeleteMantap pak sangat membantu
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih juga, semoga sukses
DeleteMohon Ijin untuk copas pak Zuhri kebaikan anda semoga amal ibadah bapak amiin
ReplyDeleteaamiin, sila Pak, semoga bermanfaat
DeleteTerima ksh ini banyak membantu sy dlm try out kabupaten 1
ReplyDeleteTerima ksh ini banyak membantu sy dlm try out kabupaten 1
ReplyDelete