PEMBAHASAN MATERI SULIT PADA UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA
A.
Materi Sulit
1 cara pendeskripsian watak tokoh
2. pembuktian latar suasana
3. keterkaitan isi kutipan cerita dengan kehidupan
sehari-hari
4. opini penulis tajuk
5. tujuan penulisan dalam paragraf
6. makna kata simbolik.
7. pengembangan topik menjadi
cerpen
8. kalimat esai yang sesuai
9. perbaikan kalimat
10. perbaikan kalimat dan
alasannya
Indikator:
menentukan cara pendeskripsian watak tokoh
1. Cermati kutipan Berikut!
Lebih tidak enak lagi kalau orang
itu adalah Parmin. Tukang kebun yang rajin dan tak banyak cakap itu. Yang
kerjanya cekatan, dengan wajah yang senantiasa memancarkan kesabaran. Tak
pernah kedapatan sedikit saja membayang kemarahan pada wajah itu. Namun,
tertawa berkepanjangan pun jarang lepas dari mulutnya. Senyum, itu saja. Senyum
yang bisa muncul pada banyak kesempatan. Saat ia bicara. Saai ia menerima
tugas, menerima gaji. Juga saat Mami memberi tahu bahwa gaji akan dibayarkan
terlambat.
Pendeskripsian watak tokoh Parmin
yang penyabar dalam kutipan cerpen tersebut diungkapkan melalui ….
A. Gambaran fisik tokoh
B. Tingkah laku tokoh
C. Tanggapan tokoh lain
D. Uraian pengarang
E. Suasana sekitar tokoh
Indikator:
menentukan pembuktian latar suasana
2.
Cermati kutipan berikut!
Lebih tidak enak lagi kalau orang
itu adalah Parmin. Tukang kebun yang rajin dan tak banyak cakap itu. Yang
kerjanya cekatan, dengan wajah yang senantiasa memancarkan kesabaran. Tak
pernah kedapatan sedikit saja membayang kemarahan pada wajah itu. Namun,
tertawa berkepanjangan pun jarang lepas dari mulutnya. Senyum, itu saja. Senyum
yang bisa muncul pada banyak kesempatan. Saat ia bicara. Saai ia menerima
tugas, menerima gaji. Juga saat Mami memberi tahu bahwa gaji akan dibayarkan
terlambat.
Pendeskripsian watak tokoh Parmin
yang penyabar dalam kutipan cerpen tersebut diungkapkan melalui ….
Pembuktian latar suasana kekaguman
dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Parmin tukang kebun yang rajin
dan pendiam.
B. Parmin selalu tersenyum di
setiap kesempatan.
C. Parmin tidak pernah tertawa berkepanjangan.
D. Parmin tidak marah pembayaran
gajinya terlambat.
E. Parmin menerima tugas sekaligus
pembayarannya.
Indikator:
menentukan keterkaitan isi kutipan
cerita dengan kehidupan sehari-hari
3. Cermatilah kutipan cerpen
Berikut
Satu jam berlalu, kami terdiam dan
terhanyut dalan angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi saat ini
benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak akan
memberi cobaan melebihi kemampuan hambaNya. Namun, Ranti istriku, tetap ngotot
dan terus menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan
berjalan ke sana-ke mari. “Jangan hanya mondar-mandir, Mas, cepat cari
jalankeluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula persoalan ini tidak bisa
menunggu, harus segera cari pinjaman, karena kalau hujan hujan turun dengan
lebat takutnya rumah ini akan rubuh.” Keterkaitan isi kutipan dengan kehidupan
sehari-hari adalah….
A. Suami biasanya tidak peduli
dengan masalah rumah tangga.
B. Seorang istri menuntut suami
untuk mencari penghasilan tambahan.
C. Istri lebih emosional dalam
mengatasi permasalahan daripada suami.
D. Perlu pinjaman dana yang besar
untuk memperbaiki rumah.
E. Selalu ada jalan bila kita
berusaha untuk memperbaiki rumah yang rubuh.
Indikator: menentukan opini penulis tajuk
4. Cermati tajuk rencana berikut!
Penyaluran bantuan sosial kepada
masyarakat miskin terus dibenahi dan disederhanakan. Pemanfaatan layanan
digital nontunai diperbankan terus akan diperluas untuk memastikan kualitas
bantuan dan jumlah yang diterima sesuai dengan yang diberikan pemerintah. Menteri
Sosial menyampaikan hal itu saat meluncurkan warung gotong royong elektronik (e-warung). Beliau juga
menyampaikan bahwa selama ini bansos yang diterima masyarakat kurang tepat
sasaran baik kualitas maupun jumlahnya. Pemerintah diharapkan mengawasi secara
serius dan terus menerus sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.
Opini penulis tajuk rencana adalah…
A. Penyaluran bantuan sosial kepada
masyarakat miskin telah disederhanakan
B. Penyaluran bantuan sosial kepada
masyarakat sudah tepat sasaran
C. Pemanfaatan layanan digital
nontunai dalam bantuan sosial belum maksimal
D. Layanan digital nontunai harus
diperluas untuk memastikan penyaluran bantuan social
E. Pemerintah sebaiknya mengawasi
bantuan sosial secara serara serius dan terus-menerus
Indikator:
menentukan tujuan penulisan dalam
paragraf
5. Cermatilah teks berikut.
(1) Dunia digegerkan dengan
hilangnya sebuah pesawat. (2) Diduga pesawat tersebut hilang dalam penerbangan
dari Indonesia menuju Beijing, China. (3) Menurut informasi sementara, pesawat
tersebut berisi 160 penumpang, termasuk lima bayi dan 12 kru pesawat tersebut.
(4) Diperkirakan hilangnya pesawat adalah karena kehilangan kontak dengan
menara. (5) Namun, dari hasil analisa pesawat melenceng jauh dari jalur yang
semestniya sehingga kehilangan arah.
Tujuan penulisan dalam paragraf
tersebut adalah …
A. Menggambarkan tentang dunia yang
digegerkan oleh hilangnya pesawat.
B. Memberitahukan hilangnya pesawat
di dunia penerbangan.
C. Memberitahukan jumlah penumpang
dalam pesawat yang hilang.
D. Membuktikan pesawat yang hilang
karena kehilangan kontak dengan menara.
E. Menginformasikan tentang pesawat
yang hilang karena ke luar dari jalur.
Indikator:
menentukan makna kata simbolik.
6. Cermati paragraf berikut!
Kepala kantor bergirang hati dan
katanya, "Kartono engkau juru tulis yang rajin. Dan kupikir, sebagai Heiho
engkau akan lebih berguna untuk nusa dan bangsa. Tunggulah sebentar ... akan
kuberikan sebuah surat pengharagaan atas jasamu di kantor ini. "Jangat kening
Kartono berkerinyut pula dan dijawabnya, Tuan, kalau bisa surat ini ditulis
dalam bahasa Nippon saja. Kepala kantor
kami seorang nasionalis. Ia orang biasa saja yang mengutamakan
kemakmuran rumah tangga. Seperti pernah dikatakanya, ia selalu berjalan di atas
rel." Makna simbolik rel dalam kutipan tersebut adalah ....
A. keputusan
B. ketentuan
C. keinginan
D. kebijakan
E. kebiasaan
Indikator:
menentukan pengembangan topik menjadi
cerpen
7. Cermati teks berikut! Topik : Terima kasih Ibu Mia Kata kunci : olahraga – Bu Mia – siswa – ulangan – usul – terima kasih
Pengembangan topik dan kata-kata kunci menjadi cerpen adalah …
A. Kamis pagi usai pelajaran olah
raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya,
hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru
saja berolahraga lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan.
Beberapa siswa mengajukan usul kepada Bu Mia untuk menunda ulangan. Bu Mia
menerima usul siswa. Semua siswa mengucapkan terima kasih.
B. Kamis pagi usai pelajaran olah
raga, Bu mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya,
hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru
saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan,
beberapa siswa, termasuk Lia, meminta, “Bu Mia menunda ulangan dong.” Bu Mia
menerima usul siswa.
C. Kamis pagi usai pelajaran olah
raga, Bu mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya,
hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Bu Mia akan memberikan
ulangan. Beberapa siswa, mengajukan usul. Lia gembira dan mengucapkan terima
kasih karena ulangan tetap berjalan.
D.Ibu guru Kimia masuk kelas X MIPA
tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti
pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi
stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan. Bu Mia tidak menerima usul seorang
siswa. Semua siswa bertepuk tangan gembira karena usul itu tidak diterima.
E. Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X
MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai
berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari
mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan. Semua siswa bertepuk
tangan gembira mengucapkan terima kasih karena Bu Mia memberikan waktu untuk
berganti pakaian hingga rapi.
Indikator:
menentukan kalimat esai yang sesuai
8. Cermati kutipan puisi berikut!
Penerbangan terakhir
Maka menangislah ruh bayi itu
keras-keras
Kedua tangan yang alit itu seperti
kejang-kejang
Kakinya pun menerjang-nerjang Suara
melengking dan menghiba-hiba
...
Taufiq Ismail
Kalimat esai yang sesuai dengan
puisi tersebut adalah ....
A. Taufiq Ismail menggambarkan
proses kehidupan manusia dengan ungkapan yang biasa.
B. Untuk pembaca yang kurang
menyukai puisi, suli menerima pesan yang disampaikan Taufiq Ismail.
C. Penyair menggambarkan peristiwa
dalam puisi itu penuh dengan tafsiran makna dan pilihan kata yang sulit
dipahami.
D. Diksi dan majas yang digunakan
Taufiq Ismail untuk mengungkapkan maksud puisi tidak mudah dipahami pembaca.
E. Penggunaan diksi karya Taufiq
Ismail terasa menggelitik pembaca karena ungkapan-ungkapannya hidup.
Indikator:
menentukan perbaikan kalimat
9. Cermati paragraf berikut!
Generasi muda Indonesia sangat
mengagumkan, baik dalam hal akademik maupun nonakademik. Lihatlah kiprah mereka
dalam berbagai lomba keilmuan, olahraga, atau seni. Prestasi yang ditorehkan
beberapa pelajarpelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional itu
sungguh sangat membanggakan sekali.
Perbaikan kalimat yang bercetak
miring agar menjadi kalimat yang efektif adalah …
A. Prestasi yang ditorehkan
beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh sangat
membanggakan sekali.
B. Prestasi yang ditorehkan
beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh
membanggakan.
C. Prestasi yang ditorehkan
pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sangat membanggakan
sekali.
D. Prestasi yang ditorehkan
pelajar-pelajar Indonesia dalam berbagai lomba-lomba internasional sangat
membanggakan sekali.
E. Prestasi yang ditorehkan
beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sungguh teramat
membanggakan.
Indikator:
menentukan perbaikan kalimat dan
alasannya
10. Cermati paragraf berikut!
(1) Kepulauan Togean berada di
wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. (2)
Kepulauan ini memiliki pantaipanatai yang molek, laut yang bening dan tenang,
serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara teru karang yang indah. (3)
Saat senja menjelang, mata menjadi bola agak kemerah-merahan yang ditelan
jingga. (4) Namun sayang, di sana juga berlangsung perusakan alam yang
dilakukan para nelayan dalam mencari ikan dengan mengebom terumbu karang. (5) Keinginan
pemerintah pusat menjadikannya sebagai taman nasional sulit terwujud.
Perbaikan kalimat yang salah dalam
paragraf tersebut berserta alasannya adalah ....
Perbaikan Kalimat
|
Alasan
|
|
A
|
(2) ...,
serta ikan
bermacam-macam
warna yang menyelinap di antara terumbu karang yang indah.
|
Kata bemacam-macam warna menyatakan makna
banyak.
|
B
|
(3) ...,
matahari menjadi bola kemerah-merahan yang ditelan laut jingga.
|
Kata kemerah-merahan sudah menyatakan makna
"agak"
|
C
|
(4)
Sayang, di sana juga berlangsung perusakan alam yang ...
|
Namun berfungsi sebagai kata penghubung
antarkalimat.
|
D
|
(4) ...
dalam mencari ikan dengan membom terumbu karang.
|
Tidak
terdapat awalan meng-dalam bahasa
Indonesia.
|
E
|
(5)
Keinginan pemerintah pusat menjadikan taman nasional sulit terwujud.
|
Antara
predikat dengan objek tidak adapat disisipi kata sebagai.
|
C. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Materi
Sulit
No.
|
Kunci
|
Pembahasan
|
1
|
B
|
Pendeskripsian watak tokoh Parmin yang
penyabar diungkapkan melalui tingkah laku tokoh. Pada kutipan cerpen tersebut
disebutkan tokoh Parmin selalu senyum dalam setiap kesempatan. Saat menerima
tugas, menerima gaji, dan ketika mendapat informasi bahwa gajinya terlambat.
|
2
|
D
|
Pembuktian latar suasana kekaguman adalah
adanya deskripsi tokoh Parmin selalu tersenyum di setiap kesempatan. Dalam cerita tersebut, suasana yang muncul adalah suasana kagum pada tokoh. Tokoh yang begitu mengesankan
dalam setiap gerak-gerik dan tingkah lakunya, terutama karena selalu
tersenyum setiap saat.
|
3
|
C
|
Sastra adalah cerminan masyarakat sehingga
realita dalam karya sastra erat kaitannya dengan kehidupan pada zamannya.
Kutipan di atas berisi emosinya seorang istri melihat keadaan rumah yang
memprihatinkan dan memaksa suami untuk meminjam uang. Keterkaitan isi kutipan
dengan kehidupan sehari-hari pada soal tersebut adalah Istri lebih emosional
dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
|
4
|
C
|
Tajuk rencana atau editorial adalah sikap
redaktur terhadap persoalan yang aktual. Persoalan yang dibahas adalah
masalah bansos yang masih terus dibenahi sehingga pemerintah berhak
mengawasinya. Dengan demikian opini penulis pada tajuk tersebut adalah
Pemanfaatan layanan digital nontunai dalam bantuan sosial belum maksimal.
|
5
|
E
|
Tujuan penulis pada suatu teks dapat
disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks.
Paragraf tersebut merupakan jenis teks laporan
yang berisi berita tentang hilangnya pesawat dalam sebuah penerbangan dari
Indonesia menuju Beijing, China. Peristiwa ini terjadi karena pesawat terbang
keluar dari jalur yang semestinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
tujuan penulis dalam teks tersebut adalah menginformasikan keberadaan pesawat
yang hilang karena keluar dari jalur penerbangannya.
|
6
|
B
|
Cerpen berisi cerita narasi yang fiktif dan
relatif pendek yang bisa dibaca dalam sekali duduk serta memiliki bahasa yang
khas dan menggunakan simbol. Simbol merupakan tanda yang terbentuk secara
konvensional karena kesepakatan, misalnya warna putih melambangkan kesucian,
warna merah melambangkan keberanian, dan sebagainya. Dalam kutipan di atas kata
“rel” melambangkan sebuah aturan, norma, dan standar budaya yang berlaku
dalam masyarakat. Dengan demikian dapat dianalogikan bahwa makna simbol pada
kata “rel” sama dengan sebuah ketentuan atau aturan.
|
7
|
A
|
Topik adalah pokok pembicaraan dalam sebuah
karangan, dan kata kunci adalah kata atau frasa yang digunakan untuk konsep
dalam sebuah penulisan.
Pengembangan topik dan kata kunci secara berurutan adalah:
Kamis pagi usai pelajaran olahraga, Bu Mia, guru Kimia
masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak
belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja berolahraga
lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa mengajukan
usul kepada Bu Mia untuk menunda ulangan. Bu Mia menerima usul siswa. Semua
siswa mengucapkan terima kasih.
|
8
|
E
|
Kalimat esai adalah kalimat yang membahas
suatu masalah dari sudut pandang pribadi penulisnya berdasarkan identifikasi, klasifikasi, atau mendefinisikan.
Dari hasil identifikasi kutipan puisi tersebut tergambar bahwa pilihan kata yang digunakan menggunakan ungkapan-ungkapannya hidup seperti, menangislah ruh bayi itu keras-keras, kakinya pun menerjang-nerjang, dan suara melengking dan menghiba-hiba. |
9
|
B
|
Kalimat tersebut tidak efektif karena ada
kemubaziran atau berlebihan pada kata beberapa pelajar-pelajar dan sungguh
sangat membanggakan sekali.Untuk menyebut jumlah yang banyak (jamak)
cukup menyebutkan beberapa pelajar atau pelajar-pelajar. Untuk menyangatkan
cukup menyebutkan salah satu bentuk: sungguh, sangat, atau sekali.
|
10
|
B
|
Kalimat yang salah terdapat pada kalimat (3)
karena menggunakan kata agak kemerah-merahan. Kata kemerah-merahan
sudah menyatakan makna “agak” sehingga menjadi berlebihan (tidak efektif)
jika menggunakan kata “agak”.
|
RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN
LENGKAP MATERI/SOAL SULIT UJIAN NASIONAL MAPEL BAHASA INDONESIA SMA/MA
1.
Pendeskripsian Watak Tokoh Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
2.
Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
3.
Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
4.
Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
5.
Tujuan Penulis Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
6.
Makna Kata Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
7.
Pengembangan Topik Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
8.
Kalimat Esai Sesuai Kutipan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
9.
Memperbaiki Kalimat Tidak Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_26.html
10. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html
BACA JUGA
SIAP-SIAP USBN TAHUN 2019
CONTOH SOAL USBN TAHUN 2019 MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 DAN 2006
(Disusun berdasarkan kisi-kisi USBN
2019 bernomor )
1. Contoh Soal USBN Tahun 2019
Kurikulum 2013 dan Kunci JawabanKlik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia.html
2. Contoh Soal USBN Tahun 2019
Kurikulum 2006 dan Kunci Jawaban Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28.html
ide pokok..teks prosedur blm ada
ReplyDelete1. Menentukan ide pokok paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
Delete2. Melengkapi Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
bodoamat
ReplyDelete