18 October 2019

CONTOH SOAL BUKTI WATAK TOKOH (KALIMAT YANG MENUNJUKKAN WATAK TOKOH)

Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Watak tokoh Amak yang kukuh pada pendiriannya terdapat pada kalimat bernomor (4) atau opsi D, yaitu Tapi tiga hari berlalu, tidak ada tanda-tanda keinginan keras Amak goyah. 
Kata goyah bermakna tidak teguh; tidak tetap (tentang pendirian, keyakinan, kedudukan, dan sebagainya) (https://kbbi.web.id/goyah). Dengan demikian, tidak goyah berarti teguh atau tetap pendirian. 
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN KALIMAT YANG MENUNJUKKAN WATAK TOKOH
Pengarang dapat menyampaikan watak tokoh melalui cara langsung dan tidak langsung. Penyampaian watak secara langsung (analitik) adalah melalui pengarang itu sendiri. Pengarang akan mendeskripsikan seorang tokoh melalui penjelasan berupa kalimat-kalimat. Cara ini mempermudah pembaca memahami karakter tokoh karena penyampaian watak-wataknya dilakukan secara tersurat. 
Penyampaian watak secara tidak langsung adalah melalui percakapan antartokoh, pikiran tokoh, tindakan tokoh, serta pendapat tokoh lain. Kali ini pembaca mau tidak mau harus berpikir sedikit lebih keras untuk memahami karakter tokoh, karena watak-wataknya disampaikan secara tersirat. 
Langkah-langkah menentukan kalimat yang menunjukkan watak tokoh dalam cerita

  1. Pahami pernyataan tentang watak tokoh yang ditentukan.
  2. Baca dan pahami isi kalimat yang berkaitan dengan tokoh yang ditentukan.
  3. Tentukan kalimat yang isinya menggambarkan watak tokoh yang ditentukan. 

 
PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019
17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/contoh-soal-menentukan-keterkaitan-isi.html
22. Mengurutkan Kalimat Acak agar Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/mengurutkan-kalimat-acak-paragraf.html

1 comment:

  1. admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indoneisa WA : +85587781483

    ReplyDelete