18 October 2019

CONTOH SOAL MEMBANDINGKAN DUA TEKS SASTRA/CERPEN DAN PEMBAHASAN



Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Kutipan 1 menunjukkan watak tokoh memiliki tekad kuat membuang kenangan di masa lalu (pada kalimat Segala peristiwa di masa lalunya, Nayla singkirkan) dan optimis akan hari depan bersama suami tercinta (pada kalimat Cincin emas putih bertatahkan permata yang sudah tersemat di jari manis tangan kanannya bagaikan jendela yang terkuak lebar menatap masa depan).
Kutipan 2 menunjukkan watak tokoh berpendirian teguh akan kembali ke kampung halaman (kalimat Ia benar-benar tak ingin berlama-lama di ibu kota…) karena pesimis melihat situasi kehidupan di ibu kota (kalimat Apa yang mereka cari di rimba bernyamuk ganas?)
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN WATAK TOKOH CERITA
Pengarang dapat menyampaikan watak tokoh melalui cara langsung dan tidak langsung. Penyampaian watak secara langsung (analitik) adalah melalui pengarang itu sendiri. Pengarang akan mendeskripsikan seorang tokoh melalui penjelasan berupa kalimat-kalimat. Cara ini mempermudah pembaca memahami karakter tokoh karena penyampaian watak-wataknya dilakukan secara tersurat.
Penyampaian watak secara tidak langsung adalah melalui percakapan antartokoh, pikiran tokoh, tindakan tokoh, serta pendapat tokoh lain. Dengan cara ini, pembaca mau tidak mau harus berpikir sedikit lebih keras untuk memahami karakter tokoh, karena watak-wataknya disampaikan secara tersirat.
Langkah-langkah menentukan watak tokoh dalam cerita
1.        Baca dan pahami isi kalimat yang berkaitan dengan tokoh yang ditentukan.
2.        Cermati kalimat yang isinya menggambarkan watak tokoh yang ditentukan.
3.        Simpulkan watak tokoh berdasarkan kalimat-kalimat yang menunjukkan watak tokoh.
Contoh
(1)               Sebelum subuh mereka telah bangun. Siti Rubiyah ikut bangun pagi dan memasak kopi dan makanan pagi untuk mereka. (2) Buyung merasa berat dalam hatinya berangkat. (3) Dia teringat Siti Rubiyah yang ditinggalkan sendiri dengan Wak Hitam yang masih sakit. (4) Kemarin malam panasnya naik lagi hingga dia mengerang-ngerang sepanjang malam dan sepanjang malam terdengar dia tak tertidur. (Harimau! Harimau! Muchtar Lubis)

Berdasarkan kalimat kedua dan ketiga pada kutipan tersebut watak Buyung adalah seorang yang perhatian dan peduli kepada orang lain.

PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019
17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/contoh-soal-menentukan-keterkaitan-isi.html
22. Mengurutkan Kalimat Acak agar Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/mengurutkan-kalimat-acak-paragraf.html

1 comment:

  1. agen365 agen jud! online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    WA : +85587781483

    ReplyDelete