03 October 2019

CONTOH SOAL MELENGKAPI PARAGRAF NARASI DAN PEMBAHASAN (SOAL UN TAHUN 2019 NOMOR 23)


Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Karangan atau paragraf narasi bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam karangan atau paragraf ini peristiwa biasanya disusun menurut urutan waktu (kronologis), memiliki tokoh, dan terdapat konflik.
Untuk melengkapi paragraf narasi yang rumpang haruslah memilih kalimat yang berhubungan dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kata-kata kunci untuk melengkapi paragraf tersebut terdapat pada kalimat setelahnya yaitu Akan tetapi, menurut teman saya, lebih baik saya jadi teman penyair saja daripada menjadi penyair. Dengan mencermati isi kalimat sesudahnya maka kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Sempat terbersit keinginan saya untuk ikut-ikutan menjadi penyair. Hubungan antara kalimat isian pada bagian rumpang dan kalimat sesudahnya menunjukkan hubungan yang erat tentang keinginan penulis untuk menjadi penyair yang ditentang oleh temannya.

RINGKASAN MATERI
MELENGKAPI TEKS NARASI
Karangan yang bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam karangan ini peristiwa biasanya disusun menurut urutan waktu ( kronologis), memiliki tokoh, dan terdapat konflik.
Contoh paragraf narasi
1.         Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami sampai di sebuah rumah yangh sederhana seperti rumah-rumah di sekitarnya.
2.         Tahun 1977 Dr. Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California, Berkeley mendapati sesuatu yang aneh. Ketika sedang meneliti lapisan lumpur menemukan kandungan tridium berkadar tinggi di antara pembatas dua lapisan lumpur itu. Pada tahun berikutnya kapal peneliti AS Glomar Challenger Two juga menmukan tridium berkadar tinggi di perairan New Mexico bagian utara.
3.         Sejak kepala sekolah pindah, tanggung jawab Pak Umar semakin berat. Tugas-tugas membimbing guru muda dibebankan kepadanya. Penyelesaian program perluasan sekolah pun harus ia tangani juga. Kelestarian berlangsungnya iklim persaingan antarsiswa ada di tangannya. Rencana pertemuan rutin antara orang tua siswa dengan pihak sekolah yang sudah lama dipersiapkan harus ia laksanakan pula. Sekarang, Pak Umar benar-benar menjadi tulang punggung sekolah.
Langkah-langkah melengkapi teks narasi

1.    Cermati jenis teks dan tujuan teks. Teks narasi bertujuan menceritakan suatu peristiwa atau rangkaian kejadian. Kalimat-kalimat dalam teks narasi biasanya disusun secara kronologis.

2.    Cermati isi kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Perhatikan pilihan kata yang digunakan terutama penggunaan kata penghubung antarkalimat yang mungkin ada.

3.    Pilihlah kalimat yang berhubungan dengan kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang.

PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019

















17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/contoh-soal-menentukan-keterkaitan-isi.html




22. Mengurutkan Kalimat Acak agar Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/mengurutkan-kalimat-acak-paragraf.html

1 comment:

  1. menang berapapun di bayar
    ayo segera bergabung bersama kami di bandar365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete