12 November 2019

KUMPULAN SOAL TEKS ANEKDOT


KUMPULAN SOAL TEKS ANEKDOT
1. Bacalah kutipan teks berikut. 
Seorang terpidana mati ditanya oleh petugas pelaksana eksekusi, “Apakah keinginan terakhir Anda?”Sang terpidana menjawab, “Saya hanya berharap agar hukuman ini bisa menjadi pelajaran bagi saya dan bisa membuat saya jera melakukan kejahatan lagi di masa yang akan dating.”
Diceritakan ulang dari: Ajis Megap-Megap, Humor Iwak Peyek ngekek sampek tuwek, Jakarta Selatan, Citra Media Pustaka, 2012
Anekdot tersebut mengandung amanat ….
A. Sering-seringlah bertanya.
B. Selalu berpikirlah tentang masa depan.
C. Optimistis merupakan sikap yang baik.
D. Hargailah keinginan orang lain.
E. Belajarlah dari kesalahan yang pernah dilakukan.
2. Bacalah kutipan teks berikut.
Seorang dokter muda masuk ke dalam ruang operasi di salah satu rumah sakit. Di ruang tersebut, ia mendapati seorang pasien berwajah pucat karena takut dioperasi.
Dokter bertanya kepada pasien, “Apa yang sedang Anda rasakan?”
Pasien menjawab, “Saya merasa sangat takut, Dok!” 
Dokter berkata, “Apa yang Anda rasakan saat ini sama dengan apa yang sedang saya rasakan. Kita sama-sama baru masuk ke ruangan ini untuk yang pertama kalinya.”
Diceritakan ulang dari: Ajis Megap-Megap, Humor Iwak Peyek ngekek sampek tuwek, Jakarta Selatan, Citra Media Pustaka, 2012
Humor dalam anekdot tersebut terletak pada ….
A. Rasa takut yang dialami oleh pasien.
B. Rasa takut yang dialami oleh dokter.
C. Dokter dan pasien sama-sama takut.
D. Ruangan operasi yang menakutkan.
E. Operasi akan segera berlangsung

3. Bacalah kutipan teks Berikut.
Di sebuah kantor, bos sangat marah kepada sekertaris barunya karena dia mengabaikan setiap telepon yang bordering.        
‘….,” katanya kesal.    
“Baiklah,” jawabnya, “tetapi rasanya jadi konyol. 9 dari 10 telepon yang masuk adalah untuk Anda!”
Diceritakan ulang dari: Ajis Megap-Megap, Humor Iwak Peyek ngekek sampek tuwek, Jakarta Selatan, Citra Media Pustaka, 2012

Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan kalimat….
A. Silakan anda masuk!
B. Anda harus menjawab telepon!
C. Anda harus lebih rajin!
D. Ketuk pintu dulu sebelum masuk!
E. Biarkan telepon itu bordering!
Bacalah anekdot di bawah ini untuk menjawab soal nomor 4 s.d. 7
         Konon otak orang Indonesia sangat digemari dan jadi rebutan di antara calon penerima donor otak manusia. Di bursa pasar gelap, harga otak manusia Indonesia dikabarkan paling tinggi. Setiap ada persediaan hampir bisa dipastikan langsung laku terjual.
          Orang-orang pun heran. Mengapa bukan otak orang Yahudi yang terkenal cerdas-cerdas itu yang diburu? Mengapa bukan otak orang-orang Jepang, yang tersohor memiliki kemampuan tinggi dalam bidang teknologi, yang diperebutkan? Atau, mengapa tidak otak orang Cina yang sudah dikenal luas lihai berbisnis? Mengapa justru otak orang Indonesia?
           Setelah dilakukan semacam penelitian, ternyata persepsi para penerima donor otak dalam menentukan pilihan bukan pada standar umum seperti asumsi di atas. Jawab mereka: “Habis, otak orang Indonesia rata-rata masih mulus. Soalnya jarang dipakai!”
Sumber: Koleksi Putu Widjaya, Kompas Online – Senin, 9 Desember 1996
4. Menurut anekdot di atas, mengapa otak orang Indonesia diburu oleh calon penerima donor otak?
A. Karena otak orang Indonesia cerdas-cerdas.
B. Karena otak orang Indonesia mulus, jarang dipakai.
C. Karena otak orang Indonesia seperti otak orang Cina. 
D. Karena orang Indonesia rajin memelihara otaknya.
E. Karena orang Indonesia rajin belajar.

5. Aspek kelucuan dan sekaligus sindiran pada teks anekdot di atas adalah ….
A. Otak orang Indonesia jadi rebutan calon penerima donor otak manusia.
B. Otak orang Indonesia rata-rata masih mulus karena jarang dipakai.
C. Otak orang Jepang tersohor memiliki kemampuan tinggi dalam bidang teknologi
D. Otak orang Cina dikenal luas lihai berbisnis.
E. Otak orang Yahudi terkenal cerdas. 
6. Maksud dari sindiran dalam anekdot di atas adalah ...
A. Orang Indonesia rajin berpikir.
B. Orang Indonesia rajin merawat otak.
C. Orang Indonesia malas berpikir.
D. Orang Indonesia rajin belajar.
E. Orang Indonesia malas bekerja. 
7. Amanat yang tersirat dalam teks anekdot di atas adalah … 
A. Rajinlah bekerja 
B. Tinggalkan sifat malas.
C. Seharusnya kita malu dengan negara lain
D. Kita harus mengasah pikiran kita agar menjadi negara yang maju.
E. Kita harus rajin bekerja dan belajar dari negara lain.
Perhatikan peristiwa-peristiwa yang dapat dikembangkan untuk menulis anekdot berikut ini, untuk menjawab soal nomor 8 s.d. 10!
1.  Suatu hari Si Otong berjalan-jalan di taman kota. 
2.  Si Otong membaca tulisan “Fasilitas bersama mari kita jaga!” 
3.  Si Otong mengambil baut sebuah bangku taman yang terbuat dari besi. 
4.  Polisi pamong praja mengetahui perbuatan Otong dan menegurnya. 
5.  Terbukti Si Otong sudah mampu mengumpulkan baut satu kantung kresek yang diambil dari fasilitas umum krisis
6.  Si Otong kaget ketiga ditegur polisi pamong praja dan mengatakan, “Di situ ada tulisan itu Pak! Jadi saya berusaha mengamankan baut yang mau lepas Pak!” 
7.  Polisi geram mendengar jawaban Otong 
8.  Polisi menggelendeng Otong ke mobil keamanan. 
8.  Struktur reaksi dalam anekdot dapat dikembangkan dengan peristiwa ...
A.1 dan 2        
B. 3 dan 4       
C. 4 dan 5       
D. 6 dan 7       
E. 7 dan 8

9. Struktur orientasi dalam anekdot dapat dikembangkan dengan peristiwa ...
A. 1 dan 2       
B. 2 dan 3       
C. 3 dan 4       
D. 5 dan 6       
E. 7 dan 8                                           

10. Judul yang sesuai untuk anekdot yang dikembangkan dari peristiwa-peristiwa di atas adalah ...
A. Menjaga Fasilitas Umum
B. Berjalan-Jalan di Taman kota
C. Memanfaatkan Fasilitas Umum
D. Baut Si Otong
E. Si Otong dan Polisi Pamong Praja
11. Bacalah kutipan  teks berikut ini!
Teks 1
Seekor kutu tinggal pada tanduk banteng. Setelah ada di sana sekian lama dan merasa ingin pindah, dia kemudian bertanya pada banteng apakah sang banteng memang ingin pindah.
“Aku tak tahu kapan kau datang, jawab si banteng, “kurasa aku pun tak perlu memberi peringatan saat kau pergi.”
Teks 2
Sejak bertemu dengan dia, hidupku menjadi lebih berarti. Setiap hari aku mendapatkan wejangan-wajangan darinya. Salah satunya adalah wejangan bagaimana cara menikmati hidup agar tidak tamak dan selalu bersyukur. “Seandainya bisa, manusia pasti akan menggenggam dunia,” katanya suatu saat.
Teks 3
Saudara-saudara yang saya hormati,
beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara langsung. Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.
Yang termasuk teks anekdot adalah….
A. teks 1
B. teks 2       
C. teks 3
D. Teks 1 dan 2 
E.  Teks 2 dan 3

Bacalah kutipan teks anekdot berikut untuk menjawab soal nomor 12 s.d 13
     (1) Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja. (2) Saat sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen.  “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” (3) Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. (4) “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. (5) Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!” 
12. Struktur isi yang terdapat dalam teks anekdot tersebut adalah ... .
A.  Abstrak, orientasi, dan krisis                     
B.   Reaksi, abstrak, dan koda
C. Orientasi, krisis, dan reaksi            
D.   Abstrak, koda, dan krisis 
E.  Reaksi dan koda
13. Krisis dalam anekdot di atas tergambar dalam kalimat ... .
A. Ke-1                       
B.  Ke-2   
C.  Ke-3                      
D.  Ke-4    
E.  Ke-5

Bacalah teks anekdot berikut untuk mengerjakan soal nomor 14 s.d.15!
     ... seorang duta dan malaikat berjalan-jalan diakhirat menunjukkan indikator korupsi di negara-negara dengan putaran jam. Mereka berkeliling melihat jam korupsi di seluruh dunia, sampai akhirnya duta itu bingung dan bertanya, “Kok sampai sekarang saya tidak melihat jam milik Indonesia? Apa berarti di Indonesia tidak ada korupsi sama sekali? Hebat juga, pemimpin negara di Indonesia memang saleh!”
     Gabriella kesal. Ah bagaimana kamu itu, sudah berjam-jam berjalan dengan saya masih tidak sadar juga. Lihat kipas angin yang saya bawa.

14. Kalimat pertama dalam teks anekdot di atas belum memiliki kata penunjuk waktu. Kata penunjuk waktu yang tepat untuk melengkapi kalimat anekdot di atas adalah ...

A. Pada suatu hari                               
B. Di masa lampau
C. Pada zaman dahulu    
D. Sebelumnya            
E. Hari ini

15.     ... seorang duta dan malaikat berjalan-jalan diakhirat menunjukkan indikator korupsi  di              negara- negara dengan putaran jam. 
Pembetulan penulisan kata yang tepat dalam kalimat di atas terdapat pada ...
A. Diakhirat seharusnya di akhirat
B. Seorang duta dan malaikat seharusnya diganti sorang duta bersama malaikat
C. Idikator seharusnya indicator
D. di negara-negara seharusnya dinegara-negara
E. seorang duta seharusnya orang duta

16. Jika dievaluasi, maka evaluasi yang tepat terhadap teks anekdot di atas adalah ...
A. Anekdot tersebut sudah cukup baik karena telah memiliki struktur isi yang lengkap dan ciri bahasa yang cukup baik.
B. Anekdot tersebut belum memiliki judul dan struktur isinya belum lengkap. Penulisan ejaannya pun masih banyak yang salah.,
C. Anekdot tersebut sudah cukup menarik karena struktur isinya lengkap walau belum ada judulnya.
D. Anekdot tersebut belum memiliki sindiran dan belum mengandung unsur kelucuan.
E. Anekdot tersebut sudah memiliki sindiran, mengandung unsur kelucuan, dan ditulis dengan ejaan yang tepat.

17. Bacalah kutipan teks berikut.
Seorang wartawan mewawancarai seorang nenek berumur 112 tahun.  
“Hal apa yang menurut Anda yang terbaik saat berusia 112 tahun?” tanya wartawan.           
Dia hanya menjawab,”Tidak ada tekanan dari teman sebaya.”
Diceritakan ulang dari: Aziz Megap-Megap, Humor Iwak Peyek Ngekek Sampai Tuwek, Jakarta Selatan, Citra Media Pustaka, 2012
Ungkapan tersirat dalam jawaban tokoh nenek pada anekdot tersebut adalah…
A. Teman-teman si nenek sangat baik.
B. Teman-teman si nenek sangat toleran.
C. Teman-teman si nenek juga berumur 112 tahun.
D. Teman-teman si nenek sudah banyak yang meninggal.
E. Teman-teman si nenek sangat pengertian.

18. Bacalah kutipan teks Berikut.
Sebuah bus penuh dengan penumpang sedang melaju dengan cepat di jalan menurun. Ada seseorang mengejar bus ini dari belakang.
        Seorang penumpang di kursi belakang mengeluarkan kepalanya melalui jendela. Ia pun berkata kepada orang yang sedang mengejar bus, “Hai, Kawan! Sudahlah, Anda tak mungkin bisa mengejar bus ini!”
            “Saya harus bisa mengejarnya,” dengan napas terengah-engah orang yang mengejar bus itu berkata lagi,”saya adalah pengemudi bus ini!”.

Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian koda dalam anekdot tersebut adalah….
A. Sebuah bus melaju kencang sekali.
B. Penumpang itu pun kaget!
C. Kata penumpang itu, “Berhentilah!”
D. Orang itu pun berkata, “Apa yang terjadi?”
E. Petugas keamanan sedang berjaga-jaga.
19.  Bacalah kutipan teks Berikut.
Teks 1 
... Singkat cerita, Darman, seorang politikus yang tidak tulus tidak mau menyia-nyiakan sorotan kamera wartawan. Dia mencari strategi agar tetap menjadi perhatian media. Darman berusaha masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial baginya, dia terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha sekuat tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.
       Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman masih bisa diselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan dan dibaringkan di bangsal. Waktu itu semua bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget melihat orang yang ada di situ. Semuanya dia kenal, para politisi sedang blusukan. Lebih kaget lagi ketika dia melihat doa tertulis di dinding: “Ya Allah, hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”. Darman pingsan!          

Teks 2
... Ketika Otong ditinggal teman-temannya di hutan,...
“Loh mana teman-teman guwe ya...”. Tapi Otong melihat jejak yang dibuat teman-temannya. Otong pun tanpa pikir panjang mengikuti jejak tersebut. Dan di tengah perjalanan, hutan itu penuh kabut yang mengakibatkan jejak itu menghilang. Dan, Otong pun panik.  Ia pun berdoa “Ya Tuhan lebih baik mati dimakan macan daripada saya tersesat di hutan ini.”  
        Tidak lama kemudian Otong melihat seekor macan di balik semak-semak. Otong kaget dan lari terbirit-birit. Dengan kencang Otong lari. Dia melihat sebuah gua dan ia pun masuk dan menutup gua tersebut dengan rumput. Di dalam gua Otong berdoa, Ya Tuhan gitu aja kok dibuat beneran sih...”

Perbandingan dua teks di atas antara lain adalah...
A. Teks 1 berupa anekdot dan memiliki sindiran, teks 2 berupa teks humor tidak berisi sindiran.
B. Teks 1 berupa anekdot dan tidak memiliki sindiran, teks 2 berupa teks humor berisi sindiran.
C. Teks 1 dan teks 2 adalah anekdot yang memiliki sindiran.
D. Teks 1 dan 2 sama-sama mengandung kelucuan dan sindiran.
E. Teks 1 tidak mengandung unsur kelucuan, teks 2 tidak mengandung unsur kelucuan.
20. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
1. Mahasiswa menjawab Mau Perjuangkan nasib Rakyat
2. Perkuliahan dimulai
3. Pak Dosen menggelengkan kepala
4. Pak dosen bertanya pada mahsiswa lain
5. Mahasiswa lain menjawab “Majelis Permusyawaratan Rakyat”
6. Pak guru bertanya kepada salah satu mahasiswa, kepanjangan MPR
7. Suasana kelas tenang
8. Kuliah berakhir.
Kalimat di atas jika disusun menjadi teks anekdot adalah ….
A. 2, 7, 4, 5, 3, 6, 8, 1   
B. 2, 7, 4, 6, 1, 3, 5, 8     
C. 2, 4, 5, 7, 3, 6, 1, 8   
D. 2, 7, 6, 1, 3, 4, 5, 8          
E. 5, 2, 7, 6, 4, 3, 1, 8

KUMPULAN SOAL DAN KUNCI JAWABAN BERBAGAI JENIS TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, DAN XII

KELAS X





KELAS XI





KELAS XII




5 comments:

  1. ayo menangkan uang setiap harinya di agen365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete
  2. Alhamd.ulillah.... terimakasih Pak Zuhri... salam sehat

    ReplyDelete
  3. KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS,
    BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

    Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp dinas bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

    ReplyDelete
  4. KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS ALLHAMDULILLAH

    DARI BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Ridwan Mansyur , S.H., M.H BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

    Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp pribadi bpk Dr. H. Ridwan Mansyur ,S.H., M.H Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Ridwan Mansyur, S.H., M.H beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Ridwan Mansyur , S.H.,M.H 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Ridwan semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

    ReplyDelete